BREAKING NEWS

Tanaman Mematikan di Indonesia Jika Salah Konsumsi


Tanaman Mematikan di Indonesia - NusaPedia - Tanaman Mematikan di Indonesia- Di Indonesia ada banyak sekali spesies tumbuhan yang hidup beranekaragam. Dikarenakan setiap tumbuhan mempunyai manfaat yang berbeda-beda, maka tumbuhan tersebut biasa dikonsumsi oleh manusia untuk dijadikan sebagai makanan ataupun sebagai bahan obat-obatan tradisional.

Tanaman mematikan di indonesia

Tanaman Mematikan di Indonesia

Namun ternyata, kita harus berhati-hati dalam memilih tumbuhan yang akan kita konsumsi, karena di antara banyaknya jenis tumbuhan tersebut, ada yang memiliki zat beracun di dalamnya.Manusia tentunya selalu bergantung terhadap tumbuhan dalam memenuhi kebutuhan pangan ataupun kebutuhan sehari-hari lainnya. Tumbuhan memang banyak bermanfaat bagi manusia, namun tanpa kita sadari, banyak terdapat tumbuhan yang bisa merugikan bagi manusia. Bahkan bisa sampai menyebabkan keracunan dan hingga kematian.agar anda terhindar dari hal yang tidak anda inginkan, maka kenali.Berikut ini daftar Tanaman Mematikan di Indonesia yang mematikan itu.

1. Tanaman Jarak 

Tanaman Mematikan di Indonesia
Di Urutan Pertama Tanaman Mematikan di Indonesia Terdapat Tanaman jarak biasa tumbuh liar di hutan, tanah kosong, ataupun daerah pantai. Batangnya berbentuk bulat licin, berongga serta berbuku-buku. Biasanya, daunnya berwarna hijau muda pada permukaan bawah dan hijau tua pada permukaan atasnya. Buahnya sendiri berbentuk buat dan berkumpul pada tandannya. 

Daun dan getah dari tanaman jarak biasa digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi hati-hati, jangan sampai mengkonsumsi biji atau buah dari pohon ini. Karena buah jarak dapat mendatangkan kematian, karena mengandung zat beracun yang bernama ‘ricin’.

2. Singkong Karet

Tanaman Mematikan di Indonesia
Di Urutan Kedua Tanaman Mematikan di Indonesia Terdapat Singkong memang makanan khas Indonesia yang sangat pas jika dinikmati bersama kopi atau teh hangat. Tapi jangan sembarangan memilih jenis singkong ya. Karena tidak semua jenis singkong dapat dikonsumsi. Beberapa jenis singkong, seperti Singkong Karet itu mengandung racun.

Singkong karet mengandung zat cyanogenik glycoside yang akan diubah menjadi asam sianida oleh enzim linamarse saat di dalam tubuh. Sianida sendiri dikenal sebagai pembunuh yang paling populer. Namun racun ini bisa hilang jika dipanaskan atau dimasak dengan benar. Perhatikan juga umbi singkongnya, jika terdapat warna keunguan jangan dikonsumsi.

3. Kecubung atau Datura Metel

Tanaman Mematikan di Indonesia
Di Urutan Ketiga Tanaman Mematikan di Indonesia Terdapat Tanaman yang satu ini termasuk ke tanaman hias. Pada tumbuhan ini terdapat bunga yang berbentuk seperti terompet dan warna bunga itu biasanya putih atau ungu. Tanaman yang satu ini tumbuh di tempat yang memiliki iklim panas dan hampir seluruh dunia mencoba untuk membudidayakannya.

Sejak abad ke-10, daun dari tanaman kecubung digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tapi biji kecubung tidak layak di konsumsi karena mengandung zat beracun, yakni alkaloid dan halusinogen.
Jika dikonsumsi bisa terjadi mual, sesak nafas, denyut nadi berjalan cepat, iritasi kulit, halusinasi serta berujung kematian.

4. Gympie-Gympie

Tanaman Mematikan di Indonesia
Di Urutan 4 Tanaman Mematikan di Indonesia Selanjutnya ada tanaman yang bernama ‘Gympie-Gympie’. Biasanya kita dapat menemukannya di daerah Maluku. Daunnya berbentuk hati dan berwarna hijau, buahnya berwarna ungu dan tinggi, tanaman Gympie-Gympie ini bisa mencapai 2 meter.

Hati-hati bila bertemu dengan tanaman Gympie-Gympie. Karena jika kita berada di dekatnya, kita nanti bisa bersin, gatal berbulan-bulan bahkan juga mimisan. Fatalnya, racun yang terkandung di dalam tanaman ini juga dapat mengundang kematian.

5. Pohon Upas

Tanaman Mematikan di Indonesia
Di Urutan Ke-Lima Tanaman Mematikan di Indonesia Pohon upas sudah terkenal akan getahnya yang sangat beracun. Pada zaman dahulu, getah dari pohon ini biasa digunakan untuk meracuni mata panah. Jika kita terkena getah tersebut, maka tubuh bisa kejang-kejang dan akhirnya meninggal hanya dalam waktu 2 menit saja.

Tinggi dari Pohon upas bisa mencapai 60 meter. Selain getahnya, bagian lain dari tumbuhan ini juga dimanfaatkan. Namun bukan sebagai racun, tetapi untuk bahan obat-obatan tradisional. Seperti contohnya biji upas, digunakan sebagai anti-disentri atau radang usus.

6. Bunga Terompet

Tanaman Mematikan di IndonesiaDi Urutan Ke-Enam Tanaman Mematikan di Indonesia Terdapat Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memiliki bunga yang bentuknya mirip seperti terompet. Bunga ini terdapat berbagai warna seperti putih, kuning, jingga dan pink. Meski bentuknya indah, akan tetapi tanaman ini mengandung racun yang mematikan.

Bunga terompet mempunyai tingkatan racun yang beragam, tergantung lokasi tanaman. Biasanya tanaman ini dijadikan teh dan dicerna sebagai obat halusinogen. Jangan coba-coba untuk mengkonsumsi tanaman ini, karena bisa menyebabkan overdosis dan meninggal.

7. Kacang Racun

Tanaman Mematikan di Indonesia
Di Urutan Ke-Tujuh Tanaman Mematikan di Indonesia Terdapat Kacang racun dapat ditemui dengan mudah di daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di pohon ini terdapat buah yang bentuknya serupa dengan jeruk dan mengandung zat beracun, yakni alkaloid. Tanaman yang satu ini juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Racun yang ada pada tanaman kacang racun atau Strychnine ini sangatlah berbahaya. Jika sampai ke tubuh kita, walau dalam jumlah yang sedikit saja dapat membuat kejang-kejang akibat adanya stimulasi simultan dari sensoris tulang belakang kita. Fatalnya, hal ini dapat berujung pada kematian.

ternyata banyak juga tumbuhan yang memiliki zat beracun dan mematikan. Mungkin masih banyak lagi Tanaman Mematikan di Indonesia yang memiliki zat beracun yang tersebar di sekitar kita. Sudah seharusnya kita sangat berhati-hati jika bertemu dengan Tanaman Mematikan di Indonesia yang baru pertama kali kita lihat. Jangan coba-coba menyentuhnya apalagi mengkonsumsinya.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg