BREAKING NEWS

Taman Nasional Terbaik di Indonesia yang Menanti untuk Kamu Kunjungi


Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem yang asli. Selain itu, Taman Nasional ini juga dikelola dengan system zonasi yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan juga rekreasi.

Taman Nasional
Konsep awal Taman Nasional dimulai di Amerika Serikat, tepatnya saat pemerintah Amerika menetapkan yellowstone sebagai kawasan yang dilindungi. Tapi tetap boleh dikunjungi oleh penduduk untuk melakukan rekreasi. Karena itu, menurut IUCN, Taman Nasional diklasifikasikan ke kawasan konservasi kategori II, yang masih memungkinkan aktivitas manusia di dalamnya.

Meskipun memiliki karakteristik dan persyaratan yang identik. Setiap negara punya kebijakan tersendiri untuk menetapkan sebuah kawasan sebagai taman nasional. Taman Nasional di Indonesia didasarkan pada UU No.5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi. Selain pantai, gunung, Indonesia juga rupanya memiliki banyak Taman Nasional yang menanti untuk kamu sambangi.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi taman-taman nasional yang terdapat di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam Taman Nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Adapun daftar ini dibuat secara acak dan tidak berurutan.

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Inilah dia salah satu taman nasional cantik di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Total area taman nasional ini adalah sekitar 1,39 juta hektar. Di dalam taman nasional ini terdapat keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Selain itu, taman nasional ini juga menempati salah satu posisi tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.Kawasan Taman Nasional Wakatobi ini memang terkenal sangat kaya dengan koral. 

Sebab, di taman nasional ini terdapat setidaknya 750 spesies koral dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia.Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.Taman Nasional Wakatobi sendiri memiliki sekitar 25 gugusan terumbu karang yang menjadikannya sebagai habitat ideal bagi berbagai jenis biota laut. 

Berbagai biota laut senang untuk tinggal di Wakatobi karena memiliki nilai konservasi dan juga estetika yang tinggi.Berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah diving, snorkeling, berenang dan memancing. Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Tenggara sebaiknya kamu juga menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Taman Nasional Wakatobi ini.

Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Inilah dia salah satu taman nasional yang menjadi kebanggaan warga Indonesia. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Pulau Komodo.Taman nasional ini terletak pada perbatasan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 yang berfungsi untuk menjaga dan melestarikan komodo, spesies kadal terbesar di dunia.Nah, pada tahun 1991, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. 

Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.Nah, Taman Nasional Pulau Komodo ini terletak di kawasan Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia.

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan setidaknya 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini.Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sebaiknya kamu tidak melewati kesempatan untuk mengunjungi Pulau Komodo ini. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo adalah dari bulan Maret hingga Juni atau dari bulan Oktober hingga Desember.Selain dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Komodo, kamu juga dapat mencoba untuk menantang adrenalinmu sendiri ketika kamu mengunjungi taman nasional ini. Ya, dengan mengunjungi taman nasional ini kamu juga dapat mengetahui apakah kamu cukup berani untuk berhadapan langsung dengan komodo atau tidak.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting ini terletak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas keseluruhan taman nasional ini mencapai 415.040 hektar.Lokasi rehabilitasi orangutan terletak di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Di tempat ini kamu dapat menemukan orang utan asli Kalimantan dengan bulu kemerahan dan tanpa ekor. 

Menyenangkan sekali, bukan?Dengan singgah sejenak di tempat ini, kamu dapat merasa lebih peduli dan menyayangi satwa-satwa langka yang sedang berjuang di pusat rehabilitasi ini. Nah, di Taman Nasional Tanjung Puting ini kamu juga dapat menyaksikan orang utan yang hidup langsung di habitatnya sehingga kawasan ini masih tergolong alami.Sebaiknya kamu menghindari kunjungan ke taman nasional pada bulan Juli hingga Agustus. 

Hal ini karena waktu-waktu tersebut merupakan high season sehingga harga diprediksi pengunjung taman nasional ini akan membludak dan semakin banyak.Salah satu tips terbaik yang dapat kamu lakukan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah selalu membawa lotion anti nyamuk agar kamu dapat tetap merasa nyaman ketika menjelajahi taman nasional ini.

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfungsi sebagai pusat perlindungan gajah. Taman nasional ini terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.Gajah yang menjadi pusat perhatian di taman nasional ini adalah Gajah Sumatera. Taman Nasional Way Kambas ini memiliki luas sekitar 125.621 hektar. Nah, selain itu taman nasional ini juga merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai.

Di kawasan ini, kamu dapat menyaksikan sebuah pusat latihan gajah yang telah didirikan sejak tahun 1985. Yang menarik adalah hingga saat ini kawasan ini telah melatih dan menjinakkan sekitar 200 gajah. Wah, keren sekali bukan?Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan Juli hingga September. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat Lembaga Khusus yang berguna untuk menjaga badak agar tidak punah.

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Inilah dia salah satu taman nasional yang terletak di Jakarta. Ya, taman nasional ini merupakan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Di kawasan ini terdapat setidaknya sekitar 78 pulau besar atau kecil yang tingginya tidak lebih dari 3 mdpl. Pulau ini sendiri merupakan kumpulan dari gugusan karang.Nah, di taman nasional ini kamu dapat menemukan lebih dari 54 jenis kerang keras atau lunak, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 144 jenis ikan, dan 17 jenis burung pantai. 

Yang paling menyenangkan dari tempat ini adalah kamu dapat menemukan tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang tergolong langka.Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah pada waktu bulan Maret hingga Mei. Yang paling menyenangkan adalah taman ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, yaitu sekitar 45 kilometer.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang sebaiknya kamu kunjungi. Taman nasional Teluk cendrawasih ini adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua.Jika kamu berminat untuk berenang di taman nasional ini, bukan tidak mungkin kamu dapat mendapatkan foto keren sedang berfoto dengan hiu paus. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai lebih dari 1 juta hektar.

Dengan luas yang besar tersebut, taman nasional ini telah mencakup ekosistem terumbu karang, mangrove, pantai dan hutan tropis. Nah, di taman nasional yang memiliki perairan yang sangat luas ini terdapat 209 jenis ikan, beberapa jenis penyu, duyung, lumba-lumba, paus hingga hiu.Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas di Pulau Misowaar, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. 

Jika kamu ingin mengunjungi Taman nasional Teluk cendrawasih ini, kamu dapat mengunjunginya pada waktu terbaik, yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya.Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengeksplor banyak taman nasional cantik di Indonesia.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah taman nasional yang terletak di bagian ujung Pulau Jawa bagian barat. Taman ini memiliki luas sekitar 122.956 hektar.Taman nasional ini termasuk salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan paling awal. Selain itu, taman ini juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.Tempat ini menjadi habitat asli sekaligus perlindungan bagi badak jawa yang saat ini sudah tinggal puluhan ekor tersisa. Ketika mengunjungi taman nasional ini, kamu akan pertama kali bertemu dengan Pulau Peucang.

Ya, Pulau Peucang merupakan pulau pertama yang akan ditemui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon ini. Di Pulau Peucang ini kamu dapat menemukan pantai berpasir putih yang indah dan menanti untuk kamu sambangi.Terdapat banyak tempat-tempat di taman nasional ini yang dapat kamu kunjungi dan memiliki banyak pemandangan yang cantik. 

Tempat-tempat tersebut adalah sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya atau sejarah.Selain itu, di pantai ini kamu juga dapat menemukan banyak babi dan monyet yang hidup secara liar. Hal ini menandakan bahwa kawasan ini masih alami. Nah, jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan April hingga September karena waktu tersebut adalah waktu terbaik.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Ini dia salah satu taman nasional di Banyuwangi yang terlalu sayang untuk kamu lewatkan. Kamu menyangka sedang berada di Afrika? Bukan, ini adalah Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.Tempat ini adalah hamparan savanna terluas di Pulau Jawa. Ketika kamu berhasil menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam indah yang memukau.

Kamu akan dapat melihat pemandangan berupa ratusan rusa liar berlarian menuju kubangan air. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan merak jantan melebarkan ekornya guna menarik perhatian sang betina. Kamu juga dapat melihat puluhan kerbau yang gagah dan lain-lain.Pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran memang sangat indah dan menarik perhatian. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki Taman Nasional Baluran adalah sekitar Rp 6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang.Di tempat ini, kamu dapat melakukan kegiatan penelitian, pengamatan dan atraksi satwa serta berkunjung ke Pantai Bama. 

Kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.Luas taman nasional ini mencapai sekitar 25.000 hektar. Di sana juga terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. 40% dari tipe vegetasi di Taman Nasional ini merupakan vegetasi savanna. Hal ini mengakibatkan daerah ini menjadi daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Terbaik di Indonesia
Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut. 

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991. Selain itu, taman nasional ini memiliki luas sebesar 890,65 kilometer persegi.Sebanyak 97% dari kawasan ini merupakan habitat laut sementara 3% sisanya merupakan daratan. Daratan di taman nasional ini adalah Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.Beberapa jenis satwa yang terdapat di daratan pesisir adalah kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. 

Di Taman Nasional Bunaken ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska, camar, bangau, dara laut dan cangak laut.Yang paling menarik dari taman nasional ini adalah kamu dapat menyaksikan tebing karang vertical sampai sejauh sekitar 25 hingga 50 meter. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah dari bulan Mei hingga Agustus setiap tahunnya.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg