BREAKING NEWS

Menu

Ke Jogja? Jangan Lupa Beli 6 Oleh-Oleh yang Unik dan Istimewa Ini!


Ke Jogja? Jangan Lupa Beli 6 Oleh-Oleh yang Unik dan Istimewa Ini!

Tak lengkap rasanya, jika Sobat NusaPedia menghabiskan waktu liburan di Kota Yogyakarta tanpa membeli buah tangan untuk orang-orang tersayang. Yogyakarta punya jenis oleh-oleh yang beragam, mulai dari kerajinan lokal yang unik , hingga camilan khas yang lezat. 

Nah, berikut ini 6 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang patut dibeli sebelum Sobat NusaPedia pulang, nih!

1 | Perhiasan dan Miniatur Landmark Kota Jogja

Miniatur becak kota jogyakarta : (Indonesia.travel)

souvenir yogyakartaTak jauh dari jantung Kota Jogja, terdapat sebuah kecamatan, yakni Kecamatan Kotagede yang terkenal dengan kerajinan peraknya. 

Di sepanjang jalan raya Kotagede, Sobat NusaPedia dapat menjumpai berbagai jenis kerajinan berbahan dasar perak buatan tangan para pengrajin lokal. 

Sebut saja beberapa karya mereka, mulai dari cincin, kalung, bros, miniatur becak dan andong, serta landmark Tugu Jogja. 

Kualitas kerajinan perak dari Kotagede tak perlu diragukan lagi lho, Sobat NusaPedia. Pasalnya, hasil kerajinan ini sudah banyak diekspor ke mancanegara.

2 | Tas Berbahan Kulit

Tas Kulit Berasal Dari Jogyakarta : (Indonesia.travel)

Yogyakarta juga dikenal karena kerajinan kulitnya. Bahkan, Kota Jogja disebut-sebut sebagai penghasil kerajinan kulit terbaik di dunia lho, Sobat NusaPedia! 

Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang mengincar berbagai kerajinan yang terbuat dari kulit, seperti tas, dompet, jaket, ikat pinggang, wayang, dan masih banyak lagi!

Nah, jika Sobat NusaPedia menyukai tas dari kulit, cobalah untuk mampir ke Desa Wisata Manding yang dikenal sebagai sentra kerajinan kulit. 

Tas berbagai model, mulai dari yang bergaya klasik hingga modern, berjejer di dalam etalase toko di sepanjang jalan. Jika Sobat NusaPedia cukup piawai menawar harga, tas idaman pasti berhasil didapat dengan harga miring.

3 | Kerajinan Batik Kayu

motif batik dilukis di atas selembar kain : (Indonesia.travel)

Jika biasanya motif batik dilukis di atas selembar kain, lain halnya yang terdapat di Desa Krebet, Yogyakarta. Di desa ini, para pengrajin lokal menggunakan kayu sebagai media untuk membatik. 

Seni membatik pada kayu ini menambah nilai estetik pada berbagai kerajinan yang terbuat dari kayu, seperti topeng, gelang, kotak tisu, dan ornamen lainnya. 

Dengan tampilan yang menarik dan juga unik, kerajinan satu ini cocok banget nih, dijadikan sebagai oleh-oleh Sobat NusaPedia!

4 | Kain Lurik

Kain Lurik : (Indonesia.travel)

Saat berkunjung ke Jogja, Sobat NusaPedia pasti sering melihat beberapa orang memakai pakaian dengan motif garis-garis vertikal dengan berbagai warna, kan? Nama kain tersebut adalah kain lurik. 

Nah, kain lurik ini merupakan kain tenun yang dibuat oleh pengrajin lokal asal Jogja dengan menggunakan alat tenun bukan mesin. 

Karena kainnya hadir dalam warna-warna yang indah dan bertekstur halus, kain ini banyak dimodifikasi menjadi ragam busana maupun aksesoris yang fashionable. 

Sobat NusaPedia bisa membeli kain lurik utuh, atau yang sudah dimodifikasi menjadi pakaian, beragam aksesoris seperti tas, dompet, sandal, topi, sarung bantal, maupun taplak meja untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

5 | Kaos Khas Jogja yang melegenda

Kaos Khas Jogyakarta : (Indonesia.travel)

Sepertinya kaos Jogja jadi oleh-oleh wajib jika Sobat NusaPedia pulang dari Yogyakarta. Kaos-kaos ini hadir dalam model dan motif yang lebih bervariasi, mulai dari kaos dengan tulisan-tulisan lucu nan bijak khas milenial, hingga kaos beraksara Jawa yang melegenda. 

Sobat NusaPedia bisa memilih kaos keren yang sesuai dengan selera untuk dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang dari Jogja. Pastinya, penampilan Sobat NusaPedia jadi makin keren deh, kalau pake kaos khas dari Jogja ini!

6 | Bakpia

Bakpia : (Indonesia.Travel)

Pasti semua orang setuju ya, kalau bakpia merupakan oleh-oleh yang paling terkenal dari Yogyakarta. Nah, jika dulu bakpia hanya berisi kacang hijau, kini bakpia hadir dengan rasa yang lebih variatif, mulai dari rasa coklat, keju, green tea, hingga rasa durian yang lezat. 

Selain bakpia, Sobat NusaPedia juga bisa bawa pulang oleh-oleh khas Jogja lainnya lho, salah satunya adalah gudeg Jogja yang melegenda.

Nah, dengan membeli oleh-oleh di atas, Sobat NusaPedia juga secara tidak langsung sudah ikut ambil bagian dalam mendukung perekonomian lokal dan turut melestarikan budaya tradisional #DiIndonesiaAja nih, Sobat NusaPedia!


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg