BREAKING NEWS

Syarat Pembuatan Visa Turis & Bisnis


Nusapedia ConVex

Syarat Pembuatan Visa - Nusapedia - Syarat Pembuatan Visa - Visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara kepada seseorang untuk dapat diberikan izin masuk ke suatu negara (yang mempunyai hubungan diplomatik) dalam periode waktu dan tujuan tertentu. Negara yang tidak terikat perjanjian diplomatik, seperti Indonesia dengan Israel, maka Visa tidak bisa didapat karena antara negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik. Visa Republik Indonesia dikeluarkan dalam bentuk stiker yang dicantumkan ke dalam paspor pemohon. Masa berlaku visa yang sudah dikeluarkan adalah 90 dari tanggal pengeluaran. Izin tinggal diberikan maksimum 60 hari dan mulai berlaku pada saat izin masuk diberikan oleh pihak imigrasi di tempat pemeriksaan keimigrasian pada saat kedatangan.

Visa ini terdiri dari beberapa jenis yaitu :

Tourist Visa (Visa kunjungan wisata), diberikan untuk tujuan kunjungan wisata Business single/multiple Visa (Visa untuk tujuan Bisnis), diberikan untuk tujuan kunjungan kerja/bisnis dan bukan ijin bekerja. bedanya single dan multiple disini maksudnya multiple entry, yaitu masuk keluar lebih dari satu kali.
Negara Yang Dapat dikunjungi Warga Negara Indonesia Tanpa Visa
Socio-Cultural Visa (Visa kunjungan keluarga), diberikan untuk tujuan kunjungan keluarga. Limited Stay Permit/Working Visa (Visa untuk tujuan bekerja), diberikan untuk tujuan bekerja Transit Visa (Visa transit), diberikan untuk seseorang yang dalam perjalanan antar negara dan transit di suatu negara, misalnya penumpang kapal pesiar dari Australia tujuan Hongkong transit di Malaysia.

Diplomatic and Service Visa (Visa untuk tujuan Diplomatik, Pemerintahan), diberikan untuk tujuan diplomatik

Visa On Arrival (VOA), diberikan pada saat seseorang dari negara tertentu telah masuk ke negara tujuan tertentu. misalnya warga negara dari Jepang yang akan pergi ke Indonesia bisa mengurus Visa pada saat kedatangan di Indonesia.

2. PASPOR

Negara Yang Dapat dikunjungi Warga Negara Indonesia Tanpa VisaPaspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Seperti halnya Visa, Pasport pun terdiri dari beberapa jenis, antara lain :

Paspor Biasa, yaitu Paspor untuk perjalanan reguler. Di Indonesia paspor ini diberi sampul berwarna hijau dan dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum dan HAM.

Paspor Diplomatik, yaitu paspor utnuk tujuan diplomatik. pemegang pasport ini memiliki kemudahan perlakuan dan kekebalan di negara tempat mereka bertugas. Di Indonesia, paspor ini diberi sampul berwarna hitam dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri.

Paspor Dinas/Resmi, Paspor ini diterbitkan untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dari suatu misi diplomatik seperti kedutaan dan konsulat ataupun bagi pegawai negeri / pemerintah yang sedang melaksanakan tugas ke luar negeri. Pemegang paspor jenis ini mendapatkan beberapa kemudahan yang tidak dimiliki oleh pemegang paspor biasa.

Di Indonesia, paspor ini diberi sampul berwarna biru dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri setelah mendapat izin dari Sekretariat Negara. Paspor Orang Asing, yaitu paspor yang diberikan kepada seseorang yang bukan warga negaranya. Syarat dan ketentuan untuk memiliki paspor jenis ini diatur oleh masing-masing negara. Contoh paspor ini adalah paspor yang dipakai untuk berhaji (paspor coklat), yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Paspor Kelompok, yaitu Paspor yang diberikan untuk sekelompok orang misalnya, kelompok perjalanan anak liburan sekolah. Semua anak dalam perjalanan tersebut cukup memiliki sebuah paspor kelompok selama perjalanan liburan mereka berlangsung.

3. FISKAL LUAR NEGERI

Negara Yang Dapat dikunjungi Warga Negara Indonesia Tanpa VisaFiskal Luar Negeri adalah Pajak Penghasilan yang wajib dibayar oleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri (Indonesia) yang akan bertolak ke luar negeri sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. b. Yang dibebaskan dari Pembayaran Fiskal Luar Negeri Dalam prakteknya, terdapat individu-individu yang dibebaskan dari pembayaran fiskal luar negeri ini yaitu : Orang Pribadi yang berusia kurang dari 21 tahun. Orang asing yang berada di Indonesia kurang dari 183 hari dalam 12 bulan. Pejabat Perwakilan Diplomatik. Pejabat Perwakilan Organisasi Internasional.

WNI yang memiliki dokumen resmi penduduk negara lain (termasuk pelajar/mahasiswa yang belajar di luar negeri dengan menunjukkan kartu identitas, misalnya student card) sepanjang tidak tinggal di Indonesia lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan. Jemaah Haji yang penyelenggarannya dilakukan oleh instansi yang berwenang.

Pelintas batas jalan darat. Tenaga Kerja Indonesia dengan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). WP OP dalam Negeri yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Bebas dengan Surat Keterangan Bebas Fiskal Luar Negeri (SKBFLN) Selama ini biaya fiskal keluar negeri dikenakan biaya Rp 2,5 juta bagi yang menggunakan transportasi udara dan Rp 1 juta bagi yang menggunakan transportasi laut. Ketentuan ini kemudian diubah mengikuti Undang-Undang Pasal 25 ayat 8a UU Nomor 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, yang efektif berlaku per 1 Januari 2009.

Dalam ketentuan ini, wajib pajak tak perlu lagi membayar beban fiskal asalkan bisa menunjukkan kartu NPWP. Karena dalam undang-undang disebut bahwa ketentuan ini hanya berlaku sampai 31 Desember 2010, sejak 1 Januari 2011 orang yang bepergian ke luar negeri tak perlu lagi membayar fiskal walau tak menunjukkan NPWP. Terdapat beberpa dokumen yang dibutuhkan apabila kita hendak bepergian keluar negeri seperti Visa, Pasport, dan Dokumen Fiskal. Tidak ada salahnya apabila kita mengetahui pengertian dari masing-masing dokumen tersebut

1.Australia

a. Copy paspor halaman depan dan belakang, serta cap2 imigrasi, dan copy visa2nya. ( paspor asli diperlukan hanya pada saat masukin aplikasi visa diawal ) peraturan baru efektif per 01 Mar 2013
b. Pas photo studio terbaru ukuran 4x6 cm,2 lembar berwarna background ( merah/putih/biru)
c. Bukti keuangan 3bulan terakhir
d. Surat sponsor dari company tempat bekerja diatas kop surat perusahaan dan tanda tangan yang mensponsori cap stemple
e. Copy kk, akte kelahiran, akte nikah, ganti nama jika pernah ganti nama ada
g. Bukti reservasi tiket pulang pergi
h. Jika ada pengundang dari australia lampirkan undangan,copy ID, dan copy paspor and visa pengundang , jika ada hubungan saudara Lampirkan bukti hubungan darahnya melalui bukti bukti copy akte kelahiran sesama.
i. Jika anak ikut lampirkan didalam sponsor , akte kelahiran anak copy , surat sekolah dan copy kartu pelajar, jika anak dibawah 18th Pergi dengan salah satu orang tua ,maka kedua orang tua harus buat surat ijin untuk anaknya dan menandatangani form nya kedua ortunya, dan copy ktp kedua orang tua.
j. Medical Check up atau pun x-ray diperlukan untuk pemohon visa berumur 75th atau lebih, di RS yang terdaftar, dan lampirkan asuransi perjalanan , proses bisa lebih lama. ( pax boleh medical jika surat penunjukan medical sudah keluar dari kedutaan, aplikasi visa harus masuk dulu ke kedutaan )
k. Surat undangan bisnis jika menghadiri bisnismeeting atau conggress. l. form turis /family 1419, sedangkan bisnis menggunakan type 1415. m. proses 3-4minggu untuk turis, kalau bisnis 5-10 hari kerja

Negara Yang Dapat dikunjungi Warga Negara Indonesia Tanpa Visa 2 BELANDA

a. Surat sponsor dari tempat bekerja bekerja , copy SIUP & NPWP BELGIA
b. Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir copy dan referensi dari bank Tidak boleh
c. Copy Kartu Keluarga , copy akte lahir ada pembetulan
d. Copy Akte Nikah jika sudah menikah, akte cerai jika sudah bercerai di hal 4 dipaspor
e. Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan
f. Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta dan kartu pelajar jika masih sekolah
g. Pasfoto berwarna terbaru 6bulan terakhir ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar (background HARUS PUTIH) , ukuran 70 persen, kening&telinga keliatan dan gigi tidak keliatan ( HARUS FOTO DIKEDUTAAN BELANDANYA )
h. Paspor yang masih berlaku dan Passport lama
i. Print Out Ticket PP/reservasi tiket pp bukti pemesanan
j. Asuransi perjalanan dengan polis bernilai diatas EURO. 35.000 / usd 50,000
k.Menanda tangani form aplikasi visa belanda, dan appointment diweb kedutaan belanda untuk tau kapan si pemohon visa bisa submit dokumen skaligus interview dikedutaan belanda ( SEMUA DATANG FINGER PRINT PERATURAN UPDATE 14 NOV 2013 )
l.Konfirmasi hotel start dari tiba di schengen sampai kembali dari schengen dari pihak hotel langsung.
PROSES : 1-3 Hari kerja jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus)
Note : *Pax yang ingin mengajukan visa belanda harus alamat Indonesia tidak boleh alamat luar negeri pada passport yang bersangkutan Jika alamat luar negeri harus dicoret terlebih dahulu pada imigrasi setempat
*Pax memberikan surat kuasa untuk pengambilan yang isinya memberitahukan bahwa pax memberikan kuasa kepada TX Tour untuk pengurusan visa belanda dan copy ktp pax.
*Visa yang sudah di approved oleh kedutaan ,biasanya dikasih sesuai dengan tgl di tiket. Maka dari itu tiket,hoteldan insurance harus balance tanggalnya sesuai dengan kepergian sebenarnya.
*Pax dengan tujuan bisnis ada undangan bisnis dari belanda perlu datang FINGER PRINT dan appointment. update 14 nov 2013

3.CANADA

a. Passport min. Berlaku 6 bulan pada saat keberangkatan + lampirkan passport lama.
b. Pasfoto berwarna terbaru 6bulan terakhir ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar (background HARUS PUTIH) , ukuran 70 persen, kening&telinga keliatan dan gigi tidak keliatan
c. Bukti keuangan 3bulan terakhir
d. Surat sponsor dari company tempat bekerja diatas kop surat perusahaan dan tanda tangan yang mensponsori cap stemple
e. Copy kk, akte kelahiran, akte nikah, ganti nama jika pernah ganti nama
f. Isi formulir aplikasi dan menandatanganinya
g. Bukti reservasi tiket pulang pergi
h. Jika ada pengundang dari canada lampirkan undangan,copy ID, dan copy paspor and visa pengundang , jika ada hubungan saudara Lampirkan bukti hubungan darahnya melalui bukti bukti copy akte kelahiran sesama.
i. Jika anak ikut lampirkan didalam sponsor , akte kelahiran anak copy , surat sekolah dan copy kartu pelajar, jika anak dibawah 18th Pergi dengan salah satu orang tua ,maka kedua orang tua harus buat surat ijin untuk anaknya dan menandatangani form nya kedua ortunya.
j. Surat undangan bisnis jika menghadiri bisnismeeting atau congress.
k. form online dan form family questioner di web kedutaan.
Proses : 5-10 Hari kerja jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus)

4.CHINA

a. Copy paspor halaman depan dan Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan validitynya saat keberangkatan per tgl 02 Sep '13 form terbaru, dan untuk kilat / Super Kilat tidak bisa, kecuali ada surat alasan dan bukti karena urusan kemanusiawian atau kematian. Peraturan yg harus ada per 2 sep 2013
b. Copy ktp dan copy paspor ( Copy KIM'S untuk WNA )dan copy kk, isi form dan data pekerjaan no telp yang bisa dihubungi
c. Hotel confirmation , tiket pp, itinerary perjalanan selama tiba di China dan kembali lagi ke Indonesia
d. Foto ukuran 4x6 cm berwarnaterbaru dan background putih, pas foto studio , 2lembar
e. keuangan 3bulan yang seringkali diminta untuk paspor bagi warga negara asing ( bukan wni ) ke china yang apply dikedutaan china jakarta
f. Proses biasa 5 hari kerja. Untuk proses kilat 3hari kerja dan super kilat 2hari kerja ( harus ada surat alasan kilat ) update per 04 Oct 2013 g. Bagi yang lahir di china,macau dan hongkong wajib melampirkan bukti menjadi warga negara indonesianya.

5.DUBAI

Surat Sponsor atau surat keterangan bekerja (detail disebutkan jabatan) apabila mempunyai usaha sendiri lampirkan copy SIUP & NPWP Untuk Bisnis visa, Surat Undangan dari perusahaan di Dubai.
Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir (tabungan / rekening Koran) Kartu nama yang bersangkutan Referensi Bank ASLI Copy Kartu Keluarga Copy Akte Nikah Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta dan kartu pelajar jika masih sekolah Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3.5 x 4.5 = 2 lembar (tampak muka / wajah 80%) background harus putih Passport minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan + Copy Halaman Depan dan Belakang Paspor Lampirkan passport lama + Copy Visa – visa yang pernah didapat sebelum sebelumnya.
Ticket ASLI HARUS dengan EMIRATE, Jika tiket lain selain emirates maka proses pengurusan ditempat2 agent dubai dijkt, harus dua suku kata namanya dipaspor Menanda tangani form aplikasi Visa Dubai yang telah di isi lengkap Proses : 01-02 minggu Jika tidak ada hambatan. ( proses dihitung dari berkas masuk ke VFS Dubai )

6.SOUTH KOREA 

1. Surat sponsor dalam bahasa Inggris atau surat keterangan bekerja apabila mempunyai usaha sendiri lampirkan copy SIUP & NPWP Untuk surat sponsor jika tidak ada kop surat , diketik diatas kertas putih polos disertai cap toko .Kalau sudah pensiun suratnya diketik diatas kertas putih polos dan ditanda tangani diatas materai, jika ada surat pensiun maka lampirkan copy surat pensiun
2. Bukti keuangan pribadi
3 bulan terakhir (tabungan copy boleh / rekening Koran copy ), tidak boleh berbentuk Deposito
3. Referensi Bank Asli wajib bagi semua pemohon visa update tgl 25 Nov 2013 dari ked korea rulesnya (Wajib) harus dicantumkan nomor rekening, nama nasabah, sejak kapan bergabung dan total jumlah saldo harus sama dengan bukti keuangan 3 bulan terakhir yang dilampirkan ( Kecuali pax punya visa berlaku atau pernah dalam 3tahun terakhir ke USA/Canada/Australia/Europe/Inggris/Korea/Japan/nz. )
4. Copy Kartu Keluarga
5. Copy Akte Nikah
6. Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan
7. Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta dan surat keterangan sekolah jika masih sekolah
8. Surat ijin suami, jika istri pergi tanpa suami ikut serta . tanda tangan diatas materai 6000.
9. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 atau 3 x4 , 2 lembar.
10. Passport min. Berlaku 6 bulan pada saat keberangkatan + lampirkan passport lama.
11. Slip Gaji 3 bulan terakhir, SIUP + NPWP , SPT Pajak perusahaan, bila passport masih kosong, jarang travelling / hanya ada cap Singapore , Malaysia, Hongkong , Taiwan dll bagian asia.
12. Isi Formulir Visa, jangan lupa cantumkan no telepon , Hp dan alamat rumah.
13. Lampirkan bukti konfirmasi hotel, atau minimal isi nama dan alamat hotel di formulir visa korea. Tambahan Visa Bisnis : - Surat Undangan dari Korea - Surat Sponsor dari perusahaan - Bukti keuangan boleh atas nama perusahaan - Jika passport masih kosong, lampirkan Copy TDP ( Tanda Daftar Perusahaan), Kontrak Kerja, copy SIUP dan NPWP.
PROSES : 7 Hari kerja jika tidak ada hambatan ( per tgl 02 dec 2013 ). Proses dihitung dari berkas masuk kedutaan. Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus Keterangan Tambahan : - Baby Sitter / PRT, Tidak diizinkan apply Visa Korea oleh Kedutaan Korea. - Anak dibawah 18th, kedua ornag tua ikut tanda tangan di formulir aplikasi, Lampirkan surat sponsor + copy KTP kedua ortu. - Untuk Group Tour,mohon konfirmasi dulu ke HO, kemudian bisa ajukan permohonan Group tour nya terlebih dahulu kepada pihak kedutaan sebelum memasukan berkas.

7.SPAIN

a. Paspor asli terbaru minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan dan paspor lama asli
b Foto  terbaru 3,5 x 4,5 = 2 lembar  Berwarna – background putih. ( ukuran wajah 70%x80% )
c Surat Sponsor dari kantor tempat bekerja dalam bahasa Inggris ditujukan ke kedutaan spain d Print out Ticket PP ( reservasi tiket pp )
e Asuransi Perjalanan asli dan copy harus 1 bulan vailiditynya ( medical expenses nya harus di atas 35.000 euro ) asuransi harus yang terdaftar di kedutaan spain.
f Copy Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir + referensi bank g Konfirmasi Hotel start dari kepergian sampai kepulangan harus langsung dari pihak hotel nya ( di atas kop surat hotel dan cap stemple tanda tangan pihak hotel nya )
h Copy Kartu Keluarga dan copy akte nikah
i Fotocopy  KTP
j Mengisi formulir visa + itin perjalanan
k Surat Undangan dalam Bahasa Spanyol bila dalam rangka bisnis
l Jika bisnis : invitation letter langsung m jika anak di bawah umur 18tahun , maka lampirkan surat ijin kedua orang tuanya dalam bahasa inggris dilegalisir ditgl saat ortunya tanda tangan disahkan oleh notaris plus copy ktpnya, akte lahir anak copy, akte nikah org tuanya dan copy kk.
o jika yang berpergian masih dalam
1 keluarga maka lampirkan bukti hubungan darahnya berupa akte lahir sesama copy, dan org tua akte lahir copy jika sepupuan / keponakan. N pax harus datang saat pengajuan aplikasi visa, dan visanya hanya berlaku validitynya 1 bulan.
Paspor tidak diijinkan untuk dipinjam pada saat pembuatan dokumen Proses : 5-10 Hari kerja jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus)

8.SWISS 

a. Surat sponsor dari tempat bekerja bekerja , copy SIUP & NPWP

b. Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir copy dan referensi dari bank

c. Copy Kartu Keluarga , copy akte lahir

d. Copy Akte Nikah jika sudah menikah, akte cerai jika sudah bercerai

e. Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan

f. Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta dan kartu pelajar jika masih sekolah

g. Pasfoto berwarna terbaru 6bulan terakhir ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar (background HARUS PUTIH) , ukuran 75 persen, kening&telinga keliatan dan gigi tidak keliatan

h. Paspor yang masih berlaku dan Passport lama

i. Print Out Ticket PP/reservasi tiket pp bukti pemesanan

j. Asuransi perjalanan dengan polis bernilai diatas EURO. 35.000 / usd 50,000

k.Menanda tangani form aplikasi visa swiss, dan appointment via TLS Contact swiss jakarta untuk tau kapan bisa submit dokumen skaligus interview dikedutaan swiss ( appointment bayar diawal untuk mendapatkan tanggal )

l.Konfirmasi hotel start dari tiba di schengen sampai kembali dari schengen dari pihak hotel langsung.

m. Jika ada undangan bisnis atau undangan dari saudara dan teman, undangannya harus dilampirkan dalam dokumentasinya dan harus di fax langsung dari pihak Swiss ke kedutaan swiss Jakarta

n. Jika ada saudara atau anak dan teman di swiss, maka lampirkan surat dari imigrasi swiss jika stay lebih dari 2minggu dari walikota swiss dan di fax langsung ke kedutaan swiss,serta lampirkan pula id card pengundang , copy paspor visa pengundang dan sponsor dari pihak pengundang, serta bukti hubungan darahnya antara si pemohon visa dengan pihak pengundang.

o. Peraturan baru jika stay diswiss kurang dari 2 minggu tidak perlu surat guarantee dari walikota swiss tetapi tetap melampirkan surat undangan dari pengundang di swiss , copy paspor wn swiss nya, copy paspor sodara diswiss dan visanya, copy surat undangan pernikahannya, bukti hubungan darah melalui copy copy akte lahir dan semua dokumen itu harus dilampirkan didalam dokumen pax dan diemail ke kedutaan swiss :  jak.vertretung@eda.admin.ch PROSES : 5-10 Hari kerja jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus)

Note :
Pax yang ingin mengajukan visaSwiss harus alamat Indonesia tidak boleh alamat luar negeri pada passport yang bersangkutan Jika alamat luar negeri harus dicoret terlebih dahulu pada imigrasi setempat Pax memberikan surat kuasa untuk pengambilan yang isinya memberitahukan bahwa pax memberikan kuasa kepada Nusapedia untuk pengurusan visa Swiss dan copy ktp pax. Pax harus datang ke Kedutaan pada saat aplikasi di proses. Visa yang sudah di approved oleh kedutaan ,biasanya dikasih sesuai dengan tgl di tiket. Maka dari itu tiket,hoteldan insurance harus balance tanggalnya sesuai dengan kepergian sebenarnya.

9.TAIWAN 

a. Paspor asli terbaru minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan dan paspor lama asli

b. Pas photo studio terbaru ukuran 4x6 cm,2 lembar berwarna background ( putih )

c. Bukti keuangan 3bulan terakhir

d. Surat sponsor dari company tempat bekerja diatas kop surat perusahaan dan tanda tangan yang mensponsori cap stemple

e. Copy kk, akte kelahiran, akte nikah, ganti nama jika pernah ganti nama

f. Isi formulir aplikasi dan menandatanganinya ( kita bantu online kan diweb )

g. Bukti reservasi tiket pulang pergi + siup copy jika pemilik usaha

h. Jika ada pengundang dari taiwan lampirkan undangan,copy ID, dan copy paspor and visa pengundang , jika ada hubungan saudara . lampirkan guarante letter asli dari imigrasi taiwan dan kk asli org pengundang taiwan. Lampirkan bukti hubungan darahnya melalui bukti bukti copy akte kelahiran sesama.

i. Jika anak ikut lampirkan didalam sponsor , akte kelahiran anak copy , surat sekolah dan copy kartu pelajar, jika anak dibawah 18th Pergi dengan salah satu orang tua ,maka kedua orang tua harus buat surat ijin untuk anaknya dan menandatangani form nya kedua ortunya.

j. Surat undangan bisnis jika menghadiri bisnismeeting atau conggress. Proses : 4-5 Hari kerja proses biasa dan 2-3 hari kerja proses kilat, jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus)

10.TURKEY 

Syarat Pembuatan Visa
a. Paspor asli baru dan lama ( valid min 6 bln saat depart )

b. Pas photo studio terbaru ukuran 4x6 cm,2 lembar berwarna background ( putih/biru/merah )

c. Bukti keuangan 3bulan terakhir

d. Surat sponsor dari company tempat bekerja diatas kop surat perusahaan dan tanda tangan yang mensponsori cap stemple

e. Copy kk, akte kelahiran, akte nikah, ganti nama jika pernah ganti nama

f. Isi formulir aplikasi dan menandatanganinya

g. Bukti reservasi tiket pulang pergi dan konfirmasi hotel

h. Jika ada pengundang dari Turkey lampirkan undangan,copy ID, dan copy paspor and visa pengundang dan bukti hubungan saudara melalui akte lahir sesama, lampirkan guarante letter asli dari imigrasi turkey jika stay lama di turkey.

i. Jika anak ikut lampirkan didalam sponsor , akte kelahiran anak copy , surat sekolah dan copy kartu pelajar, jika anak dibawah 18th Pergi dengan salah satu orang tua ,maka kedua orang tua harus buat surat ijin untuk anaknya dan menandatangani form nya kedua ortunya.

j. Surat undangan bisnis jika menghadiri bisnismeeting atau conggress. Proses : 6-8 Hari kerja, jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus) *Bisa menggunakan VISA ON ARRIVAL , bayar dibandara turkey sebesar USD 35

11.UK 

Syarat Pembuatan Visa
a Paspor  minimal masa berlaku 6 bln saat keberangkatan + lampirkan paspor lama ( Lampirkan copy paspor alll baru dan lama 48halaman , new rule 23 april 2014 )

b Foto  terbaru 3,5 x 4,5 = 2 lembar  Berwarna – background putih. ( ukuran wajah 70% sampe 75% )

c Surat Sponsor dari kantor tempat bekerja dalam bahasa Inggris ditujukan ke kedutaan uk

d Print out Ticket PP ( reservasi tiket pp )

e Copy Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir + referensi bank
f Copy Kartu Keluarga dan copy akte nikah

g Fotocopy  KTP + siup copy jika pemilik usaha

h Mengisi formulir visa ( kita bisa bantu online kan diwebsite untuk online formnya) ada beberapa pertanyaan yang penting diform

i Surat Undangan dari pengundang sana jika dalam rangka bisnis atau conggres

j jika anak di bawah umur 18tahun , maka lampirkan surat ijin kedua orang tuanya dalam bahasa inggris dilegalisir ditgl saat ortunya tanda tangan disahkan oleh notaris plus copy ktpnya, akte lahir anak copy, akte nikah org tuanya dan copy kk.

k jika yang berpergian masih dalam 1 keluarga maka lampirkan bukti hubungan darahnya berupa akte lahir sesama copy, dan org tua akte lahir copy jika sepupuan / keponakan.

l pax harus datang saat pengajuan aplikasi visa, untuk finger print dan scan mata. harus appointment terlebih dahulu
Paspor tidak diijinkan untuk dipinjam pada saat pembuatan dokumen
Proses : 15-20 Hari kerja jika tidak ada hambatan Biaya Dapat atau tidak VISA nya biaya NON REFUND / Hangus) bayar visa diweb, dapat tgl appointment setelah payment pakai credit card diweb kedutaan )

12.USA 

 Syarat Pembuatan Visa
1.Surat sponsor atau surat keterangan bekerja apabila mempunyai usaha sendiri lampirkan SIUP & NPWP.
2.Surat Undangan bila dalam rangka Bisnis
3.Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir (tabungan / rekening Koran) ASLI
5.Akte Nikah
6.surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan 7.Akte lahir
8.kartu pelajar jika masih sekolah ( jika salah satu prang tuanya tidak ikut pergi ,lampirkan surat ijin orang tuanya )
9.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 5 x 5 (Background Putih), sesuai standar ukuran proposional yang kedutaan US mau.
10.Passport baru dan lama
11.Jika ada anak sekolah di USA lampirkan copy visa anak, passport serta alamat di USA dan invitation, akte kelahiran anak copy
12.Harus sudah ada appointment terlebih dahulu kapan datang untuk interview ( appointment letter dan form ds 160 online dibawa saat interview )
13.Isi form manual untuk kami bantu isi online di web, statusnya harus bayar visa dulu baru bisa booking.
14.Proses selesai masa visa jika di approved visanya sama kedutaan usa adalah 3-4hari kerja dari tgl interview di kedutaan USA
15. bayar full prepayment diawal untuk bisa kami setorke bank dan bookingkan, tidak bisa booking tgl appointment jika belum setor bayar ke bank harga visanya.( receipt bank asli dibawa tamu saat interview )

13 FRANCE 

Syarat Pembuatan Visa :
1.Surat sponsor dalam bahasa Inggris atau surat keterangan bekerja asli dari perusahaan yang menyatakan nama dan jabatan pelamar,tanggal mulai kerja,dan pihak yang bertanggung jawab atas pengeluaran selama perjalanan.dalam dokumen harus tertera alamat ,nomor telepon dan fax perusahaan,cap perusahaan,dan tanda tangan yang mengeluarkan surat sponsor ( yang menandatangani adalah pihak lain bukan ybs).
2.apabila mempunyai usaha sendiri lampirkan copy SIUP & NPW
3.Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir (tabungan / rekening Koran)copy.
4.Referensi Bank Asli dalam bahasa inggris.
5.Copy Kartu Keluarga
6.Copy Akte Nikah
7.Copy KTP.
8.Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan
9.Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta, + kartu pelajar dan surat keterangan sekolah.
10.Surat ijin orang tua, Perlu jika anak pergi tidak dngn orang tuanya dan tanda tangan orang tua di surat ijinnya, harus dilegalisir notaris.
11.Jika mengunjungi Keluarga di Perancis, lampirkan copy bukti pajak pengundang, rekening 3 bulan terakhir , copy passport dan visa / permanent resident nya, bukti hubungan darah ( copy akte lahir misalnya).
12.Untuk kunjungan teman, lampirkan copy passport teman dan bukti berteman ( foto misalnya ), jika teman adalah warga negara perancis, maka lampirkan copy passport , copy rekening tabungan 3 bulan terakhir , ID , Visa dan cap entry Indonesia, jika sudah pernah ke Indonesia. 13.Untuk kunjungan keluarga / teman, Harus ada surat Jaminan yang dilegalisir walikota Prancis dan pengundang.
14.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar (background HARUS PUTIH), tidak boleh menggunakan foto yang sama yang pernah apply sebelumnya,diambil dalam 6 bulan terakhir.
15.Passport minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan + lampirkan passport lama,semua asli dan copy.
16.Print Out Ticket PP/reservasi tiket return
17.Konfirmasi Hotel dari setiap hotel yang digunakan dari rute tiba hingga kembali ke indonesia
18.Asuransi perjalanan dengan polis bernilai Usd. 50.000 ASLI dan COPY, destinasi tujuan Europe harus terteranya , bukan nama2 negaranya.
19.Mengisi dan menandatangani form aplikasi Visa Perancis.
20.TIDAK BOLEH PINJAM PASSPOR
21.Semua dokumen harus diatas kertas A4.
22. Pax ybs datang untuk saat masukin dokumen di tls contact france untuk sidik jari dan sidik retina mata. update 6 nov 2013 Untuk Visa Schengen : Masa berlaku Visa/ ijin masuk diberikan sesuai print out/ tiket, Konfirmasi hotel dan Asuransi Perjalanan.

Note :
Surat jaminan yang di ketik atau tulis tangan dalam bahasa France ditujukan ke Embassy France Jakarta, bahwa mengundang …….untuk berkunjung ke France dan menjamin akan kembali ke Indonesia setelah kunjungannya selesai. Visa akan diproses setelah mendapatkan jadwal booking interview yang tersedia dari website TLS Contact. Untuk mendapatkan jadwal booking interview, Pemohon visa dikenakan biaya Rp.350.000 / orang . untuk kami bayarkan ke TLS Contact (belum termasuk dalam harga visa). Jika sudah di booking dan bayar di TLS Contact maka pemohon visa akan dikenakan biaya booking dan visa tersebut,TIDAK BISA DI REFUND.

15.INDIA 

Bisa Menggunakan VOA ( Visa on arrival di bandara India 4 tempat : new delhi, calcuta, bombai, chennai ) Bayar usd 60, bawa foto, return air ticket dan hotel incase ditanya saat membuat VOA di airport India ( hanya untuk turis berlaku VOA )

PERSYARATAN :
Peraturan baru pax Ybs, harus hadir untuk sidik jari biometric di Kedutaan besar India di Jakarta, incase pax apply visa di jakarta.
1.Surat sponsor atau surat keterangan bekerja
2.Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir (tabungan / rekening Koran)
3.Copy Kartu Keluarga
4.Copy Akte Nikah
5.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 = 2 lembar
6.Print Out Ticket dan confirmation bookingan hotel
7.Mengisi dan menandatangani formulir online
8. Invitation letter jika bisnis
9. harga taurist dan bisnis berbeda
10.prosesnya 4-5 hari kerja Jika tidak ada hambatan

16.ITALY 

Persyaratan Visa :
1.Surat sponsor dalam bahasa Inggris atau surat keterangan bekerja asli dari perusahaan yang menyatakan nama dan jabatan pelamar,tanggal mulai kerja,dan pihak yang bertanggung jawab atas pengeluaran selama perjalanan.dalam dokumen harus tertera alamat ,nomor telepon dan fax perusahaan,cap perusahaan,dan tanda tangan yang mengeluarkan surat sponsor ( yang menandatangani adalah pihak lain bukan ybs).
2.harus melampirkan copy SIUP, walaupun bukan pemilik perusahaan. jika berbentuk toko akte pendirian/bukti kontrak kiosnya
3.Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir (tabungan / rekening Koran)copy.
4.Referensi Bank Asli dalam bahasa inggris.
5.Copy Kartu Keluarga
6.Copy Akte Nikah
7.Copy KTP
8.Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan
9.Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta, + kartu pelajar dan surat keterangan sekolah.
10.Surat ijin orang tua, Perlu jika anak pergi tidak dngn orang tuanya dan tanda tangan orang tua di surat ijinnya, harus dilegalisir notaris.
11.Jika mengunjungi Keluarga di Italy, lampirkan copy bukti pajak pengundang, rekening 3 bulan terakhir , copy passport dan visa / permanent resident nya, bukti hubungan darah ( copy akte lahir misalnya), serta surat guarantee letter dari kepolisian italy
12.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar (background HARUS PUTIH), tidak boleh menggunakan foto yang sama yang pernah apply sebelumnya,diambil dalam 6 bulan terakhir.
15.Passport minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan + lampirkan passport lama,semua asli dan copy.
16.Print Out Ticket PP/reservasi tiket return
17.Konfirmasi Hotel dari setiap hotel yang digunakan dari rute tiba hingga kembali ke indonesia
18.Asuransi perjalanan dengan polis bernilai Usd. 50.000 ASLI dan COPY.
19.Mengisi dan menandatangani form aplikasi Visa Italy.
20.TIDAK BOLEH PINJAM PASSPOR, PASPOR TIDAK BOLEH ADA CORRECT NAME DIHALAMAN KE 4 ( LAMPIRKAN PASPOR BARU+LAMA )
21.Semua dokumen harus diatas kertas A4. Untuk Visa Schengen : Masa berlaku Visa/ ijin masuk diberikan sesuai print out/ tiket, Konfirmasi hotel dan Asuransi Perjalanan.

Note :
Visa akan diproses setelah mendapatkan jadwal booking interview yang tersedia dari website VFS Italy TIDAK BISA DI REFUND jika visa direject. Saat interview datang bawa dokumen dokumen aslinya. * Special untuk Germany tiba pertama kali dan tinggal terlama di Jerman

18.JAPAN 

Pesryaratan :
1.Surat sponsor atau surat keterangan bekerja apabila mempunyai usaha sendiri lampirkan copy SIUP & NPWP Untuk surat sponsor jika tidak ada kop surat , diketik diatas kertas putih polos disertai cap toko Kalau sudah pensiun suratnya diketik diatas kertas putih polos dan ditanda tangani diatas materai, jika ada surat pensiun maka lampirkan copy surat pensiun
2.Bukti keuangan pribadi
3 bulan terakhir (tabungan / rekening Koran), tidak boleh dari perusahaan. Tidak boleh Minus. Sebaiknya jangan berbentuk deposito. Jika berupa deposito maka harus lampirkan yang asli.
3.Copy Kartu Keluarga
4.Copy Akte Nikah
5.Copy KTP ( Harus Jelas copyan wajah + data dirinya )
6.Copy surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan
7.Copy Akte lahir anak jika anak ikut serta, surat keterangan sekolah + kartu pelajar.
8.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4,5 x 4,5 = 2 lembar Background Putih.
9.Passport minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan + lampirkan passport lama.
10.Mengisi data untuk Formulir Visa ( Formulir Visa harus asli ada cap merah di kanan bawah– tidak boleh copy - ) atau bisa ambil dari internet tetapi harus di print dengan tinta yang jelas dan rapi. Cantumkan No telp rumah , HP dan Kantor, nama hotel tempat menginap
11.Mengisi Jadwal perjalanan ( itinerary selama di Jepang ) secara detail , sebutkan nama hotel tempat menginap. ( ada formulir khusus, form boleh copy )

Visa Jepang Bisnis :
Surat Undangan dari Jepang yang tercantum nama pemohon dan nama kantornya ( asli / fax asli ) dan didalamnya tercantum Alamat & No telp. Perusahaan Sponsor di Jepang, karena akan di tanyakan dalam formulir pengisian. Jika Training, ada egibility : Harus datang interview saat pengajuan Visa, egibility diperlukan untuk stay lebih dari 90 hari

Perhatian :
Untuk passpor kosong/baru Asia atau usia masih muda, proses visa bisa lebih lama , bisa diminta kekurangan dok atau direject Jika visa disetujui, tidak menjamin dapat masuk negara Jepang, tetapi ada kemungkinan di deportasi, terusatama untuk passport yang masih blank. Bagi anak berusia dibawah 18th, kedua ortu juga ikut menandatangani lembar form aplikasi. Dan lampirkan surat sponsor + copy KTP kedua ortu nya.

Note :
Tidak semua paspor keluaran Imigrasi Daerah dapat mengajukan visa Japan di Kedutaan Japan Jakarta, berikut Passport keluaran daerah yang dapat mengajukan visa Japan di Jakarta (untuk wilayah selain dibawah ini bisa di cek di website) : Jakarta , Bandung , Semarang, Yogyakarta , Solo, Pontianak ( kal-bar ), Palangkaraya, Palembang ( sum-sel ), Lampung, Bengkulu, banten, jawa barat, jawa tengah, . Selain wilayah tersebut diatas, harus buat Visa Jepang di Kedutaan Jepang Surabaya, Medan , Bali, dan ujung Pandang ( pembagian wilayah, dapat dilihat di website )

19.New Zerland

PERSYARATAN :
1.Surat sponsor dalam bahasa Inggris dari company tempat bekerja, lampirkan copy siup jika pemilik.kalau tidak ada siup jangan ditulis owner disponsornya Untuk surat sponsor harus di atas kop surat, tanda tangan dan cap took/perusahaannya. Tidak boleh di tanda tangani oleh si pemohon visa yang akan berangkat walaupun casenya dia adalah pemiliknya. Kalau sudah pensiun suratnya diketik diatas kertas putih polos dan ditanda tangani diatas materai, jika ada surat pensiun maka lampirkan copy surat pensiun
2.Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir tabungan copy
3.Kartu Keluarga copy
4.Akte Nikah copy
5.Surat ganti nama jika nama di passport berbeda dengan dokumen yang dilampirkan copy
6.Akte lahir anak jika anak ikut serta dan kartu pelajar jika masih sekolah Asli
7.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 = 2 lembar (Background harus PUTIH)
8.Passport min. Berlaku 6 bulan pada saat keberangkatan + lampirkan passport lama.
9.Print Out Ticket PP/ reservasi pemesanan tiket pp
10.Mengisi formulir Visa dengan lengkap ( jangan lupa cantumkan no telp. HP, Rumah, Kantor )
11.Konfirmasi bookingan Hotel selama di New Zealand Proses visa 7-10 hari kerja jika tidak ada hambatan , visa tidak bisa di refund jika hasil visanya direject oleh kedutaan nz Perhatian : Bagi anak berusia 18 th kebawah, tanda tangan orang tua di lembar form aplikasi nya dan Copy KTP orang tua.

Note :
Jika pax ingin berkunjung ke NZ lebih dari 6 bulan maka harus ada Medical Check Up oleh dokter yangditunjuk oleh Kedutaan NZ di Jakarta Jika ada incentive tour harus ada lampiran bukti-bukti mengapa pax yang berangkat dapat ikut dalam incentive tour.

20.South Africa

1.Surat sponsor dalam bahasa Inggris dari company tempat bekerja, lampirkan copy siup jika pemilik.kalau tidak ada siup jangan ditulis owner disponsornya, jika pemilik perusahaan lampirkan copy siupnya.

Syarat Pembuatan Visa Untuk surat sponsor harus di atas kop surat, tanda tangan dan cap took/perusahaannya. Tidak boleh di tanda tangani oleh si pemohon visa yang akan berangkat walaupun casenya dia adalah pemiliknya.

Kalau sudah pensiun suratnya diketik diatas kertas putih polos dan ditanda tangani diatas materai, jika ada surat pensiun maka lampirkan copy surat pensiun
2.Bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir tabungan copy dan dilegalisir di bank di setiap lembar legalisirnya + ref bank.
3.Kartu Keluarga copy dan Asli
4.Akte Nikah copy dan Asli.
5.Surat ganti nama copy, jika bisnis lampirkan undanga bisnisnya.
6.Akte lahir anak jika anak ikut serta dan kartu pelajar jika masih sekolah copy /surat keterangan sekolah asli
7.Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 = 2 lembar (Background harus PUTIH)/3,5 cm x 4,5 cm
8.Passport min. Berlaku 6 bulan pada saat keberangkatan + lampirkan passport lama.
9.Print Out Ticket PP/ reservasi pemesanan tiket pp
10.Mengisi formulir Visa dengan lengkap ( jangan lupa cantumkan no telp. HP, Rumah, Kantor )
11.Konfirmasi bookingan Hotel selama di south africa Proses visa 7-10 hari kerja jika tidak ada hambatan , visa tidak bisa di refund jika hasil visanya direject oleh kedutaan SA
Syarat Pembuatan Visa

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg