BREAKING NEWS

Katy Jurado : Mengenal Sang Legenda Dari Meksiko


Katy Jurado - NusaPedia - Katy Jurado - Hari ini, Google memperingati ulang tahun Katy Jurado yang ke-94. Perempuan jelita bernama Katy Jurado ini lahir di Guadalajara, Meksiko, pada 6 Januari 1924. Katy Jurado meninggal Cuernavaca Meksiko, pada 5 Juli 2002, pada usia 78 tahun.
Katy Jurado

Katy Jurado

lahir di María Cristina Jurado García di Guadalajara, Jalisco, Meksiko. Orang tuanya adalah Luis Jurado Ochoa dan Vicenta Estela García de la Garza. Saudara laki-lakinya Katy Jurado adalah Luis Raúl dan Óscar Sergio. Salah satu kakek buyutnya berasal dari Andalusia. Ayahnya adalah seorang pengacara, dan ibunya adalah seorang penyanyi yang bekerja untuk XEW. Ibunya adalah saudara perempuan musisi Meksiko Belisario de Jesús García, penulis lagu-lagu populer Meksiko seperti "Las Cuatro Milpas". Sepupu Katy Jurado adalah Emilio Portes Gil adalah presiden Meksiko (1928-1930). 

Katy Jurado belajar di sebuah sekolah yang dikelola oleh para biarawati di lingkungan Guadalupe Inn di Mexico City, dan kemudian belajar menjadi sekretaris bilingual. Sebagai remaja, dia diundang oleh produser dan pembuat film untuk bekerja sebagai aktris, di antaranya pembuat film Meksiko Emilio Fernández, yang menawarinya berperan dalam film pertamanya The Isle of Passion (1941). Meskipun ayah angkatnya adalah aktor Meksiko Pedro Armendáriz, orang tuanya tidak pernah memberikan persetujuan.

Katy Jurado
Pembuat film lain yang tertarik padanya adalah Mauricio de la Serna, yang menawarkan peran Katy Jurado dalam film No matarás (1943). Dia menandatangani kontrak tanpa izin dari orang tuanya, dan ketika mereka mengetahui, mereka mengancam akan mengirimnya ke sekolah asrama di Monterrey. Sekitar saat ini ia bertemu dengan aktor bercita-cita tinggi Victor Velázquez dan menikahinya tak lama kemudian. Velázquez dan Katy Jurado menikah sampai tahun 1946. Velázquez adalah ayah dari anak-anaknya dan di anugrahi anak bernama  Victor Hugo dan Sandra.

Katy Jurado merupakan salah satu aktris Meksiko yang paling popular di film Amerika yang dibuat pada tahun 1950-an. Katy Jurado adalah bintang utama yang paling bersinar di sinema Meksiko.

Film pertama Katy Jurado di Hollywood adalah Bullfighter dan Lady di tahun 1951. Dengan usaha yang keras dari Katy Jurado ia berhasil melafalkan dan menghafalkan naskah dalam bahasa Inggris. Padahal pemahaman bahasa Inggris Katy Jurado terbatas dan ia hanya menghafalkan "suara" dari kalimat di naskah.

Debut Film Meksiko yang pertama

Di No matarás, Katy Jurado memainkan penjahat pertamanya dan femme fatale. Jurado mengkhususkan diri dalam bermain wanita jahat dan menggoda. Dia berkata, "Saya tahu bahwa tubuh saya provokatif. Saya akui, fisik saya berbeda dan sangat sensual." Dia tampil di enam belas film selama tujuh tahun ke depan dalam sejarawan film apa yang menamai  Golden Age of Mexican cinema. Pada tahun 1943 ia sukses pertama kali dengan film ketiganya, La vida inútil de Pito Pérez. 

Sukses di Hollywood

Katy Jurado
Selain berakting, Katy Jurado bekerja sebagai kolumnis film, reporter radio dan kritikus adu banteng untuk mendukung keluarganya. Dia sedang bertugas saat pembuat film Budd Boetticher dan aktor John Wayne melihatnya di arena adu banteng. Dia tidak tahu dia adalah seorang aktris. Namun, Boetticher, yang juga seorang petinju profesional,

Dia memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tidak sempurna, dan mengingat dan menyampaikan kalimatnya secara fonetis. Terlepas dari cacat ini, penampilannya yang kuat membawanya ke perhatian produser Hollywood Stanley Kramer, yang memecatnya di Western High Noon klasik, yang dibintangi oleh Gary Cooper dan Grace Kelly. 

Katy Jurado belajar bahasa Inggris untuk peran tersebut, belajar dan mengikuti kelas dua jam sehari selama dua bulan. Dia bermain sebagai pemilik sedan Helen Ramírez, mantan kekasih pahlawan Will Core. Dia mendapatkan Golden Globe Award untuk Best Supporting Actress dan mendapatkan pemberitahuan di industri film Amerika.
Katy Jurado
Google Memperingati Ulang Tahun Ke-94 Katy Jurado
Meskipun sukses di Hollywood pada awal 1950an, Katy Jurado terus berperan dalam produksi Meksiko. Pada tahun 1953 ia membintangi  Luis Buñuel di box office El Bruto, bersama Pedro Armendáriz, yang mendapat penghargaan Silver Ariel Award (The Mexican Academy Award) sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Dia juga berperan dalam film berbahasa Inggris yang diproduksi di Meksiko, seperti El Corazón y La Espada (1953, berlawanan dengan Cesar Romero) dan Mujeres del Paraíso (1954, berlawanan Dan O'Herlihy). Pada tahun yang sama ia berperan dalam Arrowhead bersama Charlton Heston dan Jack Palance, memainkan wanita Comanche yang jahat, ketertarikan cinta pada karakter Heston.

Pada tahun 1954, aktris Meksiko Dolores del Río dipilih untuk berperan sebagai istri Spencer Tracy Comanche dan karakter ibu Robert Wagner dalam film Broken Lance, disutradarai oleh Edward Dmytryk. Namun, del Río dituduh komunis selama era McCarthy. Jurado kemudian dipilih untuk peran tersebut meski ada perlawanan dari studio karena masa mudanya. 

Katy JuradoTapi setelah melihat cuplikan adegannya, eksekutif studio terkesan. Penampilannya mengumpulkan nominasi Academy Award (sebuah perbedaan yang hanya dialami oleh dua aktris Meksiko lainnya sejak saat itu: Salma Hayek sebagai Aktris Terbaik tahun 2002 untuk Frida, dan Adriana Barraza sebagai Pendukung Terbaik Aktris tahun 2006 untuk Babel.

Pada tahun 1954 Katy Jurado tampil bersama Kirk Douglas dan Cesar Romero dalam film Henry Hathaway, The Racers, yang difilmkan di Prancis, Italia dan Spanyol. Pada tahun 1955 Jurado memfilmkan Trial, disutradarai oleh Mark Robson, bersama Glenn Ford dan Arthur Kennedy. 

Itu adalah drama tentang seorang anak laki-laki Meksiko yang dituduh memperkosa seorang gadis kulit putih, dengan Jurado yang sedang bermain sebagai ibu terdakwa. Untuk peran ini dia kembali dinominasikan untuk Golden Globe Award untuk Best Supporting Actress.Pada tahun yang sama ia pergi ke Italia untuk pembuatan film Trapeze, disutradarai oleh Carol Reed, bersama Burt Lancaster dan Tony Curtis.

Pada tahun 1956 Katy Jurado memulai debutnya di Broadway, bermain di Filomena Marturano dengan Raf Vallone. Akhirnya dia berpartisipasi dalam serangkaian orang barat seperti Man dari Del Rio, berlawanan dengan aktor Meksiko lainnya, Anthony Quinn, dan Pembantaian Dragoon Wells dengan Barry Sullivan. Dia membuat penampilan televisi tamu di episode Playhouse Drama tahun 1957 dan dalam episode 1959 The Rifleman sebagai penjudi Julia Massini (Andueza) di "Rumah Asrama", ditulis dan disutradarai oleh Sam Peckinpah.

Kehidupan Pribadi Katy Jurado

Katy Jurado
Suami pertama Katy Jurado adalah aktor Meksiko Victor Velázquez (ayah tirinya dari aktris Meksiko populer Tere dan Lorena Velázquez). Dengan Velázquez ia memiliki dua anak, Víctor Hugo dan Sandra.Di awal karirnya di Hollywood, Jurado memiliki urusan dengan pembuat film Budd Boetticher, dan Tyrone Power. Marlon Brando terpikat oleh Jurado setelah bertemu dengannya di High Noon. 

Mereka bertemu saat Brando sedang syuting di Meksiko Viva Zapata !. Dia terlibat saat itu dengan Movita Castaneda dan memiliki hubungan paralel dengan Rita Moreno. Brando mengatakan kepada Joseph L. Mankiewicz bahwa dia tertarik pada "matanya yang penuh teka-teki, hitam sekali, menunjuk Anda seperti anak panah berapi-api". Katy Jurado ingat bertahun-tahun kemudian dalam sebuah wawancara bahwa Marlon menelepon saya satu malam untuk berkencan, dan saya menerimanya. 

Aku tahu semua tentang Movita. Aku tahu dia punya sesuatu untuk Rita Moreno., itu hanya kencan. Saya tidak berencana untuk menikahinya. Namun, kencan pertama mereka menjadi awal sebuah perselingkuhan yang berlangsung bertahun-tahun dan memuncak pada saat mereka bekerja sama dalam One-Eyed Jacks (1960), sebuah film yang disutradarai oleh Brando.Jurado berkomentar "Dia telah menjadi teman dekat saya. Saya mengatakan bahwa Marlon dan saya telah menjadi teman sejati jiwa, kita berbicara jiwa kepada jiwa"

Katy Jurado
Selama pembuatan film Vera Cruz di México, Jurado bertemu dengan aktor Amerika Ernest Borgnine, yang menjadi suami keduanya dan menikah pada tanggal 31 Desember 1959. Jurado teringat: Borgnine dan saya bertemu secara tidak sengaja saat kita bertabrakan di sebuah ruangan yang gelap saat meninggalkan restoran. Dia mengejar saya selama dua tahun. Apa yang saya lakukan untuk itu orang ini mencintai saya seperti ini ?. Pacaran kami adalah salah satu periode terbaik dalam hidupku. Kami menikah segera, tapi kecemburuan dan ketidakamanannya mengubah pernikahan Jurado dan Borgnine bercerai pada tahun 1963.Cinta sejati Jurado adalah novelis barat Louis L'Amour. Dia berkata: "Saya memiliki surat cinta yang dia tulis saya sampai hari terakhir hidupnya.Putranya Victor Hugo meninggal secara tragis dalam sebuah kecelakaan di sebuah jalan raya dekat Monterrey pada tahun 1981, menjatuhkannya ke dalam depresi berat yang tidak dapat diatasinya, dan hal itu menyebabkan dia meninggalkan karir aktingnya selama beberapa tahun. Sementara ini terjadi, Katy Jurado sedang syuting film di Meksiko.

Katy JuradoKetika anak laki-laki saya meninggal, saya sedang syuting film di Meksiko. Dia membawa serta setengah nyawaku. Aku tidak bisa meratapi dia seperti yang kuinginkan. Saya pergi ke pemakaman dan saya harus kembali ke bioskop. Setiap hari saat aku melihat kamera aku membencinya. Saya mendedikasikan diri pada film-film ini saat-saat indah yang seharusnya saya berikan kepada anak-anak saya, tapi sudah terlambat. Jurado mengatakan: John Huston akan mengeluarkan saya dari rumah film nya untuk judul Under the Volcano. Saya sangat sedih dengan kematian anak saya. Saya tahu betul bahwa dia menawari saya film untuk memberi saya kekuatan dan kenyamanan.

Katy Jurado mengaku telah menjadi salah satu orang pertama yang menemukan mayat aktris Meksiko Miroslava Stern setelah bunuh diri tragisnya. Menurut Jurado, gambar yang Miroslava miliki antara tangannya adalah Cantinflas, tapi manajer artistik Fanny Schatz menukar foto tersebut dengan salah satu pelempar banteng Spanyol Luis Miguel Dominguín.Pada tahun 1998, komposer Meksiko Juan Gabriel mendedikasikan sebuah lagu untuk Jurado yang disebut Que re'chula es Katy (Apa itu keindahan Katy).

Kematian Katy Jurado

Menjelang akhir hayatnya, Katy Jurado menderita penyakit jantung dan paru-paru. Dia meninggal karena gagal ginjal dan penyakit paru pada tanggal 5 Juli 2002, pada usia 78, di rumahnya di Cuernavaca, Morelos, Meksiko. Dia dimakamkan di Cuernavaca di pemakaman Panteón de la Paz. Dia selamat dari putrinya.Katy Jurado memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame di 7065 Hollywood Boulevard atas kontribusinya terhadap film.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg