BREAKING NEWS

10 Patung Buddha Paling Mengagumkan di Dunia, Ukurannya Bikin Melongo


Sumber Photo : trip.com
Patung seringkali menjadi sebuah simbol keagamaan bagi penganut agama Buddha. Tak heran jika di negara-negara mayoritas agama Buddha, banyak patung Buddha dengan ukuran raksasa. 

Fungsinya tak hanya sekadar menjadi simbol keagamaan, beberapa patung Buddha raksasa justru menjadi objek wisata menarik yang ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Berikut deretan patung Buddha dari berbagai negara dengan ukuran yang bikin melongo. 


 1. Giant Buddha Leshan
Sumber Photo : wikipedia.org
Patung Buddha ini berlokasi di Kota Leshan, China, dan terbuat dari batu tebing yang diukir dan dibentuk. Patung ini dipercaya telah ada sejak 713 Sebelum Masehi. 


2. The Laykyun Sekkya 
Sumber Photo : foldkorul.hu
The Laykyun Sekkya Buddha terletak di Monywa, Myanmar. Patung ini memiliki tinggi 116 meter dan sekarang menjadi patung tertinggi keempat di dunia. 


3. Reclining Buddha Wat Pho 

Sumber Photo : kitchendecor.club
Patung Buddha tidur ini berada di dalam Kuil Wat Pho, Bangkok, Thailand. Tak cuma memiliki ukuran raksasa, patung ini juga berlapis emas lho. 


4. The Daibutsu of Kamakura 

Photo : ikidane-nippon.com
Patung Buddha berlapis perunggu yang satu ini berlokasi di Kota Kamakura, 

Kamakura adalah sebuah daerah di Prefektur Kanagawa, Jepang. Meskipun mungkin kamu jarang mendengar tentang kota Kamakura, tetapi kalau kamu sedang berlibur di Jepang, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Kamakura ya!

Dari sekian banyak kuil yang ada di Kamakura, Kuil Kotokuin merupakan salah satu kuil yang terkenal di Jepang.
Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan mancanegara berbondong-bondong mendatangi Kuil ini. Mereka ingin melihat patung Buddha raksasa yang ada di Kuil Kotokuin. Patung ini merupakan patung Buddha terbesar kedua yang ada di Jepang.

Prefektur Kanagawa, Jepang. Patung ini sudah ada sejak tahun 1252. 


5. Laughing Buddha Vinh Trang 

Sumber Photo : ideregrino.com
Patung Buddha tertawa ini terletak di dalam kompleks Pagoda Vinh Trang, Vietnam. Selesai dibangun pada tahun 1850. 


6. Rupang Sinar Buddha 

Sumber Photo : wap.art.ifeng.com
Patung Rupang Sinar Buddha berlokasi di Museum Buddha Fo Guang Shan, Distrik Dashu, Kota Kaohsiung, Taiwan. Total tingginya (dengan bangunan) sekitar 108 meter. 


7. Tian Tan Buddha 

Sumber Photo : instagram.com/culturetrip
Tian Tan Buddha merupakan patung Buddha terbesar di dunia yang berlokasi di Ngong Ping, Pulau Lantau, Hong Kong. Tingginya sekitar 34 meter dan berat lebih dari 250 ton, yang terdiri dari potongan-potongan perunggu. 


8. Ling Shan Grand Buddha 

Sumber Photo : njworldtour.com
Ling Shan Grand Buddha berada di Mashan, China. Dengan berat mencapai 700 ton, tinggi patung sekitar 88 meter. 


9. Ushiku Daibutsu 

Sumber Photo : kanpai.fr
Patung Ushiku Daibutsu terletak di Ibaraki, Jepang. Patung dengan tinggi 120 meter ini kini menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. 


10. The Spring Temple Buddha 

Sumber Photo : flickr.com/Henry Bemis
Bemis The Spring Temple Buddha berada di di Provinsi Henan, China. Patung ini masih menyandang sebagai yang tertinggi di dunia, yakni mencapai 153 meter, berat 1.000 ton, dan dibangun dari 1.100 kepingan tembaga. 

Wah, keren-keren banget ya! Ada yang sudah pernah kamu kunjungi? 

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "10 Patung Buddha Paling Mengagumkan di Dunia, Ukurannya Bikin Melongo"

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg