BREAKING NEWS

10 Kota yang Ramah Pejalan Kaki di Berbagai Negara


Beberapa waktu lalu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk paling malas berjalan kaki. Menurut penelitian tersebut, rata-rata publik Hong Kong berjalan kaki sebanyak 6.880 langkah setiap hari, menjadikannya negara dengan penduduk paling rajin berjalan kaki. 

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Sementara Indonesia menempati posisi terbawah dengan 3.513 langkah per hari.Data juga memperlihatkan kota-kota yang trotoarnya lebih bagus, seperti New York dan San Francisco, penduduknya lebih rajin berjalan kaki dibanding kota-kota yang bertumpu pada kendaraan sebagai wahana berkeliling, seperti Houston dan Memphis.Dilihat dari hasil penelitian tersebut, infrastruktur ternyata bisa berpengaruh terhadap kenyamanan pejalan kaki. Tak hanya itu, keamanan juga menjadi pertimbangan orang-orang untuk ingin berjalan kaki.

Jalur pedestrian sudah seharusnya dapat menjadi fasilitas yang baik yang disediakan baik oleh pemerintah maupun lembaga swasta sebagai fasilitas untuk pejalan kaki. Kebutuhan fasilitas pejalan kaki sebagai ruang terbuka publik juga meningkat karena adanya penyesuaian gaya hidup dan standar hidup bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Jakarta khususnya. Daerah jalur pejalan kaki memiliki banyak fungsi, salah satu fungsi mereka baik sebagai fasilitas untuk pejalan kaki, juga sebagai ruang terbuka untuk berbagai aktifitas diantaranya aktifitas social dan juga aktifitas lainnya.

Pedestrian adalah trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki untuk menikmati nuansa bangunan perkotaan dan taman-taman Kota / Kabupaten. Pedestrian menjadi indikator pokok bagi kemajuan peradaban dan pembangunan kota masa depan. Faktanya banyak pedestrian menjadi lahan parkir mobil atau sepeda motor, menjadi lahan pedagang kaki lima berjualan dagangannya. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pejalan kaki maupun wisatawan yang ingin berjalan-jalan menikmati kawasan perkotaan dan pedesaan. Pedestrian yang salah peruntukan dan fungsinya akan mempersempit lebar jalan dan akhirnya menambah kemacetan jalan raya.

Nah, di bawah ini, terdapat sepuluh kota yang ramah pejalan kaki di berbagai negara. Desain kota yang nyaman menjadi salah satu alasan kota-kota ini diberi predikat ramah pejalan kaki.

1.Munich, Jerman

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Munich atau lebih dikenal  München merupakan kota berpenduduk terbesar ketiga di Negara Jerman. München juga merupakan kota finansial utama di Jerman. Kota ini juga mendapatkan julukan kota ternyaman di dunia. Kota München juga terdiri dari berbagai macam bangunan gedung bersejarah sampai gedung modern. München menjadi pusat bioteknologi, perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Kota ini Terkenal karena birnya, Munich, atau Munchen dalam bahasa Jerman, adalah kota terbesar dan ibukota Bavaria, dan merupakan kota terbesar ketiga di Jerman dengan populasi sekitar 1,4 juta. Kota ini terletak 30 mil di utara Pegunungan Alpen dan di sepanjang Sungai Isar, yang membentang melalui tengah-tengah kota. Munich kaya dalam sejarah tetapi juga tumbuh subur ekonominya dan mampu menarik penggemar bir di seluruh dunia.

Potensi pertumbuhan ekonomi Munich menduduki peringkat tinggi bila dibandingkan dengan kota-kota besar Jerman lainnya, dan dalam beberapa tahun terakhir, Munich mengambil posisi kedua dalam Indeks Pertumbuhan Ekonomi daerah Eropa. Akibatnya, investor dan pengembang tertarik untuk bermain di kota Eropa ini.

Namun bila sahabat NusaPedia Berada di Jerman, Munich memiliki infrastruktur yang baik. Meski banyak kendaraan namun jalur pedestrian di sana sangat nyaman dan bebas dari serobotan pengendara nakal.

Sambil jalan-jalan kita juga bisa mampir ke restoran, toko, museum dan bar yang memang ada di sepanjang jalur pedestrian ini. Selain jalur pejalan kakinya yang nyaman ada pula taman terbuka yang luas yang memungkinkan kita bermain bola di sana. 

2.Kyoto, Jepang

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Kyoto adalah salah satu prefektur di Jepang yang populer di antara wisatawan mancanegara. Kyoto dikenal menjadi pusat kebudayaan dan seni Jepang. Wisatawan dengan mudah akan menemukan kuil-kuil bersejarah, rumah-rumah tradisional, dan event tradisional di Kyoto. Inilah sisi menarik Kyoto yang sukses menarik minat wisatawan.

Kehidupan dan keindahan masa lalu yang dipertahankan ternyata mampu menjadi aset wisata yang menjanjikan. Bahkan, kedai-kedai teh di Gion masih ramai pengunjung hingga kini. Magnet utamanya adalah adanya Maiko atau Geisha di Gion. Setiap sore, wisatawan dapat melihat Maiko yang tengah berangkat bekerja. Pemandangan seperti ini tentu menarik rasa penasaran para wisatawan.

Kyoto juga menjadi tempat favorit untuk menghabiskan musim gugur di Jepang. Saat koyo atau daun-daun tengah berubah warna, Kyoto nampak makin cantik. Kuil-kuil dan bangunan bersejarah yanga dihiasi daun-daun momiji berwarna-warni menjadi pemandangan yang biasa terlihat.

Ada begitu banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi waktu pergi ke Kyoto Jepang, dan rasanya tidak mungkin untuk mengunjunginya satu per satu. Sebab ada lebih dari ratusan kuil dan objek wisata bersejarah di kota Kyoto. Untuk itulah tim Info Jepang memilih objek wisata terbaik kota Kyoto. Objek wisata ini dipilih berdasarkan kemudahan akses dan keindahan panoramanya.

Liburan ke Jepang, kamu harus coba untuk menjelajah ke Kota Kyoto. Kota ramah pejalan kaki ini punya pemandangan yang dikelilingi pegunungan. Kamu bisa melihat banyak pemandangan dan eksplor budaya lokal.

3.Helsinki, Finlandia

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Helsinki adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia. Kota ini terletak di bagian selatan Finlandia, di tepi Teluk Finlandia dan Laut Baltik. Daerah urban Helsinki termasuk kota Espoo, Vantaa, dan Kauniainen, yang disebut juga Wilayah Ibukota dengan penduduk sebanyak 992.836 jiwa. Daerah Helsinki Raya (Greater Helsinki) melingkupi lebih banyak kota-kota di sekitarnya dan memiliki 1,4 juta penduduk, menjadikannya munisipalitas dengan penduduk paling banyak dan kawasan urban terbesar di Finlandia.

Helsinki berjarak 80 kilometer (50 mi) sebelah utara Tallinn, Estonia, 400 kilometer (250 mi) timur laut Stockholm, Swedia, dan 300 kilometer (190 mi) sebelah barat Saint Petersburg, Rusia. Helsinki memiliki hubungan sejarah yang dekat dengan ketiga kota ini.Kawasan metropolitan Helsinki termasuk kawasan urban Helsinki, Espoo, Vantaa, Kauniainen, dan kota kecil di sekelilingnya.Kota ini adalah kawasan urban paling utara di atas satu juta orang, dan ibukota paling utara di antara Negara anggota Uni Eropa. 

Kawasan metropolitan Helsinki adalah metropolitan Nordik terbesar keempat setelah Copenhagen, Stockholm, dan Oslo.Helsinki adalah pusat bisnis, keuangan, mode, hiburan, media, dan budaya di Finlandia dengan jajaran museum, galeri, dan tempat pertunjukan. Sekitar 70% perusahaan luar negeri yang beroperasi di Finlandia bertempat di kota ini.Munisipalitas terdekat di Vantaa adalah lokasi Bandar Udara Helsinki yang memiliki jadwal penerbangan di beberapa kota di Eropa dan Asia. 

Helsinki memiliki jumlah warga asing terbesar di Finlandia baik dalam jumlah nyata maupun persentasenya. Mereka terdiri dari sekitar 130 kewarganegaraan dengan mayoritas dari Rusia, Estonia, dan Swedia. 

Kota Helsinki yang berada di Finlandia memiliki infrastruktur yang bersahabat bagi para pejalan kaki atau kendaraan umum. Ada banyak tempat yang mudah dijangkau dengan berjalan kaki, dan pemandangan Katedral yang ikonik.

4.Bordeaux, Prancis

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Jika kita mendapat kesempatan pergi ke Perancis, kota apa sih yang ingin kalian kunjungi ? Paris rasanya akan menjadi salah satu kota favorit orang-orang. Tapi, Perancis tidak hanya Paris. Banyak kota besar lainnya yang bisa jadi pilihan berlibur kita, salah satunya adalah Bordeaux. Bordeaux adalah sebuah kota di barat daya Perancis, prefektur dari Gironde dan ibukota wilayah Aquitaine. 

Penduduknya kota Bordeaux disebut Bordelais dan Bordelaises. Kota ini dihuni oleh sekitar 239.157 penduduk (sensus 2010), sehingga menjadikannya kota dengan populasi terbanyak kesembilan di Perancis. Bordeaux adalah kota utama diantara Komunitas Perkotaan Bordeaux (Communauté Urbaine de Bordeaux atau CUB) yang memiliki populasi total sebanyak 719.489 penduduk. CUB merupakan metropolitan terpadat kelima di Perancis setelah Paris, Lyon, Lille dan Marseille.

pengertian jalur pedestrian
Bordeaux sering disebut "mutiara Aquitaine", tetapi masih melekat juga julukan "Sleeping Beauty" mengacu pada pusat kotanya yang bersejarah dan monumen-monumen bersejarahnya yang sebelumnya tidak cukup diberdayakan. Namun, Bordeaux jadi kota yang "aktif" selama beberapa tahun belakangan ini, dan pada bulan Juni 2007, sebagian dari kota Bordeaux yang dijuluki Port of the Moon, telah terdaftar sebagai Warisan Dunia Kemanusiaan oleh UNESCO.

Bordeaux juga menjadi salah satu perkotaan yang paling menarik di Perancis dengan kenaikan sekitar 200.000 penduduk dalam sembilan tahun (1999-2008). Kota ini dikenal di seluruh dunia untuk minuman anggurnya, terutama sejak abad kedelapan belas yang merupakan masa keemasan. Ketika di Belanda, teman saya orang Rusia sempat membeli anggur (wine) tetapi bukan dari Bordeaux, ternyata rasanya memang beda dan lebih enak dibandingkan anggur daerah lainnya yang saya coba.

Kota Bordeaux dibelah oleh sungai Gironde dan bentuk kota ini seperti bulan sabit. Kota anggur ini terletak 498 km dari kota Paris, 172 km dari kota Pau, 220 km dari kota Toulouse, 170 km dari kota pantai nan cantik Biarritz, 202 km dari kota Saint-Sebastien (Spanyol), dan 51 km dari kota Arcachon. Dibanding kota-kota besar lainnya di Perancis, iklim kota ini terbilang unik. Pada musim dingin, jika kebanyakan kota lain di Perancis bersalju, di Bordeaux tidak. Bordeaux juga terbilang kota yang sering hujan. Mungkin itu disebabkan iklim samudera yang dimiliki Bordeaux karena dekat dengan Samudera Atlantik.

Lupakan Paris, saatnya kamu menjelajahi Kota Bordeaux. Kota ini memiliki monumen bersejarah, bangunan-bangunan ikonik, dan makanan Prancis yang menggoyang lidah para turis. Katedral Saint Andre, Grat Bell Bordeaux dan Grand Theatre de Bordeaux berada dekat dan bisa dicapai dengan berjalan kaki.

5.Firenze (Florence), Italia

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Bagi pecinta karya seni kelas dunia, maka ada satu kota di Italia yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur bersama pasangan ataupun keluarga yaitu Florence (Firenze). Florence merupakan sebuah kota yang terkenal akan wewangian bunga serta keindahan taman dan kebunnya. keindahan suasana kota lengkap dengan pesona alam berupa bukit, pegunungan, danau dan sungai-sungai yang mengaliri kota bunga lili ini. Di sisi lain kota Firenze, dapat kita jumpai galeri-galeri seni dan istana indah yang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan dari seluruh dunia.

Kota Florence memang sering disebut sebagai salah satu kota paling indah di dunia. Kota berjuluk Athena dari Italia yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1982 ini memang tersohor akan keindahan seni rupa dan arsitekturnya. Kota ini memang menawarkan deretan bangunan-bangunan dengan arsitektur menawan untuk memanjakan ratusan ribu pasang mata yang datang setiap harinya. Beberapa bangunan yang paling terkenal adalah Sant’Ambrogio, SS. Annunziata, Santi Apostoli Badia dari Florence, Orsanmichele, Basilica di Santa Croce, Basilica di San Lorenzo, Duomo, Santa Felicita , San Firenze dan San Gaetano .

Florence juga merupakan kota yang sering dikunjungi karena keberadaan museum dan galeri seninya. Beberapa museum yang dapat Anda kunjungi antara lain adalah Galleria degli Uffizi, Galleria dell’Accademia, Casa Buonarroti, Museum Arkeologi dan Museo Nazionale del Bargello. Florence adalah kota palazzos (istana). 

Anda akan menemukan sejumlah palazzos yang bagus di Florence. Beberapa palazzos paling penting termasuk Bargello, Palazzo Davanzati, Palazzo Fenzi, Palazzo Medici Riccardi, Palazzo Mozzi, Palazzo Pitti, Palazzo Rucellai, Palazzo Spini Feroni, Palazzo Strozzi, dan Palazzo Vecchio.

Kota ini mungkin salah satu tempat terbaik bagi pecinta makanan dan anggur khas Italia. Pengunjung dapat menemukan berbagai toko makanan, Enotecas (bar anggur), toko-toko gourmet dan trattoria hampir di setiap jalanan kota Florence. Masakan Italia seperti aneka sup lezat, risottos, maupun makanan laut khas Fiorentina dapat Anda nikmati disini.

Banyak tempat-tempat di kota ini yang tertutup bagi bus atau taksi lewat. Firenze adalah sebuah kota yang memohon para pejalan kaki untuk datang.Sering disebut juga sebagai museum terbuka, kota yang sarat dengan bangunan kuno ini memiliki banyak tempat yang bisa disinggahi dengan berjalan kaki, mulai dari Cattedrale di Santa Maria del Fiore, sampai jembatan bersejarah Ponte Vecchio.

Sepanjang jalan kita juga akan mudah menemui cafe, bar, atau restoran untuk bersantai mengistirahatkan kaki.

6.New York , United State Of America

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Dikenal sebagai "Empire State" atau "The Big Apple," New York City adalah kota metropolis multibudaya dan rumah bagi banyak orang terkenal dan berbakat. Jutaan pengunjung berduyun-duyun setiap tahun kota ini. New York telah banyak berubah, dari wilayah primitif menjadi sebuah hutan kota yang penuh pencakar langit. Sangat menarik untuk mengetahui cerita tentang kota besar ini yang telah membuatnya menjadi kota terbaik di planet ini. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang New York.

New York adalah kota terpadat di Amerika Serikat, dan pusat wilayah metropolitan New York yang merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Sebuah kota global terdepan, New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. 

Sebagai tempat markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, kota ini juga merupakan pusat hubungan internasional yang penting. Kota ini sering disebut New York City atau City of New York untuk membedakannya dari negara bagian New York, tempat kota ini berada.Terletak di pelabuhan alami besar di pantai Atlantik Amerika Serikat Timurlaut, kota ini terdiri dari lima borough: The Bronx, Brooklyn, Manhattan, Queens, dan Staten Island. Pada tahun 2009, jumlah penduduk kota ini diperkirakan mencapai 8,4 juta jiwa,dan dengan luas daratan 305 square mile (790 km2), New York City merupakan kota besar paling padat di Amerika Serikat.Jumlah penduduk wilayah metropolitan New York juga merupakan yang terbesar di Amerika Serikat dengan sekitar 19.1 juta jiwa memadati wilayah seluas 6.720 square mile (17.400 km2). 

Selain itu, Wilayah Statistik Gabungan yang mencakup wilayah metropolitan New York raya berisi 22.2 juta jiwa pada perhitungan sensus 2009 yang juga merupakan jumlah terbesar di Amerika Serikat.New York didirikan sebagai sebuah pos dagang komersial oleh Belanda pada tahun 1624. Permukiman ini dinamai Amsterdam Baru hingga 1664 ketika koloni ini berada di bawah kekuasaan Inggris.New York berperan sebagai ibu kota Amerika Serikat pada tahun 1785 hingga 1790.New York telah menjadi kota terbesar di negara ini sejak 1790.

Sebanyak 800 bahasa dipertuturkan di New York City sehingga menjadikannya kota dengan bahasa paling beragam di dunia.[9]Banyak distrik dan markah tanah di kota ini yang dikenal di luar negeri. Patung Liberty menyambut jutaan imigran ketika mereka datang ke Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Times Square, dijuluki sebagai "The Crossroads of the World" (Perlintasan Dunia), adalah hub distrik teater Broadway penuh cahaya, salah satu perlintasan pejalan kaki tersibuk di dunia, dan sebuah pusat industri hiburan besar dunia. 

Dilengkapi Wall Street di Lower Manhattan, New York City bersaing dengan London sebagai ibu kota keuangan dunia dan merupakan rumah bagi Bursa Saham New York, bursa saham terbesar di dunia menurut kapitalisasi pasar perusahaan yang terdaftar di sana. Pecinan asli di Manhattan menarik banyak wisatawan ke pinggiran jalan dan pertokoannya yang sibuk. Sekolah dan universitas kelas dunia seperti Universitas Columbia dan Universitas New York juga terdapat di New York City.

Siapa bilang kamu bisa tersesat di New York? Kota ini memiliki formasi dan nomor jalan yang sedikit. Di kawasan Manhattan misalnya, mudah sekali menemukan nomor jalan. Para pejalan kaki di kawasan yang ramai turis seperti Times Square juga tak perlu takut bersaing dengan padatnya lalu lintas karena trotoarnya dibuat sangat lebar.

7.Perth,Australia

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia. Kota ini merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Australia dengan 2,02 juta jiwa (hingga 30 Juni 2014) tinggal di Perth Raya.[1] Perth bagian dari Divisi Pertanahan Barat Daya Western Australia, mayoritas kawasan metropolitan Perth terletak di Swan Coastal Plain. Daerah pertama yang ditinggali berada di Swan River, sedangkan pusat bisnis utama dan pelabuhan Fremantle terletak di tepi laut. Kawasan Metropolitan Perth mencakup 30 local government areas, mulai dari Two Rocks di utara sampai Rockingham di selatan.

Perth adalah satu-satunya kota Australia yang terletak di Samudra Hindia. Bersiaplah untuk terpukau oleh kota yang senantiasa bergairah ini, kota yang memiliki hasrat terhadap masa lalu dan energi untuk masa depan. Selama di Perth, kalian dapat menjelajahi bar anggur yang modern, pantai bermandikan cahaya matahari, taman-taman hijau yang spektakuler, gedung pencakar langit yang berkilauan, lingkungan yang dengan arsitektur kolonial yang indah

Saat anda mengunjungi Perth, jangan lewatkan kesempatan untuk datang dan berjalan-jalan sejenak di taman kota terbesar di dunia, Kings Park dan Perth Botanic Garden. Selain menikmati segarnya udara dengan pemandangan hijau taman, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan spektakuler dari Sungai Swan dan Sungai Canning, horizon kota dan Darling Ranges saat anda menyusuri jalan dengan semak. Jangan lupa tutup hari anda dengan menikmati kopi sore sembari mengagumi taman-taman indah terawat.

Susuri jalanan di perth dan berbeloklah ke Hay Street untuk melihat koleksi ekletik butik, bar dan kafe di sepanjang Wolf Lane. Jangan lupa untuk bersantai di Subiaco, anda dapat menjajaki toko antik di sepanjang Oxford Street
Vancouver adalah kota pesisir pelabuhan yang terletak di propinsi British Columbia di sebelah barat Kanada. Vancouver adalah kota paling padat di kawasan ini dan ke-8 terpadat di Kanada.


8.Vancouver, Kanada

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Asal kota ini bermulai dari akhir abad ke-19 di industri perkayuan dimana Vancouver adalah tempat tinggal yang disebut ‘Granville’ (atau ‘Gastown’, setelah pemilik pabrik lokal membangun kedai minuman bagi pekerja disana). Kedai minuman ini yang terletak di waterfront dengan cepat berkembang luas menjadi Granville, dan kemudian Vancouver (yang dinamai dari Captain George Vancouver). Setelah Canadian Pacific Railway mulai berkembang luas, kota ini semakin ramai.

Pelabuhan kota ini adalah yang terbesar di Kanada, dan membuatnya menjadi pusat ekspor impor. Pemasukan signifikan lainnya berasal dari industri perfileman dan televisi, dimana Vancouver, karena keindahan alamnya juga sering dijadikan sebagai setting dari film dan TV show terkenal dari Amerika. Hal ini membuat Vancouver semakin menarik di mata turis dan mahasiswa internasional.

Vancouver adalah kota yang penuh dengan diversitas, dimana lebih dari setengah penduduknya memiliki bahasa pengantar utama non-Inggris. Terdapat populasi Asia yang besar di kota ini, dengan 25% di antaranya adalah pengguna bahasa Cina sebagai bahasa pengantar utama. Chinatown di Vancouver adalah ke-3 terbesar di Amerika Utara! Punjabi dan Vietnam juga merupakan bahasa-bahasa populer di sini.

Salah satu yang menjadikan Vancouver populer adalah karena dinobatkan sebagai kota ke-3 terbaik untuk ditempati di dunia (pada tahun 2014). Hal ini dikarenakan oleh faktor kebudayaan dan pendidikan (yaitu faktor-faktor yang menentukan kenapa mahasiswa internasional memilih untuk berkuliah di Kanada). Jadi, walaupun dengan biaya hidup yang cukup tinggi, gaya hidup Vancouver tetap merupakan sesuatu yang menarik.

Satu faktor penting juga adalah cuacanya yang cenderung lembab. Salju di Kanada hanya berlangsung kurang dari 15 hari dalam setahun, jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Kanada yang sering bersalju. Vancouver termasuk kota yang paling cerah di Kanada!

Leederville dan lanjutkan perjalanan anda ke Northbridge untuk mencari restauran bergengsi, melihat dan mencoba beragam busana rancangan para desainer, atau sekedar menikmati minuman bersama kawan di kafe-kafe moderen yang tersebar di wilayah tersebut.

Sebagai salah satu kota besar di Australia, Perth juga jadi kota yang ramah buat traveler yang hobi jalan kaki. Kota ini populer dengan cuaca yang bagus, pantai yang indah, dan pusat budaya. Jalan-jalan di Perth, kamu akan dengan mudah untuk singgah di restoran atau bar lokal.

Memang kota terbesar ketiga di Kanada, tapi Vancouver adalah surga bagi pejalan kaki. Pemerintah setempat sangat mendorong warganya untuk berjalan kaki. Salah satu yang paling populer adalah kawasan pejalan kaki yang indah di sepanjang False Creek ke Granville Island. Sempatkan untuk mampir ke pasar lokal untuk membeli bahan-bahan segar.

9. San Francisco, AS

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Kota San Francisco yang berbukit-bukit adalah kota terbesar nomor tiga belas di Amerika. Tiga kota lain yang lebih besar di negara bagian California, adalah Los Angeles, San Diego, dan San Jose. Tetapi tiap tahun San Francisco berada pada nomor satu atau dua di Amerika dalam jumlah wisatawan yang berkunjung.

Mungkin karena keadaan alamnya, kota itu sering diselubungi kabut sepanjang 40 bukit terjal yang menghadap Teluk San Francisco yang berkilauan.Banyak daerah tempat tinggal yang padat penduduknya di sekitar bukit-bukit itu penuh dengan rumah-rumah gaya zaman Victoria yang penuh hiasan, dan disebut “Painted Ladies”.

Mengingat pantai-pantainya yang indah, daerah perdagangan tepi laut yang ramai, dua jembatan paling megah di dunia, dan taman kotanya yang besar, tidak mengherankan kalau San Francisco merupakan tempat yang diidamkan dan mahal, untuk tempat tinggal, serta menyenangkan untuk dikunjungi.

Kota San Francisco memang sering diguyur hujan, tetapi musim dingin di San Francisco tidak parah, dan pada musim panas kota itu sejuk. Sejuk sekali.Daya tarik utama bagi para pengunjung di San Francisco adalah Chinatown, tempat komunitas Asia terbesar di luar Asia. Dan salah satu lambang San Francisco paling abadi adalah 37 kereta kabel yang disebut Cable Cars -- yang merupakan satu-satunya yang masih tersisa di dunia.

Kamu yang suka tantangan rasanya harus coba untuk traveling di San Francisco. Kota di California ini punya jalan berbukit yang sangat indah. Cuaca di kota ini relatif cerah berkat lokasinya yang berada di tepi pantai. Ada bangunan berwarna-warni dan Jembatan Golden Gate yang jadi ikon kota ini.

10.Montevideo, Uruguay

10-kota-yang-ramah-pejalan-kaki
Montevideo adalah ibu kota, pelabuhan utama dan kota terbesar di Uruguay (populasi 1,8 juta dari total sebesar 3,43 juta di Uruguay hingga tahun 2004).Montevideo terletak di sebelah selatan, di mulut sebelah utara muara Río de la Plata, 120 mil seberang dari Buenos Aires di sebelah selatannya.Kota ini didirikan pada 1725 oleh bangsa Spanyol. Pada 1828, Montevideo menjadi ibukota Uruguay. Nama lengkap asli Montevideo adalah San Felipe y Santiago de Montevideo.

Nama Uruguai berasal dari nama sungai Uruguay dari bahasa Guarani, yang mempunyai arti “Sungai Burung yang dicat” (river of the painted Birds). Burung nasional Uruguai adalah burung Southern Lapwing.ibu kota Uruguai adalah Montevideo, yang merupakan kota terpadat penduduknya di Uruguai.

Monevideo awal mula didirikan pada tahun 1726 sebagai benteng pertahanan oleh penjajah Spanyol. Pintu gerbang benteng masih berdiri di Independence Plaza. Uruguai mendeklarasikan kemerdekaannya dari Brazil pada tahun 1825. Tenggelamnya kapal perang Jerman, Graf Spee, oleh angkatan laut Inggris di luar pelabuha Montevideo pada tahun 1937 adalah salah satu penyebab terjadinya Perang Dunia II. Montevideo terkenal barbeque bakarnya yang dinamakan dengan “Parrillada”.

Montevideo di Uruguay juga jadi kota ramah pejalan kaki. Ibukota negara Uruguay ini sangat mudah dijangkau oleh traveler pejalan kaki. Suasana kota yang santai dan sunset yang populer, membuat Montevideo jadi kota yang romantis. Musisi jalanan, arsitektur kolonial dan menara Art Deco membuat Montevideo sayang untuk dilewatkan.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg