BREAKING NEWS

Kepulauan Banda : Eksotisnya Ragam Wisata Kepulauan Banda


Kepulauan Banda, merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terletak sekitar 132 kilometer di bagian tenggara pulau Ambon provinsi Maluku. Kepulauan Banda juga menyimpan banyak informasi sejarah, keanekaragaman budaya, sekaligus menawarkan panorama alam yang maha indah. Kepulauan Banda tak hanya tersohor di Indonesia tapi menggaung hingga ke Eropa. 

Kepulauan Banda

Potensi rempah-rempah berkualitas yang berlimpah-ruah seperti pala, lada, fuli dan cengkeh menjadi daya tarik utama dalam bidang perdagangan bangsa Eropa dan Arab berabad-abad lalu. Tak heran, bila rekam jejak Kepulauan Banda diabadikan dalam buku Suma Oriental que trata do Mar Roxo ate aos Chins karya Tome Pires seorang apoteker Portugis yang mengunjungi Kepulauan Banda antara tahun 1512-1515. Hingga kini, Kepulauan Banda selalu menjadi tujuan perdagangan dan tempat wisata oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Kepulauan Banda terdiri dari beberapa pulau, seperti Banda Neira sebagai pusat administrasi, pulau Gunung Api, pulau Banda Besar, pulau Keraka atau Kepiting, Sjahrir Island, Hatta Island, dan Pulau Ai. Masing-masing pulau ini menyajikan menu wisata yang unik dan menarik, mulai dari pendakian puncak gunung api, kunjungan tempat-tempat bersejarah, hingga menikmati taman laut yang menawan. Untuk mencapai Kepulauan Banda, tersedia pilihan transportasi udara dan laut

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Saat ini, Banda telah menyihir para penyelam, pelaut, dan kapal pesiar dari seluruh dunia dengan keindahan alamnya. Baik di atas maupun di bawah laut, keindahan Banda dapat disejajarkan dengan keindahan Raja Ampat di Papua, sebuah surga wisata bahari lain di Indonesia Timur.

Kepulauan Banda merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling populer bagi para penyelam. Baik penyelam ahli maupun pemula. Semua dapat menyelam dari laguna dangkal di antara Bandaneira dan Gunung Api hingga ke dinding vertikal di Pulau Hatta. 

Kemanapun Anda pergi berkeliling di sini, maka akan menemukan pemandangan tropis yang menakjubkan, sejarah yang luar biasa, penduduk yang ramah, dan beragam terumbu karang yang masih alami.
Scuba diving masih relatif baru di sini, tapi penyelam yang sudah ahli tidak harus bekerja keras untuk menemukan keindahannya.

Bawah laut sekitar Ambon dan pulau terdekat Saparua memiliki beberapa tempat menyelam dengan reputasi mendunia. Ketika Anda menjelajahi permukaan bawah laut maka Anda akan melihat segalanya mulai dari hiu, kura-kura besar, ikan napoleon wrasse, ikan kerapu raksasa, tuna, sinar mobula, cepluk redtooth, berbagai spesies ikan paus, lumba-lumba pemintal, dan kerabat dekat lobster besar, hingga ikan karang yang  jinak atau ikan endemik lepu ambon.

Datanglah ke Pulau Banda dan kunjungi oleh Anda rahasia yang tersimpan di Indonesia Timur ini. Meski penerbangan kesini tidaklah sering namun penantian Anda akan terbayar dengan keindahan surga tropis yang ideal ini.

wisata bahari lainnya adalah seperti memancing ikan tuna dan cakalang di perairan Banda, termasuk pula melihat keindahan ikan paus dan lumba-lumba serta burung laut. Wisata bahari ini dapat dilakukan pada musim teduh (musim laut tidak berombak), dua kali dalam setahun yaitu bulan Maret

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Cara termudah untuk pergi ke Banda adalah mengawalinya ke Ambon. Ambon adalah ibukota Pulau Ambon, terletak 132 km sebelah utara Banda. Untuk mencapai Ambon Anda bisa terbang secara langsung dari Denpasar-Bali yang transit di Ujung Pandang. 

Garuda Indonesia terbang dari Jakarta (CGK) yang transit di Bandara Hasanuddin-Makassar, atau Denpasar-Bali (DPS) yang transit di Ujung Pandang (UPG) lalu ke Bandara Pattimura di Ambon (AMQ).
Penerbangan lainnya adalah dari Langur-Maluku Tengah (LUV), Juanda-Surabaya (SUB), dan Jeffman-Sorong,  Papua (SOQ).

Lion Air, Batavia Air, dan Mandala Airlines melayani jalur Ambon-Jakarta dengan transit di Makassar atau Surabaya.
Dari Ambon, Anda bisa menuju Kepulauan Banda dengan pesawat kecil carteran atau menggunakan Merpati Airlines yang terbang ke Banda Neira. Tidak tersedia penerbangan pulang-pergi. Penerbangan kembali harus melalui Banda Neira. Penerbangan beroperasi seminggu sekali atau setiap dua minggu. Oleh karena itu, tempat ini merupakan objek wisata indah yang sunyi namun sangat ideal.

Alternatif lain Anda dapat menyeberangi Laut Banda dengan feri. Pelni menyediakan kapal feri dua kali seminggu dengan kapal KM Ciremai dari Ambon ke Bandaneira. Pastikan Anda dua kali memeriksa jadwal untuk perubahan yang tak terduga.

Wisatawan dari Jakarta, Bali, dan wilayah lain di Indonesia dapat menggunakan pesawat Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air dan Merpati tujuan Ambon dengan lama penerbangan 3 jam, setelah itu dapat menggunakan penerbangan dalam provinsi dengan Buana Air, Trigana Air dan Merpati Foker tujuan Ambon-Banda Neira.

Rata-rata harga tiket pesawat tujuan penerbangan Jakarta-Ambon berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 3.000.000 perorang, sedangkan harga penerbangan dalam provinsi jauh lebih murah di kisaran harga Rp 120.000 perorang. Sementara transportasi laut yang tersedia hanyalah kapal PELNI KM Bukit Siguntang, 

KM Dobonsolo, KM Ciremai dan KM Lambelu yang melayani rute pelayaran Jakarta, Surabaya, Makassar, Bau-Bau, Ambon dan Banda Neira selama 4 hari waktu pelayaran. Kisaran harga tiket cukup variatif karena disesuaikan dengan pemesanan kamar di masing-masing kelas, mulai dari harga Rp 600.000 hingga Rp. 2.000.000 perorang yang include 3 kali makan sehari.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Tinggal di kapal laut adalah cara yang ideal untuk menjelajahi Banda. Anda juga dapat memilih tinggal di kapal pesiar selama 7-14 hari. Tinggal di kapal lebih murah dan tidak memakan waktu, terutama jika Anda ingin menjelajahi tempat menyelam sebanyak mungkin. Periksa ke agen perjalanan untuk mendapatkan paket terbaik.

Tidak terlalu banyak hotel di sekitar
Kepulauan Banda. Hotel terbesar terletak tepat di bibir pantai yang berpasir putih. Anda dapat tinggal di hotel kecil atau penginapan dengan harga terjangkau sekaligus pelayanan terbaik. Ini juga merupakan alasan yang tepat untuk Anda tinggal lebih lama di Banda.

Kegiatan Apa Saja Yang Dapat Saya Lakukan Disana ?

Berbelanja
Anda dapat berbelanja cenderamata lokal di sini, makanan tradisional, atau makanan ringan.
Hampir sebagian besar makanan di Banda merupakan makanan tradisional.
Di sini tersedia cenderamata lokal yang terbuat dari sisa makanan laut. Cenderamata tersebut bisa sangat menarik meski berukuran besar. Mutiara dari Banda adalah souvenir yang indah untuk Anda bawa pulang.

Berkeliling
Di Bandaneira, kebanyakan orang berkeliling untuk berwisata dengan berjalan kaki. Atau dengan ojek dan becak untuk perjalanan yang sedikit lebih jauh.
Untuk menyebrang dari satu pulau ke pulau lain Anda perlu menyewa perahu. Harganya dapat bervariasi tergantung jarak tetapi biasanya berkisar antara Rp120.000,00 hingga Rp500.000,00.

Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Disana ?

Know Before You Go..
a.Diving dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Juli-September), Anda dibatasi untuk memilih tempat menyelam

b.Tidak ada ATM di sekitar Kepulauan Banda termasuk di Bandaneira jadi siapkan uang tunai sebelum mengunjungi pulau ini. Sangat disarankan untuk menyimpan uang Anda di tempat yang aman, terutama saat berada di sekitar pelabuhan.

c.Telekomunikasi terbatas untuk provider Seluler. Anda dapat mengisi pulsa di Bandaneira.
d.Penyelam pemula dianjurkan lebih berhati-hati untuk keselamatan karena arus laut bisa kuat di beberapa tempat.

e. Diving biasanya nyaman dengan jarak pandang sekitar 15-30 meter dalam kondisi air yang tenang, namun beberapa tempat menyelam hanya cocok untuk penyelam yang berpengalaman. Jadi penting untuk meminta saran pembimbingan menyelam Anda.

f. Kedalaman satu tempat menyelam berkisar antara 5 meter hingga lebih dari 40 meter dengan suhu 26-29 derajat Celcius jadi pastikan Anda memiliki kondisi tubh yang fit.

g. Cobalah untuk menyewa peralatan menyelam dan snorkeling dari perusahaan ternama untuk jaminan keamanan. Tanggung jawab untuk memeriksa peralatan tetap ada pada Anda.

h.Bawalah baju renang dan pakaian lebih banyak.

Jadi Bagaimana Sahabat TravelEsia,Apakah Anda tertarik Untuk Mengunjungi Kepulauan Banda
Jika Anda berkunjung ke provinsi maluku jadikanlah Kepulauan Banda sebagai destinasi wisata anda 

Source News : Diambil Dari Berbagai Sumber
wisata.kompasiana.com 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg