BREAKING NEWS

Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling


NusaPedia - Traveling adalah untuk semua orang. Siapa pun tentu sangat ingin dan berminat melakukan perjalanan untuk melihat dunia, termasuk kamu yang memiliki kepribadian introvert.Beberapa orang terkenal yang memiliki kepribadian introvert adalah Courteney Cox (artis Hollywood terkenal), Laura Bush (istri presiden Amerika Serikat ke 43), Mahatma Gandhi (pemimpin nasionalisme India), dan Christina Aguilera (penyanyi pop Hollywood).Selain itu, ada juga J.K. Rowling (penulis novel terkenal Harry Potter), Emma Watson (artis terkenal Hollywood), Abraham Lincoln (presiden Amerika Serikat ke 16), dan Albert Einstein (penemu bola lampu).

Sebanyak sepertiga dari setengah populasi dunia merupakan orang-orang dengan kepribadian introvert. Bagi para introvert, teman duduk di pesawat atau kereta, group tour, serta bed and breakfast, semua akan terasa seperti mimpi buruk bagi para traveler dengan kepribadian introvert.“Introvert berorientasi pada keinginan dan perasaan mereka masing-masing,” ujar psikolog dari University of Washington, Jonathan Bricker. Bricker juga menjelaskan bahwa para introvert akan merasa overstimulated jika harus memiliki kesempatan berbicara dengan para ekstrovert.

Para introvert juga senang pergi ke tempat yang baru, bertemu dengan orang-orang yang baru, serta berada dalam sebuah kelompok. Hanya saja hal ini biasanya akan sangat menguras energy mereka dan mereka akan membutuhkan waktu untuk sendiri dan recharge energy.Namun, tenang saja, memiliki kepribadian introvert bukan berarti menghalangi keinginanmu untuk menjelajahi dan melihat dunia. Berikut ini kita akan membahasnya dalam dengan cara-cara ini, kamu yang introvert pun bisa melihat dunia.

1. Beri Tahu Teman Travelingmu

Tips Travelling Untuk Introvert
Jika kamu memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan traveling bersama teman-temanmu, pastikan kamu telah memberi tahu mereka terlebih dahulu bahwa kamu adalah seorang introvert. 

Terlebih lagi jika kamu dan teman-teman travelingmu belum mengenal secara dekat sehingga mereka tidak akan salah kaprah denganmu.

Ya, hal ini berlaku jika kamu pergi dengan satu atau lebih extrovert. Dengan demikian, mereka akan memahami bahwa kamu juga membutuhkan waktu untuk sendiri. Waktu tersebut juga merupakan cara bagaimana kamu dapat melakukan kegiatan traveling dengan mereka.

2. Bawa Headphone, Masker Tidur, Buku atau E-book

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa TravellingBawa Headphone, Masker Tidur, dan Lain-lainBagi para introvert, berada di sebelah orang yang suka berbicara di pesawat atau kereta adalah sebuah mimpi buruk. Biasanya, untuk dapat berbicara dengan orang lain terutama orang yang tidak dikenal akan membutuhkan usaha dan waktu yang lebih bagi para introvert.

Nah, salah satu cara mudah agar dapat terhindar dari percakapan yang justru akan membuat para introvert merasa bingung adalah dengan mendengarkan lagu melalui headphone, tidur dengan masker tidur atau membaca buku. Dengan demikian, kamu akan menjadi sibuk sendiri.

3. Memilih Duduk di Aisle Seat

Tips Travelling Untuk Introvert
Saat memilih tempat duduk di pesawat, ada banyak pertimbangan yang biasanya menjadi alasan mengapa ingin duduk di bagian tersebut. Misalnya saja jika kamu sering ke toilet, maka tempat duduk di dekat lorong kabin pesawat adalah tempat terbaik. Namun bagi kamu yang ingin tidur tanpa gangguan selama perjalanan pasti lebih suka duduk di dekat jendela.

Memilih duduk di deretan kursi dekat lorong (aisle) memungkinkan kamu memiliki ruang kaki yang lebih lega karena kamu bisa meluruskan kaki dengan leluasa di lorong kabin. Namun ketika kamu duduk di dekat lorong, kamu harus siap ‘diganggu’ penumpang lain yang ingin ke toilet.
 
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Aisle Seat Salah satu trik lainnya yang dapat kamu terapkan dalam melakukan perjalanan adalah dengan memilih duduk di bagian aisle seat. Dengan duduk di aisle seat, kamu menjadi tidak harus pusing berbicara dengan orang lain jika hendak pergi ke toilet.Berada di tengah grup tentu akan membuat introvert merasa tidak nyaman. Sehingga, yang paling tepat adalah degan berada di aisle seat yang akan memudahkan mobilitasmu.

4. Tidak Memilih untuk Menginap di Penginapan dengan Jenis Bed and Breakfast Atau Hostel

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa TravellingMenginap di Hotel Backpacker tentu akan lebih memilih untuk menginap di hostel atau di penginapan dengan jenis bed and breakfast. Dari segi budget, tentu saja harganya akan jauh lebih terjangkau. Selain itu, backpacker akan dapat mengenal banyak orang-orang baru dan saling bertukar pengalaman.

Namun, jika kamu adalah seorang introvert, berada di penginapan dengan jenis tersebut agak kurang direkomendasikan. Alih-alih menginap di penginapan dengan jenis bed and breakfast atau hostel, kamu dapat memilih untuk menginap di hotel konvensional.

Dengan menginap di hotel biasa, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi anonim dan tidak harus bersosialisasi dengan orang lain. Orang-orang juga bisa meninggalkan kamu sendiri. Kamu juga dapat merasa lebih nyaman karena tidak harus berusaha untuk bersosialisasi dengan orang lain, bukan?

5. Pergilah ke Tempat yang Jauh Dari Garis Ekuator

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Pergi ke Tempat yang Jauh dari Garis Equator Selanjutnya, untuk masalah destinasi wisata tujuanmu. Kamu dapat memilih untuk mengunjungi tempat yang jauh dari garis ekuator. Hal ini terjadi karena semakin dekat kamu dengan garis equator berarti semakin dekat pula dengan interaksi sosial.Penelitian menunjukkan di Amerika Selatan, kamu akan membutuhkan 18 hingga 24 inch untuk personal space. 

Sementara itu, di Amerika Utara, kamu membutuhkan sekitar 3 kaki dan di Iceland serta Finlandia kamu membutuhkan sekitar 4 kaki untuk personal space.Kunjungilah destinasi wisata yang jauh dari garis equator agar kamu dapat merasa lebih nyaman. Sebagai rekomendasi, kamu dapat mengunjungi Iceland, Finlandia atau New Zealand.

6. Membekali Diri dengan Banyak Tour Application

Bagi para introvert, berada di antara group tour tentu terasa tidak menyenangkan karena kamu harus stuck dengan jadwal di antara grup yang padat dan kaku, serta harus mendengar penjelasan dari tour guide mengenai latar belakang suatu tempat.Hal-hal tersebut jelas akan terasa tidak menyenangkan bagi para introvert. 

Untuk itu, alih-alih mengikuti tur, akan terasa lebih nyaman jika kamu mempersiapkan sendiri rencana traveling-mu.Selalu bekali diri dengan informasi serta banyak tour application yang akan mampu membantumu dalam menjelajahi destinasi wisata yang baru. Kamu dapat memulainya dengan menyewa mobil dan mendownload local tour application . Selanjutnya, kamu dapat mengeksplor sendiri destinasi wisata tujuanmu.Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan membaca banyak buku panduan wisata seperti NusaPedia. Hal ini tentu akan membantumu dalam mempersiapkan liburan terbaikmu selama berada di suatu tempat.

7. Mencoba Aktivitas Fisik atau Mengikuti Kelas-Kelas Tertentu

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Mengikuti Kelas TertentuTraveling dapat menjadi salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk keluar dari zona nyaman serta rutinitas. 

Nah, tentu saja kamu dapat membekali diri dengan mencoba sesuatu yang baru selama kamu melakukan kegiatan traveling.

Cobalah untuk mencoba aktivitas fisik atau mengikuti kelas-kelas tertentu selama kamu melakukan kegiatan traveling. Hal ini juga sangat berguna jika kamu harus melakukan aktivitas traveling ini bersama orang lain.Beberapa aktivitas fisik yang dapat kamu lakukan misalnya hiking atau surfing. Ambillah kelas untuk membuatmu bersemangat dalam menjalani aktivitas fisik ini.Kamu juga bisa mengambil kelas-kelas tertentu ketika kamu pergi mengunjungi suatu tempat. Misalnya, kelas memasak dan kelas bahasa. 

Dengan ikut beraktivitas, kamu dapat menemukan cara untuk lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain tanpa harus berkomunikasi terus-menerus sepanjang waktu.Selain dapat melatih kepercayaan dirimu agar dapat bersosialisasi dengan orang lain, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu tambahan karena berhasil mengikuti kelas tertentu. Hal ini tentu akan membuatmu merasa senang dan live at the moment.

8. Menjadi Fotografi Amatir

Siapa yang tidak menyukai kegiatan traveling dan mengabadikannya dalam foto. Termasuk juga kamu. Kamu dapat mencoba menjadi fotografi yang amatir ketika kamu pergi mengunjungi suatu tempat.Berada di balik kamera tentu akan membuatmu merasa jauh lebih nyaman jika dibandingkan dengan kamu harus berinteraksi dengan orang lain. 

Pelajarilah tips-tips fotografi travel sederhana yang akan membuatmu semakin bersemangat dalam mempelajari fotografi dan menghasilkan foto-foto yang indah.Kamera juga dapat menjadi alasan terbaikmu ketika kamu hendak pergi dari situasi sosial yang membuatmu tidak nyaman. Kamu dapat mempersilakan diri sebentar dengan alasan ingin mengambil foto-foto di tempat lain.

9. Membuat Jadwal

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Membuat Jadwal Ya, selalu persiapkan diri dengan membuat jadwal yang detail dan rinci terkait dengan kegiatan liburanmu di suatu tempat. Selain itu, usahakanlah untuk patuh dan disiplin pada jadwal yang sudah kamu buat.Cobalah hal-hal sederhana seperti bangun lebih pagi dari pada traveling partner atau keluargamu yang sama-sama pergi ke destinasi wisata tujuanmu tersebut, atau menyisihkan waktu untuk membaca lebih dalam tentang destinasi wisata tujuanmu sebelum kamu tidur.

Ingatlah selalu bahwa otakmu membutuhkan recharge. Untuk itu, selalu pastikan bahwa kamu mampu me-recharge kembali energimu dengan cara ini. Agar lebih sederhana, cobalah untuk selalu merencanakan jadwal harianmu. Dengan demikian, semua waktumu akan terpakai secara lebih berkualitas.

10. Membawa Jurnal Traveling Kemana pun Kamu Pergi

Tips Travelling Untuk IntrovertDengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Menulis Jurnal Traveling Usahakanlah untuk selalu membawa jurnal traveling kemana pun kamu pergi. I

ngatlah bahwa kamu dapat menuangkan seluruh perasaanmu ketika kamu pergi kemana pun, asalkan kamu membawa jurnal traveling.Selalu tulis semua emosi yang kamu dapat ketika kamu pergi ke suatu tempat. Tentu saja emosi tersebut bermacam-macam, seperti bahagia, senang, tertawa, kecewa hingga lelah. 

Tulislah hal-hal yang menjadi pemicu emosimu di jurnal tersebut.Nah, hal ini tentu akan menjadi sangat baik untukmu yang introvert. Dengan demikian, para introvert akan memiliki wadah untuk mengekspresikan diri.

11. Menggunakan Jasa Room Service

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Menggunakan Jasa Room ServiceKetika sedang mengunjungi suatu destinasi wisata tertentu, biasanya kamu yang introvert akan merasa sedikit bermasalah dengan makan tiga kali sehari. 

Hal ini berarti kamu harus keluar dan bersosialisasi dengan orang luar untuk dapat melakukan kegiatan makan, baik sarapan, makan siang maupun makan malam.Nah, ketika kamu sedang malas atau tidak ingin terlibat interaksi sosial dengan orang lain, kamu dapat memanfaatkan jasa room service yang terdapat di penginapanmu. 

Kamu dapat memesan dari room service dan membeli makan di penginapanmu.Terdapat alternative kegiatan lain yang dapat kamu tempuh agar dapat merasa nyaman ketika jam makan tiba. Sebelumnya, siapkan dirimu dengan pergi ke swalayan dan membeli stok makanan untukmu. Dengan demikian, kamu tidak harus meminta tolong pada room service untuk urusan makananmu. Nikmatilah makanan tersebut di dalam kamar.

12. Memilih Destinasi yang Sesuai dengan Level Energi

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Destinasi Sesuai Level Energi Penting sekali bagimu untuk mencari destinasi wisata tujuan yang sesuai dengan level energimu. 

Tentunya hal ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu memang adalah seseorang dengan tipe yang menyukai pulang malam, maka kamu dapat memilih untuk pergi ke daerah Cancun atau Ibiza.Nah, namun jika kamu adalah tipe orang yang lebih menyukai ketenangan, kamu dapat memilih untuk pergi ke tempat-tempat yang lebih tenang seperti di Iceland atau New Zealand.

Kamu juga bisa untuk mencari-cari tempat yang cocok untuk wisata budaya bagi kamu yang menyukai mengeksplor budaya. Kamu dapat memilih untuk melakukan kegiatan slow travel. Kegiatan ini bagus untukmu agar dapat lebih meresapi berada di suatu tempat daripada mengejar target harus dua hingga tiga tempat dalam satu hari.Pada intinya, kamu tidak harus memforsir tenagamu dengan melakukan kegiatan traveling semaksimal mungkin. Nikmatilah kegiatan travelingmu, pada intinya cobalah untuk merasa nyaman terhadap aktivitas yang sedang kamu lakukan ini.

13. Tahu Apa yang Kamu Butuhkan dan Bagaimana Kamu Mendapatkannya

Tips Travelling Untuk Introvert
Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling.Tahu Apa yang Kamu Butuhkan Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah kamu harus mengetahui apa yang kamu butuhkan dan bagaimana kamu mendapatkannya. Ya, pastikan kamu mengetahui apa yang kamu butuhkan selama kamu melakukan aktivitas traveling ini.

Akan sangat menyenangkan jika kamu tidak harus merasa stress menghadapi kegiatan traveling yang sedang kamu jalani. Selain itu, cobalah untuk lebih mengenal kebudayaan destinasi wisata tujuanmu tersebut.Jika kamu sedang melakukan kegiatan wisata bersama orang lain, kamu sebaiknya mengetahui kapan kamu harus sendiri dan kapan kamu harus traveling bersama grup. Tempatkan dirimu agar kamu dapat merasa lebih nyaman.

14. Jangan Takut untuk Pergi Sendiri

Tips Travelling Untuk IntrovertDengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa TravellingJangan Takut untuk Pergi SendiriDalam hal melakukan kegiatan traveling, kamu tentu memiliki nilai positif tersendiri untuk melakukan kegiatan traveling sendiri jika dibandingkan dengan para ekstrovert.

Kamu memiliki kelebihan karena berani berada sendiri dan tidak takut mengambil resiko agar dapat menjadi lebih mandiri dari sebelumnya. Kamu juga tidak akan takut berada sendiri di tengah kota, serta melakukan banyak kegiatan seorang diri.Selain itu, kamu juga berani mencoba tidak membuat jadwal kegiatan sebelumnya. Kamu berani menjelajahi kota hanya dengan kamera sebagai temanmu. Tentu saja hal ini adalah sebuah nilai positif yang dapat kamu ambil manfaatnya.

Kamu juga tidak akan takut untuk menikmati es krim dalam jumlah yang besar. Kamu juga tidak perlu merasa khawatir jika harus tidur cepat hanya karena kamu ingin. Kamu dapat melakukan banyak hal yang kamu inginkan, bukan?Kamu menjadi tidak harus terlalu banyak berfikir tentang orang lain. Jika kamu merasa ingin memiliki teman, maka kamu akan mencari satu orang yang sekiranya cocok denganmu. Namun, ketika kamu hanya ingin sendiri, maka kamu tidak akan keberatan dengan hal tersebut.

15. Pilihlah Partner Secara Hati-hati

Dengan Cara-Cara Ini, Kamu yang Introvert pun Bisa Travelling Memilih Partner secara Hati-Hati jika kamu memilih untuk memiliki partner untuk pergi ke suatu tempat, maka sebaiknya kamu memilih partner secara hati-hati. Sebab, salah-salah memilih partner traveling akan menyebabkanmu harus terjebak dalam percakapan super lama dalam sebuah road trip.

Sangat penting untuk mencari partner traveling yang mengerti akan kebutuhanmu. Ya, untuk itu kamu memang wajib memilih partner traveling yang terbaik.Jika kamu memilih untuk melakukan kegiatan traveling bersama satu orang partner, maka bisa jadi itu adalah keputusan yang tepat. Pastikan temanmu ini memahami karaktermu dan mau menyesuaikan diri denganmu. Atau, kamu bisa memilih teman yang juga memiliki kepribadian introvert sepertimu. Dengan demikian, kalian tidak akan merasa keberatan jika harus terjebak dalam keheningan.

Jika kamu memilih untuk melakukan kegiatan traveling bersama dua orang partner, maka hal ini sudah cukup ideal. Kamu dapat membiarkan dua orang selain kamu berbicara dan kamu dapat mengambil peran sebagai penonton. Semua akan merasa senang.Jika kamu memilih untuk melakukan kegiatan traveling bersama tiga atau lebih orang, maka hal ini tidak begitu direkomendasikan. Kamu tentu akan terjebak dalam situasi yang akan memaksamu untuk ikut dalam percakapan.Nah, itulah dia pembahasan mengenai dengan cara-cara ini, kamu yang introvert pun bisa melihat dunia.Happy traveling! 

Sumber Artikel : http://jalan2.com/forum/topic/18603-dengan-cara-cara-ini-kamu-yang-introvert-pun-bisa-melihat-dunia/

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg