BREAKING NEWS

7 Tips Agar Rumah Anda Tetap Aman Saat ditinggal Liburan


Tips Rumah Aman Saat Liburan - NusaPedia - Tips Rumah Aman Saat Liburan - Sahabat NusaPedia,Akhir Tahun Merupakan Waktu terbaik bagi sebagian orang untuk berlibur bersama keluarga atau sekedar berkumpul bersama dengan keluarga untuk saling kunjung-mengunjungi.

tips-rumah-aman-saat-liburan

Tips Rumah Aman Saat Liburan

Bagi Sebagian Orang tahun Baru merupakan waktunya yang tepat untuk berhenti sejenak dari rutinitas kantor ataupun kesibukan sehari-hari untuk sejenak menghilangkan lelah berwisata ke berbagai destinasi wisata di indonesia ataupun mancanegara.

Namun sahabat NusaPedia yang hendak berwisata keluar kota namun masih ragu akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk jangka waktu tertentu.Sahabat NusaPedia Punya tips untuk anda teatp aman meninggalkan rumah walau anda sedang berlibur.

1.Pasanglah CCTV dirumah Anda

tips-rumah-aman-saat-liburan
CCTV Online merupakan salah satu cara mudah agar Sahabat NusaPedia Dapat Memantau Kondisi se-isi rumah dimana pun anda berada.CCTV ( Closed Circuit Television)merupakan sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat tertentu. Hal tersebut memiliki tujuan untuk memantau situasi dan kondisi suatu tempat,sehingga dapat mencegah terjadinya kejahatan atau dapat dijadikan barang bukti dari tindakan kejahatan yang telah terjadi.

Pada umumnya,CCTV seringkali digunakan pada area umum seperti : Hotel, Bandara Udara,Kantor, dan pabrik,namun seiring perkembangan jaman ,sekarang CCTV juga sangat diperlukan di perumahan-perumahan. Sistem kamera digital saat ini dapat dikontrol melalui Personal Computer ataupun telephone genggam dimanapun dan kapanpun selama ada komunikasi melalui internet maupun akses GPRS.

Jadi walaupun sahabat NusaPedia sedang berlibur di luar kota,kondisi rumah anda dapat terpantau cukup menggunakan ponsel ataupun laptop dan komputer pribadi anda.

2.Tutup Semua Akses Keluar-Masuk Rumah

tips-rumah-aman-saat-liburan
Ingatlah Sahabat NusaPedia,Kejahatan Terjadi Bukan Karena Adanya Niat Pelaku Saja,Tapi Juga Adanya Kesempatan,Boleh dibilang pernyataan ini sudah begitu populer di kalangan kita. Namun nyatanya, kejahatan tidak pernah berkurang akibat kelalaian.

Ada orang-orang yang bisa berubah menjadi seorang penjahat jika muncul suatu peluang besar dalam melakukan tindak kejahatan.  Jika dihitung-hitung resiko tertangkap tangan ketika melakukan aksi kejahatan kecil, serta kecilnya peluang untuk tertangkap setelah dilakukan penyidikan dapat memperbesar dorongan seseorang untuk berbuat jahat.

Seorang penjahat kambuhan akan menjadi gelap mata ketika melihat sebuah handphone mahal tergeletak tanpa pengawasan.  Seorang penjambret dan perampok akan memiliki niat jahat ketika melihat nenek-nenek memakai banyak perhiasan mahal di tempat yang sepi.

Jadi Sahabat NusaPedia ada baiknya sebelum anda berlibur,pastikan pintu,jendela dan garasi rumah anda sudah terkunci dengan baik,agar setidaknya mengurangi resiko kesempatan kejahatan terjadi menjadi lebih kecil dan pastinya membuat anda merasa aman walau meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang relatif lama.

3.Beritahu Tetangga atau Satpam Komplek

tips-rumah-aman-saat-liburan
Siapa lagi yang bisa kita mintai tolong kalau ada hal-hal darurat di lingkungan tempat tinggal selain tetangga? Sampaikan pada mereka bahwa kamu akan pergi berlibur untuk sekian hari. Tapi kamu tidak perlu memberitahu semua tetangga satu komplek ya. Cukup tetangga depan rumah atau samping rumah saja.

Memberi Tahu tetangga atau satpam komplek merupakan cara terbaik untuk memberikan rasa aman bagi anda untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu tertentu,hal ini merupakan kerap di lakukan agar rumah anda terhindar dari tindakan pencurian selamam anda berlibur.Tetangga akan membantu memantau kondisi rumah anda selagi anda berlibur.

Tapi kalau tetanggamu juga ternyata tidak ada di tempat karena ingin berlibur juga, ya kamu bisa minta tolong satpam komplek. Tapi, jangan lupa bawa mereka oleh-oleh saat kamu pulang berlibur sebagai tanda ucapan terima kasih.

4.Cabut Semua Kabel Listrik dan Gas

tips-rumah-aman-saat-liburanSebelum meninggalkan rumah, pastikan semua kabel yang mencolok di saluran listrik dicabut. Lampu yang tidak dipakai dimatikan. Selain menjauhkan dari resiko kebakaran rumah akibat konsleting, kamu juga ikut menggerakkan aksi hemat energy.

Kebiasaan Penghunia rumah menghidupkan lampu teras saat berpergian dengan tujuan agar mempermudah bila malam tiba,rumah tetap terang,namun hal tersebut justru aneh terlihat bila lampu terus menyala pada siang hari yang justru membuat rumah tersebut terlihat tidak berperhuni,karena lampu tetap menyala walau siang telah datang.Jadi Sahabat NusaPedia harus selektiv dalam menggunakan lampu pada saat berpergian.

5.Berdoa pada yang Maha Kuasa 

tips-rumah-aman-saat-liburan
Salah satu sifat manusia adalah kurang bersabar dalam berdoa dan berusaha. Biasanya manusia ketika berdoa ingin langsung doa nya terkabulkan.padahal wajibnya manusia hanya berdoa dan berusaha saja hasilnya allah yang menentukan.

Tuhan itu murah hati selalu mengabulkan doa hamba-hambanya yang selalu berusaha dalam berdoa dan berusaha.Doa mohon keselamatan merupakan wujud permohonan kita agar disegerakan keselamatan yang kita minta. Tetapi di samping itu, kita juga memohon agar dikaruniai kesabaran ketika tertimpa ujian.

Keselamatan adalah  harapan bagi siapa saja yang mau menerimanya, karunia ini digambarkan dalam banyak cara yang berbeda.Jadi bagi Sahabat NusaPedia sebelum Anda berlibur,ada baiknya berdoa dan berserah dirilah untuk keselamatan selama perjalanan anda.

6.Pasang lampu sensor otomatis

tips-rumah-aman-saat-liburan
Apakah anda pernah melihat rumah tetangga anda, jika di waktu tertentu lampu teras atau lampu taman tiba tiba nyala padahal tidak ada orangnya, misalnya pada jam tertentu atau dalam kondisi cuaca tertentu ?. Hal tersebut sebenarnya sederhana saja, kemungkinan yang digunakan pada sistem instalasi listriknya adalah menggunakan sakelar otomatis. Sakelar otomatis yang digunakan untuk melayani lampu (apakan lampu taman, lampu teras dan sebagainya) banyak sekali di jumpai di pasaran.

Contoh Sakelar otomatis tersebut bisa saja Photocell, TIMER ( sakelar Pewaktu) atau malah menggunakan sistem rangkaian terintergrasi dengan kontrol jarak jauh melalui HP (Handphone/mobilephone) misalnya, dan lain lain.

Sakelar Otomatis Dengan Photocell

Photocell merupakan sakelar otomatis yang prinsip kerjanya berdasarkan sensor cahaya. Bagaimana prinsip kerjanya terhadap beban (Lampu) yang dilayaninya?. Jika cahaya mengenai / kontak body Photocell maka resistor (Light Dependent Resistor) sebagai komponen utamanya secara otomatis akan memperbesar nilai resistansi, sehingga arus listrik yang mengalir pada resistor akan terhambat hal ini mengakibatkan lampu sebagai beban akhirnya akan padam. Nah yang ini sobat aja deh yang kasi kesimpulan apakah ini di sebut keuntungan atau kelemahan sebab “Jika pada kondisi tertentu telah tercapai maka lampu akan menyala meskipun jam belum menuntukan waktu malam misalnya cuaca mendung atau hujan lebat”. Namanya aja sakelar dengan sensor cahaya pasti cahaya yang mempengaruhinya. Untuk Cara pemasangan Photocell ini tentu mudah sekali.

Sakelar Otomatis Dengan TIMER

Jika yang pertama diatas adalah Photocell yang bekerja dengan pengaruh cahaya maka yang kedua ini akan dibahas tentang Timer yang merupakan sakelar otomatis dengan prinsip kerja berdasarkan waktu tertentu. Yang pasti kita yang nentuin sendiri kapan beban lampu nyala atau padam. Jika kita menginginkan lampu akan menyala jam 18.00 dan padam jam 05.30 padam dan tidak tergantung pada kondisi cuaca (apakah cuaca sedang cerah atau mendung), tinggal atur aja sendiri, sebenarnya bukan hanya beban lampu aja yang bisa dilayani, banyak deh yang penting lihat aja kemampuan arus yang dilayaninya.

7.Pastikan kamu tidak ngetwit di sosmed kalau kamu sekeluarga pergi liburan dan meninggalkan rumah tanpa penghuni 

tips-rumah-aman-saat-liburan
rumahmu kosong tak berpenghuni karena ditinggal liburan. Apalagi ditambah info lokasi rumahmu. Mungkin kamu menganggap hal itu keren karena tidak semua orang bisa pergi berlibur seperti kamu, tapi itu juga bisa menjadi sinyal bagi orang jahat untuk mengincar harta benda yang ada di dalam rumah mumpung tak ada orang di rumah. Coba cek daftar teman atau pengikutmu di dunmay. Yakin mereka semua adalah orang-orang yang bisa kamu percaya..So, be wise, be smart dalam bersosial media ya Sahabat NusaPedia.

Berikut Tips Rumah Aman Saat Liburan Selamat Berlibur Untuk anda semua,semoga anda dalam keselamatan dalam perjalanan

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg