BREAKING NEWS

Pulau Kanawa : Eksotisme Mutiara Di Laut Flores


Pulau Kanawa - Sahabat TravelEsia Tidak Terasa Kita Sudah berada Di Indonesia Bagian Timur.Kali Ini TravelEsia Akan Memperkenalkan Kepada Anda Mengenai Potensi Wisata Di Bumi Flores Yang Menjadi Destinasi Wisata TravelEsia Kali Ini

Pulau Kanawa

Terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa menyendiri dalam luasnya lautan di sekeliling Taman Nasional Komodo sehingga luas pulaunya yang 32 hektar seperti tak begitu berarti. 

Akan tetapi, tetap saja bukit batu yang ditumbuhi belukar dan rumput kering di musim kemarau ini bagaikan dialek Italia yang menggoda. Birunya laut yang dibatasi warna hijau kebiruan di bibir pantainya menyeret rasa penasaran seolah gravitasi bumi.

Pulau Kanawa awalnya dibina oleh seorang warga Labuan Bajo, pulau ini diserahkan pengelolaannya pada orang Italia yang mengembangkan 14 bungalow di kaki bukit batu yang menerawang ke arah pantai. 

Sebuah dermaga kayu cukup untuk melabuhkan beberapa perahu kecil menjulurkan sambutannya hingga tepi karang dan tebing bawah laut. Biru bercampur hijau tepat mengulas kaki gazebo di ujung dermaga. Tak salah lagi, terumbu karang seluas areal yang melingkari pulau itu tumbuh subur, berbinar mengundang mereka yang mendekat.

Setelah menyinggahi Pulau Rinca dan Komodo yang membuka cakrawala pengetahuan fauna Indonesia, setengah lingkaran jam tak perlu dihabiskan terlalu cepat hingga terbenam Matahari di Labuan Bajo. 

Pulau Kanawa dengan kemewahan langit, pantai, dan terumbu karangnya adalah perhiasan sebelum pergi pulang. 

Bersoleklah dengan pengalaman satu lagi di jernihnya air dan warna-warni ikan yang bermain di antara bunga laut, terumbu karang, dan bukit pasir di bawah laut.

Menjelang senja, Pulau Kanawa benar-benar menarik. Langit yang mulai kemerahan dihiasi dengan lalu lalang peselancar yang masih asyik bermain-main di atas ombak. Buat yang suka dengan fotografi, aktifitas para peselancar tersebut bisa menjadi momen emas untuk di abadikan.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Bentang alam Pulau Kanawa tak kalah menarik. Di darat, pulau spektakuler yang sangat tenang dan indah ini mempunyai dua pantai berpasir putih dan sebuah teluk tersembunyi. Dan, tepat di tengah-tengah pulau menjulang sebuah bukit kecil yang dari puncaknya wisatawan dapat melihat panorama 360 derajat Taman Nasional Komodo, gugus pulau di sekitar, termasuk mengabadikan matahari terbenam.

Alam bawah lautnya sangatlah menawan. Kita tak perlu jauh-jauh mencari tempat snorkeling untuk dapat melihat terumbu karang, coral, penyu, bintang laut, dan berbagai jenis anemon laut lainnya. Hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai kita sudah dapat menemukan semua keindahan itu. 

Di sisi kanan pulau ini juga masih terdapat sisa ganggang merah yang membuat di Pulau Kanawa ini sekilas terlihat berwarna pink. Pantai berwarna pink lainnya dapat juga kita temui di Pulau Komodo dengan warna yang lebih kemerahan akibat banyaknya pecahan koral berwarna merah di pasir pantainya

Pulau Kanawa memang sangat cocok untuk sejenak pergi dari penatnya rutinitas hidup. Tinggal di Pulau Kanawa serasa tinggal di pulau pribadi. Ketenangannya, air lautnya yang biru dan jernih, keindahan bawah lautnya, serta keramahan yang ditawarkan Pulau Kanawa membuat siapa saja selalu ingin kembali ke sana.
Pulau yang indah ini merupakan salah satu mutiara yang terdapat di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo. Jiwa petualangan siapa pun akan terpuaskan dengan keindahan bawah laut Pulau Komodo dan keeksotisan dan liarnya Pulau Komodo.
Ada segudang aktivitas bisa dilakukan di Pulau Kanawa. Wisatawan bisa menghabiskan hari dengan bersantai di atas hammock, berkemah, bermain voli pantai, dipijat di pantai, trekking ke bukit, snorkeling, menyelam, atau menikmati pemandangan langit di malam hari.
Menyelam dan snorkeling di Pulau Kanawa akan membawa sensasi tersendiri. Tempat berjuluk ‘akuarium raksasa’ tersebut memang sangat hidup, wisatawan bisa melihat gerombolan ikan tuna berenang bersama, barakuda, ikan badut, kumpulan anemon, dan berbagai ikan pelagis.
Tidak ada penduduk di pulau ini, yang ada hanyalah resor untuk menginap. Meski pengelolaannya tergolong sederhana, namun pulau ini termasuk bersih.

Pihak resor telah membuat jalur untuk wisatawan yang ingin melihat sunrise ataupun sunset. Salah satu kegiatan yang tak boleh terlewat saat sedang liburan ke sini adalah snorkeling karena banyak ikan dan airnya sangat bersih.
Di Pulau Kanawa saat menjelang sore, air lautnya surut dimana Anda dapat mengambil bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantai. Kejadian ini adalah hal rutin terjadi saat air laut surut.

Penyelamkah Anda? Bergegaslah untuk menemui manta ray, hiu paus, dan mola-mola di antara jadwal pertemuan lain dengan parrot fish yang memiliki bejolan besar di kepalanya.

Kuda laut pigmi dan beraneka ragam nudibranch adalah hal lain yang mudah ditemukan di sini beserta penyelam lainnya yang selalu bertukar pengalaman sambil menyeruput minuman dingin

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Pulau Kanawa berjarak 10 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Menggunakan kapal motor nelayan, wisatawan akan menghabiskan waktu satu jam di laut. Sedangkan dengan kapal cepat hanya 10 menit.

Kanawa adalah pulau tak berpenghuni di gugusan pulau-pulau sekitar Taman Nasional Komodo. Jika menggunakan perahu motor, jaraknya sekitar 40 menit dari Labuan Bajo. Pulau ini telah disewa oleh warga negara Italia selama 60 tahun.

Resor di sini pun terbatas, Anda harus memesannya dari beberapa hari sebelum kunjungan. Tarifnya sekitar Rp 250-500 ribu. Harga tersebut sudah termasuk transport Labuan Bajo-Pulau Kanawa

Pulau Kanawa dapat dijangkau dengan perahu bermesin dari  Labuan Bajo. Lama perjalanan sekitar 40 menit. Kapal tersebut berangkat pukul 12.00. Pilihan lain Anda dapat menggunakan speed boat dengan biaya Rp60.000,

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Di Pulau Kanawa terdapat 13 cottages yang berdesain minimalis tapi sangat romantis. Harga untuk standard room berkisar Rp300.000,00. Di setiap kamarnya terdapat kelambu dan hammock. serta untuk kamar mandinya memiliki konsep semi open bathroom.

Persediaan listrik dan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Dimana pengisian air bersih hanya terdapat satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Dan, untuk urusan listrik hanya bisa hidup dari pukul 18.00 WIT sampai 23.00 WIT. Namun, dengan adanya 'keterbatasan' ini di tengah malam kita dapat menyaksikan keindahan stargazing (rasi bintang) karena pulau tersebut benar-benar gelap gulita.
Tak hanya penginapan, di Pulau Kanawa juga terdapat restoran.Menu seafood dan pizza-nya patutAnda Coba.jika ingin mengeksplor kekayaan bawah laut Kanawa, terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkel dan juga diving

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Waktu Kunjungan Terbaik Untuk Mengunjungi Pulau Kanawa Adalah Bulan Juni Hingga Agustus.Dimana Kondisi Cuaca Dan Kondisi Air Laut Sangat Baik Pada Bulan-Bulan Tersebut

Know Before You Go 

  • Waspadalah terhadap arus yang kuat sepanjang bentangan garis pantai ini.
  • Selalu waspada terhadap kondisi pasang surut.
  • Bebatuan pantai di sini juga sangat licin jadi berhati-hatilah.
  • Listrik yang berasal dari genset di Pulau Kanawa hanya sampai pukul 24.00 Wita.
  • Resor kecil di pulau ini mempunyai restoran dan kafe yang menghidangkan menu ikan bakar. Wisatawan juga bisa membeli minuman dingin atau menikmati sajian khas Indonesia dan menu Italia di sana.
  • Persediaan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Dimana pengisian air bersih hanya terdapat satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Dan, untuk urusan listrik hanya bisa hidup dari pukul 18.00 WIT sampai 23.00 WIT. Namun, dengan adanya 'keterbatasan' ini di tengah malam kita dapat menyaksikan keindahan stargazing (rasi bintang) karena pulau tersebut benar-benar gelap gulita.
  • Pulau yang indah ini merupakan salah satu mutiara yang terdapat di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo. Jiwa petualangan siapa pun akan terpuaskan dengan keindahan bawah laut Pulau Komodo dan keeksotisan dan liarnya Pulau Komodo.
  • Jangan lupa untuk membawa obat-obatan.
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Mengunjungi Pulau Kanawa Salah Satu Eksotisme Mutiara Di Laut Flores Ini.Jika Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.Jadikanlah Pulau Kanawa sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg