BREAKING NEWS

Menu

Mau Travelling Ke Luar Kota sambil Hemat? Baca Ini Buat Tipsnya!


Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota Di zaman ini, travelling bak menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat urban yang merasa penat dengan rutinitas pekerjaan. Namun untuk travelling, kita harus mempersiapkan uang untuk ongkos dan biaya lainnya. Biasanya bagi kita yang para karyawan memiliki tabungan khusus untuk biaya travelling. Untuk Rekanbijak yang ingin liburan ala traveller yang low bugdet, yuk ikuti tips dibawah ini.

Buat Aturan

Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota

Jika kita tidak bisa menetapkan anggaran atau malas melakukan percakapan soal budget tersebut pada keluarga, pasangan atau teman, cobalah membuat aturan. Misalnya makanan atau minuman apa saja yang tidak boleh dibeli serta jumlah yang boleh kita beli setiap harinya. Hal ini akan membatu kita agar tidak menghamburkan uang pada saat traveling 

Jadi intinya, jangan gampang napsuan

Buat Daftar Wisata yang Murah

Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota

Jangan malu membuat daftar wisata murah. Tidak ada salahnya liburan ke tempat murah atau malah gratis tiket masuk. Dengan mengandalkan kreatifitas, kita tetap bisa mendapat pengalaman seru dan foto apik  meski berlibur ke tempat murah. 

Seperti misalnya ke Museum atau taman-taman kota.Hunting dari jauh-jauh hari, cari rekomendasi dari sosial media khusus travelling atau para selebgram traveller. Jika henda lebih murah lagi, cobalah eksplor tempat di sekitar kita.Siapa tahu menemukan tempat yang asyik yang belum banyak diketahui orang.

Minimalkan yang Kurang Perlu Selama Travelling.


Persiapan yang matang sebelum liburan sangat penting untuk dilakukan.Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang tujuan wisata agar pengeluaran bisa ditekan. Kita tidak perlu menyewa jasa yang kurang diperlukan selama berwisata. 

Misalnya sewa sopir atau pemandu wisata. Kalau bisa mengandalkan peta dan tidak perlu malu bertanya pada warga sekitar. Kita juga bisa memanfaatkan informasi dari sosial media.

Gunakan Uang Tunai

Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota

Upayakan menggunakan uang tunai saat bertransaksi. Tahu ga, gan, Bahwa studi neurologi menunjukkan bahwa saat kita menggesek kartu kredit atau debit, otak kita secara otomatis terhenti dalam memikirkan soal transaksi tersebut. 

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa seseorang seolah menjadi boros saat berbelanja menggunakan kartu. Berupaya menggunakan uang tunai saat berlibur akan membuat kita lebih memikirkan jumlah uang yang dihabiskan, dan secara alami membuat kita patuh dengan budget yang dibuat.

Hindari Belanja di Bandara

Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota

Ini dia godaan terberat para millenials yang doyan travelling. Saat menunggu pesawat di bandara apalagi jika terkena delay, hasrat jajan tiba-tiba meningkat pesat. Kita semua tahu harga makanan dan minuman di bandara itu tidak bersahabat dengan kantong, apalagi jika kita sedang travelling.

Segelas kopi bisa mencapai harga lima puluh ribuan, belum ditambah camilan yang bentuknya lucu dan menggodamu dari balik etalase. Lebih baik kita membawa makanan, minuman dan camilan sendiri dari rumah.

Pilihlah Penginapan Homestay Daripada Hotel

Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota

Soal penginapan, tentunya kita tidak ingin salah pilih saat travelling. Kalau budget kita cukup besar, menyewa hotel memang menjadi pilihan yang baik. Namun, kalau kita ingin berhemat, ada baiknya kita memilih penginapan homestay. 

Alasan utama untuk menginap di homestay ialah harganya jauh lebih murah ketimbang menginap di hotel. Selain itu, kita pun akan memiliki pengalaman unik selama menginap di penginapan homestay Pengalaman itu di antaranya, kita bisa lebih mengenal kebiasaan warga setempat, mamahami tradisi masyarakat secara langsung, dan bisa menikmati keindahan lingkungan yang ada. 

Meski begitu, ketika kita memutuskan untuk menginap di penginapan homestay, usahakan jangan berekspektasi tinggi. Sebab, tidak semua penginapan homestay memiliki fasilitas lengkap selainnya hotel. Untuk itu, kita harus melakukan persiapan tertentu sebelum berangkat berlibur. 

Pilihlah Tempat Makan Murah Meriah

Tips Travelling Hemat Ke Luar Kota

Setiap tujuan wisata tentunya memiliki makanan yang khas. Untuk dapat merasakannya, kita tidak perlu memilih restoran mahal. Ada banyak warung makan atau kedai yang menyediakan makanan khas daerah tujuanmu. Jadi, agar tidak boros, ada baiknya kita makan di warung makan yang murah meriah. 

Sebelum memilih warung makan, ada beberapa hal yang harus kita pastikan. Pertama, terjangkau dengan angkutan umum. Kedua, kalau kita membawa kendaraan, pastikan lokasi warung makan itu memiliki tempat parkir atau minimal ada tempat parkir tidak jauh dari warung tersebut.Ketiga, harganya bukan harga tembak. 

Poin ini sangat penting kita cari tahu sebelum menuju warung makan. Sebab, terkadang, warung makan pinggir jalan menembak harga jauh lebih mahal daripada restoran ternama di daerah tersebut. Dan, keempat, pastikan tempat tersebut aman dari segala potensi tindak kejahatan.Setelah memastikan beberapa hal tersebut, kita dapat menikmati makan murah, nyaman, dan aman.

Inilah hal yang harus dilakukan jika kita kita sedang travelling agar tidak boros, semoga kita bisa mencukupi biaya liburan kita ya!

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg