BREAKING NEWS

Pantai Ngur Sarnadan : Perpaduan Pasir Putih Dan Air Laut Yang Menawan


Pantai Ngur Sarnadan atau yang lebih di kenal dengan pantai pasir panjang bagi masyarakat Maluku Tenggara.Pantai dengan pasir putih banyak ditemukan di Indonesia namun berbeda halnya dengan pantai yang terdapat 20 kilometer dari Tual ibukota Kabupaten Maluku Tenggara
 Pantai Ngur Sarnadan

Pantai Pasir Panjang

Provinsi Maluku adalah salah satu provinsi dengan ibukotanya  Ambon , dan mempunyai banyak sekali obyek wisata,antara lain Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Kuliner, dari sekian banyak Obyek wisata Provinsi Maluku yang sangat terkenal yaitu Pantai Ngur Sarnadan atau yang lebih terkenal bernama pantai pasir panjang
 
Pantai Ngur Sarnadan (Pasir Panjang), merupakan pantai yang sangat menakjubkan dengan pasir putihnya yang sangat panjang dan lembut menyerupai tepung itu membuat mata tak tahan melihatnya disiang hari karena memancarkan cahaya yang menyilaukan.
Pantai Ngurbloat. Letaknya di Desa Ngilngof, Kota Tual, Maluku, Indonesia. Ia berada di bagian barat Pulau Kei Kecil, berjarak sekitar 20 kilometer Tual, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara.Pantai ini sudah dikenal luas sebagai pantai cantik dengan pasir yang putih dan sangat halus.Tidak cuma pasir putihnya yang luas, pantai ini juga menarik karena airnya yang jernih berwarna turqouise.
Kehalusan dan kelembutan pasir pantai ini memang jadi daya tariknya. Orang yang datang pasti tergoda menjumput dan mengantonginya untuk dibawa pulang.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

 Pantai Ngur sarnadan
Pantai sepanjang 3 km ini memiliki butiran pasir yang sangat halus, bahkan hampir selembut tepung. Meski memijak tanpa tenaga, cetakan kaki langsung terbentuk. Butiran pasir pun tak terasa menggelitiki tapak kaki walaupun kita berjalan tanpa alas.

Kehalusan dan kelembutan pasir pantai ini memang jadi daya tariknya. Orang yang datang pasti tergoda menjumput dan mengantonginya untuk dibawa pulang.

Selain pasirnya yang halus, panorama senja di pantai yang disebut Pantai Ngurbloat oleh masyarakat Tual dan Langgur ini pun indah. Coretan jingga, merah, biru, bahkan ungu, akan tersaji penuh pesona.
Kita bisa menikmatinya sambil bersantai di pondok-pondok tepi pantai yang disewakan Rp 10.000 dan Rp 25.000 per pondok. Santapan pisang goreng, kacang, dan kelapa muda bisa jadi teman yang cocok bersantai di pantai ini.

Untuk berenang, di sini tempat yang cocok. Sebab, bentangan pesisirnya datar dan airnya jernih teduh. Seperti berenang di kolam air biru dengan lantai pasir warna putih. Di pantai ini juga tersedia sejumlah guest house bagi wisatawan yang ingin menginap.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Jika dari Jakarta, Anda harus 'menumpang' pesawat ke Bandara Pattimura, Ambon, dilanjutkan pesawat ke Tual dan menyentuh landasan Bandar Udara Dumatubun di Langgur dengan perjalanan 1,5 jam. Perjalanan dari Tual ke Pantai Pasir Panjang bisa menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau ojek dari Pasar Ohoijang. Perjalanan terhitung sekitar satu jam.
Bagi yang gemar menggunakan angkutan laut, perjalanan dapat dilakukan dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, menuju Pelabuhan Tual. Perjalanan ini berlangsung sekitar 18 jam dengan menggunakan kapal penumpang milik PT Pelni. Waktu tempuh tersebut termasuk singgah sekitar dua jam di Pelabuhan Banda Naira. Namun, perjalanan laut ini biasanya hanya satu kali dalam satu minggu.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Untuk akomodasi, di pulau tersebut sudah tersedia beberapa penginapan yang sebagian besar berupa rumah panggung bermaterial kayu.Sejumlah kamar di beberapa penginapan di sekitar situ disediakan untuk wisatawan yang ingin bermalam di tepi pantai. 

Penginapan–penginapan tersebut umumnya berupa rumah panggung ala tropis yang terbuat dari kayu.harganya pun relatif terjangkau.semua tergantung kebutuhan anda sendiri  

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Juli-September), air cenderung keruh ,pasir pantai akan menjadi lebih licin,Namun, hati–hati saat menapaki jalan pantai, terutama bila musim hujan. Jalan masuk menuju pantai yang terbuat dari batu karang sangat licin.

Know Before You Go

Lokasi Pantai Pasir Panjang cukup tenang dan landai. Selain itu, ombaknya juga tidak kencang dan kuat. Maka, Anda bisa berenang hingga puas di pinggir pantai dengan airnya yang jernih dan biru. Sunsetnya pun tidak kalah memukau di pantai ini, ditambah gumpalan awan-awan yang cantik akan membuat teduh pandangan Anda.

Hamparan luas pasir putih di Ngurbloat itu sangat menyenangkan bagi mereka yang senang berjalan–jalan dan bermain di pinggir pantai. Bagi yang hobi berolahraga, Ngurbloat cocok untuk tempat bermain voli pantai, sepak bola, atau lari pagi.
Bagi wisatawan yang membawa anak balita, jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Butiran pasir pantai yang halus menjadikan kulit terasa nyaman saat bersentuhan dengannya.


Pantai Ngurbloat tidak hanya berair jernih, tetapi juga relatif bersih dari sampah dan limbah. Hanya sedikit sampah organik dari rumput laut yang terlihat tercecer di beberapa tempat.

Terdapat banyak penginapan berupa rumah-rumah kecil di sekitar pantai. Anda pun dapat berlama-lama menikmati sajian alam yang menawan ini. Selain pondok, juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan hidangan laut khas Maluku. Siapkan diri Anda untuk membuktikan halusnya pasir sehalus tepung di sana

Menarik Bukan Sahabat TravelEsia.Mari Rencanakan perjalanan wisata anda ke Pantai Pasir Panjang ,nikmati ketenangan yang akan membuat anda serasa berwisata di pantai pribadi.mari kita dukung indonesia menjadi destinasi wisata dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg