BREAKING NEWS

Menu

Bisa Dipenjara, Ini 15 Hal Sepele yang Dilarang di Berbagai Negara


IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/ IOWA HAIR ENTHUSIAST )

Setiap negara memang dibebaskan untuk membuat peraturannya masing-masing. Namun, di antara aturan yang dibuat tersebut, nggak sedikit yang menjadi bahan perbincangan, lho. Hal ini dikarenakan aturan yang dihasilkan terdengar aneh bagi sebagian orang di luar negara tersebut.

Meskipun begitu, kita tetap harus menghargai aturan tersebut, ya. Pasalnya, aturan dibuat bukan tanpa maksud dan tujuan. Pastinya ada sebuah alasan kuat mengapa peraturan yang terdengar aneh tersebut bisa tercetus.

Nah, aturan-aturan ini juga harus diperhatikan sama kamu yang doyan traveling. Biar nggak melanggar aturan di negara orang, berikut 15 hal yang terlihat sepele namun dilarang di beberapa negara di dunia.

1. Dilarang mengendarai mobil kotor

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/DAILY MAIL )

Tinggal di Rusia sepertinya bukan pilihan yang tepat untuk kaum yang malas mencuci mobil. Pasalnya, di negara terbesar di dunia ini, ada aturan yang melarang untuk mengendarai mobil yang kotor. Jika tetap nekat, maka siap-siap akan ada sanksi yang diterima berupa denda sekitar 2000 Rubel Rusia. Wow, lumayan juga, ya!

2. Dilarang mengunyah permen karet

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/ IOWA HAIR ENTHUSIAST )

Kamu mau bertamasya ke Singapura? Coba pastikan dulu tidak ada permen karet di daftar barang bawaanmu, ya. Pasalnya, permen kunyah yang dapat menggelembung ini masuk di salah satu daftar barang yang ilegal dan dilarang peredarannya di Singapura. Bahkan, peraturan yang sudah ada sejak tahun 1992 ini juga mengategorikan kegiatan meludahkan permen karet sebagai tindakan kejahatan yang berat, lho.


Bukan sekadar ancaman, pemerintah Singapura sangat serius dengan peraturan ini. Hal tersebut bisa terlihat dari hukuman yang nggak main-main. Hukuman penjara selama 2 tahun atau denda sebesar 100.000 SGD siap menanti warga Singapura yang tetap bandel menjual atau bahkan mengedarkan permen karet.

3. Dilarang menggunakan sandal jepit

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/ROOLEE )
Pulau-pulau yang ada di Italia emang eksotis banget, salah satu contohnya ialah pulau Capri yang sukses memikat banyak turis. Namun, sayangnya, keindahan pulau yang terletak di bagian selatan Teluk Napoli ini nggak ramah untuk para turis yang menggunakan sendal jepit. Iya, kamu nggak salah baca, kok. Di pulau Capri, sandal jepit dan sandal lainnya yang bisa menghasilkan suara, dilarang penggunaanya. Hal ini dikarenakan warga di pantai tersebut sangat menjunjung tinggi ketenangan dan menghargai kedamaian.

4. Dilarang bernyanyi

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/FREEPIK )
Kalau kamu lagi ingin liburan ke Hawaii, kamu mesti tahu info yang satu ini, nih. Di beberapa negara bagian Hawaii, seperti Honolulu, kamu dilarang bernyanyi saat matahari sudah mulai tenggelam, lho. Jadi, hati-hati kalau kamu ingin bersenandung di salah satu pantai Honolulu.

5. Melarang keberadaan Winnie The Pooh

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/AMAZON )

Winnie The Pooh nggak akan kamu jumpai saat mengunjungi Kota Tuszyn di Polandia. Pasalnya, di kota ini tokoh kartun yang tadinya akan menjadi sebuah maskot di taman bermain ini dicekal keberadaanya. Pencekalan ini didasari dari kurangnya nilai kesantunan pada Winnie The Pooh karena tidak menggunakan celana. Oleh karena itu, sejak tahun 2014, keberadaan Winnie The Pooh mustahil ditemukan di taman bermain.

6. Dilarang ciuman

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/ROVER EBAY )
Selain terkenal dengan pantai yang indah, Italia juga terkenal dengan tempat-tempat romantisnya. Namun, lagi-lagi, kadar keromantisan tempat ini harus berkurang lantaran sebuah peraturan. Ya, di Eboli, sebuah kota di Italia Selatan, berciuman di dalam kendaraan yang bergerak merupakan sebuah pelanggaran. Apabila aparat setempat menemui pelanggaran ini, maka siap-siap menanggung denda ratusan dollar. 

7. Dilarang bergosip

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/WALLPAPERBETTER )

Kegiatan gibah atau menggunjing jadi salah satu hal yang dilarang di Icononzo, sebelah barat daya Bogota, ibu kota Kolombia. Pelarangan ini diambil oleh Wali Kota Icononzo, Ignacio Jimenez, yang menganggap kegiatan bergunjing sebagai momok menakutkan yang bisa sebabkan kematian. Oleh karena itu, peraturan ini dibuat secara tegas dengan menyertakan hukuman yang cukup berat. Adapun hukuman yang didapat bagi para pelanggar hukuman ini ialah hukuman ringan berupa denda, sampai hukuman berat berupa hukuman penjara selama 4 tahun. 

8. Dilarang cemberut

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/FREEPIK )

Untuk kamu yang mudah bad mood dan cemberut, hati-hati nih, kalau ke Milan. Pasalnya, di Milan, cemberut merupakan sebuah pelanggaran. Namun, pelarangan ini tidak berlaku untuk situasi tertentu, contohnya saat hadir di pemakaman dan juga di rumah sakit. Selain dua situasi tadi, kamu harus selalu bahagia ketika menyelusuri Milan.

9. Dilarang mengganti bohlam lampu

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/YOURBEAUTY )

Terdengar aneh, tapi peraturan yang satu ini nyata lho, Nusa. Di salah satu negara bagian Australia, yaitu Victoria, mengganti bohlam lampu ialah kegiatan yang dilarang. Pasalnya, peraturan pemerintah setempat hanya membolehkan orang-orang yang memegang lisensi khusus yang bisa mengganti bohlam lampu. Kalau ada yang nekat menganti tanpa mempunyai lisensi, maka siap-siap denda sebesar 10 USD Australia menanti.

10. Dilarang membersihkan rumah

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/ALIEXPRESS )

Peraturan aneh berikutnya masih dari negara Australia. Di negara ini, kamu dilarang membersihkan rumah, khususnya memvakum pada jam-jam tertentu. Jam larangan ini dibuat sangat spesifik lho, yaitu antara pukul 22:00-07:00 selama hari kerja dan pukul 22:00-09:00 selama akhir pekan.

11. Dilarang menggunakan jeans biru

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/ALIEXPRESS )

Warga Korea Utara tampaknya tidak mempunyai jeans berwarna biru pada lemari pakaiannya. Hal ini bukan karena fesyen berpakaian menggunakan jeans tidak laku di sana, melainkan karena larangan yang dibuat oleh pemerintah yang berkuasa. Di negara yang menganut ideologi Juche tersebut, jeans berwarna biru dilarang penggunaanya. Mereka hanya boleh menggunakan jeans berwarna hitam. Namun, peraturan ini tidak berlaku untuk turis. Para turis dibebaskan menggunakan jeans berwarna biru, kecuali saat ingin berkunjung ke Memorial Kim Il Sung dan Kom Jong Il.

12. Dilarang kentut di Florida

IMAGES SOURCE (DOK. INTERNET)

Untuk kamu yang suka kentut sembarangan dan punya niatan berlibur ke Florida, coba dipikir dua kali sebelum memutuskan. Pasalnya, kentut sembarangan di atas jam 6 sore bisa didakwa karena dianggap mengganggu ketertiban umum, nih. Oleh karena itu, hati-hati, ya, kalau mau kentut saat berada di Florida. 

13. Dilarang kehabisan bensin

IMAGES SOURCE (PINETERST.COM/FREEPIK )

Kehabisan bensin adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, di Jerman hal ini bukanlah sesuatu keadaan yang normal, melainkan sebuah kegiatan yang melanggar hukum. Kalau kendaraanmu berhenti karena kehabisan bensin di jalan tol Jerman, maka akan ada denda sebesar 80 Euro yang siap menanti. 

14. Dilarang memakan ayam goreng dengan bantuan alat makan

IMAGES SOURCE (PINTEREST.COM/THEKITCHN )

Di Gainesville, Amerika Serikat, memakan ayam dengan bantuan alat makan seperti sendok atau garpu menjadi sebuah hal yang dilarang, lho. Bukan hanya untuk personal, peraturan yang terdengar aneh ini juga berlaku untuk kepentingan publikasi promosi sekalipun. Bahkan, dilansir dari Zagat, ada beberapa orang yang pernah ditangkap karena melakukan aksi ini.

15. Dilarang membiarkan anjing

IMAGES SOURCE (ABC.NET.AU )

Kota Turin, Italia, memang terkenal sebagai kota yang sangat memperhatikan kesejahteraan hewan. Oleh karena itu, pejabat yang berkuasa di daerah Turin mencetuskan sebuah aturan, di mana para warganya yang memiliki anjing wajib mengajak hewan peliharaannya tersebut berjalan-jalan tiga kali sehari! Layaknya sebuah aturan yang apabila dilanggar mendapat sanksi, warga Turin yang abai dengan aturan ini pun akan dikenai denda sebesar 500 euro.

Itulah 15 larangan dari berbagai negara yang perlu kamu tahu. Jadi sebelum traveling ke luar negeri, jangan lupa cari tahu tentang negara tersebut ya, Nusa.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg