BREAKING NEWS

Menu

Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Tahan Saat Liburan


Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Tahan Saat Liburan - NusaPedia - Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Tahan Saat Liburan - Musim liburan telah tiba, menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat dengan mengunjungi tempat wisata merupakan hal yang mengasyikan.  Tak ingin tempat-tempat atau moment tertentu lewat begitu saja,  Anda mencoba mengabadikan tempat indah melaluai sebuah kamera yang berada di ponsel smartphone.

http://www.nusapedia.com/2015/01/tips-agar-baterai-smartphone-tetap.html

Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Tahan Saat Liburan

Penyebab pertama yang kerap mengakibatkan baterai cepat habis adalah kondisi fisik baterai yang memang sudah rusak. Biasanya dari bentuk tampilan luar bisa jelas terlihat. Kondisi baterai mengembung, keluar cairan, mengindikasikan baterai telah usang.

Kedua, kondisi pemakaian yang sangat aktif sehingga memaksa handphone normal sekalipun akan menghabiskan baterai dengan cepat. Misalnya, handphone dipakai melakukan panggilan secara terus-menerus, melakukan pengiriman pesang singkat secara sering, atau munkin juga menjalankan aplikasi video, dan masih banyak lagi. Untuk penyebab yang satu ini, kesalahan tidak terletak pada handphon

Namun, saat Anda mencoba mengabadikan ternyata batererai mengalami gangguan sehingga Anda tak bisa memotret. Sungguh peristiwa yang sangat menjengkelkan dan tentunya Anda atau siapa saja tak ingin mengalaminya.Lalu bagaimana terhindara dari persoalan teknis yang pada akhirnya sangat mengganggu kenyamanan perjalanan. Untuk itu, kami mencoba membantu Anda dengan memberikan beragam tips. Sebuah tips yang didapat dari penelusuran dunia maya dan semoga saja tips ini dapat membantu Anda guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
Adapun beberap tips tersebut sebagai berikut:

1. Hindarai Panas

http://www.nusapedia.com/2015/01/tips-agar-baterai-smartphone-tetap.html
Panas merupakan salah satu musuh terbesar bagi smartohone yang mengenakan baterai jenis lithium-ion. Kondisi panas tak hanya berpengaruh pada daya yang cepat habis, tapi juga dapat membuat baterai cepat rusak bahkan meledak.

Karena itu, sebaiknya jaga smartphone Anda agar tidak melampaui suhu 40 derajat Celcius karena baterai tersebut bisa kehilangan 35 persen kapasitas maksimalnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan gunakan smartphone terlalu lama saat di dalam kendaraan dengan kondisi macet dan panas.

Gunakan aplikasi manajemen dan monitor baterai. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi manajemen baterai.Aplikasi ini membantu anda untuk menghemat penggunaan baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak diperlukan, memberikan perkiraan waktu sisa penggunaan baterai, perkiraan waktu charge, suhu baterai dan konsumsi baterai oleh aplikasi.

Suhu tinggi >40 C akan menurunkan performa baterai secara signifikan. Suhu ekstrim yang terlalu tinggi bisa menyebabkan thermal runaway, reaksi kimia lanjutan karena tingginya suhu baterai dan menyebabkan baterai Lithium meleleh/meledak.

2. Rajin di-charge

http://www.nusapedia.com/2015/01/tips-agar-baterai-smartphone-tetap.htmlRajin bukan berarti berlebihan, biasanya hal-hal yang berlebihan berdampak kurang baik termasuk saat mengcharge.  Lakukan proses menambahkan daya saat ada kesempatan atau setidaknya saat baterai Anda sudah dalam kondisi 50 persen. Pasalnya, jika baterai dalam kondisi kurang dari 50 persen akan berpengaruh kurang baik terhadap baterai itu sendiri.

Tapi Anda juga perlu memperhatikannya jangan sampai atau segera mungkin mencabut jika sudah mau menunjukkan angka 100 persen .  Soalnya, berlebihan ini bukannya membuat smartphone awet, langkah tersebut justru bisa membuat baterai smartphone meledak. Selain itu, membiarkan baterai terus menancap di colokan saat sudah penuh bisa mengurangi umur dari baterai itu sendiri.

3. Jangan biarkan baterai habis 

http://www.nusapedia.com/2015/01/tips-agar-baterai-smartphone-tetap.html
Kondisi mati sama sekali atau saat baterai lithium-ion mati saat dayanya mencapai 0 persen, maka baterai itu akan menjadi tidak stabil dan akan sangat berbahaya untuk di-charge. Nah, kombinasi panas setelah penggunaan dan lingkungan selama perjalanan, serta charging saat kapasitasnya mencapai 0 persen dapat membuatnya meledak.

Untuk memanimal penggunaan baterai dapat juga anda lakukan Set brightness (kecerahan layar) sesuai dengan kebutuhan dan jangan pilih setting terlalu tinggi karena menghabiskan baterai dan tidak baik kesehatan untuk mata.

Hindari penggunaan widget dan fitur-fitur tambahan yang menarik tetapi tidak esensial seperti animated screen/wallpaper. Widget dan animated wallpaper memang lucu tetapi kalau prioritas anda adalah waktu pakai smartphone yang lebih lama, maka sebaiknya jangan diaktifkan.

4.Matikan GPS dan Wi-Fi bila tidak diperlukan

http://www.nusapedia.com/2015/01/tips-agar-baterai-smartphone-tetap.html
Hal yang sangat biasa jika Anda mengaktifkan GPS agar smartphone bisa terus melacak lokasi kita. Namun, GPS yang terus aktif dalam beberapa kasus juga berkontribusi terhadap keausan baterai.Hal demikian juga beralaku jika Anda selalu mengaktifkan Wi-Fi dengan tujuan mencari  hotspot. Terlalu sering mengaktifkan Wi-Fi akan membuat  smartphone kelebihan beban dan kepanasan.

Jika kamu tidak menggunakan GPS sepanjang hari dan hanya digunakan saat kamu sedang dalam perjalanan/olahraga luar ruang ada baiknya kamu pertimbangkan untuk menonaktifkan GPS dari [Settings][Location] dan hilangkan centang GPS Satellites. Jika kamu perlu menggunakan GPS, silahkan aktifkan dengan memberikan centang.

Atau Bisa Juga Matikan Wifi dan Bluetooth jika tidak diperlukan. Selain GPS, kamu bisa menghemat baterai dengan mematikan Wifi atau Bluetooth jika tidak dibutuhkan. Untuk mengatur Wifi dan Bluetooth kamu akses dari [Settings] dan matikan Wifi atau Bluetooth pada layar yang tersedia.

Untuk baterai smartphone yang bisa dilepas, perhatikan saat membawa baterai cadangan Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Tahan Saat Liburan jangan sampai kutub-kutub baterai terhubung. Hal ini bisa terjadi jika baterai dibawa di kantong dan disimpan bersama dengan uang koin, klip, atau bahan metal lainnya. Hal ini berpotensi menyebabkan hubungan pendek. Selain perawatan secara fisik, penggunaan aplikasi juga sangat berpengaruh pada umur dan daya baterai

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg