BREAKING NEWS

Fatal, Jangan Pinjamkan 8 Barang Ini ke Orang Lain


Kita tentu memiliki barang pribadi yang kerap digunakan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang kita meminjamkan barang-barang pribadi tersebut kepada orang lain, entah kepada kerabat maupun teman dekat.

Hal tersebut bahkan menjadi hal yang lumrah dan sering dilakukan bagi sebagian besar dari kalian bukan? Sebaiknya mulai sekarang kalian menghentikan kebiasaan buruk tersebut ya. 

Nyatanya ada banyak barang pribadi yang sebaiknya tak kalian pinjamkan kepada orang lain. Bukan masalah pelit, tapi hal ini bisa berisiko pada masalah kesehatan masing-masing.

Dikutip dari Brightside, berikut ini 8 daftar barang pribadi yang sebaiknya tak kalian pinjamkan kepada orang lain.

1.Deodorant

Meskipun deodoran memiliki sifat antibakteri, permukaan deodorant yang bersentuhan dengan kulit dapat mengandung bakteri. 

Terlebih lagi bakteri yang bercampur justru bisa menyebabkan bau ketiak tidak sedap. Jadi, jangan pernah coba-coba pinjam atau meminjamkan deodorant ke orang lain ya.

2. Handuk

Handuk memiliki peranan untuk menyerap cairan berlebih pada tubuh. Handuk yang lembap lantaran menyerap air bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur. 

Jadi meskipun kalian dalam keadaan sehat, handuk kalian tetap mengandung bakteri yang bisa berpindah kepada orang lain yang meminjam. Begitu pula sebaliknya.

3. Hand Phone

Setiap orang memiliki keseimbangan bakteri flora yang unik pada masing-masing telinga. Dengan meminjamkan headphone milik pribadi kepada orang lain bisa mengganggu keseimbangan ini dan bisa menyebabkan infeksi pada telinga.

Untuk menyiasatinya, sebelum meminjamkan atau meminjam headphone milik orang lain ada baiknya kalian mengeluarkan kotoran telinga dari permukaan headphone dan earphone dengan menggunakan cotton bud atau kain yang dicelupkan ke dalam hidrogen peroksida.

4. Lipstik 


Saling meminjamkan lipstik menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para wanita. Tahukah kalian bahwa penyakit seperti herpes sangat mudah ditularkan melalui lipstik maupun lipgloss. Terlebih lagi hingga kini belum diketahui obat yang 100% efektif mengobati herpes. Jadi ada baiknya kalian mencegah hal tersebut ya.

5. Jepitan dan Pengeriting Rambut


Sebagian besar dari kalian mungkin sudah tahu bahwa saling meminjam sisir sangat tidak dianjurkan. Nyatanya hal ini juga berlaku sama untuk berbagai aksesori rambut yang menempel langsung pada kulit kepala. Hal ini lantaran jamur dan kutu mudah menyebar pada aksesoris rambut yang dipinjam, seperti sisir, ikat rambut, jepit rambut atau pengeriting rambut.

6. Alat manikur dan kosmetik


Ingat! Pinset, gunting kuku, epilator, pisau cukur, dan aksesoris manikur lainnya hanya boleh digunakan oleh diri kalian saja. Ketika sering digunakan, alat-alat ini akan cenderung mengandung tetesan mikroskopis darah yang tidak terlihat pada permukaannya. Untuk menghindari berbagai penyakit yang tak diinginkan seperti infeksi dan herpes sebaiknya kalian tak pernah meminjamkannya kepada orang lain.

7. Sandal rumah/sepatu


Saat memakai sepatu maupun sandal rumah yang tertutup, kaki akan mudah berkeringat dan menciptakan pembiakan jamur dan bakteri dengan sempurna. Hindarilah saling meminjam sepatu untuk mencegah penyebaran bakteri dan jamur tersebut.

8. Aksesoris perawatan kulit


Sikat pembersih wajah, rol pijat, dan spons khusus tampaknya cukup mudah untuk dibersihkan. Namun kalian tak akan melihat bahwa bakteri telah berkumpul di dalamnya. Penggunaan aksesori perawatan kulit yang digunakan bersamaan bukannya akan buat kulit cantik tapi bisa menyebabkan jerawat dan kulit wajah yang terkelupas.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg