BREAKING NEWS

Menu

Mengagumkan! Penemuan Bangsa Mesopotamia Ini Mampu Mengubah Dunia


ILUSTRASI KEHIDUPAN BANGSA MESOPOTAMIA IMAGES SOURCE (HUMANORIGINPROJECT. COM )

Seiring perkembangan zaman, dunia terus berubah dan berinovasi menghasilkan penemuan baru yang mutakhir. Sesuatu dulu yang dianggap tak mungkin kini mampu diciptakan. 

Orang-orang saling berlomba menghasilkan karya kreatif dari semua bidang. Tentunya apa yang telah kita lihat saat ini adalah hasil buah pikiran mereka yang serius untuk berkontribusi dalam perkembangan peradaban dunia.Dengan hadirnya inovasi ini, memudahkan seseorang menjalankan aktivitasnya. 

Mobilitas gerak lebih cepat dan menghemat efisiensi waktu. Peradaban ini tentu tidaklah mudah, dulu orang-orang sangat sulit mengakses sesuatu, perlu waktu cukup lama agar apa yang diinginkan bisa tereliasasi. Kini, semuanya itu seolah hilang. 

Komunikasi semakin cepat dan mudah, informasi gampang didapatkan.

Tetapi, apa yang telah diciptakan hari ini sejatinya adalah buah keresahan di masa lalu atau inovasi dari zaman dulu yang dirasa masih perlu sentuhan agar mampu dimanfaatkan sesuai kebutuhan saat ini. 

Banyak penemuan orang terdahulu yang kini telah dibuat sedemikian rupa dengan manfaat yang sama namun berbeda bentuk dan bahannya.

Mesopotamia menjadi salah satu bangsa yang terkenal dengan peradabannya. Orang-orang ini dulu telah mampu menciptakan sebuah karya yang mana mampu mengubah dunia. 

Dan di antara penemuannya itu sampai hari masih dipakai. Bangsa Mesopotamia adalah penduduk yang mendiami daerah antara sungai Eufrat dan Tingris. 

Wilayah yang kini berubah menjadi 3 negara yakni Irak, Turki, dan Suriah. Disebut Mesopotamia karena memang geografisnya yang berada di antara sungai-sungai.Banyak sekali penemuan yang telah diciptakan oleh bangsa ini. Dan semuanya mampu mengubah dunia. 

Ternyata inovasinya, secara ide masih bisa digunakan dengan sentuhan khas modern agar sesuai kebutuhan. Apa saja penemuan tersebut?

1. Menemukan Roda

PENEMUAN RODA OLEH BANGSA MESOPOTAMIA IMAGES SOURCE (GOOGLE . COM )

Saat ini roda digunakan untuk kendaraan atau benda-benda yang memerlukan gerak. Dengan adanya roda, maka mampu meringankan seseroang. 

Ternyata ide ini sudah lama dicetuskan oleh bangsa Mesopotamia. Namun, saat itu roda bukan digunakan sebagai alat transportasi melainkan untuk pembuatan tembikar.

2. Penemuan Kereta

PENEMUAN KERETA OLEH BANGSA MESOPOTAMIA IMAGES SOURCE (GOOGLE . COM )

Sejak zaman dulu kereta merupakan alat transportasi yang sangat diminati dan serbaguna. 

Bangsa Mesopotamia ternyata juga telah menemukan kereta untuk keperluannya. Namun, kereta orang Mesopotamia berbeda dengan apa yang kita lihat saat ini. Kereta ciptaan mereka terbuat dari kayu ringan dan kayu bentwood serta digunakan untuk alat transportasi, perang, dan olahraga. Kendaraan ini ditarik oleh kuda atau lembu jantan.

3. Menemukan Ilmu Astrologi

PENEMUAN ILMU ASTROLOGI OLEH BANGSA MESOPOTAMIA IMAGES SOURCE  (ANCIENT-ORIGIN . NET )

Bagi penyuka zodiak dan suka baca ramalan bintang maka berterima kasihlah kepada bangsa Mesopotamia, merekalah penemu dari ilmu ini. Rasi bintang seperti Leo, Taurus, Scorpio, dan Capricorn adalah hasil buah karya mereka. Bangsa ini memang menganggap penting ilmu perbintangan.

4. Menemukan Perhitungan Waktu

PENEMUAN ILMU PENGHITUNG WAKTU OLEH BANGSA MESOPOTAMIA IMAGES SOURCE (HISTORYLY. COM )

Waktu adalah hal penting dalam kehidupan. Bangsa Mesopotamia telah berpikir bagaimana agar waktu bisa dihitung hingga memudahkan dalam aktivitas. 

Maka mereka membuat konsep untuk itu semua dengan cara membagi waktu menjadi 60 bagian. Orang-orang ini kemudian membuat jam berbentuk budar dengan dipasang tonggak pada bagian tengah. 

Waktu kemudian ditunjuk dengan bayangan sinar matahari.

5. Membangun Saluran Irigasi

PENEMUAN ILMU IRIGASI OLEH BANGSA MESOPOTAMIA IMAGES SOURCE (HISTORYLY. COM )

Bangsa Mesopotamia tinggal di daratan yang dikelilingi sungai. Karena itu, penduduknya memiliki profesi sebagai petani. 

Dilimpahi sumber daya mendukung, membuat warga Mesopotamia menciptakan sebuah irigasi yang bisa mengairi persawahan mereka. 

Karena itu bangsa Mesopotamia disebut sebagai the father of agriculture. Dan penemuan ini dianggap berhasil hingga bisa dipakai sampai sekarang.

Ya begitulah bangsa Mesopotamia membuat peradabannya. Dan penemuannya mampu mengubah peradaban dunia. Fantastis!


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg