BREAKING NEWS

Dataran Tinggi Posong : Menikmati Eksotisme 7 Puncak Gunung Di Jawa Tengah


Dataran Tinggi Posong - Dataran Tinggi Posong - Sahabat TravelEsia Jawa tengah sepertinya memiliki destinasi wisata yang patut kita kunjungi,Diantara Banyak Destinasi Wisata Yang Ada Di Jawa Tengah Yang Patut Sahabat TravelEsia Kunjungi Adalah Pulau Karimun Jawa
Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong

Berada Di kota Temanggung yg di apit dua gunung katagori menengah yaitu gunung Sindoro dan gunung Sumbing ternyata menyimpan potensi lain yg tak kalah menariknya dengan tembakau yaitu wisata alam.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Temanggung merupakan dataran tinggi dan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo terdapat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Temanggung berada di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Jalan Raya Parakan-Weleri menghubungkan Temanggung dengan jalur pantura. Untuk daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang persisnya di Kecamatan Pringsurat.

Dataran Tinggi Posong
kata Posong berasal dari kata Pos sing kosong (Pos yang sudah kosong), yaitu bagian dari epic / cerita perang Pangeran Diponegoro dengan Belanda. Ketika pasukan P. Diponegoro sudah terdesak di Magelang dan Temanggung, banyak tentara yang mendirikan pos gerilya di lereng gunung. Salah satunya mendirikan pos di lereng G. Sindoro diatas Desa Tlahab.

Karena pos ini sangat penting, maka Belanda dan pasukannya merencanakan untuk menyerang pos yang berada di atas di Desa Tlahab. Ketika pasukan Belanda sudah menyerang dan mengepung pos tersebut ternyata pos sudah ditinggalkan oleh tentara P. Diponegoro dan pasukan Belanda hanya menjumpai pos yang kosong, maka jadilah nama tempat tersebut Posong.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Dataran Tinggi Posong
Ada banyak tempat wisata di Kabupaten Temanggung, seperti Jumprit yang terletak di Kecamatan Ngadirejo dengan wisata alamnya, Monumen Meteorit di Desa Wonotirto Kecamatan Bulu, Curug Lawe di kecamatan Jumo atau Gemawang, Pikatan dengan wisata airnya yaitu Pikatan Waterpark dan kolam pemancingannya,  dan Dataran Tinggi Posongdi Desa Tlahap Kecamatan Kledung yang sedang di kembangkan secara swadaya. Masih banyak tempat-tempat wisata lainnya.

Bagi wisatawan yang penasaran dengan proses pengolahan tembakau bisa juga mengikuti semua proses pengolahan tembakau, Anda tinggal berkunjung dan menginap di salah satu Guest House sekitar bulan Agustus-September karena proses pengolahan dimulai sekitar jam 2 pagi dan harus sudah selesai sekitar jam 9 pagi.

Tidak hanya itu Dataran Tinggi Posong merupakan lokasi dataran tinggi untuk menikmati Eksotisme 7 Puncak Gunung Di Jawa Tengah,Selain itu, di Temanggung juga ada wisata kuliner. Wisatawan yang datang sangat dianjurkan untuk mencoba kulineran khas Temanggung. Banyak keragaman kuliner di sekitar Temanggung, sebut saja Nasi Gono (nasi yg terbuat dari jagung), Bakso Ulek, Bakmie Jawa, Garang asem, dan wedang ronde.

Bagi Sahabat TravelEsia yang sudah pernah datang dan berwisata ke Temanggung pasti akan sangat tergoda untuk kembali ke daerah yang sangat sejuk ini.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Dataran Tinggi Posong
Untuk menuju Wisata Dataran Tinggi Posong, wisatawan bisa menggunakan beberapa alternatif angkutan:
  1. Menggunakan Bus antarkota dari Bandung atau Jakarta bisa menggunakan bus dengan tujuan Wonosobo. Kemudian dilanjutkan dengan bus 3/4 jurusan Wonosobo-Magelang atau Purwokerto-Magelang dan turun di Desa Tlahab,  Kecamatan Kledung (tinggal bilang turun di sekolahan dan semua kondektur sudah mengerti). Jarak dari terminal bus Wonosobo ke Tlahab hanya sekitar 10 Km.
  2. Menggunakan mobil pribadi, bisa pilih jalur tengah, yaitu Bandung-Sumedang-Cirebon-Bumi Ayu-Purwokerto-Wonosobo atau jalur Pantura bagi Anda yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.
Sangat disarankan untuk menginap karena menikmati wisata Dataran Tinggi Posong paling indah sekitar pukul 04.30 WIB. Jangan khawatir mengenai penginapan karena banyak penduduk yang menjadikan rumahnya sebagai Guest House dengan tarif murah tentunya. Setelah sampai di Tlahab

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Sahabat TravelEsia Jangan khawatir mengenai penginapan karena banyak penduduk yang menjadikan rumahnya sebagai Guest House dengan tarif murah tentunya.

Know Before You Go...!!!!

Dataran Tinggi Posong


  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • Krim pelindung atau tabir surya hendaknya selalu dibawa dan dipakai sesuai kebutuhan karena di daerah ini udara sangat panas walau angin berhembus cukup menyegarkan.
  • Anda perlu juga membawa pelindung anti nyamuk.
  • Jelasnya di sini tak cukup sinyal handphone Anda untuk aktif, tak pula terjangkau jaringan televisi, serta tidak ada pula pedagang kaki lima. Semua itu telah menjadikannya Plengkung sebagai kawasan paling ideal untuk Anda yang ingin berselancar dan benar-benar menjauh sejenak dari peradaban kota.
  • Di tempat inilah Anda bisa mengenyam sensasi lain, yakni, kicauan burung, perilaku hewan, dan gemerisik gesekan dedaunan.  
  • tidak ada ATM di sekitar Dataran Tinggi Posong jadi siapkan uang tunai sebelum mengunjungi Dataran Tinggi Posong
  •    
    Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Menikmati Eksotisme 7 Puncak Gunung Di Jawa Tengah ini,Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah,Sempatkanlah untuk mengunjungi Dataran Tinggi Posong.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

    Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg