BREAKING NEWS

Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike 3 Hari 2 Malam


Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike  - Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike.Sahabat NusaPedia Kali Ini TravelEsia Ingin Mengajak Anda Untuk Berpetualang menapaki Keindahan Alam Taman Wisata Sicke-cike.Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike Ini Merupakan Corporate Sosial Responsibility TravelEsia,yang Bertujuan Untuk Mempromosikan Potensi Kekayaan Alam Dan Pariwisata Sumatera Utara Secara Umum Dan taman Wisata Alam Sicike-cike Secara khususnya

Ekowisata taman Wisata Alam Sicike cike
Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike

memang menjadi primadona bagi Sahabat TravelEsia yang menyukai Wisata Bertipe Pendidikan dan pengenalan jenis-jenis Flora Dan Fauna yang Menaungi Hutan Taman Wisata Alam Sicike-cike,Namun sebelum Sahabat TravelEsia Diajak Menapaki Keindahan dan Keanekaragaman Flora Dan Fauna Taman Wisata Alam Sicike - Cike.Ada Baiknya TravelEsia Mengenalkan Kepada Anda Mengenai Potensi dan Kekayaan Alam Yang terdapat di Taman Wisata Alam Sicike-cike.

Secara administratif masuk ke dalam Desa Pancur Nauli, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Propinsi Sumatera Utara. Pada umumnya keadaan topografi lapangan Taman Wisata Alam Sicike-cike sebagian besar cendrung datar, dengan ketinggian antara 1.500-2.000 m dpl.

"Secara administratif pemangkuan, kawasan Sicike-cike ini sebenarnya termasuk ke dalam wilayah seksi konservasi wilayah I berkedudukan di Sidikalang, Balai Besar KSDA Sumut," ujarnya.Namun, tempatnya yang terpencil yaitu sebelah utara dan selatan berbatasan dengan hutan lindung Adian Tinjoan, sebelah timur berbatasan dengan Desal Lae Hole II Pancur Nauli dan sebelah barat berbatasan dengan hutan Adian Tinjoan Kecamatan Kerajaan.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Eko wisata sicike-cike
Taman Wisata Alam Sicike-cike juga dipercaya sebagai tempat asal tujuh marga etnis Pakpak pemegang hak ulayat di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat. Ketujuh marga itu adalah marga Angkat, Bintang, Unjung, Kudadiri, Capah, Gajah Manik, dan Sinamo.

Hutan Taman Wisata Alam Sicike-cike, dengan potensi flora dan fauna yang dapat dijadikan sebagai laboratorium penelitian hutan.Tetapi perbukitan ini lebih penting secara ekologis karena tiga buah sungai yaitu Lae Pandaroh, Lae Simblln, dan Lae Mbilulu berhulu disana. Air minum dan irigasi di tiga kecamatan sangat tergantung pada kelestarian Hutan Sicike-Cike.

 eko wisata sicike-cike
Lokasi taman wisata itu berjarak sekitar 170 kilometer dari kota Medan dengan jarak tempuh mencapai empat jam. Sedangkan dari Sidikalang, ibukota Kabupaten Dairi berjarak sekitar 21 kilometer. Menggunakan kendaraan roda empat selama 30 menit, tiba di Desa Lae Hole II. Kemudian dari desa itu dengan berjalan kaki 30 sampai 40 menit untuk menempuh jarak 2,5 kilometer, tibalah kita di kawasan Taman Wisata Alam Sicike-cike.

Kawasan yang curah hujannya cukup tinggi itu berada di antara 1.350 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara yang sejuk. Taman wisata alam tersebut juga menyimpan beragam flora dan fauna yang unik dan menarik antara lain : Poksai Jambul Putih (Garullax leocphus), Kutilang (Pycnothus aurigaster), Itik Air (Anas supersiliosa), Murai Batu (Monticola solitarius), Enggang (Aceros sp.), ayam hutan (Gallus-gallus), Kucing Hutan (Felix bagalensis), Babi Hutan (Sus victatus), Beruang Madu (Heilartus malayanus), dan ,Monyet Ekor Panjang(Macaca fascicularis)

Taman Wisata Alam Sicike-cikeTumbuhan asli yang terdapat di sana antara lain : Samponus bunga(Dacrydium junghuhnii), Kemenyan (Styrax benzoin), Kecing (Quercus sp) dan Haundolok (Eugenia sp),  dan berbagai jenis Anggrek dan Kantung semar.(Naphentens sp)

Pada umumnya terdiri dari pepohonan baik yang berdaun lebar maupun berdaun jarum, antara lain: sampinur tali (Dacridius junghunii) dan sampinur bunga (Podocarpus sp), hoting (Quercus sp.), medang (Dehaasia oblanceel), meang (Plaquim sp), samponus bungan (Dacrydium junghuhnii), kemenyan (Styrax benzoin), kencing (Quercus sp), dan haundolok (Eugenia sp.).

Taman Wisata Alam Sicike-cike
Selain tanaman pepohonan tersebut, banyak dijumpai tanaman yang berbunga indah antara lain berbagai jenis anggrek, berbagai spesies herba, rotan liana, paku-pakuan, dan Bunga Rafllesia (Raflesia sp) Kantong Semar (Nepenthes sp.). Ada sekitar 5 spesies Kantong Semar yang di jumpai di TWA Sicike-cike yaitu antara lain: Nepenthes tobaica, Nepenthes spectabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes rigidifolia, dan Nepenthes rhombicaulis. Selain itu juga dijumpai 2 (dua) spesies Kantong Semar hasil persilangan antara Nepenthes reinwardtiana dengan Nepenthes spectabilis atau Nepenthes tobaica.

Sejumlah hewan juga terlihat di Taman Wisata Alam Sicike-cike itu. Ada siamang, musang, itik liar, burung enggang,Serangga dan beragam jenis kupu-kupu dapat juga diamati hidup bebas di kawasan tersebut. Tak heran bila selain sebagai destinasi wisata alam, kawasan itu juga menjadi salah satu pusat pembelajaran konservasi alam.

Dengan potensi tersebut,Kawasan Taman Wisata Alam Sicike-cike berperan sebagai tempat perlindungan sistem penyangga kehidupan, lalu juga sebagai pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan, satwa dan ekosistemnya, serta sebagai tempat pemanfaatan secara berkelanjutan sumber daya alam hayati, ekosistem alami beserta keunikan-keunikan yang dimilikinya.

Latar Belakang Pembentukan Ekowisata Sicike-cike

 Ekowisata Sicike-ciketerdapat dua pendekatan berkaitan dengan penerapan prinsip–prinsip perencanaan dalam konteks pariwisata. Pendekatan pertama yang cenderung dikaitkan dengan sistem perencanaan formal sangat menekankan pada keuntungan potensial dari ekowisata.

Pendekatan kedua, cenderung dikaitkan dengan istilah perencanaan yang partisipatif yang lebih concern dengan ketentuan dan pengaturan yang lebih seimbang antara pembangunanan dan perencanaan terkendali. Pendekatan ini lebih menekankan pada kepekaan terhadap lingkungan alam dalam dampak pembangunan ekowisata.

Community Based Tourism/Wisata Berbasis Pendidikan Dan Pemeliharaan Lingkungan 

Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike Ini Merupakan  Corporate Sosial Responsibility TravelEsia Bersama dimana Salah satu bentuk perencanaan yang partisipatif dalam pembangunan pariwisata adalah dengan menerapkan Community Based Tourism (CBT) sebagai pendekatan pembangunan.

Definisi CBT yaitu : 

  • bentuk pariwisata yang memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk mengontrol dan terlibat dalam manajemen dan pembangunan pariwisata, 
  • masyarakat yang tidak terlibat langsung dalam usaha-usaha pariwisata juga mendapat keuntungan, 
  • menuntut pemberdayaan secara politis dan demokratisasi dan distribusi keuntungan kepada communitas yang kurang beruntung di pedesaan/pesisir dan pulau-pulau kecil. 
Dengan demikian CBT merupakan suatu pendekatan pembangunan pariwisata yang menekankan pada peran aktif masyarakat lokal (baik yang terlibat langsung dalam industri pariwisata maupun tidak) dalam bentuk memberikan kesempatan (akses) dalam manajemen dan pembangunan pariwisata yang berujung pada pemberdayaan politis melalui kehidupan yang lebih demokratis

Termasuk dalam pembagian keuntungan dari kegitan pariwisata yang lebih adil bagi masyarakat lokal. CBT sebagai pariwisata yang memperhitungkan aspek keberlanjutan lingkungan, sosial dan budaya. CBT merupakan alat pembangun-an komunitas dan konservasi lingkungan. Atau dengan kata lain CBT merupakan alat untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Prinsip dasar CBT yaitu: 

  • Mengakui, mendukung dan mengembangkan kepemilikan komunitas dalam industri pariwisata. 
  • Mengikutsertakan anggota komunitas dalam memulai setiap aspek, 
  • mengembangkan kebanggaan komunitas, 
  • mengembangkan kualitas hidup komunitas, 
  • menjamin keberlanjutan lingkungan, 
  • mempertahankan keunikan karakter dan budaya di area lokal,
  • membantu berkembangnya pembelajaran tentang pertukaran budaya pada komunitas, 
  • menghargai perbedaan budaya dan martabat manusia, 
  • mendistribusikan keuntungan secara adil pada anggota komunitas, 
  • berperan dalam menentukan prosentase pendapatan (pendistribusian pendapatan ) dalam proyek yang ada di komunitas. Sepuluh prinsip dasar tersebut harus menjadi tumpuan, arah dan prinsip dasar dari pembangunan pariwisata agar keberlanjutannya terjamin. 

Manfaat Ekowisata, 

di antaranya yaitu :
  • Menambah ilmu pengetahuan Wisatawan yang melakukan perjalanan ekowisata, baik untuk usia dewasa, remaja dan anak-anak akan mendapatkan pengetahuan terapan tentang alam secara langsung. 
  • Melepaskan kejenuhan pikiran Melalui perjalanan wisata ke alam, masyarakat akan melepaskan penat dari kegiatan rutinitas harian. Mereka akan mendapatkan pengalaman baru, sehingga memunculkan ide-ide baru untuk kegiatan berikutnya di dalam keseharian. 
  • Menumbuhkan kecintaan anak pada lingkungan alam Pengalaman wisata ke alam, akan meningkatkan minat anak-anak terhadap alam, baik sebagai penggiat maupun motivator lingkungan. 
  • Memberikan momen liburan yang berkesan Momen liburan ke alam, akan menimbulkan kesan yang mendalam tentang perjalanan wisata. Sehingga akan memotivasi masyarakat untuk melakukan perjalanan serupa atau berbeda ke tempat wisata alam lainnya. Melalui perjalanan wisata ke alam ini juga diharapkan terjadi perubahan perilaku yang positif terhadap alam dan lingkungan sekitar. 

Planning Rencana Paket Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike 

Hari 1 : Medan – Sicike-cike ( Makan Siang, Makan Malam) 

paket wisata danau tobaTiba di Kualanamu International Airport Medan atau peserta Ekowisata Sicike-cike menunggu di lobby hotel di Medan, disambut atau ditemui oleh perwakilan TravelEsia . Selanjutnya rombongan berangkat menuju Taman Wisata Alam Sicike-cike, melewati daerah bersuhu dingin di berastagi. 

Peserta berhenti sejenak di Kota Berastagi dan langsung menuju Pasar Buah untuk berbelanja buah segar produksi lokal dan barang-barang souvenir lainnya. Selain itu, Peserta Tour juga bisa menunggang kuda atau menaiki delman yang juga dikenal sebagai "sado", semuanya atas biaya sendiri. 

Makan siang di restoran local, usai makan perjalanan di lanjutkan menuju desa terdekat/resort Taman Wisata Alam Si cike-cike atau menginap di hotel lokal yang ada di Kota Sidikalang. Tiba di penginapan dan makan malam disajikan di restoran lokal. Acara bebas usai makan malam. 

Pilihan jika menginap di homestay/resort Taman Wisata Alam Sicike-cike, peserta akan disediakan makan malam, pengenalan Taman Wisata Alam Sicike-cike oleh Petugas resort Taman Wisata Alam Sicike-cike dan acara api unggun serta permainan keakraban antar Peserta Tour dan Pemandu. 

Hari ke 2 : Jungle Track – Penanaman Pohon – Pengenalan Wilayah Konservasi Sicike-cike(SP-MS-Dinner) 

Sarapan pagi Acara selanjutnya peserta Tour melakukan jungle track untuk mengenal TWA sicike-cike baik jenis-jenis tumbuhan, satwa liar dan potensi wilayah. Peserta juga diajak untuk melakukan identifikasi tumbuhan dan satwa liar yang ada di dalam kawasan. Selanjutnya peserta diajak untuk menanam pohon di kawasan konservasi Taman Wisata Alam Sicike-cike, di lokasi yang sudah ditentukan dan berkesempatan mengunjungi danau yang ada di TWA Sicike-cike. 

Jika beruntung, peserta dapat menjumpai itik gunung, yang merupakan satwa endemik (hanya ada di kawasan tertentu) di kawasan tersebut. Selanjutnya peserta akan makan siang di dalam kawasan atau di kantor resort, sesuai dengan kondisi di lapangan. 

Usai makan siang, peserta tour diajak untuk mengunjungi perpustakaan yang ada di desa Sicike-cike. Dikarenakan Paket Ekowisata Sudah termasuk donasi, maka setiap 10 % akan di sumbangkan ke perpustakaan masyarakat Sicike-cike dan Kantor Resort Taman Wisata Alam Sicike-cike. 

Selanjutnya perjalanan menuju Taman Iman Sidikalang ,dan makan siang di restoran lokal.Usai Makan Siang perjalanan Di Lanjutkan Ke Medan,sampai di medan check-in ke penginapan di Medan, makan malam di restoran lokal dan acara bebas setelah makan malam. 

Hari ke – 3 : Medan City Tour Medan-Airport 

Item Paket donasi : 

1. Bibit sesuai dengan jenis asli yang ada di TWA Sicike-cike Minimal harga + pemeliharaan dan akan di beri nama sesuai dengan peserta Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike
2. Buku Yang Akan Dibeli Oleh Pihak TravelEsia Kemudian Di serahkan Ke Peserta Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike Kemudian Diberikan ke Pihak Kantor Resort Atau Perpustakaan Masyarakat Sicike-cike
3. Pemandu jika menggunakan Petugas Resort TWA Sicike-cike Minimal harga (1 – 2 orang), 

Harga Termasuk :

  • Akomodasi hotel 02 (satu) malam yakni 1 Di Hotel Lokal Atau kantor Resort Taman Wisata Alam Sicike-cike dan 1 Malam Di Medan (sekamar berdua/bertiga)
  • Makan sesuai program di atas (SP = Sarapan pagi 2 kali, MS = Makan Siang 2 kali dan MM = Makan Malam 2 kali ).
  • Karcis masuk objek wisata dan parkir sepanjang tour
  • Transportasi mobil/bus pariwisata full AC selama tour sesuai jumlah peserta tour (Avanza, Innova, New Xenia, APV, Kia Travello, Isuzu Elf atau Bus).
  • Pemandu wisata (guide) untuk GIT, dan Driver merangkap pemandu untuk FIT.
  •  Mineral water di dalam mobil/bus
  • Donasi 10% Dari Harga Paket EkoWisata Untuk Kantor Resort dan Buku Untuk Perpustakaan Masyarakat Desa Sicike-cike ,
  • Penanaman Pohon yang  dimana bibit dan pohon akan diberikan nama sesuai dengan dengan nama peserta ekowisata sicike-cike

Harga Tidak Termasuk :

  • Tiket pesawat PP, airport tax dan porlep
  • Optional Tour (tour tambahan di luar paket)
  • Tips untuk Guide & Driver
  • Pengeluaran pribadi lainnya seperti shopping atau pembelian barang-barang untuk kebutuhan pribadi, mini bar, laundry, room service, telephone dan lain-lain.
  • Travel Insurance
  • Airport tax domestik
  • Penambahan / Perpanjangan tinggal
  • Airport Tax International
  • Tipping porter dan pengeluaran pribadi
  • Tipping untuk local guide dan supir
  • PPN 1%

Ketentuan Paket

  • Konfirmasi terakhir dan jadwal perjalanan akan dibagikan 2 (dua) hari sebelum keberangkatan
  • Tempat wisata bisa dirubah tanpa pemberitahuan sebelumnya
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
  • Tidak ada pengembalian uang untuk layanan yang tidak digunakan
  • Tidak tersedia sarapan pagi untuk anak NO BED
  • Harga ANAK hanya berlaku untuk peserta yang berusia antara 02-11 tahun
  • Susunan acara dapat berubah, jika kondisi/keadaan tidak memungkinkan
  • Check-in / check-out hotel dilakukan sendiri
  • Harga untuk 1 orang dalam 1 kamar akan dikenakan harga single
  • Anak dibawah usia 18 tahun tidak bisa melakukan perjalanan sendiri/tanpa ditemani orang dewasa
  • Tidak ada pengembalian uang untuk PAKET PERJALANAN yang DIBATALKAN atau DIUBAH atas permintaan customer
  • Paket hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

Hotel Yang Di Gunakan

Medan : Grand Antares : Superior Room With 4 star Acomodation

Harga Paket Ekowisata Sicike-cike

Peserta Minimal 2 Orang Rp.1.200.000/Orang
Peserta 3 - 4 Orang Rp.1.000.000
Peserta 4-6 Orang Rp 800.000
6 Orang Lebih Dapat Menghubungi TravelEsia Dengan harga Super Murah

CATATAN:

  • Anda Akan di Damping Oleh Tour Guide Berpengalaman Dari TravelEsia Yang Tidak Merangkap Sebagai Supir.Ini Berfungsi Agar memaksimalkan Layanan Dan Dapat memberikan Anda keleluasaan Dalam menapaki Keeksotisan Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike.
  • Harga Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike tersebut berlaku untuk hotel berbintang 2. Kami bisa menyediakan harga paket yang lebih tinggi dengan hotel berbintang 3 atau 4 atau budget hotel.dapat menghubungi kami.
  • Apabila ada makan siang pada hari pertama, maka hari kedua makan siang menjadi tanggungan masing-masing perserta (bila ada) atau menjadi additional charge pada paket  tour.
  • Harga ini tidak berlaku pada masa high season seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Imlek dan hari libur umum di mana hotel tidak memberlakukan harga kontrak.
  • Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Harga aktual adalah harga yang disepakati pada saat konfirmasi.
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk menapaki dan menjelajahi keindahan Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike.Selain Berwisata Sahabat TravelEsia Juga Diberikan Pengenalan Mengenai Aneka Flora dan Fauna Taman Wisata Alam Sicike-cike Tidak Hanya Itu,Anda Berkesempatan Menanam Pohon dan Pohon Tersebut Diberi nama Sesuai Dengan Nama Anda dikarenakan Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike Ini Merupakan Corporate Sosial Responsibility TravelEsia.Maka 10 % Dari Ekowisata Ini Akan Di Donasikan Untuk Kantor Resort Taman Wisata Alam Sicike-cike dan Perpustakaan Masyarakat di Desa Sicike-cike.

Jika Anda Tertarik Untuk Ekowisata Taman Wisata Alam Sicike-cike 3 Hari 2 Malam dapat Menghubungi

TravelEsia.co Tour And Travel

Jln.Denai/Perjuangan No.5a
Sumatera Utara - Medan Denai -Medan- Indonesia
Phone
Office : 
Untuk Pelanggan Dalam Negeri : 061-77010004
For International Market : 6261-76500030
Mobile Marketing : 081290006070 
For International Call +6281290006070
Email : marketing@travelesia.us
Yahoo Messenger :
Skype : travelesia
Facebook : facebook.com/travelesiaku
Twitter : @TravelEsiaKu

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg