BREAKING NEWS

Bikin Kagum, Kota Dengan Desain Tata Kota Terbaik Di Dunia


 Kota Dengan Desain Tata Kota Terbaik Di Dunia
Kota dengan segala kebutuhan manusia di dalamnya memerlukan perencanaan dan penataan yang baik. Dari berbagai kota di belahan dunia, ada arsitek-arsitek paling berbakat yang pernah ada, mendesain sedemikian rupa beberapa kota hingga menghasilkan karya yang spektakuler. Nah, Alfikri Saga telah merangkum 6 kota dengan desain paling tertata rapi dan indah di dunia.

1.Barcelona

Sumber Gambar : theculturetrip.com

BBarcelona (Inggris / bɑrsɨloʊnə /, Katalan: [bərsəɫonə], Spanyol: [barθelona]) adalah ibukota Catalonia dan kota kedua terbesar di Spanyol, setelah Madrid, dengan jumlah penduduk 1.621.537 dalam batas-batas administrasi pada lahan seluas 101,4 km2 (39 sq mi). Daerah perkotaan Barcelona melampaui batas kota administratif dengan jumlah penduduk antara 4.200.000 dan 4.500.000 dalam area 803 km2 (310 sq mi), menjadi daerah keenam terpadat perkotaan di Uni Eropa setelah Paris, London, Ruhr, Madrid dan Milan. Sekitar lima juta orang tinggal di wilayah metropolitan Barcelona. Hal ini juga kota metropolitan terbesar di Eropa di Laut Mediterania.

Barcelona merupakan salah satu kota terpenting di Spanyol. Kota ini menjelma menjadi pusat ekonomi, pariwisata, pameran, olahraga, dan budaya dunia berkat statusnya sebagai salah satu kota global utama dunia. Barcelona berperan sebagai pusat ekonomi dan budaya di Eropa Barat Daya, ke-24 di dunia (sebelum Zürich, setelah Frankfurt) serta pusat keuangan. 

Hal ini menuntut Barcelona patut memiliki penataan kota yang baik. Barcelona sendiri merupakan kota yang sudah ada sejak Kerajaan Romawi tahun 230 SM. 

Kota ini juga menjadi kota terpenting setelah bergabung dengan Aragon. Barcelona jatuh ke tangan Muslim pada tahun 717 dari tangan Visighot, kemudian jatuh lagi ke tangan Frank Coligian pada tahun 801. Dua ratus tahun kemudian, Khalifah al-Mansyur dari Bani Ummayah berhasil menguasai kota. Dan lagi, kekuasaan atas Barcelona diestafetkan ke tangan Kesultanan Utsmaniyyah seiring kebangkitannya di Mediterania. 

2. Washington DC 

Sumber Gambar : mapsasart
Menjadi ibukota dari negara adikuasa, Amerika Serikat, membuat Washington DC tak ayal wajib memiliki tata kota yang efisien dan rapi. Sejak pembangunannya sebagai ibukota baru pemerintahan federal, Washington DC menjelma menjadi kota dengan penataan arsitektur luar biasa yang tak terbantahkan. 

Desain kota Washington adalah hasil karya Pierre (Peter) Charles L’Enfant, seorang arsitek, insinyur, dan penata kota kelahiran Prancis yang pertama tiba di koloni ini sebagai insinyur militer bersama Mayor Jenderal Lafayette selama Perang Revolusi Amerika Serikat.

Negara bagian ini terletak di bagian barat. Pada tahun 2009, negara bagian ini memiliki jumlah penduduk sebesar 6,459,224 jiwa dan memiliki luas wilayah 184,827 km². Ibu kotanya adalah Olympia.Negara bagian ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 34,2 jiwa/km

Menjelajahi taman yang begitu luas, dengan kebersihan dan kerapiannya terawat baik ini membuat saya berpikir, siapa yang melakukan itu semua dan bagaimana? Ternyata tanahnya adalah milik pemerintah daerah Seattle dan koleksi tumbuhannya adalah milik Universitas Washington.

Kata orang, sense of belonging memberi kita perasaan bertanggungjawab untuk memelihara.

Pemerintah daerah memikul tanggungjawab memelihara kebersihan dan kerapian taman seperti jalan setapak, bangku taman, sampah

3. Amsterdam 

Sumber Gambar : easyhotelbenelux
Amsterdam merupakan kota terbesar sekaligus ibukota Kerajaan Belanda. Dengan perencanaan yang sangat matang, Amsterdam menjadi kota dengan penataan super rapi. Saluran air, saluran listrik, pengolahan sampah, taman-taman kota, semuanya disusun secara sistematis. Bangunan tradisional dapat memadu dengan gedung modern. Berkat hal tersebut, Amsterdam menjadi begitu menakjubkan sehingga menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara. 

4. Dubai 

Sumber Gambar :cntraveler

Siapa yang tak tahu kota Dubai? Hampir semua orang pasti mengetahui, atau setidaknya pernah mendengar nama kota ini. Dubai merupakan sebuah kota dengan image tempat orang-orang terlalu kaya alias "Para Sultan" berkumpul. Hal tersebut memang benar adanya dan tak bisa ditampikan. 

Sebagai kota bisnis utama di kawasan Timur Tengah, bahkan dunia, penataan Dubai adalah hal yang krusial. Tata kota menakjubkan tercermin seperti dari reklamasi Palm Island, Palm Jumeriah, Palm Jebel Ali, Palm Diera, Dubai Waterfront dan The World. Gedung pencakar langit nan mewah juga banyak menghiasi Dubai, seperti Burj al-Arab, Burj Khalifa dan lain-lain. 

5. Ishafan 

Sumber Gambar :Tourtoperasia
Ishafan merupakan kota terbesar ketiga di Iran. Perang, pertumpahan darah, gejolak politik dan negara para ekstrimis adalah topik-topik yang sering dinarasikan oleh media barat mengenai kota ini. Hal tersebut membuat masyarakat dunia menanamkan image buruk terhadap Ishafan dan membuatnya tak sepopuler kota-kota lain di kawasan Timur Tengah seperti Dubai. 

Namun, kenyataannya tidak demikian. Ishafan adalah permata Timur Tengah. Sebagai kota dengan tanah yang sama di mana negara adi kuasa di masa lampau bertakhata, yakni Kekaisaran Persia dan Kesultanan Safawiyah, menjadikan Ishafan menyimpan segudang peninggalan sejarah yang megah dan memanjakan mata. Istana-istana, masjid dengan kubah raksasa, boulevard yang lebar, jembatan-jembatan tak beratap dan menara-menara menghiasi bumi Ishafan. 

6. Istanbul 

Sumber Gambar :Hurriyet Daily News
Istanbul merupakan ibukota dari berbagai kerajaan besar dunia yang pernah ada, khususnya ibukota Kekaisaran Romawi Timur dan Kesultanan Ottoman. Istanbul memiliki wajah kota super cantik. Walau penataannya tak sesistemis Dubai dan yang lainnya, namun kota dengan nama lain Konstantinopel ini tetap memikat hati. 

Berbagai bangunan menganggumkan peninggalan abad pertengahan masih berdiri kokoh di jantung kota seperti Museum Hagia Shopia, Blue Mosque (Masjid Sultan Ahmed), Istana Topkapi dan yang lainnya. Nah, itulah enam kota dengan penataan kota yang sangat cantik menurut Alfikri Saga. Bagaimana menurut Anda, apakah Anda punya nama kota lain? Silakan tulis di kolom komentar

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg