BREAKING NEWS

Pantai Lagundri Dan Pantai Sorake : Surga Berselancar Terbaik Di Dunia Ada Di Indonesia


Pantai Lagundri Dan Pantai Sorake - Kabupaten Nias Selatan - Mungkin sebagian besar dari Sahabat TravelEsia masih asing mendengar nama pantai ini. Namun bagi penggila olahraga surfing atau selancar air profesional dan kelas dunia, Pantai Sorake ibarat surga yang disediakan oleh Tuhan bagi mereka di bumi ini.

Pantai Sorake dan lagundri

terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Jarak pulau Nias sendiri sekitar 125 kilometer dari Pulau Sumatera. Letaknya memang Sedikit terpencil, namun karena itulah yang membuat pantai ini masih asri dan menjadi favorit para wisatawan khususnya para peselancar.
Seperti halnya pantai tetangganya, yaitu pantai Lagundri, Pantai Sorake ini terkenal karena ombaknya  yang besar dan bahkan di kalangan surfer, ombak di pantai ini terbaik setelah pantai di Hawaii. Ketinggian ombak yang mencapai 3 sampai 5 meter, menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar. Selain itu, ombak di pantai ini memiliki 5 tingkatan yang tidak dimiliki pantai-pantai di belahan bumi lain.

Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang rutin  diselenggarakan dimana ratusan peselancar mancanegara terutama dari Australia begitu mendominasi lautannya.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake bukan hanya memiliki lanskap panorama yang indah tetapi juga tersohor sebagai lokasi selancar (surfing) bertaraf internasional. Ketenaran kedua pantai tersebut kini disandingkan dengan deburan ombak menantang di Hawaii. Jarak antara Pantai Lagundri dan Pantai Sorake hanya 2 km, berlokasi sekira 12 km dari Telukdalam, ibu kota Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. 
Penggila olahraga selancar dari mancanegara beduyun-duyun berkumpul di pantai ini pada April hingga September setiap tahunnya. Mereka akan menjajal lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan. Beberapa di antaranya sangat diidamkan peselancar proffesional.

Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter. Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama

Salah satu yang membuat ombak di Lagundri ini ideal bagi selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya teluk sehingga ombak akan mengalir  besar.

Di pantai ini peselancar bisa menaiki ombak sejauh 200 meter, karena karakteristik ombak disini memang panjang dan besar, mungkin karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Keistimewaan lain di pantai ini adalah ombaknya tidak terpengaruh oleh arah mata angin ataupun pasang surut air laut.

Karena sudah dikenal oleh para peselancar dunia, di Pantai Sorake sering diadakan kompetisi ataupun kejuaraan internasional selancar air, yang diikuti oleh surfer-surfer profesional kelas dunia. Biasanya didominasi oleh peselancar asal Amerika Serikat dan Brazil.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Akses Terdekat Menuju Pulau Nias Sudah Tentu Adalah Kota Sibolga.Ada dua pilihan transportasi umum menuju Nias, menggunakan jalur darat dan udara. Untuk jalur udara terdapat dua maskapai penerbangan menuju Nias, yaitu Merpati dan Wings Air. 

Keduanya berangkat dari Bandar Udara Polonia (Medan) menuju Gunungsitoli (Nias). Keduanya berangkat hampir pada waktu yang bersamaan, yaitu sekitar jam 7.00 pagi setiap harinya. Jadwal pulang kedua maskapai dari Gunungsitoli sekitar jam 8.20. 
Pengangkutan Ke Pulau NiasBiaya penerbangan kedua maskapai berkisar Rp. 700.000,- untuk 1 kali penerbangan.Sementara Bila Anda Ingin Menggunakan Moda Transportasi Darat Terdapat Armada Angkutan Travel dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi Yang Dilayani Oleh P.T Antar Lintas Sumatera , 

P.T Makmur Dan P.O Bintang Utara Setiap Harinya,Kemudian Di lanjutkan Menggunakan Kapal Motor yang Berangkat Pada Pukul 21:00 Wib Maka Akan Tiba Di Pulau Nias Ke-Esokan Harinya Pukul 07:30

Transportasi yang murah meriah bisa menggunakan kapal laut atau ferry. Tapi sedikit memakan waktu karena membutuhkan 11 jam untuk menyebrang ke Pulau Nias dari Sibolga (Sumut). Jadwal ferry setiap hari jam 8.00 malam, kecuali hari minggu tidak ada kapal yang berlayar.

Harga tiket ekonomi Rp69.000,- sedangkan tiket cabin Rp103.000,-. Pembelian dan pemesanan tiket bisa di jalan Yos Sudarso kota GunungSitoli atau dipelabuhan Sibolga (Sumut).  Ada alternatif kapal setiap hari Senin, Rabu dan Jumat tujuan Sibolga (Sumut) – Teluk Dalam ( Nias Selatan).  Pembelian dan pemesanan tiket bisa melalui Pelabuhan sibolga. Harga Tiket ekonomi Rp80.000,-.
Jika Anda Dari Jakarta,Untuk mencapai Nias, ada kapal mingguan dari Jakarta ke Gunung Sitoli, ada feri dari Sibolga ke Gunung Sitoli, Teluk Dalam, atau Lahewa setiap hari Atau Bisa Juga Menumpangi Bus P.T Antar Lintas Sumatera Dari Lebak Bulus Menuju Sibolga Dan Kemudian Di lanjutkan Menggunakan Kapal Motor yang Berangkat Pada Pukul 21:00 WIb Maka Akan Tiba Di Pulau Nias Ke-Esokan Harinya Pukul 07:30

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Sebelum Bencana Gempa Dan Tsunami Di Aceh Dan Simeulue,Nias Merupakan Destinasi Wisata Terfavorit Di Sumatera Utara Setelah Danau Toba Bagi Turis Mancanegara yang ingin berselancar.Nias adalah bagian dari jejak Hippie terkenal tahun 1960-an, terutama bepergian dengan peselancar, yang menyebabkan ke Bali. 
Tersedia sekira 60 homestay berjejer tepat berada di bibir Pantai Lagundri Sorake. Tarifnya terbilang ekonomis yaitu mulai dari Rp75.000,- per malam dengan fasilitasnya adalah kasur dan bantal, kamar mandi di dalam, air bersih, listrik, kipas angin, serta kelambu. 
Beberapa menyatakan bahwa gelombang di pantai selatan Sorake lebih baik daripada yang di Maui. Ini telah menjadi tempat beberapa kompetisi surfing internasional di masa lalu, terutama sebelum Bencana Gempa Dan Tsunami Di Aceh Dan Simeulue

Meskipun sejarah bertingkat surfing di Nias, internasional berselancar di Nias telah melambat terutama (tapi tidak secara khusus) karena gempa bumi baru-baru ini. Situasi perlahan-lahan berubah.
Kini Nias Sudah Berbenah Dan Siap Menggaungkan Kembali Masa Kejayaannya.Ada banyak penginapan di Nias Selatan Lagundi / Sorake, dengan range harga sekitar Rp.50.000 - hingga yang Paling mahal Rp. 650.000.Mulai Dari Fasilitas Seadanya Hingga Bungalow Berfasilitas Mewah Dapat Anda Temui Disana

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk menikmati keindahan Pulau Nias Secara Umumnya Dapat Di Lakukan Sepanjang Tahun,namun Sebaiknya Dilakukan pada Bulan Januari - September di Karenakan Untuk Kondisi Topografi Sumatera Utara Masuk Dalam Musim Kemarau sehingga kondisi Air laut Dan Cuaca Baik Dan Menuju Pulau Nias Dalam Keadaan yang bersahabat Namun Bila Anda Termasuk Penikmat Olahraga Berselancar Datanglah Pada April hingga September dikarenakan lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan

Know Before You Go

  • Musim terbaik untuk menyaksikan lomba selancar adalah antara Juni atau Juli.
  • Bila Anda ingin mengabadikan aksi para peselancar maka perlu membawa lensa binocular untuk memfotonya. Untuk menyaksikan aksi peselancar di tengah laut bawalah juga teropong jarak jauh yang memadai.
  • Nias adalah tujuan berselancar terkenal secara internasional. Daerah berselancar paling dikenal adalah Sorake Bay, dekat kota Teluk Dalam, di ujung selatan.
  • Saat anda menunggu gelombang, peselancar sering bisa melihat kura-kura laut berenang di bawah Anda Seraya Mengikuti Anda Berselancar.
  • Untuk Lokasi Berselancar yang Sudah Di Akui Dunia Dan Di Buktikan Lokasi Ini Selalu Saja Di jadikan Tempat Kompetisi peselancar dunia adalah gelombang di Kepulauan Hinako dekatnya, Asu dan Bawa., tempat surfing berkualitas tinggi  menunggu wisatawan menjajal tingginya ombak disana.
  • Bagi wisatawan yang membawa anak balita, jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Butiran pasir pantai yang halus menjadikan kulit terasa nyaman saat bersentuhan dengannya.
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda Tertarik Untuk Melihat Keindahan Pulau Nias Secara Umum Dan Khusunya Pantai Lagundri Dan Pantai Sorake , Hombo Batu , Tari Fataele,Jika Sumatera Utara Menjadi Destinasi Wisata Anda,Maka Berkunjunglah Ke pulau Nias,mari kita dukung indonesia menjadi destinasi wisata dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg