BREAKING NEWS

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan


NusaPedia - Tips - Sahabat NusaPedia tidak lama lagi kita akan menghadapi hari raya aidul fitri dimana tradisi mudik tahunan akan dimulai kembali.Mudik lebaran merupakan tradisi tahunan yang sangat sayang untuk di tinggalkan,dimana sahabat NusaPedia dapat berkumpul bersama keluarga yang anda cintai dengan suasana lebaran yang selalu saja di nantikan setiap tahunnya.

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan
Menjelang musim mudik ini tentu banyak dari kita yang sudah menyiapkan bekal dan persiapan dijalan, tak lupa juga membawa oleh-oleh ya gan buat sanak famili dirumah.. Oke kembali lagi ke topik bahasan, tentunya kita yang punya kendaraan bermotor khususnya mobil dan motor pripadi tidak inginkan mengalami problem pada kendaraan kita sewaktu mudik

Namun sebelum sahabat NusaPedia berencana untuk mudik bersama keluarga ke kampung halaman bersama kenderaan pribadi anda,ada baiknya Sahabat NusaPedia memahami Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan.Berikut NusaPedia Rangkum Untuk Anda.

Problem Pada Motor

Mogok

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan
Tentunya banyak dari kita yang sering bingung dan panik ketika kendaraan tiba-tiba mogok ditengah jalan, mudah-mudahan ini tidak terjadi pada anda sewaktu di perjalanan.

Solusi 

  • Tentunya pinggirkan kendaraan anda jika agan sedang mogok ditengah jalan, tentunya cari tempat yang nyaman. sekalian bisa buat ngopi dan sejenak beristirahat
  • Bawa peralatan wajib seperti Kunci pas (Size 10,12,14), Kunci Busi, Kertas gosok atau amplas, Obeng dengan dua sisi yang berbeda (obeng belimbing dan obeng min), Kain lap, Busi cadangan yang pastikan masih baik.
  • Langsung kita anda temukan masalah pada sepeda motor anda. Menganalisa kemungkinan sebab mesin ngadat 
  • Periksa apakah bensin masih mengalir kedalam karburator. caranya copot selang dari tangki yang ujungnya menancap pada karburator. Jika bensin tidak ada yang keluar,cek filter bahan bakar apakah tidak tersumbat.Jangan lupa kontrol sekali lagi tangki dan bukaan kran yang digunakan untuk buka tutup aliran bensin.Namun jika bensin ternyata mengalir,berarti masalah bukan pada aliran bahan bakar.
  • Lepaskan busi,periksa kerenggangan kutubnya.Jarak Renggangan antara kutub busi yang baik adalah 1-1,5mm. Bersihkan kutub busi (ujung dalam) menggunakan kertas gosok sampai rata dan bersih dari kerak. Pasang kembali kabel busi dan test dengan cara menempelkan body busi kepada body mesin. Starter mesin dan lihat apakah ada bunga api keluar dari ujung busi. kalau tidak meyakinkan silahkan ganti dengan busi candangan.
  • Jika karburator kebanjiran, Tutup kran dari tangki untuk sementara, pergunakan coke (cuk) dengan jalan dibuka tutup sekaligus motor distarter dengan cara menggunakan kick starter (minta bantuan seseorang jika kesulitan sendiri).

Ban Bocor Atau Pecah

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan
Ini adalah hal yang kejadian yang paling sering di alami ketika di jalan, ban bocor. kebocoran pada ban sangat mengganggu perjalanan kita ketika mudik lebaran, dari molornya waktu perjalanan.

Solusi

  • Ganti Ban Dalam Anda sebelum anda berangkat untuk mudik lebaran,cek tekanan angin dan alur ban luar agar keamanan dan kenyamanan anda pada saat perjalanan.
  • Persiapkan Kunci Ban dan pompa angin portable yang gunanya dapat anda gunakan sewaktu-waktu 

Rantai Putus

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan
Pernah mengalami tiba-tiba rantai putus.? wow pasti kaget ya ketika motor tiba-tiba berhenti mendadak atau motor tidak mau jalan padahal Gas sudah Poll. ada baiknya sebelum berangkat kita mengecek dulu kondisi rantai, apakah kendor atau kekencangan. jangan lupa lihat kondisi gear motor apakah masih bagus atau udah lancip (Kondisi gear juga berpengaruh). Tentunya berikan Minyak rantai secara berlanjut, Bawalah Minyak rantai agar lebih memudahkan dalam mengantisipasi hal ini

Solusi

  • Siapkan alat penyambung rantai(Kalau ada), Siapkan paku, Palu
  • Cari dimana pin rantai yang mau terlepas, kalau sudah ketemu silahkan lepaskan dengan menggunakan alat rantai atau menggunakan paku yang dipukul dengan paku. rantai dipasangkan pada gear depan motor, lalu sambungkan rantai dengan memasukkan rantai bagian lainnya yang terpotong hingga pas diantara lubang pin pada rantai. Ketika sudah benar-benar pas gunakan alat rantai untuk memasukkan pin rantai pada lubang. pastikan bagian pin benar-benar rata kanan sama kiri. kalau sudah , kendorkan as roda agar memudahkan pemasangan rantai pada gear belakang, lalu terakhir pasang rantainya.
  • Solusi terakhir jika sudah anda coba,namun tetap saja tidak berhasil.Bawa kenderaan anda kebengkel, dikarenakan cara ini sangat merepotkan dan melelahkan. Juga beresiko rantai mudah putus kembali, usahakan ganti rantai motor dengan yang baru.

 Problem Pada Mobil

Mogok

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan
Mobil mogok alias berhenti dengan tiba-tiba di tengah perjalanan dan sulit dinyalakan (starter) banyak dialami oleh pengguna mobil. Bahkan, sebagian besar di antara mereka mengaku kendaraannya tidak menunjukkan gejala permasalahan saat akan diajak menempuh perjalanan.

Penyebab utama dan kerap terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.Cara untuk mendeteksi masalah ini cukup gampang, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. 

Begitu pun sebaliknya.Bila tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.

Arus listrik aki yang lemah 

bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yang telah habis masa pakainya. Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih. Namun, bila aki sudah aus karena masa pakai telah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.

Karburator bermasalah 

“Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” . Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.

Ban Bocor atau Pecah

Masalah Kendaraan Pribadi Yang Sering Terjadi di Jalan
Kejadian ban mobil bocor atau pecah mungkin pernah kita alami. Tentu sulit dibayangkan jika kita tidak memiliki pengetahuan apapun tentang cara mengganti ban mobil. NusaPedia akan memandu anda mengganti ban mobil mulai dari persiapan hingga anda siap melanjutkan kembali perjalanan sampai tujuan(tentunya rumah tercinta).
  • Pertama Bawa mobil ke pinggir jalan supaya tidak mengganggu lalu lintas, tentunya demi keselamatan
  • Kedua Gunakan hand break ketika mobil sudah berada di pinggir jalan, atau ganjal ban dengan batu atau bata kalau mobil berada dalam tanjakan atau turunan. dan jangan lupa nyalakan lampu hazard buat penanda kalau mobil sedang berhenti.
  • Ketiga Mari kita eksekusi. persiapkan perlengkapan terlebih dahulu (Dongkrak, Kunci roda, dan tentunya Ban Cadangan).
  • Penggantian Ban Mobil,Buka penutup roda. Jika sulit cungkil penutup dengan menggunakan obeng.Kendorkan baut-batu roda menggunakan kunci roda dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Kendorkan dengan pola bersilang, misalnya ada 4 buah baut, kendorkan baut atas, lalu bawah, kiri dan kanan. Baut cukup dikendorkan, jangan sampai terlepas dulu.Pasang dongrak mobil pada posisi yang dianjurkan oleh buku manual. 
  • Jika anda tidak memiliki buku manual, carilah sebuah Cekungan (atau tonjolan) kecil atau semacam tanda di bagian bawah mobil. Cekungan (atau tonjolan) ini umumnya berada sedikit di belakang roda depan dan di depan roda belakang. Cekungan (atau tonjolan) ini umumnya telah dimiliki oleh mobil-mobil saat ini.
  • Pastikan dongkrak pada posisi tegak lurus dengan tanah, lalu naikkan dongkrak hingga roda terangkat dan mudah dilepas nantinya. Jika saat menaikkan dongkrak posisinya terlihat tidak stabil, turunkan dulu dan perbaiki masalahnya.Sekarang lepaskan semua baut roda dan kumpulkan baut pada satu tempat.Tariklah ban keluar perlahan dari dudukannya dan letakkan pada posisi tidur. Jika ban mobil terasa terlalu berat cobalah cari bantuan.
  • Tempatkan ban cadangan pada posisinya dan doronglah masuk sambil menggoyangnya perlahan. Pastikan posisinya sudah pas dan tepat saat anda memasukkannya.Pasang kembali baut, putarlah searah jarum jam dengan jari tangan hingga terasa sudah mentok. Baut jangan dikencangkan dulu, karena jika anda melakukannya, ban akan ikut berputar.Turunkan dongkrak hingga roda sepenuhnya menyentuh tanah.
  • Kencangkan semua baut dengan pola bersilang. Putarlah searah jarum jam dengan kunci roda. Pastikan baut telah kencang dengan menempatkan kunci roda secara horisontal dan coba pijaklah batang kunci roda dengan kaki.Setelah selesai, tempatkan ban yang bocor atau kempes di tempat ban cadangan serta simpan kembali semua perlengkapan di tempat semula. Sekarang anda siap untuk melanjutkan perjalanan. 
BerHati-hati di jalan demi kebaikan dan keselamatan kita bersama, semoga sampai tujuan dan bisa bertemu dengan keluarga tercinta.Kami Seluruh Staff ,Direksi dan Karyawan NusaPedia Mengucapkan,Selamat Hari Raya Aidul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg