BREAKING NEWS

Arsik Ikan Mas Kota Medan : Membuat Lidah Anda Serasa Bergetar


Wisata Kuliner Sumatera Utara - Wisata Kuliner Medan arsik ikan mas adalah makanan khas sumatera utara khusus daerah tapanuli. makanan ini terbuat dari ikan mas (ya iyalah namanya jg arsik "ikan mas"....)yang telah diberi bumbu arsik yang terdiri dari kunyit,jahe, lengkuas, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri , andaliman, mobi (asam), ikan ini dimasak dengan air tanpa diberi minyak sampai bumbu meresap dan dimasak +- 1 jam kemudian ditambah bawang batak dan kacang panjang.

Wisata Kuliner Medan

Masakan yang satu ini adalah menu wajib setiap rumah tangga orang Batak baik yang masih tinggal di kampung halaman maupun yang sudah merantau. Bahkan Seorang wanita Batak baru diacungi jempol sebagai seorang jago masak jika masakan arsiknya sudah enak dan layak dihidangkan kepada para tamu.

Dipilih ikan mas ini karena ikan mas tinggal di air jernih dan berenang maju dalam kelompok tanpa saling bertubrukan. Filosofinya adalah mereka yang memakan ikan ini akan hidup dalam harmoni, ke hulu dan ke hilir, rukun sampai akhir umurnya. amin.....

Citarasa arsik ini asin, asam/ kecut, bisa juga pedas (bergantung ada tidaknya tambahan cabe). Rasa yang khas disumbangkan oleh bumbu khas Sumatera yaitu andaliman dan bunga rias (kerap juga disebut kecombrang).

Jadi Jika Anda Berkunjung Ke Sumatera Utara Khususnya Kota Medan Ada Baiknya Sempatkanlah Untuk Menikmati Wisata Kuliner Sumatera Utara

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg