BREAKING NEWS

Mengenal Keindahan Siborong-Borong yang Sedang Viral


Siborong-Borong yaitu nama daerah yang saat ini menjadi viral di tengah masyarakat akibat dari lagu Sayur Kol yang di dalam liriknya terdapat nama daerah

Siborong-Borongi


Ternyata Siborong-Borong sendiri menyimpan beberapa pesona yang mungkin akan menarik minat wisatawan mengujungi daerah ini.

Siborong-Borong adalah salah satu kecamtan yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara.Ibukota dari kecamatan ini adalah Pasar Siborong-Borong.Siborong-Borong juga mempunyai satu bandara yang melayani penerbangan internasional menuju Malaysia yaitu Bandara Silangit.Mayoritas penduduk Siborong-Borong menganut agama Kristen.Sekilas tentang Siborong-Borong sekarang langsung saja kita intip ada apa saja di Siborong-Borong.

1. Pulau Sibandang


menikmati Danau Toba dari sisi yang lain silahkan mengunjungi Pulau Sibandang yang terletak di daerah Siborong-Borong ini.Pulau ini mungkin tidak terlalu dikenal di masyarakat tidak seperti Pulau Samosit.Tapi untuk keindahan alamnya pulau ini tidak bisa diremehkan.

Pulau Sibandang merupakan pulau terbesar kedua yang ada di danau Toba dengan luas + 850 Ha. Sama halnya dengan pulau Samosir yang merupakan pulau berpenghuni atau didiami oleh masyarakat yang terdiri dari banyak marga, pulau Sibandang juga demikian. Didiami oleh 4 Marga besar yakni Marga Simare-mare, Marga Siregar, marga Oppusunggu, dan Marga Rajagukguk serta berpenduduk kurang lebih 800 kepala keluarga menjadikan destinasi wisata yang satu ini tujuan yang pas buat Anda yang suka akan ketenangan dan kedamaian.
 

Pulau Sibandang terkenal dengan mangganya yang khas dan terkenal sampai internasional.Pulau ini juga disebut Pulau Mangga.Untuk mencapai pulau ini dari Bandara Silangit memakan waktu sekitar 40-45 menit.Pulau ini akan lebih eksotis di saat malam hari.Jadi,adakah sahabat NusaPedia yang berniat berkunjung ke Pulau Sibandang?

2. Ambar Onanrunggu

Image Source : nababan.wordpress.com

Selanjutnya ada Ambar Onanrunggu.Ambar Onanrunggu sendiri merupakan salah satu objek wisata yang berbentuk kolam.Dan Ambar Onanrunggu ini diceritakan salah satu tempat penting bagi para pemilik nama marga Nababan.Objek wisata ini menyediakan kolam kecil dengan pemandangan Bukit Barisan yang eksotis dan indah.

Diceritakan juga tempat ini saat musim kemarau pun airnya tidak surut.Bagi yang berminat berwisata ke Ambar Onanrunggu jarak tempat ini dari Siborong-Borong sekitar 10 km.Ada yang berminat mengunjungi ambar Onanrunggu?

3. Air Terjun Aek Nadua


Bagi yang suka dengan objek wisata air terjun jika berkunjung ke Siborong-Borong bisa nih mampir ke Air Terjun Aek Nadua.Debit air di air terjun ini cukup deras.

Tempat ini cocok buat yang suka foto-foto.Air terjun ini bisa dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Wisata alam Siborong-borong tak kalah keren kok, coba deh ke Lumban Tonga-tonga. Ada air terjun Aek Nadua yang punya debit air cukup deras. Selain itu, kamu bisa menyaksikan bendungan cukup besar yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Dari Siborong-Borong membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai temapt ini.Ada yang tertarik mengunjungi air terjun ini?

4. Pemandian Air Panas Sipoholon



Selanjutnya ada Pemandian Air Panas Sipoholon.Pemandian air panas yang terletak di selatan Siborong-Borong ini memakan waktu 1 jam perjalanan untuk mencapainya dari Siborong-Borong.

Lokasinya sangat strategis dan mudah untuk dikunjungi. Pasalnya, untuk menyambangi tempat ini, kamu hanya memakan waktu perjalanan sekitar 7 menit saja dari kota Tarutung karena Sipoholon berada di Jalan Lintas Sumatera Utara.

Pemandian Air Panas Sipoholon sediri merupakan pemandian alami yang mengandung belerang. Kandungan belerang pada pemandian ini kabarnya dapat mengatasi penyakit kulit dan menghaluskan kulit. Aliran air panasnya bersuhu sekitar 40-70 derajat Celcius. Sehingga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat untuk relaksasi.Saking kayanya dengan kandungan belerang, tak jarang terdapat endapan belerang di pinggir kolam. Penduduk setempat biasanya akan memakaikan endapan ini untuk membersihkan wajah saat berada di pemandian agar wajah menjadi lebih bersih dan halus.

Pemandian air panas ini sangat cocok dan pas untuk para wisatawan yang ingin memanjakan badan denga ditemanai pemandangan alam yang indah dan eksotis.Desa Tarutung adalah temapat dimana pemandian ini berada.Ada yang berniat mengunjungi pemandian ini?

5. Air Soda Parbubu

 

Yang terakhir adalah salah satu tempat wisata yang unik dan ternyata hanya ada 2 di dunia yaitu di Venezuela dan satunya berada di Indonesia tepatnya berada di Tarutung.Mata air soda ini terletak di kaki bukit Tarutung di Desa Parbubu.Objek wisata ini berbentuk pemandian.

Setibanya Anda di kota Tarutung, untuk menuju Pemandian Air Soda Tarutung hanya ada satu tanda atau petunjuk jalan yang dapat Anda ingat yakni Tugu Kacang tepatnya di pertigaan Jalan Sibolga – Jalan Putri Lopian. Dari tugu kacang menuju air soda hanya berjarak lebih kurang 2 kilometer saja atau jarak tempuh 6 menit saja.

Meskipun dinamakan air soda.Air yang terkandung di dalamnya tidak lengket di badan namun membuat kulit menjadi halus.Ada yang tertarik mengunjungi objek wisata yang unik ini jika berkunjung ke Tapanuli?

Tadi adalah beberapa pesona wisata yang terletak di daerah Siborong-Borong dan sekitaranya.Setelah membaca artikel ini adakah sahabat NusaPedia yang berminat mengunjungi daerah Siborong-Borong?

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg