BREAKING NEWS

5 Wisata Pantai di Jepara yang Telah Dibuka, Gratis Saat Weekdays


5 Wisata Pantai di Jepara yang Telah Dibuka, Gratis Saat Weekdays

Jepara merupakan wilayah kabupaten yang berada di Jawa Tengah dengan potensi alam pesisir yang sangat indah. Terdapat banyak destinasi wisata pantai di Jepara, dan semuanya dibuka secara gratis untuk wisatawan saat weekdays, mulai Senin-Jumat. 

Wisatawan hanya akan dikenai biaya tiket masuk pada Sabtu, Minggu, dan hari-hari libur nasional dengan besaran Rp 10.000 per orang. Ini tertuang dalam Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2019. 

Semua destinasi wisata milik Pemerintah Kabupaten Jepara dibuka secara gratis saat weekdays, tidak terkecuali pantai-pantainya yang indah dan begitu mempesona. 

Di masa pandemi Covid-19, ada beberapa wisata pantai Jepara yang telah dibuka, berikut ini diantaranya. 

1. Pantai Kartini 

Pantai Teluk Awur di Kecamatan Tahunan, Jepara : (nativeindonesia.com)

Seperti namanya, pantai ini memang dipersembahkan secara khusus untuk sosok pahlawan nasional R.A. Kartini yang memperjuangkan kesetaraan. 

Berada di Bulu, Jepara, Pantai Kartini tak hanya memamerkan panorama pantai, tapi juga ragam wahana hiburan seru dan patung kura-kura Ocean Park raksasa yang menjadi ikon pariwisata. 

Bagian dalam kura-kura Ocean Park adalah akuarium berisi berbagai spesies laut, spafish, serta teater. Pantai Teluk Awur Pantai Teluk Awur di Kecamatan Tahunan, Jepara (nativeindonesia.com). 

2. Pantai Teluk Awur 

Images Source : (youtube)

Pantai di Jalan Teluk Awur, Kecamatan Tahunan ini masih belum banyak diketahui sehingga masih sepi dari kunjungan wisatawan. 

Pantai Teluk Awur merupakan tempat terbaik di Jepara untuk menyaksikan panorama sunset yang indah. Tidak hanya itu, pantai ini juga menjadi tempat dimana dilaksanakannya acara budaya Sedekah Laut setiap Lebaran Ketupat. 

3. Pantai Empu Rancak 

Pantai Empu Rancak di Desa Karanggodang, Mlonggo, Jepara : (jalan-jalan.com)

Pantai Empu Rancak bisa dikunjungi kapan saja, bahkan saat weekend pun gratis karena tidak ada loket penjualan tiket. 

Wisatawan dan penduduk lokal biasa menggunakan garis pantai ini untuk jogging di pagi serta sore hari. Perairan lautnya sangat jernih dengan bebatuan karang indah. 

Pantai ini terletak di Desa Karanggodang, Mlonggo. Tertarik? Sebaiknya datang berkunjung saat sore karena pemandangan sunset di sini terkenal indah. 

Pantai Empu Rancak Pantai Empu Rancak di Desa Karanggodang, Mlonggo, Jepara (jalan-jalan.com). 

4. Pantai Ujung Piring 

Images Source : (Youtube)

Mungkin ini menjadi pantai paling jauh dalam daftar ini, jaraknya 30 menit dari pusat Kabupaten Jepara. Lokasinya berada di kawasan Jambu. 

Meski begitu, akses menuju Pantai Ujung Piring terbilang mudah dan ada banyak petunjuk jalan sehingga tak perlu takut tersesat. 

Pantai ini masih sepi, dan suasana alamnya masih alami. Cocok untuk tempat menenangkan diri. 

5. Pantai Pulau Panjang 

Images Source : (nadyamiftahur)

Akses menuju pantai ini harus menyeberangi lautan dengan perahu dari Dermaga Pantai Kartini menuju Pulau Panjang. 

Tempat ini masih alami, tidak ada pemukiman warga, sebagian besar masih berupa hutan-hutan tropis. Pantainya sangat indah dan berpasir putih. 

Air lautnya juga jernih sehingga cocok untuk kegiatan diving atau snorkeling dengan panorama bahari yang mempesona dengan karang dan ikan warna-warni.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg