BREAKING NEWS

5 Hotel Mewah di Dunia yang Menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19


5 Hotel Mewah di Dunia yang Menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang mewabah sejak akhir tahun 2019 lalu telah menyebabkan kekacauan besar di seluruh dunia. Hampir semua lini kehidupan tekena imbasnya. 

Tercatat hingga hari ini (3/4), sebanyak 1.015.466 orang positif terinfeksi Virus Corona, dan 53.190 diantaranya telah dinyatakan meninggal dunia. 

Jumlah pasien positif Covid-19 terus mengalami lonjakan besar setiap harinya. Lonjakan tersebut membuat sejumlah rumah sakit di dunia mengalami kewalahan dan tidak lagi mampu menampung pasien baru. 

Sebagai upaya mengatasi permasalahan ini, banyak otoritas pemerintah yang mengambil kebijakan mengubah hotel mewah di negaranya menjadi rumah sakit darurat Covid-19. 

Peta Penyebaran Covid-19 Di Indonesia

Berikut adalah beberapa diantaranya. 

1. Wisma Atlet – Indonesia 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( nasional.kompas.com )

Wisma Atlet pada awalnya dibangun sebagai tempat tinggal untuk para atlet Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. 

Lokasinya berada di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara. Karena kondisi darurat pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo menjadikan wisma atlet sebagai rumah sakit darurat khusus untuk pasien Covid-19 sejak Senin (23/3) lalu. 

Penginapan megah dan mewah untuk para atlet internasional kemudian dirubah sedemikian rupa layaknya ruang perawatan, lengkap dengan berbagai alat dan fasilitas medis. 

2. Hotel Van der Valk – Belanda 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( pinterest)

Hotel Van der Valk beralih fungsi menjadi rumah sakit darurat untuk pasien Covid-19 setelah semua rumah sakit di negara Belanda penuh, sedangkan jumlah pasien Covid-19 terus mengalami penambahan. 

Lembaga layanan kesehatan masyarakat (GGD) di Belanda menilai hotel ini merupakan pilihan yang paling tepat karena lokasinya yang strategis dengan lebih dari 150 tempat tidur. 

3. Gran Hotel Colon – Spanyol 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( booking.com)


Gran Hotel Colon merupakan hotel mewah berbintang empat yang terletak di Madrid, Spanyol. Lokasinya yang berjarak 10 menit dari rumah sakit Gregorio Maranon dianggap sangat tepat untuk dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 di Spanyol. 

Gran Hotel Colon kini menjadi tempat untuk perawatan pasien Covid-19 tingkat ringan. 

Hotel ini terdiri dari dua buah bangunan besar dengan 359 kamar, kedua bangunan dipisahkan oleh taman besar dan galeri seni. 

4. Madrid Marriot Auditorium – Spanyol 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( agoda.com )


Spanyol menjadi negara dengan jumlah pasien dan kematian Covid-19 tertinggi di dunia setelah China, Italia, dan Iran. 

Oleh karena itu banyak hotel dikosongkan agar bisa menjadi rumah sakit darurat atau tempat penampungan pasien Covid-19. Selain Gran Hotel Colon, Madrid Marriot Auditorium di Madrid, Spanyol juga menjadi rumah sakit darurat yang khusus untuk pasien Covid-19. 

Hotel ini merupakan akomodasi mewah bintang empat yang memiliki total 869 kamar tidur. 

5. Hotel Xinjia – China 

Logo Baru kemenkraf
Images Source : ( twitter/ilovetoski888 )


Hotel Xinjia berada di Quanzhou, China. Oleh otoritas pemerintah setempat hotel ini dijadikan sebagai lokasi karantina bagi pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona. 

Namun, pada Sabtu (7/3) lalu, Hotel Xinjia tiba-tiba roboh rata dengan tanah. Saat peristiwa nahas itu terjadi, terdapat sedikitnya 80 orang. 

Sembilang orang berhasil menyelamatkan diri, sedangkan 71 lainnya terjebak di dalamnya. 

Hotel ini berdiri sejak tahun 2018 dengan tujuh lantai. Lokasinya berjarak 600 mil dari Wuhan, pusat penyebaran Covid-19 di dunia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg