BREAKING NEWS

5 Pulau yang Menjadi Habitat Komodo, Tidak Hanya Pulau Komodo!



Taman Nasional Komodo terletak di daerah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan dekat dengan kepulauan Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya 

Seperti diketahui, Pulau Rinca di NTT masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo dan menjadi habitat bagi satwa endemik Komodo yang terancam punah.

Taman Nasional Komodo diresmikan pada 1980 untuk melindungi Komodo atau Varanus komodoensis, hewan purba endemik yang hanya ditemukan di NTT, Indonesia

Tidak hanya di Pulau Komodo, habitat Komodo di Taman Nasional Komodo terdapat di beberapa pulau. 

Berikut adalah diantaranya.

1. Pulau Rinca

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (medium .com)

Pulau Rinca memiliki luas 198 Km2 yang masuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT. 

Pulau Rinca dikenal sebagai tempat paling tepat untuk menyaksikan Komodo di habitat alaminya. Selain Komodo, berbagai satwa liar juga hidup di Pulau Rinca, seperti Babi Hutan, Kerbau Liar, dan beraneka jenis Burung. 

Akses menuju Pulau Rinca dapat dicapai menggunakan perahu kecil dari Labuhan Bajo di Flores Barat.

2. Pulau Komodo

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (travel.kompas. com)

Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli dari satwa langka Komodo yang berada di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh Selat Sape. 

Luas Pulau Komodo mencapai 390 Km2 dan mencakup pulau-pulau kecil di sekitarnya. Komodo di pulau ini hidup dan berkembang biak dengan baik. 

UNESCO telah menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu Situs Warisan Dunia bersama beberapa pulau lainnya di Taman Nasional Komodo.

3. Gili Motang dan Gili Dasami

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (travel.kompas. com)

Gili Motang maupun Gili Dasami memang kalah populer jika dibandingkan dengan Pulau Rinca dan Pulau Komodo. 

Dengan luas mencapai 30 Km2, Gili Motang dan Gili Dasami merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Sunda Kecil. Kedua pulau ini menjadi habitat bagi sekitar seratus Komodo. 

Sejak tahun 1991, Gili Motang dan Gili Dasami bersama pulau-pulau lainnya di Taman Nasional telah ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia.

4. Pulau Padar

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (travel.trubus.id)

Pulau Padar merupakan pulau ketiga terbesar di Taman Nasional Komodo, NTT. Lokasinya berada tidak jauh dengan Pulau Rinca, dibatasi oleh Selat Lintah. 

Komodo di Pulau Padar sangat sedikit. Pada 19 November 2017 lalu, terhitung hanya empat ekor komodo saja yang teridentifikasi di pulau ini. Namun pada 16 Agustus 2019, populasi Komodo di Pulau Padar dinyatakan punah. 

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Taman Nasional Komodo.

5. Pulau Flores

7 Pantai di Indonesia yang Jadi Surga Para Penikmat Lautan
Images Source: (idntimes. com)

Pulau Flores merupakan satu-satunya habitat Komodo yang berada di luar kawasan Taman Nasional Komodo. Secara fisik, Komodo di Pulau Flores memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dan kulit yang cerah dibandingkan yang terdapat di Taman Nasional Komodo

Tidak ada perbedaan signifikan sehingga masih digolongkan dalam satu spesies Komodo. Perbedaan terjadi mungkin karena adanya perbedaan habitat tempat tinggal.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg