Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Semarang dan Sekitarnya

Semarang terkenal sebagai kota pelabuhan di masa lampau. Selain peninggalan kota tua sisa kolonialisasi, Semarang juga terkenal akan keindahan alamnya.

Hal ini membuat wisata bernuansa alam bisa jadi alternatif destinasi liburan yang seru saat berkunjung ke kota Semarang.

Berikut rekomendasi destinasi wisata alam di Kota Semarang yang wajib NusaPedia kunjungi saat singgah ke Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Obyek Wisata Alam di Semarang

1. Curug Gending Asmoro

wisata alam semarang

Sumber gambar: kalonganungaran

Jika biasanya curug atau air terjun berada di dataran tinggi atau pegunungan, Curug Gending Asmoro justru terletak di tengah hutan bambu.

Wisata alam Semarang satu ini terletak di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang.

Salah satu keunggulan curug yang namanya diambil dari mitos bunyi gamelan yang sering terdengar di sekitar curug ini adalah keindahan pemandangan nan hijau dan batu batu besar yang berserakan di sekitar air terjun dan sungai.

Temukan hotel terbaik dan booking melalui aplikasi Nusapedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.

2. Eling Bening

wisata alam semarang

Sumber gambar: adit220393

Mau menikmati makan siang sambil memandang indahnya semarang dari atas pegunungan? Eling bening merupakan tempat yang harus kamu kunjungi jika berada di Semarang.

Eling Bening sebenarnya adalah sebuah fasilitas wisata yang dibangun di perbuktian Ngrawan, Semarang.

Dari tempat ini, NusaPedia bisa melihat keindahan alam berupa rawa pening dengan latar belakang pegunungan di sekitar Semarang seperti Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Telomoyo.

Alamat lengkap tempat wisata Semarang satu ini berada di Jalan Sarjono, Bawean, Semarang.

3. Rawa Pening

Wisata Alam Semarang

Sumber gambar: Wikimedia

Tujuan wisata bernuansa alam di Semarang yang pertama adalah Rawa Pening. Danau rawa ini memiliki latar pegunungan yang begitu cantik.

Terkenal akan keberadaan enceng gondok, NusaPedia juga bisa menemukan kerajinan tangan dari tumbuhan ini sebagai souvenir dari wisata alam Semarang satu ini.

Waktu paling tepat mengunjungi Rawa Pening adalah sore hari untuk menikmati pemandangan sunset yang cantik.

4. Curug Benowo

wisata alam semarang

Sumber gambar: Tribunnews

Curug Berowo yang berada di Desa Kalisidi adalah destinasi wisata alam Semarang yang cukup populer. Namun, untuk mencapai titik air terjun, NusaPedia harus melakukan tracking melewati hutan dan juga sungai.

Tapi, tentu pengalaman tracking ini akan sangat berkesan karena sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan pemandangan alam yang indah.

5. Curug Lawe

wisata alam semarang

Sumber gambar: klikalkautsar3

Berdekatan dengan Curug Benowo, NusaPedia juga bisa mengunjungi Curug Lawe, air terjun indah lainnya yang populer sebagai tujuan wisata Alam kota Semarang.

Di sini, NusaPedia juga bisa menemukan air terjun-air terjun kecil yang menyempurnakan pemandangan alam di tempat ini.

6. Hutan Pinus Kayon

Wisata Alam Semarang

Sumber gambar: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah

Hutan Pinus Kayon adalah salah satu destinasi wisata alam Semarang yang kini tengah digandrungi karena sangat instagramable.

Berlokasi di Desa Batur, hutan pinus ini tekenal karena batang pohon pinus yang bengkok dan sering menjadi spot untuk berfoto.

7. Pantai Maron

wisata alam semarang

Sumber gambar: Wisata Baru

Meskipun Semarang tidak terkenal akan wisata pantai, namun ada beberapa pantai di Semarang yang bisa dijadikan destinasi wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah pantai Maron yang dihiasi pasir putih dan pemadangan alam yang eksotis.

8. Pantai Marina

wisata alam semarang

Sumber gambar: wikewidyastory

Selain Pantai Maron, destinasi wisata pantai di Semarang lainnya adalah Pantai Marina. Seperti halnya dengan Pantai Maron, pantai Marina memiliki pemandangan alam yang eksotis dan juga terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya yang sangat cantik.

Pada malam hari, ditepian pantai Marina kamu bisa menemukan berbagai warung yang menjajakan kuliner khas.

9. Pantai Tirang

wisata alam semarang

Sumber gambar: remajapetualang

Pilihan wisata alam pantai di Semarang lainnya adalah Pantai Tirang. Populer karena permukaanya yang biru, Pantai Tirang juga menjadi destinasi favorit pemancing untuk menangkap ikan kakap putih dan ikan kerapu.

Suasana pantai yang masih sepi sangatlah tepat menjadi tempat wisata alam untuk menenagkan diri.

10. Air Terjun Kali Pancur

wisata alam semarang

Sumber gambar: muzakkilanam

Berjalan menuju Gunung Telomoyo, NusaPedia akan menemukan destinasi wisata alam air terjun populer di Semarang lainnya, yaitu Air Terjun Kali Pancur.

Memiliki ketinggian mencapai 100 meter, air terjun yang bermuara di Rawa Pening ini menyajikan pemandangan alam yang layak untuk dinikmati.

11. Gunung Unggaran

wisata alam semarang

Sumber gambar: Kompas

Gunung Unggaran adalah destinasi wisata alam di Kota Semarang yang merupakan pilihan tepat untuk melakukan tracking, dan camping.

Melakukan pendakian ke gunung ini, NusaPedia juga singgah ke Candi Gedong Songo. Ada tiga puncak di gunung ini yaitu Gendol, Botak, dan Ungaran.

12. Lereng Gunung Kelir

wisata alam semarang

Sumber gambar: Detik

Salah satu daya tarik dari wisata alam di kota Semarang Lereng Gunung Kelir adalah keberadaan beberapa gardu pandang yang akan memudahkanmu untuk menikmati indahnya pemandangan 1.300-an meter di atas permukaan laut.

Selain itu, destinasi wisata alam Semarang ini juga merupakan salah satu pilihan tempat untuk melakukan camping. Apalagi, pemandangan matahari terbit di destinasi wisata alam Semarang satu ini sangatlah cantik.

13. Brown Canyon

wisata alam semarang

Sumber gambar: Tribunnews

Awalnya, lokasi ini merupakan sisa area tambang yang menyisakan tebing-tebing ngarai. Namun, siapa sangka alam membuat tebing ngarai ini menjadi destinasi wisata alam di Semarang yang digemari turis.

14. Goa Rong View

wisata alam semarang

Sumber gambar: My Image

Goa Rong View adalah pilihan destinasi wisata alam kota Semarang selanjutnya yang cukup populer. Dari ketinggian Goa Rong View, NusaPedia bisa menyaksikan indahnya pemandangan wisata alam Semarang lainnya seperti Rawa Pening, Gunung Telomoyo, Gunung Unggaran, dan lainnya.

15. Hutan Wisata Tinjomoyo

wisata alam semarang

Sumber gambar: Tribunnews

Hutan seringkali menjadi pilihan wisata alam yang menarik, salah satu hutan wisata yang bisa NusaPedia kunjungi di Semarang adalah Hutan Tinjomoyo. Selain rindangnya pepohonan, tujuan wisata alam Semarang ini populer akan keberadaan jembatan gantung-nya.

16. Puri Maerokoco

wisata alam semarang

Sumber gambar: Sport Tourism

Puri Maerokoco adalah destinasi wisata alam di Semarang yang sering juga disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah.

Selain melihat berbagai anjungan rumah adat layaknya taman mini, NusaPedia juga bisa menikmati keindahan hutan bakau alami. Selain, menyusuri jalan setapak dari kayu yang mengelilingi hutan bakau, NusaPedia juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti outbond dan camping.

17. Umbul Sidomukti

umbul sidomukti

Sumber gambar: Umbul Sidomukti

Tempat wisata alam di Semarang selanjutnya yang bisa kamu kunungi selanjutnya adalah Umbul Sidomukti. Wisata alam yang satu ini berupa kolam renang alami yang membuat kamu menikmati berenang dengan ketinggian 1200 mdpl karena terletak di lereng Gunung Ungaran.

18. Gunung Telomoyo

gunung telomoyo

Sumber gambar: Travel Kompas

Gunung Telomoyo jadi salah satu wisata alam di Semarang yang bisa jadi pilihan. Wisata alam ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Rute perjalanan yang seru dan menantang, membuat banyak wisatawan tertarik ke GununG Telomoyo.

19. Wana Wisata Penggaron

wana wisata penggaron

Sumber gambar: Okezone Travel

Jika kamu berkunjung ke Semarang, kamu wajib mencoba ke Wana Wisata Penggaron. Tempat wisata yang satu ini menyajikan hutan lebat dengan udara yang sangat segar. Terletak di Desa Susukan, Ungaran, ternyata tempat ini masih memiliki banyak hewan liar, terutama burung dengan berbagai spesies.

20. Air Terjun Semirang

air terjun semirang

Sumber gambar: IDN Times Jateng

Air Terjun Semirang adalah air terjun yang cukup unik karena tersembunyi di dalam hutan. Hal inilah yang menjadi daya tarik dan air terjun ini. Lokasinya yang berada di lereng pengunungan juga membuat kamu harus berjalan kaki sambil menikmati udaranya yang segar sampai lokasi. Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan kamu akan menikmati indahnya pemandangan air terjun yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Ungaran Barat ini.

0 Comments