BREAKING NEWS

Menu

13 Manfaat Kopi bagi Kesehatan, Berdasarkan Sains Yang Harus Kamu Tahu


 Kopi adalah salah satu minuman paling populer di seluruh dunia karena menjadi suplemen bagi mental yang digunakan banyak orang ketika mereka merasa malas dan lesu, dan kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak pendapat tentang bahaya dan manfaatnya setiap penelitian beda khasiatnya.

Tetapi ada kabar baik untuk anda, karena kopi dapat melindungi kita dari banyak penyakit berbahaya loh, dan kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan tersembunyi yang menakjubkan yang mungkin mengejutkan orang yang tidak menyukai minuman kopi ini.

Berikut adalah 13 manfaat kopi bagi kesehatan.

1. Dapat Meningkatkan Tingkat Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariImages Source : (whitecoathunter com) 

Kopi dapat membantu orang merasa tidak terlalu lelah dan meningkatkan tingkat energi (1Trusted Source2).

Itu karena mengandung stimulan yang disebut kafein - zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia (3).Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah Anda. 

Dari sana, ia bergerak ke otak Anda (4).Di otak, kafein memblokir neurotransmitter adenosin penghambat.Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, yang menyebabkan peningkatan penembakan neuron (56Trusted Source).

Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak - termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan fungsi mental secara umum (789).

RINGKASAN : 

Kafein memblokir neurotransmitter penghambat di otak Anda, yang menyebabkan efek stimulan. Ini meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Dapat Membantu Anda Membakar Lemak

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak komersial - dan untuk alasan yang bagus. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme Anda sebesar 3–11% (10Trusted Source11Trusted Source).

Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus (12Trusted Source).

Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

RINGKASAN : 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme Anda.

3. Secara Drastis Dapat Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein merangsang sistem saraf Anda, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh (13Trusted Source14).

Tapi itu juga meningkatkan tingkat epinefrin (adrenalin) dalam darah Anda (15Trusted Source16Trusted Source).

Ini adalah hormon melawan-atau-lari, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens.Kafein memecah lemak tubuh, membuat asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar (17Trusted Source18).

Mengingat efek ini, tidak mengherankan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata sebesar 11-12% (20Trusted Source29).

Karena itu, masuk akal untuk minum secangkir kopi kental sekitar setengah jam sebelum Anda pergi ke gym.

RINGKASAN : 

Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin dan melepaskan asam lemak dari jaringan lemak Anda. Ini juga mengarah pada peningkatan signifikan dalam kinerja fisik.

4. Mengandung Nutrisi Esensial

Banyak nutrisi dalam biji kopi masuk ke dalam kopi yang sudah diseduh.Secangkir kopi mengandung (21):

Riboflavin (vitamin B2): 11% dari Reference Daily Intake (RDI).

Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari RDI.

Mangan dan kalium: 3% dari RDI.

Magnesium dan niasin (vitamin B3): 2% dari RDI.

Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, kebanyakan orang menikmati beberapa cangkir per hari - memungkinkan jumlah ini bertambah dengan cepat.

RINGKASAN : 

Kopi mengandung beberapa nutrisi penting, di antaranya riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

5. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2 Anda

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama, yang saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.Ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 yang berkurang secara signifikan.Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini. 

Satu studi menunjukkan penurunan setinggi 67% ( 2223Trusted Source24Trusted Source2526).Menurut tinjauan besar dari 18 penelitian di total 457.922 orang, setiap cangkir kopi harian dikaitkan dengan penurunan 7% risiko diabetes tipe 2 (27Trusted Source).

RINGKASAN : 

Beberapa studi observasi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah, suatu kondisi serius yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

6.Dapat Melindungi Anda Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia.

Kondisi ini biasanya menyerang orang yang berusia di atas 65 tahun, dan belum ada obatnya.Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

Ini termasuk kebiasaan makan yang sehat dan olahraga, tetapi minum kopi mungkin juga sangat efektif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah (2829Trusted Source).

RINGKASAN : 

Peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit Alzheimer, yang merupakan penyebab utama demensia di seluruh dunia.

7. Dapat Menurunkan Risiko Parkinson Anda

Penyakit Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat setelah Alzheimer.Ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak Anda.Seperti halnya Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui, sehingga lebih penting untuk berfokus pada pencegahan.

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko berkisar antara 32-60% (303132Trusted Source33).

Dalam kasus ini, kafein itu sendiri tampaknya bermanfaat, karena orang yang minum tanpa kafein tidak memiliki risiko Parkinson yang lebih rendah (34Trusted Source).

RINGKASAN : 

Peminum kopi memiliki risiko hingga 60% lebih rendah terkena penyakit Parkinson, gangguan neurodegeneratif kedua yang paling umum.

 8. Dapat Melindungi Hati Anda

Hati Anda adalah organ luar biasa yang menjalankan ratusan fungsi penting.Beberapa penyakit umum terutama menyerang hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak, dan banyak lainnya.

Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati Anda sebagian besar digantikan oleh jaringan parut.Menariknya, kopi dapat melindungi dari sirosis - orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah (35Trusted Source36Trusted Source37Trusted Source).

RINGKASAN

Peminum kopi memiliki risiko sirosis yang jauh lebih rendah, yang bisa disebabkan oleh beberapa penyakit yang memengaruhi hati.

9. Dapat Melawan Depresi dan Membuat Anda Lebih Bahagia

Depresi adalah gangguan jiwa serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan.Ini sangat umum, karena sekitar 4,1% orang di AS saat ini memenuhi kriteria depresi klinis.

Dalam sebuah studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi (38Trusted Source).

Studi lain pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari, 53% lebih kecil kemungkinannya untuk mati karena bunuh diri (39Trusted Source).

RINGKASAN

Kopi tampaknya menurunkan risiko terkena depresi dan dapat secara dramatis mengurangi risiko bunuh diri.

10. Dapat Menurunkan Resiko Jenis Kanker Tertentu

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. 

Ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh Anda.

Kopi tampaknya melindungi dari dua jenis kanker: kanker hati dan kolorektal.

Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia, sedangkan kanker kolorektal menempati urutan keempat (40Trusted Source).

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40% lebih rendah (4142).Demikian pula, satu penelitian pada 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4–5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal (43Trusted Source).

RINGKASAN

Kanker hati dan kolorektal adalah penyebab utama ketiga dan keempat dari kematian akibat kanker di seluruh dunia. Peminum kopi memiliki risiko keduanya lebih rendah.

11. Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung dan Dapat Menurunkan Risiko Stroke

Kafein sering diklaim dapat meningkatkan tekanan darah Anda.Ini benar, tetapi dengan kenaikan hanya 3–4 mm / Hg, efeknya kecil dan biasanya menghilang jika Anda minum kopi secara teratur (44Trusted Source45Trusted Source).

Namun, ini mungkin bertahan pada beberapa orang, jadi ingatlah itu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi (46Trusted Source47).

Meski begitu, penelitian tidak mendukung gagasan bahwa kopi meningkatkan risiko penyakit jantung (48Trusted Source49).Sebaliknya, terdapat beberapa bukti bahwa wanita yang minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah (50).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah (51Trusted Source52Trusted Source).

RINGKASAN :

Kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah ringan, yang biasanya berkurang seiring waktu. Peminum kopi tidak memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan memiliki risiko stroke yang sedikit lebih rendah.

12. Semoga Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Mengingat bahwa peminum kopi cenderung tidak terkena banyak penyakit, masuk akal jika kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Beberapa studi observasi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah.Dalam dua penelitian yang sangat besar, minum kopi dikaitkan dengan penurunan 20% risiko kematian pada pria dan 26% penurunan risiko kematian pada wanita, selama 18-24 tahun (53Trusted Source).

Efek ini tampak sangat kuat pada penderita diabetes tipe 2. Dalam satu studi 20 tahun, individu dengan diabetes yang minum kopi memiliki risiko kematian 30% lebih rendah (54).

RINGKASAN :

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi hidup lebih lama dan memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah.

13. Sumber Antioksidan Terbesar dalam Diet orang Barat

Bagi orang yang makan makanan standar Barat, kopi mungkin menjadi salah satu aspek paling sehat dari makanan mereka.Itu karena kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. 

Studi menunjukkan bahwa banyak orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada gabungan buah dan sayuran (55Trusted Source56Trusted Source57).Faktanya, kopi mungkin salah satu minuman paling sehat di planet ini.

RINGKASAN :

Kopi kaya akan antioksidan kuat, dan banyak orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada gabungan buah dan sayuran.

Garis bawahKopi adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan.

Secangkir kopi harian Anda tidak hanya dapat membantu Anda merasa lebih berenergi, membakar lemak, dan meningkatkan kinerja fisik, tetapi juga dapat menurunkan risiko beberapa kondisi, seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Faktanya, kopi bahkan dapat meningkatkan umur panjang.

Jika Anda menikmati rasanya dan mentolerir kandungan kafeinnya, jangan ragu untuk menuangkan satu cangkir atau lebih untuk diri Anda sendiri sepanjang hari.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg