BREAKING NEWS

Danau Weekuri : Menjelajahi Surga Tersembunyi Pulau Sumba


Danau Weekuri - Sumba Barat Daya - Danau Weekuri Memanglah danau yang tidak seluas dan termaksur seperti danau toba di sumatera utara,Namun keunikan dan keindahan danau ini dapat di sandingkan dengan danau-danau terkenal di indonesia.Danau Weekuri memiliki keunikan tersendiri,airnya yang asin namun bersih dan kebiruan,serta keanekaragaman hayati yang terkandung di Danau Weekuri membuat danau ini layak untuk Sahabat TravelEsia Kunjungi.
Danau Weekuri

Danau Weekuri

merupakan objek wisata di kawasan Kodi Utara dan berjarak ±60 km dari pusat ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Danau ini sangat cocok bagi para petualang karena untuk menuju Objek wisata ini pengunjung hanya dapat menggunakan kendaraan roda 2 atau berjalan kaki.Danau Weekuri ini merupakan salah satu objek wisata paling unik di Pulau Sumba karena air dari danau ini terasa asin, tidak seperti danau – danau lain yang airnya terasa tawar. Danau ini merupakan primadona objek wisata di Sumba Barat Daya karena jarang bisa menemukan danau dengan air asin serta dengan suasana alam yang begitu indah dan udara sejuk yang menenangkan hati.

Sahabat TravelEsia dapat dengan bebas berenang di danau ini, karena air yang tak berarus dan juga tidak dalam, sungguh sangat menyenangkan berada disana. Untuk menuju Danau Weekuri kita tidak akan menemukan papan penunjuk jalan apapun menuju kesana, satu satu nya cara adalah bertanya ke penduduk sekitar. Sepanjang perjalan menuju ke danau, kita akan disajikan rumah adat khas sumba yang sangat unik.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Danau Weekuri
Danau Weekuri merupakan danau air payau yang mungkin jarang sekali ditemukan di daerah lain di Indonesia. Air laut yang bersifat payau tertahan arusnya dan masuk melalui celah celah di tebing gamping yang seakan menjadi batas alami dengan laut, yang sering disebut sebagai morfologi lagoon. 

Selain air payau dari laut, di danau ini juga terdapat beberapa sumber mata air di beberapa tempat, sehingga  warna danau ini bervariasi, ada yang berwarna cerah, agak hijau, dan gelap, ada yang hangat, dan ada yang dingin. 

Itulah keunikan Danau Weekuri. Danau ini terletak sekitar 60 km dari ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, Tambolaka. Tidak seperti danau-danau lainnya, air di Danau Weekuri terasa asin karena langsung datang dari laut. Air laut itu masuk ke sela gugus karang yang membentengi danau sehingga membentuk lingkaran besar menyerupai kolam raksasa dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman tepi pantai.

Danau WeekuriTidak hanya itu, kesunyian yang justru menjadi suasana yang sering dicari-cari para pelancong. Pergi ke danau tersebut seperti menembus sebuah tempat yang penuh misteri.Di sini tidak ada warung makan. Rumah penduduk juga tidak terlihat sepanjang perjalanan setelah lepas dari jalan utama. Salah satu keuntungan keadaan seperti ini, pengunjung tidak akan menemukan sampah plastik atau sisa makanan di sekitar danau. Suasana terasa sangat asri dengan kesejukan alami. Padahal di Sumba, matahari terasa sangat dekat dengan ubun-ubun kepala, atau cuacanya cukup panas.

Di tebing-tebing karang tepi danau, pengunjung bisa menemukan semacam gua untuk berteduh. SH menemukan sisa-sisa api unggun yang dinyalakan pengunjung sebelumnya. Selain itu, pelancong bisa menikmati keindahan tebing-tebing karang di wilayah Weekuri ini. Kita hanya perlu berjalan kaki beberapa ratus meter ke barat, mengikuti arah bunyi debur ombak.Dinding karang yang menjorok ke lautan lepas tak bertepi dan debur ombak di bawahnya akan membuat kita merasa sedang berdiri di tepi batas Bumi.

Danau Weekuri
Akhirnya setelah puas menikmati Danau Weekuri dari dalamnya, Sahabat TravelEsia dapat mencoba naik ke atas bukit karang yang mengelilinginya. Mendaki perlahan menghindari batu karang yang lancip, mencoba menggapai puncak danau ini. 

Lautan luas di bawah anda menghantam tebing-tebing karang  dan mengikisnya perlahan. Padang rumput hijau yang begitu luas sangat kontras dengan birunya lautan didepan. Danau Weekuri tampak lebih biru dari atas bukit karang. titik-titik kecil di salah satu ujung danau seraya melambaikan tangan kepada sehabat TravelEssia sebagai isyarat  kepada anda untuk minta di diabadikan dari ketinggian.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Danau Weekuri merupakan objek wisata di kawasan Kodi Utara dan berjarak ±60 km dari pusat ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya.Jalan raya yang tersedia ke arah Danau Weekuri sebagian telah beraspal. Namun, sebagian besar masih berupa pengerasan tanah. Di kiri-kanannya ada semak belukar menambah keeksotisan danau weekuri

Sepanjang perjalanan Sahabat TravelEsia akan di suguhkan keindahan alam yang membuat anda enggan untuk menutup mata dan di barengin decak kagum sebagai perwakilan expresi anda untuk keindahan alam Danau Weekuri.

Portal berwarna biru yang tak berfungsi menjadi pintu gerbang Danau Weekuri ,air berwarna biru kehijauan yang dikelilingi oleh karang-karang yang tinggi menjualang siap menyabut siapa saja yang datang untuk menjelajahi keindahan danau yang satu ini.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Danau Weekuri
Menjelang Danau Weekuri, di kiri jalan ada rumah panggung milik warga negara perancis yang mengelola salah satu pantai disini, yakni pantai Mandorak. 

Warga negara perancis yang kini berdomisili di Bali ini selain mengelola pantai mandorak juga turut menyejahterakan rakyat sekitar dengan membangun sekolah dan yayasan. Diharapkan pengelolaan ini bisa mengangkat derajat ekonomi dan pendidikan warga sekitar.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Danau Weekuri
Danau Weekuri Dapat Dikunjungi Sepanjuang Tahun,Namun Mengingat Kondisi Cuaca Ada Baiknya Untuk Mengunjungi Pulau Yang Satu Ini Dilakukan Pada Bulan Januari hingga Agustus adalah bulan kunjungan terbaik dan Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari, sekitar pukul 16.00. Namun, jangan harap Sahabat TravelEsia bisa melihat matahari tenggelam di sini. 

Pemilihan waktu sekitar pukul 16.00 ini karena matahari sudah mulai condong ke barat dan langit menjadi lebih biru. Langit biru yang dipadukan dengan kejernihan danau inilah waktu yang tepat untuk dinikmati. 

Know Before You Go...!!!!

  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • Krim pelindung atau tabir surya hendaknya selalu dibawa dan dipakai sesuai kebutuhan karena di daerah ini udara sangat panas walau angin berhembus cukup menyegarkan.
  • Anda perlu juga membawa pelindung anti nyamuk.
  • Dinding karang yang menjorok ke lautan lepas tak bertepi dan debur ombak di bawahnya akan membuat kita merasa sedang berdiri di tepi batas Bumi.  
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Menjelajahi Surga Tersembunyi Pulau Sumba ini,Jika Anda Berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur,khususnya Sumba Barat Daya.Jadikanlah Danau Weekuri , Pulau Rote , Taman Laut 17 Pulau Riung , Pulau Kanawa Sebagai Destinasi Wisata Anda.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg