BREAKING NEWS

Menu

6 Tempat Melihat Lumba-Lumba di Indonesia, Bisa Berenang Bareng!


6 TEMPAT MELIHAT LUMBA - LUMBA DI INDONESIA IMAGES SOURCE (GOOGLE . COM )

Lumba-lumba menjadi mamalia air yang aksinya selalu ditunggu di taman wisata air atau kebun binatang. Namun sayangnya, demi memukau wisatawan, pengelola sering mengabaikan kesejahteraan lumba-lumba lantaran eksploitasi selama pelatihan atraksi. 

Karena persoalan ini, Banyak Travel memutuskan tidak menjual tiket atau mencari keuntungan dari atraksi yang menampilkan paus maupun lumba-lumba. 

Tempat melihat lumba-lumba di Indonesia, sebaiknya langsung di habitat aslinya.

Keputusan ini berdampak besar pada penjualan tiket objek wisata yang menyuguhkan atraksi hewan, salah satunya SeaWorld. 

Beruntungnya, terdapat banyak tempat melihat lumba-lumba di Indonesia. 

Berikut ini disajikan beberapa di antaranya.

1. Pantai Lovina, Bali

MELIHAT LUMBA - LUMBA DI PANTAI LOVINA IMAGES SOURCE (IDTRIBUNNEWS . COM )

Pantai Lovina terletak sekitar 10 Km ke arah barat Kota Singaraja di Bali Utara, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. 

Tidak hanya memiliki panorama indah, Pantai Lovina juga menjadi habitat bagi spesies lumba-lumba. Pengunjung dapat berangkat sekitar pukul 06.00-08.00 WITA dengan perahu menuju ke arah lautan untuk melihat kawanan lumba-lumba melompat-lompat ke permukaan dengan riang.

2. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

MELIHAT LUMBA - LUMBA DI WAKATOBI IMAGES SOURCE (IDELTAMEDIAWAKATOBI . COM )

Tempat melihat lumba-lumba di Indonesia, langsung di habitat aslinya adalah Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara. 

Wakatobi ditetapkan sebagai kawasan lindung pada tahun 1996, dengan luas mencapai 1,39 juta hektare. Selain terumbu karang dan berbagai spesies ikan, Wakatobi juga menjadi habitat lumba-lumba. 

Mereka sering terlihat melintas bersama kawanannya sambil melompat-lompat ke permukaan.

3. Kilauan, Lampung

MELIHAT LUMBA - LUMBA DI TELUK KILAUAN IMAGES SOURCE (TRIBUNNEWS . COM )

Teluk Kilauan merupakan objek wisata pantai di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Tempat ini berjarak 73 Km dari Bandar Lampung, dapat ditempuh selama tiga jam perjalanan darat memakai mobil. 

Kawasan pesisir Lampung ini sangat terkenal karena menyuguhkan atraksi lumba-lumba. Selain itu, banyak dari para pemancing handal datang ke Teluk Kilauan untuk berburu ikan-ikan berukuran jumbo.

4. Misool, Raja Ampat

MELIHAT LUMBA - LUMBA DI MISOOL RAJA AMPAT IMAGES SOURCE (PEGIPEGI. COM )

Perairan Misool terletak di Raja Ampat, Papua. Kawasan ini memiliki air yang jernih dengan pulau-pulau batu di sekelilingnya. 

Misool juga cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling, pemandangan alam bawah lautnya sungguh mempesona. Lumba-lumba di Misool adalah jenis yang sama dengan di Teluk Kilauan, ramah dan tidak takut manusia. Meskipun demikian, anda perlu berhati-hati dengan biota laut berbahaya lainnya.

5. Derawan, Kalimantan Timur

LUMBA - LUMBA DI PULAU DERAWAN IMAGES SOURCE (TRAVEL.DETIK . COM )

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur merupakan tempat terbaik melihat langsung lumba-lumba di alam. Namun tidak mudah untuk melihatnya, butuh tingkat keberuntungan yang tinggi. 

Biasanya lumba-lumba di Derawan terlihat saat perjalanan dari atau menuju Pulau Maratua. Lumba-lumba di tempat ini tidak seagresif di Pantai Lovina dan Teluk Kialauan, jumlah setiap kawanannya pun sangat terbatas.

6. Pulau Komodo, NTT

MIGRASI LUMBA - LUMBA DI LABUAN BAJO IMAGES SOURCE (DETIK . COM )

Tidak hanya habitat naga purba terakhir, Pulau Komodo juga menjadi tempat tinggal bagi lumba-lumba. Di perairannya, lumba-lumba terlihat melompat-lompat saat pagi hari. 

Mereka sering terlihat berenang bebas di sekitar Pulau Pulau Padar dan Pulau Kalong di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. 

Pengunjung dapat melihat dan berenang bersama mereka sembari menikmati panorama pesisir Pulau Komodo yang indah. 


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg