BREAKING NEWS

Untuk Kamu Yang Masih Ngantor Di Tengah Gempuran Corona? WHO Kasih Petunjuk Ini...


Masih Ngantor Di Tengah Gempuran Corona? WHO Kasih Petunjuk Ini...(Images Source : chinadaily.com.cn )

Himbauan kesehatan "Mencegah lebih baik daripada mengobati" memang sebuah tagline yang ampuh bagi kita agar selalu hidup sehat dimanapun, termasuk di ruang kerja kita sehari-hari. 

Demikian juga WHO organisasi kesehatan dunia yang kita kenal gencar mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan di ruang kerja.

Saat ini, pentingnya menjaga kesehatan, menjaga jarak dan menjaga kebersihan terutama mereka yang masih harus siaga di tempat kerja bersama teman 'sekantor' harus selalu diingat kita tidak tahu mereka telah melakukan apa saja dan bisa saja tanpa sadar mereka telah membawa virus ini dari luar sana.

Berikut kesimpulan yang di dapat dari WHO tersebut

1. Dimulai dari Cara sederhana

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( rmc-indonesia )

Pastikan tempat kerja Anda selalu bersih dan higienis Permukaan yang sering di gunakan bersama-sama misalkan meja dan objek lain seperti Telepon, keyboard perlu dibersihkan permukaannya dengan disinfektan secara teratur.

2. Sosialisasi

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( liputan6 )

Mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kerja dan karyawan, pelanggan dan tamu dengan cara mencuci tangan secara teratur. Jika perlu secara berkala diadakan briefing singkat tentang pencegahan viris Corona ini.

Menyediakan media atau kran air khusus untuk cuci tangan di lokasi yang terlihat dan mudah dijangkau, pastikan juga kondisi air selalu terisi.Memajang tulisan berupa himbauan dan sisipan informasi edukatif agar selalu ingat untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun.

3. Cek kesehatan

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( Dreamstime )

Pastikan bagi karyawan yang akan melakukan perjalanan bisnis, keluar kota, wajib melakukan cek kesehatan. Sebelum berangkat berikan juga edukasi agar selalu menjaga kesehatan, menjaga jarak, makan dan minuman yang bergizi dimanapun berada.

Jika karyawan tidak dalam kondisi fit maka bekerja dirumah adalah alternatif akhir agar komunikasi dan pekerjaan bisnisnya tetap berjalan normal.

4. Mensiasati pertemuan

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( lifesize )

Guna mencegah tertularnya virus Corona yang mudah menyebar ini, maka mensiasati pertemuan seperti meeting bisnis perlu dilakukan alternatif cara.

Jika memang terpaksa harus melakukan pertemuan misalkan penandatanganan kontrak bisnis, pastikan semua dalam kondisi sehat dan lakukan pertemuan di sebuah tempat yang memenuhi syarat kesehatan dan wajib tunduk pada panduan pencegahan virus Corona setempat.

Peserta meeting harus dalam kondisi benar sehat, terpilih, dan jumlah sedikit, memakai masker.

Pertemuan harus dibuat sesingkat mungkin dan dilanjutkan dengan komunikasi jarak jauh seperti teleconverence dan sosial media.

Pastikan ruang pertemuan memiliki fasilitas kesehatan dasar seperti menyediakan obat P3K, tissue, wastafel, sanitiser, menyediakan alkohol, ruang isolasi, mck, masker cadangan, memiliki tempat sampah tertutup yang mudah di jangkau saat meeting, dan membawa makanan-minuman sehat higienis yang sebaiknya dibawa sendiri dari rumah.

Dan jika ada petugas jaga harus terus memantau cover area sebaran virus setempat melalui berbagai informasi dan memiliki nomor contact darurat yang siap 24 jam terhubung dengan pihak rumah sakit atau dinas kesehatan setempat.

Sebelum memulai meeting sebaiknya berdoa dan mensosialisasikan pentingnya mencegah penularan virus ini dengan mengingatkan agar tidak terjadi saling bersentuhan, menjaga jarak minimal 1 meter, selalu mencuci tangan setelah menyentuh fasilitas bersama, selalu menggunakan masker, membuang sampah pada tempatnya. 

Mengatur dan memastikan ventilasi udara bekerja dengan baik. Peserta meeting wajib undur diri jika tiba-tiba dirinya merasa kurang sehat.


5. Mengakhiri pertemuan

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( covid19care.ipb.ac.id )

Wajib memiliki data lengkap seperti rincian kontak personal selama setidaknya 1 bulan setelah rapat. Dengan kata lain peserta rapat harus tetap terhubung satu dengan lainnya.Mengucapkan terimakasih karena telah saling pengertian dan kerjasamanya selama rapat berlangsung hingga selesai

Saling memantau perkembangan kesehatan peserta rapat lewat sosial media atau telepon.Jika dalam sebulan ada salah satu peserta rapat memiiki tanda atau gejala terkena virus Corona sebaiknya masing-masing saling cek kesehatan dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit terpercaya.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg