BREAKING NEWS

Pulau Adonara : Surga Tersembunyi Di Bumi Flores


Pulau Adonara - Pulau Adonara - Sahabat TravelEsia Pada Kesempatan Kali Ini TravelEsia Akan Memperkenalkan Kepada Anda Potensi Dan Kekayaan Alam Yang Terdapat Provinsi Nusa Tenggara Timur,Mendengar Nama Pulau Adonara Mungkinlah Sangat Asing Bagi Kita,Karena Pulau ini ada di sebelah timur Pulau Flores dan masuk dalam wilayah Kabupaten Flores Timur. Banyak orang yang belum pernah mendengar nama pulau ini.

Pulau Adonara


Secara administratif, termasuk wilayah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Adonara merupakan satu di antara dua pulau utama pada kepulauan di wilayah Kabupaten Flores Timur.

Adonara dahulu merupakan sebuah kerajaan yang didirikan pada tahun 1650.Keindahan pantai ternyata tak hanya dimiliki Bali atau Pulau Dewata. Di Nusa Tenggara Timur, terdapat banyak lokasi yang menyimpan sejuta pesona.Pantai Neren Watotena terbilang masih perawan karena terletak cukup jauh dari Kota Kupang. Pesona laut biru yang menggoda ditambah formasi batu unik menjadikan pantai ini begitu eksotis. 

Secara umum, masyarakat di Pulau Adonara bertani. karena kondisi geografisnya.pertanian disini adalah pertanian lahan kering. Hasil utama dari pertanian ini yaitu..jagung, ubi atau singkong serta tanaman perkebunan seperti kelapa, tembakau, vanili, coklat dan cengkeh. 

Pariwisata di Pulau Adonara yang belum berkembang dan belum tereksploitasi. Tetapi di satu sisi, hal ini menyimpan berkah selama perjalanan dengan ingin menikmati alam yang benar-benar masih perawan.Wisata alam yang ditawarkan di Adonara cukup beragam, mulai dari gunung sampai pantai ada. Pulau Adonara, mempunyai banyak pantai dan bahkan belum diberi nama yang jelas dan belum diurus layaknya tempat wisata.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Senang berjalan menyusuri pantai? Anda akan dimanjakan dengan pasir putih yang membentang hingga tujuh kilometer. Sungguh ciptaan Tuhan yang rugi bila tidak dinikmati. Namun sayang, Neren Watotena sulit dijangkau dari pusat kota. Watotena dalam artian bahasa berarti batukapal, pantai ini berada di garis pantai Adonara Timur, dengan pasir putihnya pantai ini dipenuhi batu-batu karang besar seperti kapal. Saat ini pantai ini di kelola oleh Penduduk Asli waiwerang.

Banyak turis yang datang ke Adonara sebagai tambahan wisata saat mengikuti acara Semana Santa saat perayaan Paskah di Larantuka. Ada juga traveler yang transit sebelum pergi ke desa perburuan ikan paus di Lembata. Dengan sedikit usaha menembus hutan dan jalanan yang berbatu, kita tidak akan menyesal karena pantai pasir putih Adonara siap menyambut Anda

Karena pulau yang tidak terlalu luas, kita dapat menikmati banyak pantai dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, tidak disarankan untuk snorkeling ataupun diving di sini. Larangan ini ada karena lokasi lepas pantai yang ada di antara Pulau Flores dan Lembata, sering terdapat pusaran arus dan arus bawah yang deras.

Tidak hanya itu,Adonara adalah pulau indah terdiri dari desa-desa yang indah dan makmur. tempat wisata atau tempat rekreasi yang sangat indah,bersih nyaman dan tertata secara trdisional.pantai-pantai di selatan Pulau Adonara itu menjadi pilihan wisatawan domestik sambil menikmati gemuruh lalu lintas laut berupa kapal-kapal motor yang mengangkut penumpang dari Larantuka

Kapal-kapal nelayan dan perahu-perahu kecil hilir mudik mencari ikan di selat sempit antara Lembata dan Adonara Menambah Keindahan di
Pulau Adonara
 
Pulau Adonara terasa begitu indah ketika menjelang senja saat sang surya perlahan menuju ke peraduannya. Hembusan angin pantai yang menghempas dedauan kelapa di sepanjang pantai itu, membuat nyiur seakan melambai-lambai.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Untuk dapat menuju ke Pulau Adonara, kita harus terlebih dulu transit di Kupang ataupun Maumere. Jika waktu menjadi salah satu pertimbangan, Anda dapat langsung melakukan perjalanan menggunakan penerbangan pesawat Transnusa ataupun Susi Air yang terbang langsung dari Kupang ke Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur.

Namun, bila waktu Anda lebih longgar dan ingin menikmati pemandangan alam Flores yang terkenal sebagai Pulau Bunga, bisa menaiki pesawat ke Maumere. Perjalanan Maumere-Larantuka memakan waktu sekitar 4 jam.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan keindahan alam khas Si Pulau Bunga. Di mana jalan yang berliku berpadu dengan hamparan bukit hijau kekuningan. Dari Larantuka, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal motor ke Waiwerang yang menjadi kota terbesar di Adonara.

Biaya retribusi masuk adalah Rp. 2000,- per sepeda motor. Hari minggu biasanya pantai ini penuh dikunjungi, karna itu jika ingin "kencan" dengan pasir putih dan suara ombaknya saja datanglah pada hari kerja,pantai ini akan sepi dan keindahannya makin mempesona.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Jangan berharap ada gerbang masuk tempat wisata yang layak disertai berbagai fasilitas, seperti makanan dan minuman. Semua harus kita siapkan sendiri. Infrastruktur jalan di lokasi ini juga sudah cukup baik, meski belum mencakup seluruh daerahnya.Pilihan Homestay Dirumah Penduduk Adalah Pilihan Terbaik

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Adonara Mei – Agustus

Know Before You Go

  • Sangat bijak bila Anda selalu menyediakan air untuk diminum dalam kemasan yang mudah dibawa.
  • Krim pelindung atau tabir surya hendaknya selalu dibawa dan dipakai sesuai kebutuhan karena di daerah ini udara sangat panas walau angin berhembus cukup menyegarkan.
  • Anda perlu juga membawa pelindung anti nyamuk.
  • Kenakan sepatu atau sandal saat berjalan-jalan di pesisir pantainya untuk menghindari bulu babi yang kadang tidak terduga terinjak.
  • Pastikan Anda membawa peralatan untuk aktivitas bahari meski demikian di disni tersedia peralatan yang dapat disewa. Hal ini juga akan sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran uang di lokasi.
  • Bekali diri Anda dengan makanan. Mulai dari makanan kecil untuk di perjalanan sampai air mineral yang banyak.
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik Untuk Mengunjungi Surga Tersembunyi Di Bumi Flores ini.Jika Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur,Sempatkanlah Untuk Mengunjungi Pulau Adonara sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg