BREAKING NEWS

Pusat latihan Gajah Seblat : Kekaguman Atraksi gajah yang cukup memukau


Pusat Pelatihan Gajah Seblat - Pusat Pelatihan Gajah Seblat merupakan lokasi yang digunakan untuk melatih dan membantu proses perkembangbiakan gajah-gajah liar sumatra (elephas maximus sumatrensis) yang terdapat di Propinsi Bengkulu. Tempat yang menjadi salah satu tujuan wisata di Propinsi Bengkulu ini berdiri pada bulan Oktober 1992 melalui SK Menhut No. 658/Kpts-ll/1995 tanggal 8 Desember 1995, memiliki luas sekitar 6800 hektar, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Selain sebagai kawasan konservasi bagi sekitar 200 ekor gajah liar sumatra, PLG Seblat juga merupakan habitat bagi beberapa flora dan fauna langka khas Pulau Sumatra. 

Pusat Pelatihan Gajah Seblat

B. Keistimewaan
Di kawasan Pusat Pelatihan Gajah Seblat pengunjung akan disuguhi dengan berbagai jenis atraksi gajah yang cukup memukau. Di tangan para pelatih yang sudah berpengalaman, gajah-gajah yang tadinya liar disulap menjadi hewan jinak dan cerdas yang sanggup memahami instruksi manusia. Bagi pengunjung yang baru pertama kali menyambangi kawasan ini, pasti akan terkagum-kagum melihat gajah-gajah tersebut mampu melakukan atraksi-atraksi seperti menggendong manusia, berdisko, mengalungkan bunga, membawa bendera, menebak angka/huruf, bermain sepak bola, berbaris, gajah pacaran (gajah jantan membawa payung dan gajah betina memeluknya), dan lain-lain.
Belum hilang perasaan kagum atas atraksi gajah-gajah di kawasan ini, pengunjung akan dibuat terkagum-kagum lagi ketika melihat keistimewaan lainnya dari kawasan konservasi ini. Sebab, di kawasan PLG Seblat juga terdapat flora dan fauna langka yang dilindungi oleh pemerintah. Selain bunga Rafflesia (rafflessia arnoldi), pengunjung akan menjumpai hewan-hewan langka seperti tapir, rusa, badak sumatra, harimau loreng sumatra, kucing emas, kambing hutan, berbagai jenis ular, siamang, simpai, kera ekor pendek, berbagai jenis burung (rangkong, beo, pergam), ayam hutan, elang, dan lain-lain. Konon, di kawasan ini juga beberapa kali ditemukan jejak manusia pendek, namun untuk memastikannya dibutuhkan penelitian lebih lanjut. 

C. Lokasi

Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat terletak di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu, Indonesia.

D. Harga Tiket

Harga tiket masuk yang ditetapkan oleh pengelola kawasan wisata PLG Seblat memang cukup mahal, yaitu Rp 35.000 per orang (Juni 2008). Namun, biaya masuk tersebut sepertinya sebanding dengan berbagai keistimewaan yang ditawarkan oleh kawasan wisata ini.  

E. Akses

Akses menuju kawasan Pusat Latihan Gajah Seblat tidak terlalu sulit. Dari arah Kota Bengkulu, pengunjung dapat meluncur ke arah Air Muring, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum (bus), dengan jarak tempuh sekitar 150 km. Setelah sampai di Air Muring, terdapat 3 jalur yang dapat dipilih untuk sampai di kawasan PLG Seblat, yaitu:
  1. Lewat PT. Agricinal dengan jarak tempuh sekitar 20 km, atau memakan waktu sekitar 1 jam.
  2. Lewat Seblat (samping Kantor Kecamatan Putri Hijau) Blok C, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 15 km.
  3. Lewat Air Muring, Suka Merindu, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 17 km.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sepanjang jalan dari arah Bengkulu menuju Pusat Latihan Gajah Seblat, pengunjung dapat menjumpai fasilitas dan sarana akomodasi seperti rumah makan, rumah penginapan, Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), tempat ibadah (masjid dan gereja), kios-kios kerajinan tangan yang terbuat dari rotan, kios kerajinan batu akik, dan lain-lain. Adapun di kawasan Pusat Latihan Gajah Seblat sendiri, pengunjung akan menjumpai beberapa fasilitas, seperti kantor, wisma tamu, pusat informasi, shelter, MCK, menara pengintai, dan lain-lain.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg