BREAKING NEWS

Menu

5 Bandara Unik di Indonesia dengan Fasilitas Super Mewah


5 Bandara Unik di Indonesia dengan Fasilitas Super Mewah
Indonesia tengah berbenah untuk mengejar target menjadi sebuah negera maju di tahun 2045. Berbagai infrastruktur sedang dikembangkan, tak terkecuali bandara yang menjadi gerbang masuk warga dunia menuju wilayah Indonesia. Beberapa bandara baru di Indonesia tergolong sebagai yang paling unik dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mewah, berikut ini adalah ulasannnya.

1. Bandara Kamur, Papua – Bandara dengan Runaway Terpendek

Sumber Gambar : hubud.dephub.go.id

Bandara Kamur berstatus sebagai bandara UPBU Kelas 3 di Indonesia yang memegang peranan penting dalam mobilitas masyarakat adat Suku Asmat. Bandara Kamur terbilang bandara yang cukup berbahaya karena memiliki runaway terpendek di Indonesia, hanya 600×18 mter. Beberapa jenis pesawat Twin Otter melayani penerbangan antar desa melalui Bandara Kamur.

2. Bandara Ahmad Yani, Semarang – Bandara di Atas Air

Sumber Gambar : anehdidunia

Bandara Ahmad Yani terbilang unik karena dibangun diatas rawa bekas tambak warga. Dengan teknologi Prefebricated Vertikal Drainase (PVD), bangunan Bandara Ahmad Yani sangat kokoh meski dibangun diatas tanah rawa. Bandara ini menyediakan berbagai fasilitas yang juga dibangun di atas air seperti kolam-kolam taman dan air mancur.

PT Angkasa Pura I (Persero) tengah mengembangkan Bandara Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. Salah satu yang sedang dibangun oleh AP I adalah terminal penumpang. 

"Bandara ini nantinya akan menjadi floating airport pertama di Indonesia. Jadi, tidak semua bagiannya lautnya diuruk. Jadi di sisinya masih ada bagian airnya. Saya kira konsep ini baru yang pertama ya, karena biasanya kan diuruk seluruhnya," jelas Project Administration AP I Nina Adis saat ditemui di Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (23/11).

3. Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang – Bandara Terluas di Indonesia

Sumber Gambar : okezone.com
Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara terluas di Indonesia yang memegang peranan penting dimana 66,9 juta penumpang hilir mudik sepanjang tahun 2019 ini. Total luas Bandara Soekarno-Hatta mencapai 2137 Ha. Bandara Soekarno-Hatta memiliki wajah baru, dengan kehadiran berbaagai fitur menarik seperti Skytrain, KRL Bandara, hingga Premium Check In.

4. Bandara Hang Nadim, Batam – Bandara dengan Runaway Terpanjang

Sumber Gambar : ©skyscrapercity.com
Bandara Hang Nadim terletak di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam. Bandara ini menjadi salah satu yang terpenting di kawasan Selat Malaka. Bandara Hang Nadim memiliki runaway yang disebut-sebut sebagai yang terpanjang di Indonesia, mencapai 4025 meter. Fasilitas lengkap dan cukup luas, Bandara Hang Nadim mampu menampung 18 pesawat berbadan besar dari maskapai penerbangan lokal hingga internasional.

5. Bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman, Balikpapan – Bandara Termewah

Sumber Gambar : pegipegi
Dahulu Bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman bernama Bandara Sepinggan yang diklaim sebagai bandara termewah di Indonesia. Keunikan bandara ini yaitu memiliki akses langsung menuju mall. Bandara ini dibangun dengan konsep back to nature dengan pemandangan landscape hutan alam pada bagian dinding facade, serta ventilasi atap yang dibuat mirip dengan ombak lautan.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg