BREAKING NEWS

Menu

Lembah Besoa : Menapaki Lembah Penuh Misteri yang Menakjubkan


Lembah Besoa - TravelEsia - Lembah Besoa Secara administrasi, Lembah Besoa yang menjadi incaran para pelancong dan juga peneliti ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL). Dengan luas mencapai ribuan kilometer persegi, kawasan ini memiliki banyak hutan yang masih alami, satwa endemis yang memukau seperti tarsius, dan deretan lembah yang mengagumkan.

lembah besoa

Lembah Besoa

Dari beberapa lembah yang hadir dan dikelilingi bukit, Lembah Besoa adalah yang terbaik. Di lembah yang dikelilingi sawah dan pegunungan ini, kamu bisa menemukan banyak situs megalitikum. Banyak patung batu dengan bentuk mirip manusia yang berdiri di atas tanah atau sedikit muncul ke permukaan.

Tadulakao adalah satu satu arca yang paling fenomenal di Lembah Besoa. Patung ini mempunyai simbol panglima di dada, mata bulat melotot, memakai ikat kepala (pekabalu), dan bagian pelipis terdapat benjolan yang menunjukkan telinga, tangan mengarah ke alat kelamin yang menonjol.1 Para ahli arkeolog menduga megalitikum di Lembah Besoa ini berusia 3000-4000 sebelum masehi. Sulit dimengerti bagaimana para leluhur bisa “menciptakan” megalitikum di padang rumput yang dikelilingi oleh perbukitan kecil. Batu mega tersebut dipahat lalu digotong ke Lembah Besoa yang tingginya seribu meter di atas permukaan lautSelengkapnya.

Mengapa Anda Harus Kesana..?? 

lembah besoa
Bertempat di Lembah Bada, Lembah Napu, Lembah Besoa dan Lembah Baso. Batuan-batuan megalithic dengan bentuk cantik ini terhampar diseluruh daerah lembah. Dari yang berbentuk ukiran manusia, hewan , Kalamba dan masih banyak lagi. Menurut sumber yang ada, jumlah bebatuan megalithic ini ada 1.451 buah. Batuan ini merupakan peninggalan pra sejarah yang disinyalir lebih tua dari Candi Borobudur, tetapi belum ada yang mengetahui tujuan dan kegunaan batuan – batuan tersebut pada jaman dahulu.

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan pegunungan yang didominasi oleh batuan granit. Apabila dilihat dari atas akan nampak bentuk-bentuk cantik batuan ukiran yang besar. Batuan megaliyhic ini mempunyai ukuran yang besar, bahkan yang paling besar mencapai ukuran berdiameter 4 meter.

lembah besoa
Batuan megalitihc yang paling terkenal adalah Watu Palindo dengan posisi miring, batuan berada di Lembah Bada. Dinamakan Palindo yang berarti sang penghibur ini betul adanya, Watu Palindo ini nampak berwajah ceria dan ramah. Palindo ini seakan menyirakatkan kesan keramahan khas anak-anak. Tinggi batu ini mencapai sekitar 4 meter dengan ukiran berbentuk tubuh oval memiliki mata yang bulat dan hidung besar yang memanjang kebawah. Pahatan mulut yang dalam berbentuk sebuah senyuman melengkapi indahnya batuan megalithic ini. 

Selain Watu Palindo, Batu yang terkenal lainnya adalah Langka Bulawa. Ukiran batu ini berukiran sosok wanita dan mempunyai arti nama Ratu bergelang kaki emas. Mempunyai ukiran yang hampir sama dengan Watu Palindo tetapi mempunyai kesan raut muka sebagai sosok wanita. Kedua patung ini berjarak sekitar 5 kilometer jauhnya. Namun diantara kedua bebatuan ini juga terdapat bebatuan lain. Decak kagum kepada pemahat batuan ini, karena batuan granit ini terkenal dengan batuan yang sangat keras. Belum diketahui bagaimana mereka memahat dan menghasilkan karya yang begitu cantiknya.

Selain hamparan bebatuan megalithic, di Taman Nasional Lore Lindu ini juga masih kental dengan adat istiadat suku Lore. Selain pemandangan bebatuan dan sawah hijau terbentang, disana juga akan ditemui rumah adat suku lore yang berjajajar. Rumah kayu yang beratap ijuk dan berdinding bambu ini bisa mnejadi pilihan menginap apabila baru berada disana. Warga suku Lore ini sangat ramah apabila ada tamu yang datang ke rumah mereka.

Bagaimana Cara Anda Kesana..??

Untuk mencapai ke Taman Nasional Lore Lindu Lindu bisa menggunakan mobil pribadi. Apabila dari Kota Palu mencari arah tujuan Kota Tantena yang bisa ditempuh selama 7 – 9 jam perjalanan. Dari Kota Tantena menuju ke Lembah Bada bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan. Disarankan kendaraan pribadi harus benar-benar fit karena akses jalan apabila hujan akan berlumpur tebal.

Bagaimana Dengan Akomodasinya..??

Ada beberapa shelter dan penginapan di Area Taman Nasional Lore Lindu dengan harga yang bervariasi.

Know Before You Go..!! 


  • lembah besoaDari beberapa lembah yang hadir dan dikelilingi bukit, Lembah Besoa adalah yang terbaik. Di lembah yang dikelilingi sawah dan pegunungan ini, kamu bisa menemukan banyak situs megalitikum. Banyak patung batu dengan bentuk mirip manusia yang berdiri di atas tanah atau sedikit muncul ke permukaan.
  • Sebelum sampai ke kawasan yang cukup tersembunyi di dalam hutan yang tebal, kamu harus melalui medan yang cukup ganas. Saat musim hujan, jalanan yang terletak di tengah hutan akan dipenuhi lumpur. Untuk menerobos kamu membutuhkan kendaraan besar seperti jeep atau motor trail yang kadang masih terperangkap.
  • Disarankan datang ke Lembah Besoa  saat musim kemarau saja. Selain menghindari medan yang cukup menantang, hujan-hujan di tengah hutan yang masih liar dan dipenuhi binatang buas juga sangat berbahaya. Jadi, sebelum membelah hutan, pikirkan terlebih dahulu dengan matang.
  • lembah besoaSetelah perjalanan yang cukup menantang dan melelahkan, kamu akan tiba di padang yang sangat luas dan dipenuhi oleh situs megalitikum. Banyak patung batu yang sampai sekarang tidak juga diketahui siapa pembuatnya dan fungsinya untuk apa. Semua berjajar dan ada beberapa yang masih terpendam dan dibiarkan begitu saja agar keasliannya terjaga.
  • Selain patung batu yang masih berselimut misteri, beberapa batu dengan model kuali atau alat masak juga ditemukan di sini. Semuanya masih lengkap meski beberapa di antaranya pecah karena ulah manusia atau faktor alam. Rata-rata benda megalitikum yang ditemukan di sini berusia ribuan tahun.
  • Selain menemukan banyak patung batu yang sangat tua, kamu juga bakalan menemukan rumah kuno yang kerap dijadikan spot berfoto. Rumah yang berbentuk segi empat dengan atap piramida ini dilapisi oleh daun rumbia serta beberapa ijuk. Bagian bawah dari rumah ini disangga oleh kayu dan tidak memiliki dinding pelindung.
Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda tertarik untuk Menapaki Lembah Penuh Misteri yang Menakjubkan.sempatkanlah untuk mengujungi Lembah Besoa Mari kita dukungindonesia sebagai destinasi wisata dunia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg