BREAKING NEWS

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menetap Di Kota Medan


Kota Medan - NusaPedia - Sahabat  NusaPedia,Kota Medan merupakan kota terbesar ke-tiga setelah surabaya dan jakarta,Kota Medan Merupakan ibu kota Sumatera Utara, merupakan kota pusat ekonomi dan komersial terbesar di Sumatera. Kota ini terus bertumbuh menjadi pusat bisnis dan menjadi pintu gerbang ke Sumatera Utara, tempat dimana wisatawan datang untuk berpetualang di dataran tinggi Danau Toba atau memasuki liarnya hutan lebat Sumatera.
Kota Medan

Kota Medan

Dahulu, merupakan rumah bagi para pedagang dan pelaut. Mereka bernaung di bawah kekuasaan Kerajaan Melayu Islam hingga akhirnya Kesultanan Aceh Darussalam berhasil menaklukkannya. Selama masa konflik, lokasi daratan digunakan sebagai medan perang antara dua kerajaan sehingga ada asumsi kata “medan” diterjemahkan secara harfiah dari kata lapangan atau medan.Kota Medan terletak di bagian utara Pulau Sumatera. Posisi koordinatnya adalah 3°35′LU dan 98°40′BT. Kota Medan berbatasan dengan Selat Malaka di sebelah utara dan Kabupaten Deli Serdang di sebelah barat, timur, dan utara.

Sejarah Kota Medan

Sejarah modern Kota Medan telah dimulai pada 1860an ketika para pendagang menyadari potensi tanah vulkanik yang kaya untuk perkebunan. Tahun 1865 seorang pengusaha Belanda memperkenalkan tembakau di daerah tersebut sehingga mengantarkan Kota Medan pada masa kemakmuranya. Alasan ini menyebabkan masuknya investasi asing dan aliran kapitalis Eropa. Tanaman tembakau, karet, kelapa sawit dan teh ditanam hapir di semua area di Medan. Dari sebuah desa kecil berikutnya Kota Medan tumbuh menjadi sebuah kota kolonial yang makmur. 

Tahun 1886 Belanda menjadikan Kota Medan sebagai ibu kota Sumatera Utara hingga membuat penduduk Kota Medan membengkak menjadi sekitar 80.000. Kini populasi warga Medan beragam, hampir setiap etnis ada di sini, seperti Batak, Melayu, Jawa, Minang, Aceh, India dan Cina.
Sekarang menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia. Pengaruh masa lalunya yang gemilang sebagai penghasil perkebunan meninggalkan jejak arsitektur Eropa di berbagai bangunan kota. Alhasil, saat ini Medan menjadi sebuah kota dengan perpaduan gaya hidup modern dan warisan kolonial.

Apa Saja Yang Dapat Anda Lakukan Di Medan..??

Kota Medan ramai dengan pusat perbelanjaan dan mall. Jika Anda menyukai barang-barang antik maka arahkan langkah ke Jalan A. Yani yang menjual segala macam barang antik khas Batak, Aceh dan Minang.

Berbelanja pakaian? Cobalah pergi ke Monginsi di Plaza atau penduduk setempat menyebutnya dengan “Monza”, kependekan dari Monginsidi Plaza. Nama ini diinspirasikan dari nama kawasan Jalan Monginsidi di Kota Medan yang menjadi pusat penjualan barang second hand. Plaza ini ini merupakan pusat perbelanjaan segala bentuk baju, kaos, celana panjang, celana pendek, baju wanita, jaket, sepatu, tas dan aneka barang lainnya yang semuanya adalah barang second hand

Di Kampung Cina Medan di sekitar Jalan Sutomo Anda akan menemukan segala sesuatu muai dari perkakas berat sampai bak mandi. Pastikan Anda mengawasi tas Anda karena di sini banyak copet.

Medan terkenal dengan bika ambonnya. Kue ini adalah kue lezat yang terbuat dari tepung beras. Kunjungi Jalan Majapahit untuk membeli bika ambon dan sirup marquisa terbaik.

Kuliner Di Medan

Kota Medan
Makanan di Kota Medan seperti kebanyakan makanan ada di Sumatera yaitu bercita rasa pedas. Akan tetapi, jika Anda tidak suka makanan pedas maka masih dapat menemukan makanan yang sesuai dengan selera. Dari warung harga murah disisi jalan hingga ke restoran Cina, Jepang dan Korea, tersedia di sini.

Kota Medan dihiasi oleh Pedagang Kaki Lima yang menawarkan berbagai macam masakan tradisional. Meskipun tempat ini tidak terlihat mewah namun menyajikan makanan lokal yang murah dan lezat. Temukan tempat makan populer lainnya di Jalan Selat Panjang yang ramai di malam hari dengan makanan yang siap memuaskan lidah.

Anda bisa pergi ke Jalan Merdeka berada tepat di jantung Kota Medan. Lokasinya pas di kawasan Lapangan Merdeka, tak jauh dari kantor Pemerintahan Kota Medan. Tempat ini merupakan tempat nongkrong paling diminati anak muda Medan dengan banyak pilihan kafe dan restoran

Durian yang populer di seluruh Indonesia adalah durian dari Medan. Buah berduri memiliki rasa dan bau yang sangat khas tersebut tersedia di berbagai sudut kota. Duduklah dengan penduduk setempat di sebuah warung di pinggir jalan dan menikmati beberapa durian menggugah selera. Jika rasanya terlalu kuat bagi Anda, Anda mungkin ingin mencoba kue durian sebagai gantinya.
Untuk camilan buah kering dengan taburan gula dapat Anda temukan di Pasar Rame yang buka dari pagi sampai sore. Temukan tempat ini di samping Plaza Thamrin

Cara Menuju Medan

paket wisata danau tobaJalur udara Kota Medan dihubungkan oleh Bandara Internasional Kualanamu, letaknya di Kabupaten Deli Serdang. Bandara ini dioperasikan sejak 2013, menggantikan Bandara Polonia yang sudah berusia 85 tahun.

Maskapai penerbangan domestik yang terbang ke Kota Medan antara lain: Garuda Indonesia, Lion Air, Air Asia, Sriwijaya Air, Citilink, Wings Air dan Susi Air. Adapun kota-kota yang dihubungkan adalah Jakarta, Makassar, Batam, Banda Aceh, Bandung, Surabaya, Gunung Sitoli, Aek Godang, Pekanbaru, Sibolga, Takengon, Meulaboh dan Simeulue.

Bandara Internasional Kualanamu juga melayani tujuan internasional melalui maskapai Malaysia Airlines, Mihin Lanka Air, Firefly dan Valuair. Kota-kota yang dihubungkan antara lain Kuala Lumpur, Penang, Subang Malaysia, Singapura dan Kolombo di Srilanka.

Kapal Pelni juga beroperasi menghubungkan Pelabuhan Belawan Medan dengan Tanjung Karimun dan Batam di Kepulauan Riau. Ada pula yang berangkat ke Tanjung priok, Jakarta.

Banyak bus dari Jakarta yang melayani perjalanan lintas Sumatera

Apa Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Hidup Di Kota Medan..??

Kota Medan
Saat ini, dengan semakin berkembangnya alat transportasi yang pesat, mengakibatkan jumlah perantau juga kian pesat. Ada berbagai alasan mengapa orang memutuskan untuk pergi merantau. Selain mencari keperuntungan nasib dengan memeras keringat untuk bekerja, orang cenderung merantau dengan alasan untuk menuntut ilmu.

Dengan banyaknya lapangan kerja dan kualitas perguruan tinggi yang memadai, suatu daerah akan sering dikunjungi oleh orang-orang dari beragam penjuru. Salah satu kota yang juga menjadi acuan dalam tujuan mencari kerja maupun mencari kuliah adalah Medan.

Kota Medan
Kota yang sekaligus menjadi ibu kota Sumatera Utara ini merupakan kota yang menyandang predikat kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Karena hal ini, tidak heran mengapa orang berbondong-bondong mencari penghidupan dan pendidikan di kota tersebut. selain itu, posisi kota Medan yang ada di Pulau Sumatera sekaligus menjadikan kota ini sebagai pintu gerbang Indonesia bagian Barat.

Kota Medan juga sekaligus menjadi jalur wisata menuju Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba. Karena kota ini termasuk ke dalam salah satu kota sentral di Indonesia yang dijadikan rujukan hidup dan domisili, maka Kamu yang mungkin berencana menjadikan kota ini tujuan hidup, sebaiknya menyimak baik-baik tentang bagaimana kehidupan dan biaya yang harus dialokasikan sehari-hari di kota ini.

A. Peringkat Medan Berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH)

Kota Medan
Untuk mengetahui laju perkembangan ekonomi masyarakat dan pemetaan tingkat kota, dilakukanlah survei dalam rangka mengetahui tentang estimasi biaya hidup tiap daerah. Hasilnya, Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup termahal dengan pengeluaran mencapai 7.5 juta perbulan. Adapun Banyuwangi menjadi kota dengan biaya hidup termurah.

Sementara Kota Medan menempati posisi ke-26. Secara nasional, rata-rata biaya hidup di kota ini sebesar Rp5,58 juta per bulan per keluarga. Adapun kota Medan sendiri menempati urutan posisi ke-26 dengan biaya hidup Rp5,01 juta per bulan untuk rata-rata 4,4 orang per keluarga. Dari sini menunjukan hal yang cukup mengejutkan bahwa ternyata, Medan termasuk kota dengan pengeluaran sedang. Hal ini bertolak belakang dengan posisinya sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Surabaya. 

B. Biaya Makan Sehari-Hari di Medan

Kota MedanMenjadi kebutuhan utama, makan merupakan salah satu hal yang menentukan dalam besar kecilnya pengeluaran yang kita alami. Jika Kamu tidak mau menyisihkan waktu untuk memasak, maka pengeluaran yang akan Kamu keluarkan bisa berlipat-lipat karena harga nasi bungkus siap makan sangat tinggi. 

Harga tersebut ialah berdasarkan ukuran warung kecil pinggir jalanan. Berbeda halnya jika Kamu pergi ke mall atau tempat wisata yang malah akan semakin menipiskan dompetmu. Pengeluaran lebih besar juga akan terjadi jika Kamu memutuskan untuk menyantap menu di restoran-restoran.Berdasarkan ukuran wajarnya, harga nasi bungkus dengan tambahan telur sebagai lauk pauknya adalah berkisar 7 ribu sampai 8 ribuan. 

Ada trik yang bisa Kamu coba jika tidak bisa memasak atau tidak memiliki waktu luang, yaitu dengan mencari warung yang berada di gang kecil. Biasanya trik ini cukup ampuh karena semakin jalanan ramai sebagai jalan utama, akan membuat pajak yang dibayar oleh warung makan akan lebih banyak. Dan bagi pedagang yang berjualan makanan di jalan kecil akan lebih murah karena pelanggan tidak sebanyak yang ada di jalan besar.

C. Biaya Tempat Tinggal di Medan

Kota Medan
Ada salah satu trik jitu untuk mencari di mana Kamu bisa menemukan daerah yang kebanyakan menyewakan rumah atau menyediakan kamar kos. Di beberapa daerah yang di sana terdapat kampus juga di situ pulalah terdapat banyak rumah dan kos yang disewakan. 

Teori ini kebanyakan selalu berhasil. Namun, bukan berarti di tempat yang agak jauh dari kampus tidak terdapat rumah dan kos-kosan yang disewakan. Malah jika Kamu menemukan rumah atau kos yang lokasinya sedikit jauh dari kampus akan lebih murah.

Di Medan sendiri kebanyakan kos-kosan akan lebih mudah dicari, sedangkan kontrakan merupakan hal yang cukup langka. Hal ini mungkin karena kos dinilai lebih memiliki keuntungan oleh pemilik rumah disbanding jika ia menyewakan bangunannya secara penuh. Bahkan, saking ramainya bisnis kos-kosan di Kota Medan, saat ini para penyedia layanan kos telah memakai media internet dalam mempromosikan kos yang dikelolanya.

D. Trik dan Tips memilih Transportasi di Medan

Salah satu pengeluaran Kamu dalam kehidupan sehari-hari selain tempat tinggal dan konsumsi adalah transportasi. Dalam keseharian, tidaklah mungkin Kamu akan terus-terusan tinggal di dalam kos, tentunya ada keperluan ataupun suatu hal yang terkadang bersifat mendesak yang menuntut Kamu untuk menggunakan kendaraan transportasi. Dan ini catatan tentang beberapa transportasi dari urutan termurah:

1. Angkot

Kota Medan
di Kota Medan Medan, angkot merupakan sarana transportasi umum yang tergolong paling murah. Kamu bisa mengeluarkan ongkos hanya Rp.2000 sampai Rp.5000 rupiah saja untuk sekali jalan betapapun jauhnya. Cukup Murahkan Sahabat  TravelEsia.Keliling Kota Medan Dengan Biaya Yang Murah


2. Betor

Kota Medan
Betor merupakan kendaraan khas Kota Medan. Betor memiliki harga yang cukup murah tergantung dengan jauhnya. Seperti halnya ojek, Betor sama-sama merupakan transportasi bermotor, hanya saja kendaraan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa menampung penumpang satu sampai dua orang.Dan Pastinya Hanya Ada Di Kota Medan


3. Becak

Becak memiliki kapasitas yang tidak jauh berbeda dengan Betor sehingga Kamu bisa patungan dengan teman ketika ingin menuju ke sebuah tempat tertentu. Hanya saja, karena menggunakan tenaga manusia, becak memiliki nilai minus mengenai waktu tempuh. Namun, Kamu akan lebih bisa menikmati perjalanan yang mengasyikan dengan transportasi satu ini.


4. Bus

Jika Kamu bertujuan melakukan perjalanan jauh, bus merupakan salah satu pilihan utama. Bahkan dengan bus, Kamu bisa sampai menuju lokasi yang berada di pulau lain karena bus telah terintegrasi dengan kapal laut untuk menyeberang.

5.Taxi 

Alat transportasi yang satu ini yang seringkali menyedot pengeluaran Kita. Karena kondisinya yang nyaman bagi penumpang dan Kita akan diantar langsung sampai di tempat tujuan, taxi menjadi transportasi yang lumayan mahal. Bagi Kamu yang berniat mengirit pengeluaran, perlu rasanya berpikir dua kali untuk menaiki kedaraan yang satu ini.

Bagaimana Sahabat  NusaPedia Apakah Anda berencana untuk menetap di Kota Medan,sebelum anda menetap ada baiknya baca kembali artikel  NusaPedia Mengenai Kota Medan

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg