BREAKING NEWS

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia, PR Besar Kemenparekraf


Alasan Bali Jadi Favorit di Hati Wisatawan
Sumber Gambar : instagram/kawanuacantik
Terpilihnya Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sempat menghebohkan publik. Sebagai Menparekraf yang baru, pekerjaan rumah (PR) besar yang akan dihadapi oleh Wishnutama adalah menuntaskan pengembangan destinasi wisata super prioritas yang belum sepenuhnya tuntas di masa pemerintahan yang lalu. 

Terdapat lima destinasi wisata super prioritas yang disaring dari program 10 Bali baru yang dicanangkan pemerintah. Presiden Joko Widodo menargetkan pengembangan destinasi super prioritas rampung tahun 2020 mendatang. Berikut adalah ulasan lima destinasi wisata super prioritas.


1. Mandalika

Alasan Bali Jadi Favorit di Hati Wisatawan
Sumber Gambar : instagram/indtravel
Mandalika merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Memiliki luas mencapai 1.036 Ha, Mandalika menjadi andalan pariwisata di Provinsi NTB. Potensi pariwisata Mandalika sangat menjanjikan, mulai dari pesona pantai hingga pemandangan alam bawah laut yang mengagumkan. Mandalika juga memiliki arena balap MotoGP yang akan digunakan untuk kejuaraan balap motor internasional pada 2021.  


2. Danau Toba 


Alasan Bali Jadi Favorit di Hati Wisatawan
Sumber Gambar : instagram/danautobaku
Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Indonesia dan dunia yang terbentuk akibat erupsi supermasif Gunung Toba jutaan tahun yang lalu. Danau Toba terletak di Kaldera Gunung Toba, tepat di bagian tengah Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba berada di ketinggian 900 mdpl, dengan panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman 1600 m. 


3. Likupang 

Alasan Bali Jadi Favorit di Hati Wisatawan
Sumber Gambar : instagram/kawanuacantik
Likupang berada di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Likupang merupakan kawasan pesisir pantai yang memiliki panorama alam yang sangat indah, salah satu yang menjadi andalan adalah Pantai Pall yang membentang sejauh 500 meter. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dengan pemandangan air laut berwarna biru terang. Pengembangan Likupang menjadi destinasi super prioritas akan berfokus pada peningkatan kapasitas bandara, akses jalan tol dan non tol. 


4. Candi Borobudur 

Alasan Bali Jadi Favorit di Hati Wisatawan
Sumber Gambar : instagram/folkindonesia
Candi Borobudur merupakan kuil Buddha terbesar di dunia yang berlokasi di wilayah Kota Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur menjadi bagian sejarah penting Bangsa Indonesia pada masa Kerajaan Hindhu-Buddha, tak mengherankan jika bangunan cagar budaya ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya UNESCO. Pertama kali dibangun pada tahun 800 M, Candi Bororbudur hingga kini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha di Indonesia.  


5. Labuan Bajo 

Alasan Bali Jadi Favorit di Hati Wisatawan
Sumber Gambar : instagram/travelindo_adventure
Labuan Bajo terletak di Flores, Provinsi NTT, menyajikan pemandangan lanskap alam dan garis pantai yang tiada duanya. Labuan Bajo bukanlah satu-satunya di Flores, masih banyak lagi yang tak kalah indah di NTT. Beberapa diantaranya adalah Pulau Komodo yang dihuni Komodo, hewan purba buas raksasa endemik asli Indonesia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg