BREAKING NEWS

Pantai Trikora : Menikmati Pasir Putih Dan Ombak Yang Landai


Pantai Trikora - NusaPedia - Pantai Trikora menyimpan sejuta keindahan yang mempesona.Pantai Trikora sendiri diambil dari “three corral”, yang merupakan sebutan dari wisatawan asing saat mereka berkunjung ke pantai ini. Sedangkan menurut sumber lain, nama Pantai Trikora diambil dari salah satu sejarah Indonesia Tri Komando Rakyat. Saat itu pantai ini merupakan benteng pertahanan terluar Indonesia.
Pantai Trikora

Pantai Trikora 

secara administratif terletak di desa Malang Rapat, kecamatan Gunung Kijang, kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau. Pantai ini berjarak sekitar 45 km ke arah timur dari ibukota provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Dengan kata lain butuh waktu sekitar 1-1,5 jam berkendara menuju ke pantai ini.

Riau Island sendiri masih terkenal di kalangan turis luarnegeri karena keindahan wisata pantainya yang salah satu daripantai-pantai tersebut adalah Pantai Trikora. Pantai ini memiliki banyaksekali daya tarik sehingga tidak sedikit beberapa pengunjungnya yangmengabadikan keindahan pantai dalam foto, gambar, bahkan video.Kecantikan pantai yang melandai ini terletak pada pasirnya yang putih,halus, dan bersih, sedangkan gradasi air lautnya sendiri sangat indahdengan dua warna biru kehijauan yang bening dan jernih.
Banyak sekalikegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini beserta fasilitas-fasilitasyang cukup lengkap untuk objek wisata alam pantai. Berikut informasimengenai fasilitas di Pantai Trikora, mulai dari penginapan, harga tiket masuk, lokasi persis, hingga jalan dan cara menuju ke tempat tersebut.

Mengapa Anda Harus Kesana..??

Pantai TrikoraDi Pantai Trikora yang memiliki garis bibir pantai sepanjang hampir 25 KM terdapat banyak pepohonan pantai seperti pohon kelapa, pohon bakau, hingga pohon pinus yang menambah kecantikan pantai.

Perjalanan ke pantai ini cukup panjang dan melelahkan, tetapi jangan kecewa dulu. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, seperti pemandangan jajaran perkampungan nelayan, lokasi konservasi lamun dan mangrove, serta resor-resor mewah yang cantik.

Sesampainya di sana, Anda akan disuguhi oleh pemandangan pasir putih yang lembut, air laut biru jernih, lengkap dengan pohon kelapa yang menari-nari karena angin laut. Pantai ini cukup dangkal dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga Anda dan anak-anak bisa melakukan kegiatan berenang. Meskipun demikian, Anda tetap harus hati-hati karena ketika air pasang, arus air bisa menjadi cukup kuat.

Terdapat banyak pepohonan yang bejajar di sisi pantai untuk tempat berteduh. Selain kelapa, jenis pohon yang tumbuh di sini adalah bakau, yang juga bisa menjadi pelindung dari sengatan matahari. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri garis pantai sambil menikmati sepoi angin atau mencoba berbaring di pasir pantai yang hangat. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut di pantai ini dengan mencoba kegiatan snorkeling.

Pantai Trikora
Salah satu hal menarik yang dapat Anda temukan di sini adalah kelong. Kelong sendiri merupakan perangkap ikan yang terbuat dari kayu dan digunakan oleh nelayan untuk memasang jaring ikan di tengah laut. Kelong ditopang oleh drum-drum plastik agar dapat mengapung di permukaan laut. Metode panangkapan ikan ini digemari nelayan di Pantai Trikora karena mudah untuk dipindahkan sesuai keinginan.

Di seberang Pantai Trikora, Anda bisa menemukan Gua Santa Maria. Gua ini dibangun oleh para pengungsi Vietnam yang sedang melindungi diri selama masa peperangan. Di sekitar Gua Santa Maria ditumbuhi pepohonan besar dengan deadunan rindang yang menggantung di mulut gua dan membuatnya terlihat semakin indah. Di sekitar gua juga tumbuh bunga bougenvil yang cantik. Di dekat gua ini terdapat gereja bagi Anda yang ingin malakukan doa dengan khusuk.

Wisata Kuliner

Pantai Trikora
Setelah puas menjelajah Pantai Trikora, jangan lupa untuk singgah di kawasan Sungai Enam. Tempat ini merupakan lokasi kuliner favorit para wisatawan setelah berkunjung ke pantai. Bagi Anda penggemar seafood dapat mencoba kuliner berbahan gonggong khas dari Sungai Enam. Gonggong adalah hewan semacam siput yang memiliki ras mirip cumi-cumi dengan ukuran lebih besar dari siput lainnya. Seperti penyajian kerang, biasanya gonggong di rebus kemudian dinikmati bersama sambal kacangan.

Makanan yang harus Anda coba selain seafood di sini adalah otak-otak ikan. Pulau Bintan terkenal dengan makanan khas otak-otak ikannya. Otak-otak ikan di sini berbeda dengan otak-otak ikan lainnya. Dengan bentuk seperti pepes, otak-otak ikan ini berisi ikan tenggiri yang digiling sangat lembut. Tentu rasanya lezat sekali jika dinikmati dengan nasi panas.

Bagaimana Dengan Akomodasinya..??

Membicarakan seputar kuliner dan tempat makan di Pantai Trikora,turis tak perlu khawatir akan hal tersebut karena di pantai sendiritersaji warung makan, cafe, hingga restoran sekalipun. Wisata kuliner disini dapat dilakukan dengan mencicipi berbagai macam masakan khasSumatera, santapan tradisional Indonesia, maupun makanan khas luarnegeri.

Pantai Trikora
Kebanyakan kuliner yang disajikan adalah yang berbahan dasarikan laut atau seafood, seperti otak-otak ikan, gurita asam pedas,hingga pempek khas Palembang. Pengunjung bahkan bisa membeli bahanolahan dari laut sendiri melalui nelayan dan membakarnya langsung dipinggiran pantai. Hal tersebut banyak dilakukan oleh beberapa wisatawandan backpacker, bahkan ada beberapa spot untuk mendirikan kemah dancamping disini.

Fasilitas dan akomodasi di sekitar Pantai Trikora relatif lengkap, seperti hotel mewah hingga guesthouse dengan tarifnya terjangkau, mulai dari Rp. 250.000,-/malam. Di sana juga tersedia pondok-pondok tempat beristirahat yang bisa disewa seharian dengan biaya Rp. 30.000,-. Tersedia juga berbagai macam olahraga air seperti banana boat, kano, layang-layang dan sebagainya.

Fasilitas lain seperti toilet dan tempat bilas badan juga tersedia. Cukup dengan Rp. 3000,- saja, Anda bisa membilas badan sepuasnya. Dalam hal kuliner pun, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Berbagai jenis makanan berjejer di sepanjang pantai siap untuk disantap

Pantai Trikora dikenal dengan keindahan panoramanya. Pantai ini juga memiliki air yang jernih dengan ombak laut yang tenang sehingga cukup aman digunakan bermain, berenang dan snorkeling. Di sepanjang pesisir pantainya yang memanjang sejauh 25 kilometer ini berjajar banyak sekali resor mewah.

Bagaimana Cara Anda Kesana..??

Rute Menuju Pantai Trikora Perjalanan menuju Pantai Trikora ini akan lebih mudah jika mengambilpenerbangan menuju Batam, banyak sekali maskapai yang menawarkan pesawatdengan arah ke Batam. Salah satunya dari Bandara Soekarno Hatta diJakarta ke Bandara Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau.
Sedangkan setelah sampai di Batam, jangan dulu menghela nafas lega karena letak Pantai Trikora sendiri masih berada di pulau lain yang berada diseberang Kota Batam. Sampai di Kota Batam, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Telaga Punggur, ada baiknya pengunjung menaiki taksi ataumenyewa kendaraan kesini. Karena transportasi umum menuju PelabuhanTelaga Punggur di Batam ini masih sangat jarang dan tidak sering terlihat.


Liburan di Kepulauan Riau, terutama di Pantai Trikora ini tidak perlu repot-repot dan mahal-mahal karena pihak pengelola masih membebaskan harga tiket masuknya. Memasuki Pantai Trikora dari segi manapun mulai dari Pantai Trikora 1 hingga 4, pengunjung tidak akan dikenakan biaya retribusi apa-apa. Sedangkan untuk fasilitas lain seperti parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan dapat menitipkan mobil atau motornya dipelataran parkir pada tempat-tempat makan di sekitar sini.
Pengunjung pastinya akan dikenakan biaya parkir sesuai dengan harga yang diberlakukan oleh masing-masing pihak. Sedangkan dari Pantai Trikora sendiri, pengunjung dapat memasuki kawasan pulau kecil lainnya dimana pelancong harus menyebrang menggunakan perahu.Jalan untuk mengakses Pantai Trikora sudah cukup baik, bahkan bisa dilalui hingga empat lajur mobil.
Untuk sampai di pantai ini, Anda bisa menempuh perjalanan dari Tanjung Pinang sampai dengan perbatasan Kabupaten Bintan. Sayangnya tidak ada akses angkutan umum yang mampu mengantar Anda hingga pantai ini. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk menyewa mobil beserta sopirnya. Atau Anda bisa menyewa sepeda motor dengan biaya kurang lebih 100.000 Rupiah per harinya. Sedangkan untuk sewa mobil sekitar 200.000 sampai 400.000 Rupiah lengkap dengan sopir.

Know Before You Go..!!

Pantai Trikora
  • Fasilitas lain yang tersedia di pantai ini antara lain banana boat, kano, penyewaan pelampung, alat pancing dan juga snorkeling. Jangan lewatkan pula aneka menu kuliner seafood yang dijual di rumah makan yang ada di pesisir pantai
  • Makanan yang harus Anda coba selain seafood di sini adalah otak-otak ikan. Pulau Bintan terkenal dengan makanan khas otak-otak ikannya. Otak-otak ikan di sini berbeda dengan otak-otak ikan lainnya. Dengan bentuk seperti pepes, otak-otak ikan ini berisi ikan tenggiri yang digiling sangat lembut. Tentu rasanya lezat sekali jika dinikmati dengan nasi panas.
  • Di seberang Pantai Trikora, Anda bisa menemukan Gua Santa Maria. Gua ini dibangun oleh para pengungsi Vietnam yang sedang melindungi diri selama masa peperangan. Di sekitar Gua Santa Maria ditumbuhi pepohonan besar dengan deadunan rindang yang menggantung di mulut gua dan membuatnya terlihat semakin indah. Di sekitar gua juga tumbuh bunga bougenvil yang cantik. Di dekat gua ini terdapat gereja bagi Anda yang ingin malakukan doa dengan khusuk.
Bagaimana Sahabat NusaPedia apakah anda ingin Menikmati Pasir Putih Dan Ombak Yang Landai yang terdapat di Pantai Trikora.Jika Anda berkunjung ke pulau batam,jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Trikora sebagai destinasi tujuan wisata anda.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg