BREAKING NEWS

Trans Metro Deli : Bus Bantuan Kementerian Perhubungan Untuk Warga Kota Medan



Trans Metro Deli adalah Moda transportasi Non tunai yang merupakan moda baru transportasi massal bantuan pemerintah melalui kementerian perhubungan yang di peruntukan bagi masyarakat kota medan dengan mengusung metode Buy The Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung yang lebih baik.

Trans Metro Deli dalam layanannya menghadirkan sistem TEMAN BUS yang memiliki arti Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman (TEMAN). Hal ini membuat Trans Metro Deli bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu.

Penumpang hanya menyiapkan kartu non tunai dan dapat membuka aplikasi TEMAN BUS di smartphone untuk melihat rute, jadwal kedatangan dan keberangkatannya. Sehingga penumpang lebih mudah dalam mobilisasi di kawasan perkotaan.

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan Bus Trans Metro Deli? 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (mobilkomersial .com)

Trans Metro Deli atau TEMAN BUS hadir sebagai penunjang mobilisasi masyarakat khususnya di wilayah Medan. Layanan ini diharapkan akan menjadi sebuah layanan yang diharapkan akan melengkapi pelayanan Trans Mebidang yang sudah ada.

Program ini menggunakan kendaraan jenis bus besar dan bus sedang dengan tipe low entry. Bus tersebut juga dilengkapi dengan kursi prioritas dan area untuk penumpang disabilitas (kursi roda).

Melalui keterangan persnya, layanan ini beroperasi menggunakan skema Buy The Service. Konsep Buy The Service akan didukung manajemen pengelola yang melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan sistem operasional kendaraan. 

Mulai dari sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem pengelolaan keuangan, dan sistem SDM melalui format digitalisasi secara real time.

Direncanakan akan ada sebanyak 72 bus armada Trans Metro Deli. Namun, peresmian pengoperasiannya masih dalam perencanaan Sebab, armada tersebut masih dalam proses pengiriman ke Kota Medan.

Trans Metro Deli ini menggunakan skema pembayaraan non tunai bagi masyarakat. pembayaran tidak lagi menggunakan cara manual atau tunai melainkan bisa lewat scan barcode atau e-money serta smart card. 

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (mobilkomersial .com)

Namun, layanan yang dihadirkan juga harus sejalan dengan akses dan kemudahan bagi masyarakat,setiap kebijakan yang dilakukan harus berorientasi pada pelayanan terbaik dan menghadirkan kemudahan bagi masyarakat.

Bagaimana Dengan Rute Layanan Trans Metro Deli ?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi menyebutkan bahwa Program BTS ini telah hadir di lima kota besar, yakni Palembang, Solo, Denpasar, Medan, dan Yogyakarta.

Budi berharap dalam acara peresmian di Medan, program BTS akan didukung oleh manajemen pengelola yang melaksanakan monitoring dan evaluasi menggunakan sistem operasional kendaraan. 

"Sistem operasional kendaraan meliputi sistem operasional, pemeliharaan, pengelolaan keuangan, sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi secara real time, sehingga diharapkan menuju pelayanan angkutan umum yang lebih profesional," ucap Budi. 

Untuk lima koridor Trans Metro Deli sendiri akan melayani beberapa rute, yakni

a. Koridor 1 : Terminal Pinang Baris – Lapangan Merdeka; 

b. Koridor 2 : Terminal Amplas – Lapangan Merdeka; 

c. Koridor 3 : Belawan – Lapangan Merdeka; 

d. Koridor 4 : Medan Tuntungan - Lapangan Merdeka; 

e. Koridor 5 : Tembung - Lapangan Merdeka.

Jadi Bagaimana Sahabat NusaPedia yang berada di kota medan,tentunya sudah tidak sabar ya untuk menggunakan layanan Trans Metro Deli,segera miliki kartu transaksi Non tunai nya dengan mengunjungi koridor koridor layanan Trans Metro Deli yang telah ada.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg