BREAKING NEWS

Pesona 6 Lokasi Wisata Terkenal di Kediri


Kota Kediri - NusaPedia - Kota Kediri - Berkunjung ke Jawa Timur memiliki banyak lokasi wisata yang sangat indah. Salah satunya di Kediri, kota ketiga terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.


Wisata Kediri

Kota Kediri adalah sebuah kota di propinsi Jawa Timur yang berada di kabupaten Kediri. Kota Kediri memiliki luas 63,40 km² terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer.Secara administratif, Kota Kediri dibagi 3 kecamatan yaitu kecamatan Mojoroto, kecamatan Kota, kecamatan Pesantren. Kota Kediri berada pada jalur transportasi regional yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Tulungagung, Nganjuk dan Malang.

Kota Kediri sering disebut sebagai kota yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah. Kediri merupakan daerah yang memiliki sejarah masa lalu yang gemilang . Bahkan Kediri di masa lalu adalah daerah penting dalam konstelasi nusantara karena menjadi salah satu pusat di antara kerajaan-kerajaan nusantara masa itu. Artefak arkeologi yang ditemukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa daerah sekitar Kediri menjadi lokasi kerajaan Kadiri,  sebuah kerajaan Hindu di abad ke-11.

Di masa lalu, Kediri cukup terkenal dengan adanya Kerajaan Kediri. Seiring pembangunan, Kediri jadi kota yang menarik karena memiliki banyak lokasi wisata yang memesona. Berikut 6 lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kediri.

Gunung Kelud

Gunung Kelud atau kalau orang typo menjadi Gunung Kelut memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, tidak heran kalau wisata Gunung Kelud menjadi salah satu alternatif liburan untuk warga Kediri dan sekitarnya.

Gunung Kelud telah menjadi obyek wisata Kabupaten Kediri dengan atraksi utama adalah kubah lava. Di puncak Gajahmungkur dibangun gardu pandang dengan tangga terbuat dari semen. Pada malam akhir pekan, kubah lava diberi penerangan lampu berwarna-warni. Selain itu, telah disediakan pula jalur panjat tebing di puncak Sumbing, pemandian air panas, serta flying fox

Setelah anda puas menikmati pemandangan kubah lava gunung Kelud sempatkanlah juga untuk merasakan sumber air panas yang terletak dibawah gunung Kelud. Lokasinya sendiri berada di sebelah kanan sebelum anda memasuki terowongan menuju gunung Kelud. 

Gunung ini menjadi destinasi wisata di Kediri yang sangat terkenal. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul

Selain Gunung Kelud, Monumen Simpang Lima Gumul juga menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Kediri yang diresmikan pada 2008. Jika diperhatikan, sepintas bangunan ini mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Bangunan ini berlokaasi di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Sebuah Monumen berdiri gagah di persimpangan lima jalan antara Kediri, Pare, Pagu, Wates / Pesantren dan Gurah. Orang-orang menyebutnya Monumen Simpang Lima Gumul atau SLG. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang ramai di kota Kediri. Selain itu, tempat ini juga merupakan sentra ekonomi dan perdagangan di kabupaten tersebut. 

Monumen yang dibangun ini juga mengandung sebuah harapan yaitu majunya roda perekonomian Kediri. Nah Sebelum mengunjungi tempat ini, Yuk simak selengkapnya informasi penting tentang Simpang Lima Gumul, Wisata Sejarah dari Kediri.

Candi Surawana

Kediri juga memiliki obyek wisata sejarah yang terkenal lain, yaitu Candi Surawarna atau Suroworno. Candi berukuran 8x8 meter ini berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri. Obyek wisata ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-14 untuk menghormati raja Kerajaan Wengker, Bhre Wengker.

Candi Surawana terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sekitar 25 km arah timur laut dari Kota Kediri. Candi yang nama sesungguhnya adalah Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Raja Wengker ini mangkat pada tahun 1388 M. Dalam Negarakertagama diceritakan bahwa pada tahun 1361 Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung bahkan menginap di Candi Surawana.

Ukuran Candi Surawana tidak terlalu besar, hanya 8 X 8 m2. Candi yang seluruhnya dibangun menggunakan batu andesit ini merupakan candi Syiwa. Saat ini seluruh tubuh dan atap candi telah hancur tak bersisa. Hanya kaki candi setinggi sekitar 3 m yang masih tegak di tempatnya. Untuk naik ke selasar di atas kaki candi terdapat tangga sempit yang terletak di sisi barat. Menilik letak tangga, dapat disimpulkan bahwa candi ini menghadap ke barat.

Candi Tegowangi

Candi ini terletak di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Bangunan ini berbentuk bujursangkar dengan ukuran 11,2 x 11, 2 meter dan tinggi 4,35 meter.

Wilayah Kediri masa kini dulunya merupakan ranah inti dari Kerajaan Kadhiri. Meskipun demikian tidak semua peninggalan sejarah yang ada di Kediri adalah peninggalan dari Kerajaan Kadhiri. Candi Tegowangi adalah salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di wilayah Kediri.

Candi Tegowangi menghadap ke barat, terbuat dari batu andesit. Keadaan candi ini telah runtuh dan hanya menyisakan bagian kaki candi saja. Bangunan yang bisa kalian lihat saat ini merupakan hasil pemugaran pada tahun 1983 sampai 1984. Meski telah runtuh, sisa kemegahan candi ini masih dapat dinikmati dari reliefnya. Relief pada Candi Tegowangi terletak pada dinding kaki candi menceritakan Kisah Sudamala. 

Relief tersebut belum sepenuhnya terselesaikan, baru separuh sisi barat, sisi selatan, dan sisi timur yang terpahat. Bagian akhir Kisah Sudamala yang seharusnya berada pada dinding utara dan barat belum terpahat.

Gumul Paradise Island

Berkunjung ke Kediri, Anda juga akan disuguhkan Gumul Paradise Island. Lokasi wisata keluarga ini berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur. Wisata air ini memiliki fasilitas permainan berupa slide kecepatan, slide tubuh, cetakan luar ruangan, dan lain-lain.

GPI adalah sebuah taman wisata yang tidak hanya menonjolkan permainan air saja, namun juga wahana-wahana non air yang bisa dinikmati oleh pengunjung semua usia. Gumul Paradise Island Sumberejo, Kediri, Jawa Timur dilengkapi dengan area parkir kendaraan di bagian depan yang cukup luas. Terdapat tulisan besar di atas pintu masuk yang merupakan identitas dari tempat ini. 

Logo Gumul ini adalah water slide dengan dua orang anak yang sedang bermain seluncuran air menggunakan ban pelampung, yang menandakan bahwa tempat ini adalah arena bermain air yang menjadi fasilitas utama. Alamat Gumul Paradise Island Kediri berada di kompleks simpang lima Gumul, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Gereja Puh Sarang

Selain itu ada juga obyek wisata religi yang dimiliki Kediri. Namanya Gereja Puh Sarang yang terletak di Puhsarang, Kecamatan Semen Kediri. Gereja tua ini dibangun Heendricus Maclaine atas nama Mr Yohanes Humbertus Wolters CM pada 1931.

Puh Sarang atau Poh Sarang, adalah Gereja Katolik Roma yang terletak di desa Pohsarang, Kecamatan Semen, tepatnya berada di kaki gunung Wilis. Puh Sarang didirikan pada tahun 1936 oleh Romo Jan Waolters CM dengan arsiteknya Henri Mclaine Pont.

Pada kawasan Puh Sarang ini terdapat beberapa spot kunjungan yang selalu ramai, baik pengunjung yang ingin berdoa ataupun hanya untuk melihat dan menikmati suasana sejuk dan teduh. Beberapa titik kunjungan tersebut adalah: Goa Maria Lourdes, Jalan Salib Bukit Golgota dan Taman Kana. Selain itu, terdapat juga lahan untuk berkemah di Bukit Tabor, Gedung serbaguna untuk mereka yang ingin mengadakan acara misa atau acara lain diluar kegiatan keagamaan serta Wisma Betlehem dan Wisma Hening untuk mereka yang ingin menginap. 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg