BREAKING NEWS

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo


Gunung Bromo - NusaPedia - Gunung Bromo, siapa yang tidak mengenal kepopuleran gunung berapi yang masih aktif ini. Gunung Bromo adalah gunung yang paling terkenal di Jawa Timur dengan kunjungan yang paling ramai setiap tahunnya.
6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo

Gunung Bromo

memiliki ketinggian 2.392 Meter dari atas permukaan laut dan berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km.

Gunung Bromo juga termasuk dalam satu kawasan Bromo Tengger Semeru National Park, dimana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, beberapa danau dan Gunung Bromo sendiri.

Selain keindahan yang tersimpan di Gunung Bromo, Yadna Kasada atau Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama setiap tahunnya. Upacara Kasodo digelar setiap tahun pada bulan purnama di bulan Desember atau January.

Siapa nih yang punya rencana liburan ke Bromo?.Jika yang ingin liburan ke gunung bromo ada baiknya kamu tau dulu ya Sahabat NusaPedia spot-spot mana aja yang wajib banget dikunjungi pas lagi di Bromo

1.Pasir Berbisik

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo
Kawasan puncak Gunung Bromo terkenal dengan julukan Pasir Berbisik di kalangan wisatawan. Memang ada lautan pasir yang luas di sana. Tapi, kapan ya nama Pasir Berbisik mulai populer?

Pasir Berbisik, itulah sebutan dari lautan pasir yang terkenal di Bromo. Hamparan luas padang pasir ini selalu menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Usut punya usut, asal mulanya berkaitan dengan film karya sutradara Nan Achnas tahun 2001 silam yang berjudul Pasir Berbisi.kebenarnya fenomena pasir berbisik karena ketika angin bertiup, butiran-butiran pasir bertebangan dan terdengar seperti bisikan yang sampai ke telinga setiap orang yang melewatinya. Bentuknya juga bergelombang menyerupai ombak-ombak kecil. Syuuh!

Tidak hanya menjadi lokasi syuting film yang berjudul sama dengan namanya, Pasir Berbisik juga biasa digunakan sebagai objek bagi para fotografer atau orang-orang yang ingin hunting foto. Bahkan penyanyi Judika pernah melakukan foto pre-wedding dan syuting salah satu video klipnya.

Di sini traveler dapat melihat luasnya padang pasir dengan pemandangan di atas ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Jika sering melihat teman atau kerabat foto dengan menunggangi kuda di kawasan Gunung Bromo, bisa jadi salah satu lokasinya adalah Pasir Berbisi.

2.Bukit Teletubbies

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo
Bukit Teletubbies merupakan sebuah bukit yang terletak tepat di sisi Gunung Bromo. Jika teman teman pernah nonton serial TV anak anak “Teletubbies” , teman teman akan langsung terperangah melihat kemiripan bukit yang ada di serial TV tersebut dengan yang ada di Gunung Bromo ini.

Sebelum kita menikmati pemandangan Bukit Teletubbies, kamu tentu perlu tahu dulu di mana letaknya. Sebenarnya, bukit ini berada di kawasan wisata Gunung Bromo. Kamu bisa menuju ke Desa Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa naik kuda, motor, dan mobil jika kamu jalan bareng keluarga atau rombongan. Sewa jip di sana biasanya dipatok sekitar Rp250.000. Memang hanya kendaraan tertentu yang bisa mencapai Bukit Teletubbies karena medan yang harus ditempuh cukup berbahaya, berkerikil dan berpasir. 

Kalau tidak biasa, bisa-bisa kendaraanmu selip dan ini tentu sangat tidak diharapkan. Kalau ingin mencapai Bukit Teletubbies dengan motor, kamu juga tidak bisa melaju dengan kencang. Paling-paling cuma 20 km/jam. Buat yang punya jiwa petualang, ini sih mengasyikkan karena bisa memacu adrenalin. Tapi buat yang punya nyali ciut, mendingan nggak usah mencoba. 

Bukit ini menawarkan view yang sungguh “Amazing”. Ketika siang hari, bukit ini nampak cantik dengan dipenuhi dengan hamparan rumput yang hijau. Serta padang ilalang di kaki bukit membuat Bukit Teletubbies di Bromo ini semakin terlihat mempesona.

Ketika pagi hari sekitar setelah shubuh, teman teman dapat menyaksikan Sunrise yang sangat indah. Matahari yang perlahan  muncul dari balik bukit dan di sela sela awan yang berbaris membuat suasana sangat romantis. Cocok buat teman teman yang datang bersama kekasih. Momen ini sangat pas apabila digunakan sebagai background fotografi maupun foto pre-wedding.

3.Pananjakan 1

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo
Penanjakan 1 Gunung Bromo 2.770 MDPL adalah salah satu tempat view point untuk melihat dan menikmati matahari terbit terbaik di bromo. Penanjakan 1 gunung bromo ini masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) Jawa Timur, Indonesia. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan kemegahan alam gunung Bromo dengan lebih leluasa, pemandangan akan lebih eksotis saat langit sedang cerah dan terdapat lautan kabut sekitar gunung Bromo.

Penanjakan 1 Gunung Bromo menjadi tujuan wisatawan yang wajib dikunjungi ketika ber wisata bromo. Biasanya puncak ini selalu menjadi bagian dari paket wisata Bromo, karena memang tujuan utama mengunjungi Bromo adalah berburu matahari terbit. Perlu di ulang kembali jika Puncak Penanjakan 1 Gunung Bromo adalah salah satu spot view point terbaik untuk melihat keindahan matahari terbit (sun rise) dan alam Bromo, karena lokasinya berada pada titik tertinggi di 2. 770 meter dari permukaan laut yaitu memiliki lokasi paling tinggi dibanding dengan Bromo, sehingga para pengunjung akan lebih leluasa melihat pesona Bromo dari puncak ketinggian.

Selain melihat keindahan matahari terbit (sun rise), kegiatan lain adalah mengambil gambar atau hanya sekedar merasakan ke Agungan alam semesta sebab di penanjakan 1 gunung bromo ini memiliki latar pemandangan yang sangat luar biasa. Kita bisa melihat pemandangan gunung Bromo, G. Batok, G. Kuursi dan G. Semeru.

tidak hanya itu , Menikmati matahari terbit di penanjakan 1 gunung bromo memang berbeda dengan matahari terbit (sunrise) di puncak lainnya yang berada di kawasan wisata gunung bromo. Dari Puncak penanjakan 1 gunung bromo kita juga dapat melihat pemandangan yang tak pernah kita lihat sebelumnya.

4.Pananjakan 2

puncak penanjakan 2 seruni point adalah sebuah alternatif lain untuk menikmati dan melihat matahari terbit selain dari puncak penanjakan 1 di kawasan Bromo.Puncak Penanjakan 2 bromo memang tak sepopuler puncak penanjakan 1. Namun jika puncak penanjakan 1 penuh dengan wisatawan maka anda dapat beralih kepuncak Seruni point yang mana wisatawan bilang jika itu adalah Puncak Penanjakan 2.Saat liburan tiba seperti lebaran, tahun baru, natal atau event tahunan seperti yadnya kasada bahkan sampai event musik jazz gunung Bromo puncak penanjakan 1 akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin melihat matahari terbit, tidak hanya itu puncak penanjakan 2 pun juga dipadati oleh ribuan pengunjung yang meramaikan suasana Bromo.

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung BromoPuncak Penanjakan 2 bromo terletak di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. wisata Pananjakan 2 bromo ini tidak banyak dikenal oleh para wisatawan, karena dulu jalurnya sering tertutup dan terjadi longsor. akhirnya warga dan pihak taman nasional bekerja sama untuk memperbaiki jalur tersebut sehingga jalan menuju ke puncak penanjakan 2 dapat dilalui kendaraan Jeep dan dapat di kunjungi oleh wisatawan. Puncak seruni point memang tidaklah setinggi puncak penanjakan 2 namun dari tempat ini pawa wisatawan juga bisa melihat keindahan matahari terbit serta pemandangan sekitar Bromo.

Untuk mencapai View Point Sunrise di Puncak Penanjakan 2 Bromo – Seruni Point, pengunjung juga harus menyewa kendaraan Jep atau Hardtop yang anda bisa pesan di kawasan wisata gunung bromo, rute dan jalur yang dilalui hanya dapat dilakukan dari Probolinggo. Rute terdekat menuju ke puncak penanjakan 2 ini adalah dari desa Cemoro lawang, jalurnya pun cukup menanjak, butuh waktu 30 menit untuk menuju lokasi seruni point. disana juga terdapat sebuah perkiran Jeep dan ketika anda tiba di parkiran jeep tersebut anda di haruskan berjalan kaki menelusiri anak tangga kurang lebih 20 menit untuk mencapai puncak penanjakan 2.

5.Kawah Gunung Bromo

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo
Setelah menikmati panorama sunrise Gunung Bromo dari Puncak Penanjakan, kamu sebaiknya meneruskan perjalanan menuju Gunung Bromo untuk melihat langsung kawah Gunung Bromo dari dekat. Sahabat NusaPedia kembali mengendarai hardtop menuruni Gunung Penanjakan dan melewati padang pasir yang cukup luas. Adrenalin kamu akan naik ketika kendaraan yang kami naiki melewati medan pasir yang naik turun dan sesekali melewati lubang dan menerjang bebatuan.

Nantinya Hardtop atau kenderaan yang kamu naiki berhenti di kawasan parkir Taman Nasional Gunung Bromo yang berjarak 3 kilometer dari mulut kawah Gunung Bromo. Kamu meneruskan perjalanan menuju Kawah Gunung Bromo dengan berjalan kaki. Bagi yang tidak kuat berjalan kaki, dari area parkir juga tersedia persewaan kuda untuk melewati lautan pasir menuju tangga naik ke Kawah Gunung Bromo. Harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan kuda cukup terjangkau meskipun kita harus menawarnya terlebih dahulu agar mendapatkan harga yang murah dan pantas.

Dalam perjalanan menuju Kawah Gunung Bromo, Sahabat NusaPedia akan melewati sebuah bangunan peribadatan milik umat Hindu yang bernama Pura Luhur Poten. Pura ini terkunci dari luar karena sedang tidak ada peribadatan dan kami hanya bisa melihat isi bangunannya dari luar. Pemandangan pura ini tampak apik dengan latar Gunung Batok dibagian sampingnya. Perjalanan kamu lanjutkan dengan mengikuti jejak langkah kaki dan jejak tapak kuda yang digunakan wisatawan untuk menuju tangga Gunung Bromo. Tangga ini dibangun untuk memudahkan wisatawan mencapai puncak Gunung Bromo.

Mengabadikan foto dengan latar ini ibarat meng"sah"kan perjalanan kamu di gunung bromo, foto ini juga bisa jadi bukti kalau kamu sudah pernah mencapai puncaknya dengan menaiki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan.  

6.Gunung Batok

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdiri dari sejumlah gunung yang menawarkan keelokan dan keindahan yang cukup mengagumkan. Bukan hanya Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang patut untuk dikunjungi, karena gunung-gunung di sekitarnya pun juga layak dikunjungi. Di Pegunungan Tengger sendiri ada lima gunung yang bisa dikunjungi dan berada di tengah-tengah lautan pasirnya. Selain itu masih ada beberapa gunung yang lain yang berada di sekitar kalderanya. Dalam sejarahnya, kawasan gunung-gunung ini terbangun dari dua gunung Strato Volcano yang saling berimpitan satu sama lain dan terbentuk dari lapisan andesite dan batuan basaltic. Gunung ini akhirnya membentuk Gunung Tengger yang menjadi  gunung terbesar dan tertinggi di Pulau Jawa.

6 Spot Yang Wajib Dikunjungi Di Gunung Bromo
Gunung Batok memang memiliki penampakan yang “memang menggambarkan” bentuk suatu gunung dengan puncaknya yang mengerucut dan berwarna hijau karena ditumbuhi beberapa tumbuhan kecil. Sementara Gunung Bromo memiliki penampakan berupa cekungan besar dengan kawah yang masih aktif. Selain itu tak tampak tumbuhan di sekitar Gunung Bromo, yang ada hanya lautan debu dan pasir. Jika Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih rajin mengeluarkan kepulan asap vulkanik dan sewaktu-waktu bisa memuntahkan laharnya, maka Gunung Batok merupakan gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Namun sesekali nampak gunung ini mengeluarkan kepulan asapnya.

Gunung Batok juga menawarkan keindahan matahari terbenam yang tak kalah cantik dengan bromo. Dari atas puncaknya yang berpasir cukup luas, anda bisa mennyaksikan puncak Gunung Semeru yang berada di kejauhan. Kabut-kabut nampak mengelilingi sekitar gunung ditambah bau belerang yang kuat dari kawah Bromo. Nampak beberapa  tumbuhan cantigi tumbuh di beberapa tempat. Selain itu adapula pelinggih atau pura kecil di bagian  barat gunung dan menghadap ke utara. Jika anda telah puas menjelajahi keindahan Gunung Bromo, jangan ketinggalan untuk berpetualang ke tetangganya, Gunung Batok.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg