BREAKING NEWS

Love Lagoon Karwapop : Laguna Indah berbentuk Hati Di Raja Ampat


Love Lagoon Karwapop : Laguna Indah berbentuk Hati Di Raja Ampat ( Sumber Gambar : pesona.travel )

Love Lagoon Karwapop - NusaPedia -Telaga ini sejatinya merupakan sebuah laguna yang dikelilingi bukit karang. Namun, jika kita lihat dari ketinggian bentuknya memang seperti bintang raksasa. Layaknya laguna lain di Raja Ampat, warna toska di Telaga ini sangat kontras dengan warna laut di luarnya yang berwarna biru.

Dari namanya saja mungkin kita sudah bisa menebak destinasi apa yang akan kita dapati di sini. Yup, sebuah laguna dengan bentuk hati. Destinasi ini berada di Distrik Misool, Raja Ampat, Papua Barat. Bentuk hati pada laguna ini terbentuk karena dikelilingi oleh tebing-tebing hutan hijau yang memisahkan laguna dengan lautan lepas.

Bagi yang belum tahu, laguna atau telaga merupakan danau air asin yang biasanya terletak bersebelahan dengan lautan. Laguna ini biasanya terbentuk akibat abrasi oleh air laut. Keindahan Love Lagoon ini bisa kita nikmati dengan mendaki ke puncak bukit yang merupakan bagian dari paket wisata alam yang disuguhkan di Raja Ampat. Tempat inipun menjadi salah satu spot foto paling populer di sana.

Mengenal Keindahan Love Lagoon Karwapop

Keindahan Raja Ampat memang tak perlu diragukan lagi. Destinasi wisata yang berada di ujung Timur Indonesia itu terkenal dengan gugusan pulaunya yang menawan, serta terumbu karang dan perairannya yang eksotis. Maka tak heran, jika setiap tahunnya banyak wisatawan dalam dan luar negeri bertandang ke Raja Ampat. 
Love Lagoon Karwapop : Laguna Indah berbentuk Hati Di Raja Ampat ( Sumber Gambar : Detikwisata )

Secara umum, kawasan wisata Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Dari wilayah yang luas itu, yang lebih dahulu populer di kalangan turis adalah Pulau Wayag yang biasanya dicapai dari Pulau Waigeo.

Selain Wayag, kawasan Misool juga tak kalah keren. Selain suasananya yang demikian tenang, wilayah ini juga belum banyak terjamah turis. Di sana, Anda dapat menjelajahi banyak tempat menarik.Di Pulau Misool, Anda dapat bertemu sekitar 755 jenis ikan hias, termasuk penyu, pari, dan biota laut lain, juga karanNamun, berbicara mengenai keindahan Raja Ampat tak hanya sebatas itu saja. Jika ditelusuri lebih jauh, permata dari Papua Barat ini juga masih menyimpan banyak 'surga' tersembunyi yang mungkin belum kamu kunjungi. 
Salah satunya adalah Love Lagoon yang berlokasi di distrik Misool, Papua Barat. Laguna cantik nan indah ini dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Telaga Karwapop. hal inilah yang membuat tempat ini dinamakan dengan Love Lagoon Karwapop atau Telaga Cinta Karwapop. Lanskap utama Pulau Misool berupa perairan dangkal yang begitu jernih dengan batuan karang beragam ukuran yang tersebar acak. Saking eloknya, pemandangan Pulau Misool sudah jamak dibuat iklan TV. Cuma dengan berdiri di atas batu karang, dasar laut bisa terlihat kentara tanpa bantuan apapun.
Magnet lain Pulau Misool yaitu atraksi berenang bareng ubur-ubur.

Sumber Gambar ( Berjalanterus.com )

Tak perlu khawatir, karena ribuan ubur-ubur yang ada disini tak menyengat. Sensasi renang bersama ubur-ubur ini bisa dijumpai di Danau Lenmakana. Untuk keperluan alat renang biasanya sudah disediakan agen tur yang disewa.

Seperti yang disebut, Pulau Misool tak cuma tentang atraksi laut saja. Untuk pecinta trekking, Harfat Peak adalah spot yang wajib didatangi. Spot ini merupakan karang tapi dengan ukuran kelewat besar sehingga lebih dikenal sebagai bukit. Dari spot ini, lanskap fenomenal Pulau Misool bisa terlihat semua.


Sesuai namanya, laguna ini memiliki bentuk menyerupai hati dengan airnya yang berwarna biru jernih, serta dikelilingi oleh tebing-tebing hutan hijau yang memisahkan laguna dengan lautan lepas.Ada banyak cara untuk menikmati keindahan telaga hati ini. Salah satunya yaitu dengan mendaki ke puncak bukit untuk menjumpai pemandangan yang menakjubkan dari Love Lagoon.

Cara  Menikmati Keindahan Love Lagoon Karwapop


Namun, untuk menikmati keindahan telaga ini kita perlu menggunakan speed boat dari ibu kota Raja Ampat, atau Pelabuhan Waisayang menuju Pulau Painemo. Bahkan, untuk mendapatkan pemandangan bukit bintang yang sesungguhnya, kita perlu mendaki bukit yang kira-kira memiliki ketinggian 30 meter.  Untuk itu, apabila hendak naik ke atas bukit perlu persiapan yang matang, disarankan juga menggunakan pemandu wisata.

Sumber Gambar ( idntimes.com )

Mendaki puncak Telaga Bintang Pianemo memang sangat menantang, karena batu karang sangat tajam dan pendakian menukik sekitar 45-60 derajat. Ketika mencapai puncak bukit ruang gerak kita juga sangat minim, artinya wisatawan diminta untuk ekstra hati-hati dalam bergerak, walau hanya sekadar berfoto. Sebab, pemandangan ke bawah langsung menghadap telaga dan laut dengan tebing yang licin.

Meskipun Matahari di Raja Ampat sangatlah terik, namun keringat dan lelah seolah terbayar setelah sampai di puncak Pianemo. Pemandangan indah pun terhampar di hadapan gugusan pulau karang yang melingkar seakan membentuk laguna hijau di tengah birunya samudera. Terlebih ketika berhasil mengabadikan foto dengan latar belakang gugusan pulau dan telaga yang membentuk bintang ini. Seolah menjadi kebanggaan tersendiri.

Berfoto juga menjadi kegiatan wajib yang dilakukan wisatawan, karena keindahan Love Lagoon menjadikannya sebagai spot foto terpopuler di Raja Ampat. Selain berfoto, kamu juga bisa menikmatinya dengan cara bermain air di laguna tersebut. 

Proses Terbentuknya Love Lagoon Karwapop 

Love Lagoon diperkirakan terbentuk akibat abrasi air laut yang terjadi puluhan, bahkan ratusan tahun lalu. Bentuknya yang unik dengan lanskap panorama alam sekitar yang memukau menjadikan telaga ini sebagai destinasi yang tak boleh terlewat begitu saja kala berkunjung ke Raja Ampat.  
Proses Abrasi ( Sumber Gambar : mongabay.co.id )


Selain menikmati Love Lagoon dari ketinggian, kita juga bisa menikmatinya dengan cara bermain air di laguna tersebut. Di ujung laguna terdapat sebuah dermaga yang bisa kita singgahi sebagai tempat pemberhentian kapal. Dari sini kita juga bisa memulai untuk berenang atau snorkeling melihat keindahan bawah air Love Lagoon Karwapop ini.

Fasilitas Pulau Misool

Sebagai destinasi wisata dunia, Pulau Misool sudah memiliki beragam fasilitas untuk berbagai keperluan. Model penginapan pun beragam, dari yang modern sampai berkonsep etnik. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu per malam untuk kelas ekonomi, hingga jutaan untuk kelas ekslusif.

Satu jenis penginapan yang paling dikenal yaitu Eco Resort, yang merupakan ikon wisata Pulau Misool. Sayang, tak semua pengunjung bisa menginap di sini. Bukan karena harga sewa tiap malamnya yang kelewat mahal, tapi karena resort ini hanya memiliki kapasitas untuk 32 pengunjung saja.

Akses Pulau Misool

Waktu terbaik untuk menikmati Pulau Misool yaitu antara bulan Oktober sampai Mei. Pada bulan ini, cuaca dan angin di Pulau Misool sangat mendukung. Sebagai informasi, antara bulan Juni sampai September, banyak resort tutup karena kondisi angin serta cuaca tak mendukung aktivitas penyelaman.

Akses untuk menuju Pulau Misool cukup mudah. Dari Bandara Domne Eduard Osok Sorong, perjalanan lalu dilanjut lewat jalur darat menuju pelabuhan. Dari pelabuhan ini, perjalanan berganti dengan moda transportasi laut seperti perahu motor, kapal cepat, atau kapal rakyat yang disediakan pemerintah.

Cara Menuju Love Lagoon Karwapop

Love Lagoon yang berlokasi di distrik Misool, Papua Barat, Buat teman-teman yang ingin berlibur ke kawasan Misool yakni Wilayah Kabupaten Raja Ampat bagian Selatan Provinsi Papua Barat, Berikut ini adalah Jadwal Lengkap keberangkatan KM Marina Express milik PT Belibis Putra yang beroperasi melayani Rute Sorong – Misool atau sebaliknya.

Jadwal Keberangkatan Kapal

A. Kapal marina expres Rute : Sorong – misool

  • Hari senin : Jam 11:30 siang
  • Hari Rabu : Jam 11:30 siang
  • Hari Jum’at : Jam 11:30 pagi

B. Kapal marina expres Rute : Misool – Sorong

  • Hari Selasa : Jam 08:00 Pagi
  • Hari kamis : Jam 08:00 pagi
  • Hari Sabtu : Jam 08:00 pagi
Pastikan kamu sudah tiba dipelabuhan Rakyat sorong 1-2 Jam sebelum keberangkatan Kapal. Hal ini karena sering kali kapal akan lebih cepat berangkatnya dari jadwal yang ditentukan.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg