BREAKING NEWS

Bukan Cuma Bali, 5 Tempat Ini Juga Banyak Dicintai dan Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!


Indonesia merupakan salah satu negara terluas di Dunia dengan berbagai keberagaman suku, budaya dan alam. maka tak heran jika ada banyak tempat tempat di Indonesia yang sangatlah menarik untuk dikunjungi karena keindahannya.

Wisata Indonesia
Indonesia adalah negara yang sangat besar. Mulai dari jumlah penduduk, luas wilayah, sumber daya alam hingga seni budaya dan adat istiadatnya. Dilihat dari Jumlah penduduknya, penduduk Indonesia  merupakan yang keempat terbesar didunia, setelah Cina, India, dan Amerika.

Dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia,  itu terdapat perbedaan yang sangat mencolok dalam tata cara berbusana. Dari ujung paling barat Indonesia, yaitu provinsi Aceh,  masyarakat disana, khususnya kaum perempuan  terbiasa memakai hijab, sebagian diantaranya bahkan menggunakan cadar.  Sementara di wilayah paling Timur, yaitu di Papua sebagian masyarakatnya masih mengenakan pakaian tradisional yang nyaris telanjang, dan hanya ditutup lembaran kain saja. 


dari keberaman tersebut pula lah indonesia di anegurahi keindahan alam yang beraneka ragam dengan berbagai keunikannya masing-masing.Semua orang Indonesia tentu tahu betul bahwa Bali merupakan primadona wisatanya Indonesia. terutama wisata pantainya, Bali bahkan sudah sangat terkenal di kalangan turis asing atau mancanegara.

setiap waktu pasti Bali di penuhi dengan turis turis asing. bukan hanya wisatanya, Bali juga dikenal sangat identik dengan kebudayannya yang membuat orang betah untuk plesiran ke Bali. namun tahukah anda? ada banyak sekali Tempat wisata di Indonesia yang indah sekali dan tak kalah bagus dari Pulau Bali?berikut ini ada 5 tempat wisata di Indonesia yang paling terkenal selain Bali.

1.Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya berdiam sebuah pulau dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura. Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

Pulau Samosir adalah pulau yang unik karena merupakan pulau vulkanik di tengah Danau Toba. Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah.

Tidak habis disitu,Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona. Di sekitar Danau Toba juga akan Anda dapati tempat pemandian air belarang.

Di Pulau Samosir Anda juga dapat menemukan pegunungan berkabut, air terjun yang jernih untuk berenang, dan masyarakat peladang. Keramahan masyarakat Batak pun akan memikat Anda karena kemanapun Anda pergi maka dengan segera dapat menemukan teman baru.

Banyak wisatawan lebih memilih tinggal di Pulau Samosir di tengah danau.Di pulau ini Anda dapat menemukan kebudayaan Toba yang unik dan kuno. Amati juga arsitektur tradisional rumah Batak Toba yang majemuk. Keindahan alam Pulau Samosir mengartikan bahwa pulau ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi dan menghindari kepenatan rutinitas.

2.Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat adalah sebuah kabupaten dan merupakan bagian dari Propinsi Papua BaratSebuah laporan badan konservasi internasional pernah menyebutkan bahwa perairan Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies laut seluruh dunia. Bahkan, wilayah laut dan darat Raja Ampat yang memiliki luas 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Oleh karena itu, dengan berbagai keunggulan ini tidak heran apabila Raja Ampat saat ini dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia.

Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaan lautannya. Banyak sekali pantai-pantai yang indah tersebar di seluruh kepulauan Raja Ampat. Umumnya, pantai ini berpasir putih dan memiliki kehalusan mendekati tepung. Selain itu, pulau-pulau yang membentuk deretan tebing tinggi pun banyak terdapat di Raja Ampat. 
Bahkan, beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag telah terkenal hingga ke seluruh dunia lebih dulu sebelum dikenal di dalam negeri. Hutan-hutan tropis pun tidak kalah menariknya, bahkan ada beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman tak terlupakan melihat burung Cenderawasih dari dekat. Seperti kita ketahui, burung Cenderawasih adalah burung langka dan cantik khas Papua yang sering disebut sebagai burung surga.

Belum selesai sampai di kekayaan alam saja, Raja Ampat juga memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian yang sangat unik dan menarik. Beberapa desa di Raja Ampat memang sudah mengukuhkan keberadaan mereka sebagai desa wisata, salah satunya adalah Desa Arborek. Desa yang berada di satu pulau kecil ini memiliki banyak sekali kesenian, mulai tarian-tarian tradisional, makanan Sinole yang dibuat dari sagu, hingga kerajinan anyaman daun pandan khas Arborek yang sudah diwariskan secara turun-temurun antar generasi. Desa Arborek hanyalah satu diantara desa-desa lain dengan keunikannya masing-masing.

 3.Gunung Bromo

Gunung Bromo
Siapa yang tidak mengenal kepopuleran gunung berapi yang masih aktif ini. Gunung Bromo adalah gunung yang paling terkenal di Jawa Timur dengan kunjungan yang paling ramai setiap tahunnya.Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 Meter dari atas permukaan laut dan berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km.

Gunung ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang indah. Untuk bisa menyaksikan fenomena ini, para wisatawan harus naik ke Puncak Penanjakan yang merupakan lokasi terbaik untuk dapat melihat matahari terbit.Jika menginap di sebuah penginapan anda dapat berpesan kepada pemilik penginapan untuk dibangunkan di pagi, karena keesokan harinya sekitar jam 2 dini hari, anda akan dibangunkan untuk persiapan mendaki. Rasa lelah karena mendaki akan terbayar lunas dengan pemandangan matahari terbit yang luar biasa. Saat matahari perlahan merangkak naik, susasana akan sangat tenang dan hanya terdengar bunyi jepretan kamera wisatawan.

Untuk menikmati pemandangan dari gunung Bromo sendiri biasanya para wisatawan akan menuju ke View Point terlebih dahulu, View Point merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melihat matahari terbit dan keindahan gunung Bromo dari ketinggian.

Ada lima tempat yang bisa di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit, diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. tetapi untuk Puncak B29 tempatnya agak jauh dari keempat view point yang lainya, dan tempat ini merupakan tempat yang baru dikembangkan untuk dijadikan view point.Gunung Bromo juga termasuk dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru , dimana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, beberapa danau dan Gunung Bromo sendiri.

Ternyata gurun pasir tidak hanya ada di Timur Tengah sana, di negara tropis seperti Indonesia ternyata juga memiliki gurun pasir. Gurun pasir merupakan salah satu tempat wisata Bromo yang ramai oleh wisatawan, objek wisata ini menjadi salah satu favorit yang dikunjungi oleh mereka yang datang ke Bromo.Hamparan pasir yang luas serasa tidak berujung ini memiliki pesona yang sangat luar biasa, hembusan angin membentuk lukisan pasir yang indah. Suasana desiran pasir seolah alam sedang berbisik kepada kita.

Selain keindahan yang tersimpan di Gunung Bromo, Yadna Kasada atau Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama setiap tahunnya. Upacara Kasodo digelar setiap tahun pada bulan purnama di bulan Desember atau January.


4.Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi

Taman Nasional Laut Wakatobi
Apakah Anda pernah mendengar tentang Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi? Mungkin kebanyakan orang kurang begitu familiar dengan pulau ini. Pulau Wakatobi secara administratif terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi terkenal dengan keindahan lautnya, khususnya terumbu karangnya. Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi merupakan tujuan wisata bawah laut yang kini menjadi buah bibir banyak pecinta snorkling dan diving baik di Indonesia maupun mancanegara.Oleh karena keindahannya, Pulau Wakatobi telah ditetapkan oleh pemerintah Sulawesi Tenggara sebagai taman nasional bawah laut.

Mungkin Anda penasaran, mengapa Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi dinobatkan sebagai taman nasional bawah laut, dan akhir-akhir ini sangat popular sebagai tujuan wisata diving dan snorkling.Jawabannya cukup mengagetkan sekaligus membanggakan, karena Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi tercatat memiliki 90% dari seluruh spesies karang laut yang ada di dunia. Di dunia tercatat ada sekitar 850 spesies karang laut. 
Ini berarti TTaman Nasional Bawah Laut Wakatobi memiliki sekitar 750 spesies karang laut. Wow! 90% spesies karang laut di dunia ada di satu kawasan di Sulawesi Tenggara!

Mengapa Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi memiliki keanekaragaman hayati terumbu karang sedemikian besar? Ini dimungkinkan karena secara geografis, Pulau Wakatobi terletak di tengah-tengah “segitiga gugusan karang dunia” yang terbentang dari Filipina di utara, Papua New Guinea dan Kepulauan Salomon di timur, dan Timor Leste serta Kepulauan Kei di selatan. Kondisi geografis pulau Wakatobi yang terletak pada pertemuan dua arus laut memungkinkan terciptanya keanekaragaman hayati laut yang tinggi.

Ini merupakan area yang sangat luas. Tidak heran mengapa Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi sangat fenomenal akhir-akhir ini, karena selain memiliki keanekaragaman hayati karang laut yang mencapai 90% dari keanekaragaman hayati karang laut dunia, Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi juga mempunyai area karang laut yang sangat luas. Fakta ini sangat memanjakan pecinta diving dan snorkling dari seluruh penjuru dunia.

5.Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo
Pulau Komodo adalah pulau yang unik. Pasalnya pulau ini adalah satu-satunya pulau tempat habitat asli spesies purba Komodo di dunia. Pulau Komodo juga dinominasikan dalam “New 7 Wonders of Nature”. Awalnya, Taman nasional komodo ditujukan untuk melindungi komodo saja. Tapi seiring waktu dikembangkan lebih luas lagi. Sekarang tempat reservasi alam ini melindungi berbagai satwa dan juga lingkungan alam lainnya, sekaligus menjadi tempat wisata yang direkomendasikan.

Taman nasional komodo berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia Timur. Secara administrativ termasuk dalam Wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini ditetapkan sebagai Taman nasional komodo pada tanggal 6 Maret 1980 dan dinyatakan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977 dan juga sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991,

Pada empat pulau ini sedikitnya terdapat 2.500 ekor komodo dengan jumlah terbanyak di Pulau Komodo sekitar 1.300 Juta ekor, Pulau Rinca sebanyak 1.100 ekor dan sisanya di dua pulau kecil. Bila Anda datang ke Taman nasional komodo sekitar bulan Juli-Agustus maka Anda akan melihat Komodo lebih agresif. Hal ini karena pada rentang bulan ini adalah musim kawin komodo. Setelah itu komodo akan bertelur sekitar 15-30 butir.

Berwisata ke Pulau Komodo adalah pilihan tepat, apalagi jika anda memang suka berpetualang. Sekarang, untuk menuju ke Pulau Komodo bukan hal yang sulit. Apalagi sudah tersedia banyak layanan travel yang bersedia mengakomodir perjalanan wisata anda kesana.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg