BREAKING NEWS

Menu

4 Fakta Unik Yang Hanya Akan Kamu Temukan Di Sekolah Di Taiwan, Perlu Ditiru Gak?


IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Negara Taiwan termasuk negara maju di kawasan Asia salah satunya adalah karena sektor pendidikan yang dinilai bagus. 

Sistem pendidikan di negara taiwan patut diacungi jempol alasannya taiwan termasuk dalam 4 besar negara di asia yang memiliki sistem pendidikan terbaik bersama Korea Selatan, Singapura dan Jepang. Nah dibalik pendidikan yang maju ternyata ada lho hal unik yang tidak bakalan kamu di sekolah lain, apa saja berikut 4 hal unik yang hanya akan kamu temukan di sekolah di taiwan.

1. Rok siswi di Taiwan yang super pendek

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Di Indonesia seragam sekolah diatur harus berada di bawah lutut, sekolah di negara ini membebaskan siswinya untuk memakai pakaian apapun. 

Seragam khusus hanya digunakan di saat-saat tertentu seperti hari pertama sekolah atau kelulusan sekolah, ulang tahun sekolah maupun di peristiwa tertentu.

Di hari lain mereka bebas mengenakan baju jenis apa pun, tak jarang kalau para murid perempuan menggunakan baju yang terkesan seksi dengan rok yang super pendek, jadi jangan heran jika menemukan hal seperti ini di taiwan memang budaya mereka sudah begitu.

2. Sekolah fulltime & jam tidur siang

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Beberapa waktu lalu indonesia pernah menerapkan sistem fulltime di sekolah, sayangnya kebijakan ini mendapat tentanga dari beberapa pihak karena dinilai terlalu menyita bermain anak. 

Nah ditaiwan anak usia sekolah menghabiskan hari mereka dengan belajar, untuk SD pelajaran dimulai pada pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 3.30 sore. 

Sedangkan untuk mereka yang duduk di bangku SMP dan SMA dimulai dari pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 5.30 sore, sebagai upaya memulihkan tenaga siswa kebijakan pemerintah memberikan jam makan dan tidur siang satu setengah jam kepada para muridnya.

3. Wajib baca buku setiap hari

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Salah satu alasan yang membuat pendidikan taiwan dinyatakan terbaik di asia adalah karena budaya yang ditanamkan oleh pendidik mereka, di setiap sekolah siswa diwajibkan pergi ke perpustakaan dan membaca buku setiap harinya, dalam satu tahun siswa harus menyelesaikan bacaan mereka sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan oleh sekolah, nah gimana gak pintar ya kalau begini aturannya begini.

4. Kerja bakti setiap hari bersama guru

IMAGES SOURCE (GOOGLE)

Sedari SD kita diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan sekolah, setiap hari pasti ada jadwal tiket tertentu bukan. Hampir sama saja seperti di sekolah-sekolah negara taiwan, bedanya di Taiwan piket sekolah dilaksanakan seperti kerja bakti, tak ada kelompok piket di sini semua wajib bersih-bersih setiap hari ini. 

Uniknya lagi guru-guru juga tak hanya menjadi pengawas tetapi juga ikut murid bersih-bersih, siswa siswi di taiwan memang sudah diajarkan tanggung jawab, kejujuran serta sikap gemar membaca sejak duduk di bangku SD. 

Waktu mereka juga lebih banyak di sekolah dibandingkan bermain dan berleha-leha, wajar saja kalau negara ini masuk dalam negara dengan pendidikan terbaik.

Itulah 4 hal unik yang hanya akan kamu temukan di sekolah di taiwan, semoga Informasi ini bisa menambah wawasan kita, sampai jumpaa


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg