BREAKING NEWS

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia untuk Liburan Imlek 2020


5 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia untuk Liburan Imlek 2020 (Instagram/wisata.sampookong)

Tepat pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan tahun baru China atau biasa dikenal dengan Imlek. 

Sebagian besar masyarakat Tionghoa sangat menyakralkan perayaan Imlek, karena menjadi momen berkumpulnya seluruh anggota keluarga yang telah lama terpisah jarak. Biasanya Imlek akan dirayakan dengan jamuan makan spesial dan pesta kembang api. 

Agar perayaan Imlek semakin berkesan, akan lebih baik jika dihabiskan dengan berlibur bersama keluarga. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia juga memiliki beberapa tempat wisata khas Imlek yang tidak kalah mengesankan, berikut ulasannya. 

1. Sam Poo Kong, Semarang 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Instagram/wisata.sampookong )

Sam Poo Kong sebenarnya merupakan tempat peribadatan umat Kong Hu Chu. Klenteng ini terbilang sangat megah, di bagian dalamnya penuh oleh ornamen-ornamen khas China dengan patung dewa-dewi kepercayaan umat Kong Hu Chu.

Terdapat juga patung raksasa Laksamana Cheng Ho yang konon berlayar dari daratan Tiongkok hingga sampai ke Semarang. Klenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan Nomor 129, Semarang. 

Pada perayaan Imlek 2020 ini, pemerintah setempat telah menyiapkan berbagai acara untuk semakin menyemarakkan suasana Imlek. Salah satunya adalah Festival Cap Go Meh yang menjadi perayaan etnik warga Tionghoa di Semarang. 

 2. Pasar Imlek Semawis, Semarang 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( globuzzer.mn.co )

Masih di Semarang, terdapat sebuah kawasan pecinan yang selalu ramai oleh pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai kudapan nikmat khas Tionghoa, seperti gongso, lumpia, bakmi, dan kuliner berbahan dasar babi. Lokasinya berada di Gang Warung, Semarang Tengah, Semarang. 

Tak hanya itu, saat Imlek 2020 nanti juga akan diramaikan oleh berbagai seni pertunjukan Tionghoa, mulai dari bela diri wushu, barongsai, dan pertandingan xiang Qq. 

Xiang qi menjadi yang paling ditunggu karena telah menjadi budaya turun-temurun yang berusia lebih dari 3000 tahun. Cari penginapan di Semarang melalui Phinemo Deals. 

3. Petak Sembilan, Jakarta Barat 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( m.medcom.id )

Petak Sembilan merupakan kawasan pecinan yang sejak lama menjadi tempat pemukiman masyarakat Tionghoa di area Glodok, Jakarta Barat. 

Terdapat sebuah vihara yang akan selalu ramai setiap perayaan Imlek tiba, Vihara Dharma Bakti. Petak Sembilan juga memiliki area pasar yang menjual berbagai kudapan khas Tionghoa. 

Kawasan Petak Sembilan sangat lekat dengan suasan merah khas Tionghoa. Berbagai ornamen Imlek seperti lilin, lampion, lukisan koi, dan baraongsai dapat ditemui dimana-mana, Saat perayaan Imlek di Petak Sembilan akan digelar pertunjukan seni Tionghoa seperti barongsai. 

4. Singkawang (akurat.co) 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( akurat.co )

Kota Singkawang di Kalimantan Barat dikenal sebagai kota dengan seribu klenteng. Kota Singkawang sangat lekat dengan budaya Tionghoa sehingga dapat menjadi pilihan paling tepat untuk menghabiskan waktu liburan Imlek. Perayaan Cap Go Meh di Singkawang merupakan perayaan yang terbesar di Indonesia. 

Tempat yang wajib dikunjungi pada saat perayaan Imlek di Singkawang adalah Vihara Tri Darma Bumi Raya yang telah dibangun sejak 1878. Terdapat satu maskot kuno Kota Singkawang di tempat ini, yakni Patung Tua Pek Kong dan Istrinya yang begitu artistik. 

5. Patung Dewi Kwan Im Belitung 


Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( merdeka.com )

Selain dikenal sebagai kota bahari, Belitung juga memiliki sebuah klenteng tua yang berusia lebih dari dua abad lamanya, Klenteng Dewi Kwan Im. 

Pertama kali ditemukan pada 1747. Konon menurut cerita masyarakat, dahulu Dewi Kwan Im pernah sembahyang di Kon, salah satu tempat peribadatan terbesar di Belitung. 

Menuju Klenteng Dewi Kwan Im terlebih dahulu harus menapaki sebanyak 86 anak tangga, dan melewati tiga tempat sembhyang yakni Shimunyo, Sitiyamuni, dan Kon Im. Pada saat perayaan Imlek dan Waisak, klenteng ini akan dipadati oleh ratusan pengunjung untuk beribadah.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg