BREAKING NEWS

Menu

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian


Buah durian - NusaPedia - Buah durian - Bagi sebagian orang, sulit rasanya menolak durian. Apalagi jika sudah terlanjur tergiur dengan aromanya yang menyengat dan menggugah selera. Kulit Buah durian durian yang keras dan berduri tajam tak lagi jadi halangan menyantap manisnya BUnuah durian, meskipun ada sebagian orang lain yang tak bisa mengkonsumsinya karena tidak tahan dengan aromanya.

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian

Buah durian

adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging Buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji Buah durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis Buah durian itu sendiri.

Pohon durian tumbuh secara liar dihutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya, ini adalah yang terbanyak. Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter. Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Namun, apakah durian banyak bermanfaat bagi tubuh?, durian mengandung banyak manfaat yang bisa diperoleh, di antaranya sebagai berikut:

1.Kata Siapa Cuma Sayuran yang Punya Serat, Durian Juga Punya

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian
Durian kaya akan serat pangan yang dapat melindungi membran mukosa usus dari paparan racun dan mengikat senyawa kimia penyebab kanker.Serat pangan juga bermanfaat merangsang gerakan peristaltik usus serta sekresi cairan lambung sehingga melancarkan pencernaan.Karena kandungan serat yang tak sedikit, durian bagus untuk kelancaran pencernaan. Satu durian dengan berat 0,6 kilogram bisa memenuhi 90 persen kebutuhan serat per hari orang dewasa.

2. Tidak disangka, makanan nikmat gini malah tidak bikin darah tinggi!

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian
Durian kaya akan potasium yang dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular dan mengurangi risiko aterosklerosis atau penyempitan arteri karena penumpukan plak, mencegah stroke, dan serangan jantung.

3. Susah Tidur? Coba Ngemilin Durian

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian
Kandungan triptofan atau asam amino yang memberi perasaan bahagia dan relaksasi serta kantuk akan membantu mengatasi insomnia. Jadi, bagi yang terbiasa mengalami insomnia, Anda bisa mencobah beberapa potong durian sebelum beranjak tidur.

4. Jangan Khawatir, Lemaknya Tidak Berbahaya

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian
Meskipun mengandung banyak lemak, namun durian tidak mengandung kolesterol. Lemak pada durian merupakan jenis lemak tak jenuh yang membuat tubuh sehat.

5. Kalorinya yang tinggi bikin tubuh makin bersemangat dan berenergi

5 Fakta Luar Biasa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Durian
Bagi orang dewasa, kebutuhan kalori per hari bisa mencapai antara 1500 hingga 2000 kalori. Mengkonsumsi hingga satu kilogram durian bisa mencukupi 60-90 persen kebutuhan kalori per hari. Alasannya, pada satu kilogram durian, kandungan kalorinya bisa mencapai 1350 kalori.Namun, para dokter tidak menyarankan Anda mengkonsumsi Buah durian secara berlebihan. Selain efek kalori yang tinggi bisa menaikkan berat badan, makan durian berlebih pun berbahaya bagi penderita diabetes mellitus ( Kontributor NusaPedia )

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg