BREAKING NEWS

Bukit Gundaling Kabut Pagi, Keindahan yang Unik



Wisata Gundaling - Wisata Gundaling Sumatera Utara memang memiliki banyak tempat wisata alam. Selain Danau Toba, Pulau Samosir, dan Air Terjun Dua Warna, terdapat sebuah bukit hijau nan asri, namanya bukit Gundaling. Lokasi bukit ini terletak di Kecamatan Berastagi, dapat ditempuh sekitar dua jam dari kota Medan. Bukit ini memiliki ketinggian 1575 di atas permukaan laut. Dari atas Bukit Gundaling, pemandangan pegunungan yang mengapit kota Berastagi dapat dilihat. 


Wisata Bukit Gundaling


Terdapat dua buah gunung aktif yang mengapit kota Berastagi, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Pemandangan di Bukit Gundaling hampir sama seperti di Puncak Jawa Barat, namun di Bukit Gundaling suasananya lebih sejuk dan tenang. Tak jarang ada petani-petani yang bercocok tanam di kaki bukit ini.

Di sepanjang jalan di Bukit Gundaling, anda akan menjumpai aneka macam pepohonan hijau, seperti pinus, durian, dadap, rambutan, aren, dan rotan, beberapa jenis satwa yang ada di Bukit Gundaling, seperti burung, rusa, monyet, atau babi hutan, dan tak jarang, warga yang melintas di jalan. 

Di Bukit Gundaling juga dijual aneka jenis pernak-pernik khas kota Berastagi, seperti kaos, patung, kerajinan kayu, dan masih banyak lagi. Bahkan di bukit ini sering diadakan pendakian oleh komunitas pecinta alam yang berasal dari luar kota Berastagi. Objek wisata yang satu ini juga mampu menarik wisatawan luar negeri untuk datang kemari, dengan pemandangannya yang mempesona. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di atas bukit ini.

Bukit ini sangat cocok untuk bersantai, terdapat beberapa rumah penginapan dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak ada biaya masuk lokasi. Pada musim liburan dan akhir pekan, banyak pengunjung yang datang kemari, dan biasanya harga penginapan akan naik. Mengingat jumlah penginapan yang terbatas, disarankan jika anda berkunjung ke Bukit Gundaling sebaiknya awal musim liburan, atau hari-hari biasa. 

Jika anda tidak menginap di lokasi ini, maka masalah penginapan bukan menjadi halangan. Jalan utama di bukit ini sudah di aspal, sehingga memudahkan pejalan kaki maupun yang membawa kendaraan pribadi. Masyarakat sekitar Bukit Gundaling rata-rata adalah petani. 

Mereka biasanya menanam buah-buahan dan sayuran, kemudian di jual di pasar untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ada juga yang berternak kuda, sapi dan kerbau. Tak jarang juga dari mereka yang berjualan di kawasan wisata. Datanglah ke sini untuk merasakan suasana kesejukan ala pedesaan, di Bukit Gundaling, Berastagi.
Cara menuju lokasi : dari terminal Pinang Baris Medan, naik bus tujuan Berastagi turun di terminal Berastagi. Tarifnya sekitar Rp. 15.000.

Jika Anda Berkunjung ke sumatera utara jangan lewatkan wisata ke Bukit Gundaling

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg