BREAKING NEWS

Pulau Moyo : Menawarkan Eksotisme Alam Berkelas Dunia


Pulau Moyo - Sahabat TravelEsia Kali TravelEsia Akan Memperkenalkan Kepada Anda Mengenai Keindahan Pantai Yang Berada Sumbawa,Nusa Tenggara Barat.Pulau Moyo Menawarkan Eksotisme Alam Berkelas Dunia,Mulai Pantai Berpasir Putih Hingga Hutan liar yang masih dihuni oleh berbagai hewan, bisa menjadi pengalaman sekaligus tantangan untuk Anda Saat Mengunjunginya

Pulau Moyo

adalah pulau yang sepi dan kecil namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa.Pulau Moyo memang tidak sepopuler pulau-pulau yang menjadi surga wisata lainnya, seperti Pulau Bali ataupun Pulau Lombok. 

Namun siapa sangka, bahwa pulau kecil ini telah menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dilirik oleh para selebritis. 

Sebut saja, almarhum Putri Diana ataupun Mick Jagger (musisi rock dunia) Dan Yang Terakhir Adalah Petenis Cantik Maria Sharapova pernah menjadikan Pulau Moyo sebagai Destinasi Wisata Mereka.

Bila berkunjung ke pulau ini, Anda Dapat  melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. 

Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan Di Pulau Ini.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0-648 m di atas permukaan laut. Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Dengan kondisi alam yang masih sangat alami,

Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta Satwa. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong. Burung yang terakhir, memang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Tidak Hanya Itu,Bila ingin snorkeling atau menyelam, kawasan sekitar pulau menawarkan berbagai keindahan bawah laut yang juga tak kalah menarik. Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah Dapat Anda temukan Dengan Mudah Disana

Lantas Tidak Puas Akan Itu Pulau Moyo juga menawarkan keindahan alam bawah laut. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Bila Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo.

Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Perjalanan biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Selain jauh dari jangkauan wisatawan domestik, promosi tentang pulau Moyo masih sangat sedikit. Untuk berlibur ke sini, dibutuhkan ketersediaan waktu dan dana yang cukup lumayan. Namun, bila ada keinginan untuk melihat sebagian kecil keindahan negeri ini, Pulau Moyo adalah salah satu tempat yang patut dikunjungi. “Kalau kebetulan sedang beruntung, Anda bisa melihat sekelompok ikan terbang Disana,

Mulai dari hutan hujan, hutan bakau (mangrove), hingga padang rumput (savana). Selain itu, dengan mengunjungi pulau ini, pengunjung dapat melihat ratusan kupu-kupu yang beterbangan, pepohonan dengan berbagai ukuran, dan beragam burung. Beragam jenis ikan dan terumbu karang pun juga terdapat di pulau yang memiliki garis pantai sejauh 88 km ini.

Keistimewaan berwisata ke Pulau Moyo, pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan. Seperti, hiking di hutan dengan keindahan yang masih alami, menyelami keindahan bawah laut, ataupun sekadar bersantai di pantai. 

Memasuki kawasan hutan di Pulau Moyo, pengunjung dapat menikmati keindahan yang masih alami yang jarang tersentuh. Pengunjung dapat menyusuri sungai-sungai yang ada di kawasan hutan. Selain itu, pengunjung juga dapat bermain air seraya menikmati keindahan Air Terjun Brang Rea yang terletak di tengah Pulau Moyo. 

Jika ingin menikmati petualangan yang lebih menantang, menjelajahi gua dapat menjadi alternatif wisata yang menyenangkan. Dalam kawasan hutan di Pulau Moyo, terdapat beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki. Di antaranya, yang cukup menarik untuk dijelajahi adalah Gua Ai Manis yang menjadi tempat bersarangnya ratusan kelelawar.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Pulau Moyo bisa ditempuh dengan mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 km Utara Sumbawa Besar. 

Lalu dilanjutkan dengan menyebrang ke Pulau tersebut.
Sebagai informasi Untuk Anda Ingin Berwisata Ke Pulau Moto, transportasi yang ditempuh dari Lombok:
Ada 2 alternatif yaitu melaui Darat dan Udara:
  1. Jalan darat dilayani mobiltTravel yang akan menempuh perjalanan selama +/- 6 jam dengan perinician : * Mataram - Pelabuhan Khayangan = 2 jam * (Kapal Ferri)Pelabuhan Khayangan - Poto Tano (Sumbawa Barat)= 1-2 jam * Poto Tano - Sumbawa Besar = 2jam

  2. Jalan udara dilayani sebuah Maskapai setiap hari dari Mataram-Sumbawa Besar dengan menggunakan pesawat Fokker 50 dan sebuah Maskapai yang terbang setiap Selasa dan Jumat. Perjalanan udara memakan waktu 35 menit. 
Dari Sumbawa, perjalanan dilanjutkan menyeberang ke Pulau Moyo. Akses dari Pulau Sumbawa ke Pulau Moyo tak mudah, sebab transportasi laut untuk umum terbatas. Kapal rakyat dari Pulau Moyo itu tiba ke Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa sekitar pukul 09.00 pagi. Berangkat ke Pulau Moyo lagi pukul 11.30 siang.

Kapal ini memang hanya mengantar warga Pulau Moyo yang ingin berbelanja di pasar Sumbawa. Penumpang umum boleh ikut kapal motor mereka dengan tarif mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per orang. Waktu tempuh ke Pulau Moyo dari Pulau Sumbawa sekitar dua jam.

Jika naik kapal rakyat, Anda harus menginap di Pulau Moyo karena kapal baru berlayar lagi ke Sumbawa keesokan harinya. Jika ingin kembali ke Pulau Sumbawa pada hari itu juga, Anda harus menyewa perahu motor nelayan setempat dengan tarif Rp 400.000-Rp 600.000, bergantung tawar-menawar dengan pemilik kapal.

Selain transportasi umum, wisatawan bisa juga menyewa kapal motor cepat (speed boat) milik swasta dengan waktu tempuh 30 menit, tapi biayanya pergi-pulang (PP) Pulau Moyo-Sumbawa sekitar Rp 3 juta. Dengan kapal motor cepat itu, wisatawan bisa mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Tenda-tenda cantik berwarna putih dengan bernuansa minimalis terlihat menyempil di antara pepohonan. Sahabat TravelEsia Jangan Khawatir, tenda-tenda ini tidak seperti tenda kemah pada umumnya.Tenda Tersebut Telah Di Ubah Interior dan eksterior tenda ini dengan sangat apik. Wisatawan tidak akan pernah berpikir, dirinya sedang berada di tengah hutan.

Aroma segar embun yang menempel di dedaunan serta bisikan-bisikan halus dari pepohonan yang tertiup angin, seakan mengantarkan Anda dalam keramahan Pulau Moyo. Hijaunya hutan alami Moyo, menjadi wallpaper cantik di pekarangan kamar Anda.

Hari-hari di Pulau Moyo ini bisa Anda habiskan dengan bersantai bersama pasangan Anda di pinggir laut. Jejeran kursi malas sudah menanti dan siap mengantarkan Anda ke dalam mimpi indah. Laut yang biru dan jernih pun menjadi "TV Plasma" super jernih yang menyajikan panorama Laut Flores nan cantik

Hingga saat ini, pengelolaan Pulau Moyo tidaklah ditangani oleh dinas pariwisata ataupun instansi pemerintah lainnya, melainkan ditangani oleh pihak swasta. Maka tak heran, jika untuk mengakses dan menikmati seluruh keindahan dan petualangan di Pulau Moyo, diperlukan dana yang cukup besar. 

Bagi pengunjung yang ingin berlibur di pulau ini, pengelola mensyaratkan adanya deposit (uang jaminan) sebesar 5.000 USD. Sebenarnya, jumlah uang yang akan dipergunakan untuk menikmati seluruh paket yang ditawarkan tidaklah sebesar itu. Namun, keharusan adanya deposit ini bertujuan untuk memastikan bahwa wisatawan yang datang, memilik cukup uang untuk membayar paket wisata yang ditawarkan. 

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Moyo adalah di musim panas dari bulan Juni hingga Agustus.Dikarenakan Pada Bulan Tersebut Kawanan Ikan Nan Cantik Berwarna Warni,Berlenggak Lenggok Bak Bidadari Akan Mengunjungi Bawah Laut Pulau Moyo, 

Tidak Hanya itu Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. 
Bila Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo.

Know Before You Go

  • Bawa perlengkapan menyelam Anda sendiri karena penyewaan perlengkapan menyelam tidak tersedia di pulau ini.
  • Jangan snorkeling di ujung Tanjung Pasir karena obaknya sangat kuat.
  • Anda dapat menyewa perahu dari Sumbawa Besar. Hotel tempat Anda bisa mengatur penyewaan ini untuk Anda, Anda bisa pergi sendiri ke dermaga di Muara Kali dan menawar harga untuk sebuah kapal.
  • Untuk perjalanan yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan kapal cepat namun harga lebih mahal, jika cuaca memungkinkan, Anda bisa berlayar dengan sampan nelayan setempat. Berlayar dengan sampan akan memakan waktu tapi dengan cara ini Anda bisa merasakan kedamaian dan menikmati atmosfer yang berbeda.
  • Banyak wisatawan datang ke Moyo untuk perjalanan satu hari dari Sumbawa ada akomodasi dasar tersedia di pos konservasi alam di Tanjung Pasir.
  • Para tamu tinggal di tenda-tenda yang dibuat khusus di mana rusa yang penasaran akan mengintip ke dalam tenda Anda di saat mereka berjalan.
  • Daerahnya masih sepi dan asli, tapi jangan takut tak ada fasilitas. Di sana ada cottage-cottage yang menyediakan aneka fasilitas.
  • Selain itu, karena pengunjung Pulau Moyo berasal dari mancanegara, maka tak heran jika di pulau kecil ini juga telah tersedia fasilitas internet dan dokter.
  • Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Perjalanan biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Mengunjungi Eksotisme Alam Berkelas Dunia Di Pulau Moyo.Jika Anda berkunjung ke Sumbawa,Nusa Tenggara Barat.Jadikanlah Pulau Moyo sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg