BREAKING NEWS

Menu

7 Alun-Alun Kota Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Tahu


Alun-alun merupakan suatu lapangan terbuka yang luas berumput dan dikelilingi oleh jalan-jalan utama kota/kabupaten. Pada awalnya alun-alun difungsikan sebagai tempat berlatih bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah raja kepada rakyatnya, serta pusat perekonomian rakyat. Kini alun-alun telah beralih fungsi menjadi pusat keramaian dan tempat diadakannya agenda-agenda penting pemerintah Kabupaten/Kota.

Sebagai pusat keramaian dan representasi Kabupaten/Kota, pemerintah setempat berlomba-lomba membangun alun-alun yang indah dan nyaman. Dari sekian banyak alun-alun Kabupaten/Kota terdapat beberapa yang mendapat predikat terindah diantara yang lainnya. Berikut telah dirangkum tujuh diantaranya.

1. Alun-Alun Bandung


(Instagram/@akangdaniel1122)
Alun-alun Bandung mendapat predikat sebagai yang terindah karena penataan yang rapi dengan rumput sintetis bermotif dan Masjid Agung Bandung yang megah. Tampak dari atas alun-alun ini seolah tampak seperti oase di Timur Tengah.

2. Alun-Alun Wonosobo


(Instagram/@wonosobohitz)
Alun-alun Wonosobo tampak indah dengan pemandangan latar gunung Sindoro dan Sumbing dibelakangnya. Alun-alun yang bersih, rapi, dan hijau membuat alun-alun Wonosobo harus masuk dalam daftar kunjungan saat berada di Dataran Tinggi Dieng.

3. Alun-Alun Lumajang


(Poskotanews.com)
Alun-alun di Lumajang memiliki sejarah panjang, dulunya tempat ini merupakan tempat bertemuanya para raja atau pejabat kerajaan dengan rakyatnya. Yang menarik dari alun-alun Lumajang adalah terdapatnya puluhan pepohonan yang berjejer rapi melingkar mengelilingi alun-alun dengan satu pohon besar yang rindang ditengahnya.
 
Seperti halnya kota atau kabupaten di Pulau Jawa, Lumajang juga memiliki sebuah alun-alun yang berada di pusat kota. Alun-alun Lumajang terletak di Jalan Alun-alun Utara, Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi alun-alun ini berada di sebelah selatan Kantor Bupati Lumajang.

Alun-alun merupakan hamparan tanah lapang atau lapangan rumput atau pasir luas yang ditanami pohon beringin, baik di pinggir maupun di tengahnya. Lapangan tersebut umumnya berbentuk persegi empat, dan lokasinya dipisahkan oleh jalan dengan bangunan lainnya yanga ada di sekitar alun-alun.
 

4. Alun-Alun Tenggarong


 
Sumber Gambar : (WowKeren)
Jika alun-alun umumnya ada di tengah Kota/Kabupaten, berbeda dengan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak tepat di pinggir sungai. Alun-alun Kabupaten Kutai Kartanegara atau lebih dikenal dengan alun-alun Tenggarong dibangun secara apik dengan desain yang modern ala pesisir pantai dengan berbagai pohon palm-palman hijau disekitarnya.

5. Alun-Alun Bantaeng


Sumber Gambar : (wonosobozone)
Alun-alun Bantaeng di Sulawesi Selatan berbeda lagi karena dibangun tepat di bibir pantai. Setiap sore alun-alun ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk menyaksikan pemandangan senja dan tenggelamnya matahari yang indah.

6. Alun-Alun Kota Batam


Sumber Gambar : ( wisatalengkap )
Alun-alun di kota Batam dinamakan dengan dataran engku putri terletak di pusat pemerintahan kota batam, Didalam Lapangan Engku putri banyak fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan untuk umum seperti lapangan futsal, basket, sketpark, wall climbing, taman internet cukup buat warga batam menikmati weekend yang menyenangkan.

7. Alun-Alun Jakarta


Sumber Gambar : ( club.iyaa.com )

Sebagai ibukota negara, Jakarta juga memiliki alun-alun yang sudah sangat terkenal. Terletak di Jalan Medan Merdeka, alun-alun ini dibangun sangat megah dan luas bahkan mendapat predikat sebagai alun-alun terbesar di Asia Tenggara. Dibangun mengelilingi Tugu Monas, alun-alun Jakarta selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar jogging atau berolahraga.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg